Catat Kinerja Positif, Ini Rekomendasi Saham Emiten Ritel Jagoan Analis

catat kinerja positif, ini rekomendasi saham emiten ritel jagoan analis

Catat Kinerja Positif, Ini Rekomendasi Saham Emiten Ritel Jagoan Analis

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Mayoritas emiten ritel membukukan kinerja yang positif pada paruh pertama 2022. Realisasi positif tersebut diperlihatkan oleh PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), PT Matahari Department Store Tbk (LPPF), dan PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS).

MAPI membukukan peningkatan pendapatan 34,1% yoy menjadi Rp 12,2 triliun. Sejalan dengan itu, laba bersih MAPI di semester 1 2022 melonjak 316,3% yoy menjadi Rp 1,2 triliun. Kemudian, LPPF meraup pendapatan Rp 3,76 triliun atau tumbuh 5,32% yoy. Dari segi bottom line, laba LPPF melonjak 72,47% yoy menjadi Rp 918,37 miliar.

Tak mau ketinggalan, RALS juga mencatatkan kenaikan pendapatan 8,11% yoy menjadi Rp 1,86 triliun. Bahkan laba bersihnya melesat 107,5% yoy menjadi Rp 286,03 miliar.

Analis Sucor Sekuritas Benyamin Mikael menilai, kenaikan kinerja ini didorong oleh meningkatnya mobilitas dan daya beli masyarakat. Hal ini seiring dengan meredanya kasus Covid-19 di Indonesia yang memulihkan aktivitas sosial dan ekonomi.

Analis BCA Sekuritas Calista Muskitta juga berpendapat, pertumbuhan kinerja emiten retail pada semester 1 2022 didorong oleh kenaikan volume pengunjung mal dan gerai retail lainnya sejalan dengan pelonggaran mobilitas.

Diperbolehkannya mudik Lebaran juga mendorong masyarakat membeli pakaian bagi sanak saudara dan diri mereka ketika mudik. Alhasil, minat belanja masyarakat dalam menyongsong Lebaran tahun ini turut naik.

“Utamanya bagi RALS dan LPPF yang secara seasonal memiliki volume transaksi yang lebih tinggi menjelang Lebaran,” kata Calista saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (11/8).

Kemudian, untuk di sisa tahun ini, Benyamin optimistis kinerja emiten ritel di semester 2 2022 akan tetap solid.

“Pendukungnya adalah mobilitas masyarakat yang tetap tinggi dan daya beli yang terjaga,” ucap Benyamin.

Terlebih lagi, berdasarkan publikasi Bank Indonesia, kinerja penjualan eceran diprakirakan melanjutkan peningkatan pada Juli 2022. Hal ini tercermin dari perkiraan Indeks Penjualan Riil (IPR) Juli 2022 sebesar 204,9 atau meningkat 8,7% yoy terutama didukung oleh peningkatan penjualan subkelompok sandang, bahan bakar kendaraan bermotor, serta suku cadang dan aksesori.

Di sisi lain, faktor inflasi memang akan menjadi tantangan ke depannya. Namun, melihat data perkiraan IPR bulan Juli 2022 yang tumbuh tinggi, Benyamin optimistis daya beli akan tetap solid.

Ia merekomendasikan buy MAPI dengan target harga Rp 1.275 per saham dan RALS dengan target harga Rp 700. Pada perdagangan Kamis (11/8), MAPI tercatat naik 1,55% ke level Rp 980 dan RALS stagnan di Rp 580 per saham.

Sampai dengan akhir tahun 2022, Benyamin memprediksi MAPI dapat membukukan laba bersih Rp 1,24 triliun. Keuntungan ini sudah termasuk one off gain dari penjualan 16,76% saham Sari Burger Indonesia (Burger King) sebesar Rp 282,7 miliar. Untuk RALS, estimasi kinerja masih dalam peninjauan sehingga belum dapat diinformasikan.

Sementara itu, Calista hanya merekomendasikan buy MAPI dengan target harga Rp 1.400 per saham. MAPI dipilih karena memiliki nominal transaksi yang relatif besar dengan frekuensi yang stabil.

“Kami menilai MAPI dapat memiliki kinerja yang positif jika dibandingkan dengan tahun lalu mengingat kinerja kuartal III-2021 sempat turun sebagai akibat dari PPKM Darurat,” ungkap Calista.

Menurutnya, volume belanja masyarakat untuk MAPI tetap akan stabil pada semester 2 2022 karena rata-rata konsumen MAPI tidak hanya berbelanja pada musim Lebaran.

Di saat yang bersamaan, dengan kembalinya sekolah tatap muka dan bekerja dari kantor, masyarakat akan berbelanja untuk melakukan aktivitas-aktivitas di luar sehingga menjadi sentimen positif bagi peritel.

  RALS Chart by TradingView

catat kinerja positif, ini rekomendasi saham emiten ritel jagoan analis

News Related

OTHER NEWS

Haedar Desak Tragedi di Kanjuruhan Diusut Tuntas: Mengoyak Marwah Bangsa

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir. Foto: PP Muhammadiyah Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir memberikan tanggapan terhadap tragedi di Stadion Kanjuruhan. Tercatat hingga Minggu (2/10) pagi, korban ... Read more »

Tembakkan Gas Air Mata dalam Tragedi Kanjuruhan, Polisi Blunder, Irjen Nico Beri Alasan

Tembakkan Gas Air Mata dalam Tragedi Kanjuruhan, Polisi Blunder, Irjen Nico Beri Alasan jatim.jpnn.com, MALANG – Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta angkat bicara soal penembakan gas air mata oleh anggotanya ... Read more »

Stiker Bodi Mobil Mirip Cat Asli

Max Decal JAKARATA, KOMPAS.com – Penggunaan stiker atau decal kerap dilakukan oleh pemilik roda dua untuk menambah nilai estetika kendaraannya. Pasalnya, menggunakan stiker atau decal dinilai praktis dibandingkan harus mengecat ... Read more »

JANGAN KETINGGALAN, Promo JSM Hypermart 2 Oktober 2022, Ayam Boiler Sosis andamp Bakso Harga Spesial

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – JANGAN KETINGGALAN, Promo JSM Hypermart 2 Oktober 2022, Ayam Boiler Sosis & Bakso Harga Spesial Berikut katalog Promo Hypermart periode Oktober 2022 Jangan sampai kehabisan dan ketinggalan ... Read more »

Kecewa Rizky Billar Lakukan KDRT, Sahabat: Derajat Lu Naik karena Lesti

Kecewa Rizky Billar Lakukan KDRT, Sahabat: Derajat Lu Naik karena Lesti jpnn.com, JAKARTA – Sahabat aktor Rizky Billar, Satria kecewa melihat tingkah laku sang artis yang kasar kepada istri, Lesti ... Read more »

Tragedi Kanjuruhan, Bambang Rukminto: Copot Kapolda Jatim & Kapolres Malang

jpnn.com, JAKARTA – Pengamat kepolisian dan keamanan Bambang Rukminto menyoroti Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 127 suporter seusai laga Arema FC vs Persebaya pada Sabtu (1/10) malam. Peneliti dari Institute for Security ... Read more »

127 Orang Dikabarkan Meninggal Dunia Akibat Tragedi Kanjuruhan, Raffi Ahmad Sampaikan Duka Cita

TRIBUN-MEDAN.com – Raffi Ahmad turut menyampaikan rasa belasungkawanya atas insiden mengerikan di stadion Kanjuruhan. Dalam tragedi nahas tersebut,�diketahui sebanyak 127 orang meninggal dunia. Sebagai pemilik sepak bola dan menyukai dunia ... Read more »

PILU Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, Krisdayanti Turut Sampaikan Belasungkawa

TRIBUN-MEDAN.com – Krisdayanti turut menyoroti tragedi kerusuhan Malang. Publik kini tengah digegerkan dengan kabar kerusuhan Malang. Diberitakan sebelumnya, telah terjadi kerusuhan Malang pada Sabtu (1/10/2022) malam. Melansir dari Kompas.com, kerusuhan ... Read more »

KORBAN TRAGEDI Kerusuhan Arema FC Vs Persebaya Bertambah, Netizen : 153 Orang Tewas

TRIBUN-MEDAN.Com, Korban tragedi kerusuhan di stadion Kanjuruhan Malang pada Sabtu (1/10/2022) dikabarkan bertambah. Tapi data tersebut masih simpang siur, belum ada keterangan resmi dari pemerintah setempat. Dikutip dari Tribunnews.com, netizen ... Read more »

Mata Minus Tak Bisa Berkurang, Ketahui Alasannya menurut dr. Muhammad Irfan K, M.Kes, Sp.M

TRIBUNHEALTH.COM – Mata minus sering menjadi keluhan masyarakat, baik orang dewasa maupun anak-anak. Tingginya kasus mata minus, membuat penggunaan alat bantu kacamata semakin banyak. Disebutkan bahwa mata minus tak bisa ... Read more »

Tanggapan Lengkap PSSI Atas Tragedi Kanjuruhan Malang yang Menewaskan 127 orang

Tanggapan Lengkap PSSI Atas Tragedi Kanjuruhan Malang yang Menewaskan 127 orang KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Tragedi mematikan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, menjadi keprihatinan semua pihak. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) ... Read more »

129 Orang Tewas, Peraturan FIFA Tidak Gunakan Gas Air Mata Dilanggar di Stadion Kanjuruhan Malang

TRIBUNJATIM.COM – Kabar duka datang dari dunia sebak bola Tanah Air, laga Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang berujung ratusan korban jiwa. Kericuhan dari suporter Arema FC seusai ... Read more »

Imbas Kerusuhan di Kanjuruhan, Kapolres Malang Diminta Dicopot

Permintaan itu dikarenakan adanya penggunaan gas air mata yang dilakukan polisi saat adanya kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Jakarta: Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Kapolres ... Read more »

Aliando Nikah Muda Trending Setelah Trailer Film dengan Natasha Wilona Rilis

TRIBUNBATAM.id – Aliando Nikah Muda trending setelah teaser trailer film dengan Natasha Wilona rilis. Cuitan Aliando Nikah Muda trending di aplikasi Twitter setelah perilisan film Argantara. Teaser trailer Film Argantara ... Read more »

Kim Hawt Benarkah Rizky Billar Nikah Siri dengan Wanita yang Sudah Bertunangan

Lesti Kejora dan Rizky Billar [instagram] Suara.com – Di tengah panasnya kasus KDRT yang menimpa Lesti Kejora, isu perselingkuhan Rizky Billar juga makin santer terdengar. Kim Hawt, teman dekat mendiang ... Read more »

Ratusan Penonton Tewas, IPW Desak Cabut Izin Penyelenggaraan Liga

Sejumlah penonton membawa rekannya yang pingsan akibat sesak nafas terkena gas air mata yang ditembakkan aparat keamanan saat kericuhan usai pertandingan sepak bola BRI Liga 1 antara Arema melawan Persebaya ... Read more »

Reaksi Presiden Arema FC soal Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan hingga Sebabkan Ratusan Suporter Tewas

TRIBUNPALU.COM – Presiden Arema FC, Juragan 99 atau Gilang Widya Pramana akhirnya bereaksi soal kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang pada Sabtu (1/10/2022). Diketahui kerusuhan suporter Arema pada Sabtu ... Read more »

Juri Resmi Umumkan Juara Kompetisi Barista dalam Perayaan International Coffee Day 2022 Kotamobagu

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU – Acara peringatan International Coffee Day 2022 berlangsung Sabtu (1/10/2022) di depan Kampus Universitas Dumoga Kotamobagu, Kotamobagu, Sulawesi Utara. Perayaan dimeriahkan dengan Kompetisi Meracik Kopi yang diikuti oleh ... Read more »

Daftar Korban Meninggal Tragedi Arema FC vs Persebaya, Banyak Usia Muda, Belasan hingga 20-an Tahun

TRIBUNNEWSMAKER.COM – Daftar korban meninggal dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang ricuh suporter Arema FC vs Persebaya, banyak didominasi usia muda. Menurut Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, sebanyak 127 ... Read more »

Karya Baru Glashutte Original, Manjakan Pecinta Jam Tangan Selam

LIFESTYLE Karya Baru Glashutte Original, Manjakan Pecinta Jam Tangan Selam Jam tangan SeaQ Chronograph adalah pembaruan dari generasi pertama SeaQ yang dibuat Glashutte Original. Apa saja fitur baru yang dihadirkan? ... Read more »

Klopp Sulit Jelaskan Kegagalan Liverpool Raih Kemenangan Atas Brighton

Liverpool gagal memanfaatkan status sebagai tuan rumah dan harus puas dengan raihan satu poin kala berhadapan dengan Brighton and Hove Albion dalam lanjutan pertandingan pekan kesembilan Liga Inggris yang berlangsung ... Read more »

DPR Sentil PSSI: Hentikan Kebodohan Kita, Tak Ada Pertandingan Sepak Bola Sebanding Nyawa

Aparat keamanan menembakkan gas air mata untuk menghalau suporter yang masuk lapangan usai pertandingan sepak bola BRI Liga 1 antara Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). ANTARA ... Read more »

Warganet Geruduk Instagram Iwan Bule Imbas Tragedi Kanjuruhan,: Setop Liga 1!

Suporter Arema FC memasuki lapangan setelah tim yang didukungnya kalah dari Persebaya Surabaya dalam pertandingan sepak bola BRI Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). [ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto] ... Read more »

Honda NSX Generasi Terbaru Bisa Jadi Supercar Listrik

Honda NSX Type S JAKARTA, KOMPAS.com – Pada awal Agustus tahun lalu, Honda resmi memperkenalkan NSX Type S generasi kedua. Mobil ini merupakan model terakhir, pasalnya Honda memutuskan untuk menghentikan ... Read more »

Jangan Sampai Terulang, Kapolri Diminta Cabut Izin Seluruh Pertandingan Sepak Bola

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo diminta mencabut izin seluruh pertandingan sepak bola di semua liga di Indonesia. Jakarta: Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencabut izin ... Read more »

Kerusuhan Kanjuruhan Tewaskan 127 Orang, Persebaya Ucapkan Dukacita

Kericuhan dan kerusuhan mewarnai pertandingan pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 bertajuk derbi Jawa Timur, Arema FC dan Persebaya Surabaya, di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Malang, Sabtu (1/10/2022). KOMPAS.com – Persebaya Surabaya ... Read more »

Tragedi Stadion Kanjuruhan Makan 129 Korban Jiwa, Jadi Insiden Paling Mematikan Kedua di Dunia

TRIBUNJAKARTA.COM� – Tragedi Kanjuruhan Malang benar-benar membuat publik sepak bola Indonesia terpukul. Bagaimana tidak? kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang itu telah memakan korban jiwa sebanyak 129 orang. Peristiwa ini membuat ... Read more »

Laga Persib vs Persija Ditunda Buntut Tragedi Kanjuruhan? Ini Sikap Manajemen Macan Kemayoran

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG – Tragedi Arema vs Persebaya yang menewaskan ratusan suporter tadi malam berdampak luas pada gelaran Liga 1 2022/2023, termasuk rencana laga rival abadi, Persib vs Persija yang akan ... Read more »

Wali Kota Surabaya: Hilangnya Nyawa karena Rusuh Sepak Bola Seperti Ini Harus Jadi yang Terakhir Kali

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi [Foto: Dokumentasi] Suara.com – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berduka atas tragedi Kanjuruhan. Dia minta tragedi kericuhan usai laga Arema vs Persebaya harus jadi yang ... Read more »

Bantu UMKM, Nagita Slavina Gelar Festival Kuliner Jajarans

Nagita Slavina ditemui di Kuningan, Jakarta Selatan pada Sabtu (1/10/2022) [Suara.com/Rena Pangesti] Suara.com – Berawal dari sebuah konten, siapa sangka Nagita Slavina kini bisa memberikan bantuan kepada lebih dari 50 ... Read more »

Tragedi Tewasnya Ratusan Nyawa di Stadion Kanjuruan Bikin Gus Miftah Nangis: Yang Kita Bela Sepak Bola, Bukan Agama!

Suporter Arema FC memasuki lapangan setelah tim yang didukungnya kalah dari Persebaya Surabaya dalam pertandingan sepak bola BRI Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). [ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto] ... Read more »

Gara-gara Insiden Suporter Arema FC, Indonesia Terancam Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Suara.com – PURWOKERTO.SUARA.COM, MALANG- Kerusuhan suporter yang mengakibatkan 127 orang di stadion Kanjuruhan Malang menjadi salah satu insiden terburuk dalam sejarah persepakbolaan Indonesia, bahkan dunia. Akbar Maharli, Koordinator Save Our ... Read more »

Anggota DPR Sesalkan Liga Indonesia Abaikan Rekomendasi Polisi Soal Jadwal Arema FC Vs Persebaya

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA: Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman menyesalkan PT Liga Indonesia Baru  mengabaikan rekomendasi polisi yang meminta perubahan jadwal laga Arema FC vs Persebaya. Hal itu terkait tragedi kerusuhan ... Read more »

Apa Itu Amygdala Hijack? Pemicu Suami Cekik dan Banting Istri, Ini Kata Pakar

TRIBUNMANADO.CO.ID – Simak dalam artikel ini tentang Amygdala Hijack. Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang disebut dialami Lesti Kejora menjadi kabar mengejutkan publik di Indonesia. Rumah tangga Lesti Kejora ... Read more »

Andika Perkasa Turunkan Syaratan Tinggi Badan TNI, Megawati: Kalau Bawa Mortir Pie?

Megawati Soekarnoputri di acara Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara yang digelar TNI Angkatan Laut di geladak KRI Dewaruci, Jakarta, Kamis (11/8/2022). (Suara.com/Bagas) Suara.com – Panglima TNI Jenderal TNI ... Read more »

Seorang Kakek Tega Mencabuli Empat Orang Anak di Purwakarta

Suara.com – Sukabumi.suara.com – Sungguh tega perbuatan Seorang kakek di Plered, Kabupaten Purwakarta yang mencabuli empat orang anak dibawah umur. Sang kakek SR alias Aay yang sudah berusia 69 tahun ... Read more »

Wiryanti Sukamdani PDIP Gelar Festival Kuliner Bukan Beras & Gandum di Semarang

jpnn.com – SEMARANG – Pelaku bisnis perhotelan sekaligus politikus PDIP Wiryanti Sukamdani menginisiasi digelarnya Festival Kreasi Kuliner Non-Beras dan Gandum, pada rangkaian acara Batik Specta di Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (1/10). ... Read more »

Youtube Kang Dedi Mulyadi Vs Ambu Anne, Siapa Lebih Populer dan Berapa Pendapatannya? Wow!

Suara.com – Suara Denpasar – Kang Dedi Mulyadi selain anggota DPR RI dan mantan Bupati Purwakarta dikenal juga sebagai Youtuber lewat Kang Dedi Mulyadi Channel. Istrinya, yang kini menjabat sebagai ... Read more »

Terbaru Lengkap Daftar Nama Korban Arema vs Persebaya, Kronologi dan Penyebab Banyak yang Meninggal

TRIBUNKALTIM.CO -� Inilah daftar nama korban Arema vs Persebaya, kronologi dan penyebab banyaknya yang meninggal dunia di stadion Kanjuruhan Malang. Terjawab sudah data daftar nama korban Arema vs Persebaya atau ... Read more »

DUA POLISI Ikut Tewas Bersama 127 Supporter Usai Ditembaki Gas Air Mata, Kapolda Jatim Bilang Begini

TRIBUN-MEDAN.COM,- Peristiwa kerusuhan saat pertandingan Arema vs Persebaya menyebabkan dua polisi dan 127 supporter tewas usai ditembaki gas air mata. Menurut laporan, dua polisi dan 127 supporter tewas karena diduga ... Read more »
Breaking thailand news, thai news, thailand news Verified News Story Network