Elektabilitas Anies Baswedan Melejit, Charta Politika: Kandidat Capres Mengerucut: Ganjar dan Anies

elektabilitas anies baswedan melejit, charta politika: kandidat capres mengerucut: ganjar dan anies

TRIBUNKALTIM.CO – Elektabilitas Anies Baswedan terus meningkat dan kini melampaui Prabowo Subianto, demikian hasil Survei Charta Politika.

Tak hanya itu, Survei Charta Politika juga menyebut kandidat capres nantinya mengerucut hanya 2 nama yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Tingkat elektabilitas Anies Baswedan naik setelah resmi dideklarasikan sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Survei terbaru Charta Politika mengenai kandidat calon presiden (capres) menempatkan Ganjar Pranowo sebagai tokoh dengan elektabilitas tertinggi.

Tingkat elektoral Gubernur Jawa Tengah itu mencapai 32,6 persen.

Kemudian, di urutan kedua ada mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang elektabilitasnya naik menjadi 23,1 persen. Anies berhasil menggeser Prabowo Subianto ke posisi ketiga.

Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra itu turun di angka 22,0 persen.

Setelah Ganjar Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan, persaingan kandidat capres ke depan tereduksi menjadi dua nama saja, yakni Ganjar dan Anies.

“Cenderung akan mengerucut bukan lagi berbicara mengenai tiga nama, spekulasi saya ini akan mengerucut kepada Ganjar dan Anies,” kata Yunarto dalam tayangan YouTube Charta Politika Indonesia, Selasa (29/11/2022).

Seperti dilansir dari Kompas.com, meski sosok Prabowo masih banyak diminati, namun, kata Yunarto, data menunjukkan bahwa nama Ganjar dan Anies lebih mendominasi di berbagai wilayah.

Menurut Yunarto, situasi ini tak lepas dari sejarah Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 dan 2019 yang menghadap-hadapkan Jokowi dengan Prabowo.

Sosok Ganjar kini menjadi yang paling lekat dicitrakan sebagai penerus Jokowi.

Sementara, figur yang identik dengan antitesa presiden bukan lagi Prabowo, melainkan Anies Baswedan.

Oleh karenanya, tak heran jika kini dukungan publik menguat ke Ganjar dan Anies, sementara Prabowo mulai terpinggirkan.

“Kecenderungan penguasaan wilayah ini mulai mengerucut kepada dua nama,” kata Yunarto.

Di luar nama-nama tersebut, ada beberapa tokoh lainnya yang juga potensial menjadi capres.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menempati peringkat keempat survei dengan elektabilitas 5,6 persen.

Kemudian secara berturut-turut ada nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY (3,5 persen), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (2,0 persen), dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (1,6 persen).

Lalu, di urutan delapan dan seterusnya ada sosok Ketua DPR RI Puan Maharani (1,6 persen), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (1,5 persen), dan Menteri BUMN Erick Thohir (1,4 persen).

Adapun survei Charta Politika ini diselenggarakan pada 4-12 November 2022.

Survei menggunakan metode wawancara tatap muka.

Dengan metode multistage random sampling, survei melibatkan 1.220 responden.

Sementara, margin of error survei ini sebesar 2,83 persen.

Survei Charta Politika: Elektabilitas Anies Lampaui Prabowo

Elektabilitas mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berhasil melampaui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Menurut survei yang dirilis Charta Politika, Selasa (29/11/2022), tingkat elektoral Anies berada di urutan kedua, menggeser Prabowo menjadi peringkat ketiga.

“Jadi ada perubahan di peringkat kedua dan ketiga. Kalau di bulan September itu masih dipegang oleh Pak Prabowo dengan peringkat kedua, sekarang Pak Prabowo di tingkat ketiga,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam tayangan YouTube Charta Politika Indonesia, Selasa (29/11/2022).

Survei ini memperlihatkan bahwa Anies mengantongi elektabilitas sebesar 23,1 persen.

Sementara, elektabilitas Prabowo tak terpaut jauh, yakni 22,0 persen.

Dibanding survei September 2022, elektabilitas Anies naik sekitar 3 persen, dari 20,6 persen menjadi 23,1 persen.

Sebaliknya, tingkat elektoral Prabowo turun dibandingkan survei sebelumnya, dari yang semula 24,4 persen menjadi 22,0 persen.

Namun demikian, elektabilitas Anies dan Ganjar masih jauh di bawah nama Ganjar Pranowo.

elektabilitas anies baswedan melejit, charta politika: kandidat capres mengerucut: ganjar dan anies

Dari kiri ke kanan: Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Sandiaga Uno, dan Anies Baswedan. Voxpol mencatat adanya perbedaan mencolok karakter pemilih antara Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. (TRIBUNNEWS.COM/KOMPAS.COM)

Gubernur Jawa Tengah itu konsisten menjuarai survei elektabilitas capres dengan tingkat elektoral tembus 30 persen.

“Ganjar Pranowo masih ada di peringkat pertama dengan angka 32,6 persen,” ujar Yunarto.

Dalam survei terbaru, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menempati peringkat empat dengan elektabilitas 5,6 persen.

Kemudian secara berturut-turut ada nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY (3,5 persen), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (2,0 persen), dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (1,6 persen).

Lalu, di urutan delapan dan seterusnya ada sosok Ketua DPR RI Puan Maharani (1,6 persen), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (1,5 persen), dan Menteri BUMN Erick Thohir (1,4 persen).

Membaca tren yang ada, kata Yunarto, persaingan para tokoh ke depan tidak akan lagi fokus pada Ganjar, Anies, dan Prabowo, tetapi tereduksi menjadi dua nama saja, yaitu Ganjar dan Anies.

Meski nama Prabowo masih banyak diminati, namun, Yunarto menyebut, nama Ganjar dan Anies lebih mendominasi di berbagai wilayah.

“Kecenderungan yang tadinya penguasaan wilayah itu masih tersebar di tiga nama, kalau kita baca data ini mulai mengerucut ke dua nama,” kata dia seperti dilansir dari �Kompas.com.

Adapun survei Charta Politika ini diselenggarakan pada 4-12 November 2022.

Survei menggunakan metode wawancara tatap muka. Dengan metode multistage random sampling, survei melibatkan 1.220 responden. Sementara, margin of error survei ini sebesar 2,83 persen. (*)

News Related

OTHER NEWS

KPK Pastikan Rekening Milik Pedagang Burung yang Salah Diblokir Telah Dibuka

Jubir KPK Ali Fikri. KPK memastikan rekening milik pedagang burung yang salah diblokir telah dibuka. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan bahwa pihak bank telah mencabut blokir rekening ... Read more »

Januari Belum Usai, Asing Sudah Borong Surat Utang Pemerintah Rp 48 T

dolar 1.jpg Bank Indonesia mencatat aliran modal asing yang masuk ke pasar surat utang pemerintah sepanjang tahun ini hingga 28 Januari 2022 mencapai Rp 48,08 triliun. Kembali masuknya modal asing ... Read more »

Mantan Bawahan Sambo, Hendra Kurniawan Dituntut 3 Tahun Penjara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mantan Karo Paminal Mabes Polri Hendra Kurniawan (HK) dituntut 3 tahun penjara. Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut HK atas perbuatannya melakukan perintangan penyidikan kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah ... Read more »

Aniaya Pria Kulit Hitam Hingga Tewas, 5 Polisi AS Didakwa Pembunuhan

Pihak berwenang Amerika Serikat (AS) pada Kamis mendakwa lima petugas berkulit hitam dengan pembunuhan karena menganiaya warga hingga tewas. Washington: Pihak berwenang Amerika Serikat (AS) pada Kamis mendakwa lima petugas ... Read more »

Jangan Cuci Mobil Terjemur Matahari Langsung, Ini Loh Alasannya

TRIBUNKALTIM.CO – Tahukah Anda, ternyata tidak boleh loh cuci mobil terjemur matahari langsung. Pasalnya, cuci mobil di lokasi terjemur matahari langsung berpotensi merusak cat mobil. Anda dianjurkan cuci mobil di ... Read more »

KPK Minta Pemerintah Tidak Sembarangan Kelola Dana Haji

KPK Minta Pemerintah Tidak Sembarangan Kelola Dana Haji jpnn.com, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta Kementerian Agama (Kemenag) dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengefisiensikan pengelolaan dana haji. Hal ... Read more »

Apakah Aplikasi Sadap WhatsApp Gratis? Pilihan Cara Sadap WA bisa Cek Chat WA hingga Lokasi Pacar

TRIBUNKALTIM.CO – Apakah aplikasi sadap WhatsApp gratis?� Simak berbagai pilihan cara sadap wa bisa untuk cek chat wa hingga lokasi pacar yang dapat dicoba oleh pengguna. Namun sebaiknya hindari menyadap ... Read more »

Pengering Kuteks Bisa Sebabkan Kanker Kulit? Peneliti Beri Peringatan

Berdasarkan penelitian, pengering kuteks bisa menimbulkan risiko kanker kulit. (ilustrasi) REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Paparan sinar UV telah diketahui berpotensi merusak kesehatan kulit. Padahal, sejumlah salon kuku menggunakan perangkat yang memancarkan ... Read more »

Ulah Sopir Bus BPK RI Ini Bikin Netizen Kesal, Asal Potong Lajur di Exit Tol Desari

Ulah Sopir Bus BPK RI Ini Bikin Netizen Kesal, Asal Potong Lajur di Exit Tol Desari Ulah sopir bus BPK RI satu ini saat mau lewat Exit Tol Desari bikin ... Read more »

Toko Peralatan Kolam Renang di Jagakarsa Ludes Terbakar

Ilustrasi petugas pemadam kebakaran Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan Toko peralatan untuk kolam renang di Jalan M Kahfi, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hangus terbakar. Peristiwa kebakaran ini terjadi pada Jumat (27/1) malam. Sebanyak ... Read more »

Pertama Kali Main Film Horor, Hanggini Hafalkan Mantra Bahasa Jawa di Segala Aktivitasnya

Pertama Kali Main Film Horor, Hanggini Hafalkan Mantra Bahasa Jawa di Segala Aktivitasnya Sara Fajira, Hanggini dan Mawar de Jongh saat ditemui Grid.ID di kantor Falcon Pictures, Duren Tiga, Jakarta ... Read more »

Chuck Putranto Dituntut 2 Tahun Penjara dan Denda Rp10 Juta

Chuck dinilai terlibat merintangi penyidikan kasus brigadir j. Jakarta: Mantan Koordinator Sekretaris Pribadi (Koorspri) eks Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Ferdy Sambo, Chuck Putranto, dituntut dua tahun penjara. ... Read more »

Sidang Kedua, Penipu Ratusan Mahasiswa IPB Didampingi 12 Penasihat Hukum

Siti Aisyah Nasution (29 tahun), pelaku penipuan bermodus pinjol yang sebabkan ratusan mahasiswa IPB jadi korban, dihadirkan dalam konferensi pers di Mako Polres Bogor, Jumat (18/11). REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Terdakwa ... Read more »

Viral Pengamen Tak Sadar Ditonton Sheila on 7 saat Nyanyikan Lagu "Dan"

Sheila on 7 sudah berada di Jakarta menjelang konser mereka yang digelar pada 28 Januari 2023. Jakarta: Sheila on 7 sudah berada di Jakarta menjelang konser mereka yang digelar pada ... Read more »

Pajak Tahunan Mobil Baru Toyota Innova Zenix V Gasoline Mahal Gak Ya?

Pajak Tahunan Mobil Baru Toyota Innova Zenix V Gasoline Mahal Gak Ya? Pajak Tahunan Mobil Baru Toyota Innova Zenix V Gasoline Mahal Gak Ya? Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Toyota Kijang ... Read more »

ONE Friday Fights 2: Fakta Menarik Marie Ruumet

Marie Ruumet akan berlaga di ONE Friday Fights 2 pada Jumat (27/1/2023). Foto: ONE Championship Di balik wajah yang ayu, Marie Ruumet memiliki keahlian dalam membuat lawan babak belur dengan ... Read more »

Anak Lahir Terlanjur Stunting Bisa Pulih Asalkan Lakukan Ini

Pencegahan stunting penting dilakukan sebelum anak lahir. (ilustrasi) REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anak yang lahir dengan kondisi mengalami kekerdilan (stunting) masih bisa pulih dan dikejar pertumbuhannya. Caranya dengan menyiapkannya di fase ... Read more »

Konon Arab Saudi Siapkan 2 Pulau untuk Perjudian demi Tarik Turis Israel

Konon Arab Saudi Siapkan 2 Pulau untuk Perjudian demi Tarik Turis Israel jpnn.com, TEL AVIV – Kerajaan Arab Saudi terus berupaya menambah pundi-pundinya dengan berbagai sektor bisnis. Kabar teranyar menyebut ... Read more »

KPK: Kalau Jemaah Terus Disubsidi Besar, Nilai Manfaat Akan Habis

Deputi Bidang Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan, saat memberikan keterangan pers di Ruang Konferensi Pers Gedung KPK, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Foto: Nugroho Sejati/kumparan Anggota KPK, Pahala Nainggolan, meminta agar Kemenag dan ... Read more »

Penghapusan Data Kendaraan Penunggak Pajak Mulai Berlaku, Samsat Buat Roadmap

Tim Pembina Samsat Nasional terdiri dari Korlantas, Jasa Raharja, dan Kemendagri. Foto: Dok. Istimewa Tim Pembina Samsat Nasional tengah membahas roadmap penghapusan data kendaraan menunggak pajak yang mulai berlaku 2023. ... Read more »

Kejaksaan Tetapkan Satu Pegawai Pegadaian Samarinda jadi Tersangka Korupsi

Kejaksaan Tetapkan Satu Pegawai Pegadaian Samarinda jadi Tersangka Korupsi kaltim.jpnn.com, SAMARINDA – Kejaksaan menetapkan satu pegawai Pegadaian Cabang Pembantu Samarinda berinisial RJ (36) sebagai tersangka dalam kasus korupsi senilai Rp ... Read more »

UGM Cetak Doktor Double Degree Pertama Kerja Sama dengan University of Montpellier

Peraih gelar ganda melalui kerja sama tersebut adalah Junaedi, 39 tahun. Jakarta:  Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meluluskan doktor program double degree pertama hasil kerja sama antara program Doktor Biologi ... Read more »

Mobil Baru Listrik Polestar 2 Disegarkan, Tenaganya Lebih Perkasa!

Mobil Baru Listrik Polestar 2 Disegarkan, Tenaganya Lebih Perkasa! Mobil baru listrik Polestar 2 mendapatkan penyegaran. Polestar Mobil Baru Listrik Polestar 2 Disegarkan, Tenaganya Lebih Perkasa! Mobil baru listrik Polestar ... Read more »

Banyak yang Belum Tahu, Pentil Ban Motor Tubeless Juga Bisa Rusak

Banyak yang Belum Tahu, Pentil Ban Motor Tubeless Juga Bisa Rusak Banyak yang Belum Tahu, Pentil Ban Motor Tubeless Juga Bisa Rusak Bukan cuma ban motor, pentil ban yang berukuran ... Read more »

Pelajar di Sukoharjo, Diduga Dicabuli Tetangganya

Pelajar di Sukoharjo, Diduga Dicabuli Tetangganya RADARSOLO.ID – Pelajar di wilayah Kecamatan Sukoharjo Kota diduga dicabuli tetangganya. Polisi masih melakukan klarifikasi kepada pihak untuk mengungkap dugaan pencabulan tersebut. Kapolres Sukoharjo ... Read more »

Segini Biaya Servis Mobil Baru Toyota Kijang Innova Zenix V Gasoline

Segini Biaya Servis Mobil Baru Toyota Kijang Innova Zenix V Gasoline Mobil baru Toyota Zenix V Gasoline Aries Aditya/GridOto.com Segini Biaya Servis Mobil Baru Toyota Kijang Innova Zenix V Gasoline ... Read more »

Gegara Arak Gula, Produsen Arak Tradisional Bali Sampai Banting Harga

Gegara Arak Gula, Produsen Arak Tradisional Bali Sampai Banting Harga AMLAPURA- Satpol PP memastikan akan terus melakukan sidak ke beberapa warga yang masih memproduksi arak gula di Karangasem. Selain mengancam ... Read more »

Larang Ekspor Tembaga, Pemerintah Incar Nilai Tambah Ribuan Kali Lipat

Larang Ekspor Tembaga, Pemerintah Incar Nilai Tambah Ribuan Kali Lipat Pemerintah berencana menerapkan kebijakan larangan ekspor tembaga pada pertengahan tahun ini. Melalui strategi ini, pemerintah mengincar nilai tambah ratusan hingga ... Read more »

Motor Listrik Militer E-Tactical Sergap Didorong Tingkatkan Devisa Negara

Motor listrik militer E-Tactical Sergap resmi mendapatkan sertifikat kelaikan Motor Listrik Militer dari Pusat Kelaikan Kementerian Pertahanan (Puslaik Kemhan). REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Motor listrik militer E-Tactical Sergap resmi mendapatkan sertifikat kelaikan ... Read more »

Raisa Minta Saran Iwan Fals Jelang Konser di GBK

Penyanyi Raisa Adriana berpose saat memberikan keterangan pers menjelang konsernya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (26/1/2023). Foto: Dok. Ronny Raisa siap gelar konser di Stadion ... Read more »

Warga China Jadi Korban Penembakan di AS, Kemenlu China Keluarkan Peringatan

Polisi memeriksa sebuah kendaraan van berwarna putih yang diduga terkait insiden penembakan massal di Monterey Park, California, pada Ahad (22/1/2023). REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING — Kementerian Luar Negeri China (MFA) dan Konsulat Jenderal ... Read more »

Kopi Rasa Pisang Hingga Kue Nastar Indonesia Dilirik Barista Italia

Sekolah barista Italia tertarik mengeksplorasi racikan kopi barista Indonesia. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Perkembangan dan inovasi industri kopi tanah air rupanya menarik perhatian sejumlah pihak dari sekolah barista dan kopi Italia Espresso ... Read more »

Judul Film Para Betina Pengikut Iblis Sempat Tuai Kritikan, Sutradara Bilang Begini

Judul Film Para Betina Pengikut Iblis Sempat Tuai Kritikan, Sutradara Bilang Begini jpnn.com, JAKARTA – Falcon Black bakal merilis film horor terbaru berjudul Para Betina Pengikut Iblis. Namun, judul film ... Read more »

Foto: Berkunjung ke Juventus Village di Jakarta

Legenda klub sepak bola liga Italia, Juventus Edgar Davids menjawab pertanyaan awak media saat berlangsungnya Juventus Village, di Jakarta, Jumat (27/1/2023). Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO Juventus Village berlangsung pada ... Read more »

Badai Cheneso Masih Mengintai Madagaskar

Badai Cheneso (ilustrasi). REPUBLIKA.CO.ID, MOMBASA — Badan pemantau cuaca PBB mengatakan badai tropis Cheneso yang menghancurkan beberapa wilayah Madagaskar pekan ini akan terus datang ke di negara itu. Kemudian menguat pada ... Read more »

Tinggalkan Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam Resmi Gabung ke Jeonnam Dragons

Bek Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam tinggalkan Ansan Greeners untuk gabung klub Korsel lainnya, Jeonnam Dragons. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemain tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia, Asnawi Mangkualam, resmi meninggalkan klub ... Read more »

Biskuit Makanan Tambahan untuk Cegah Stunting Ditemukan Berjamur, Ini Kata Kemenkes

Biskuit bantuan makanan tambahan cegah stunting ditemukan berjamur di Jawa Tengah (Foto: ilustrasi biskuit). REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Kesehatan menyatakan, semua biskuit Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang diduga berjamur untuk pengentasan ... Read more »

Amerika Mencekam, China Susun Rencana Darurat untuk Lindungi Warganya

Amerika Mencekam, China Susun Rencana Darurat untuk Lindungi Warganya jpnn.com, BEIJING – Kementerian Luar Negeri China (MFA) dan Konsulat Jenderal China di San Fransisco telah mengeluarkan peringatan kewaspadaan, setelah warga ... Read more »

Ini Peran M Samanhudi Dalam Kasus Perampokan Rumdin Wali Kota Blitar

Ini Peran M Samanhudi Dalam Kasus Perampokan Rumdin Wali Kota Blitar jatim.jpnn.com, SURABAYA – Mantan Wali Kota Blitar Samanhudi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus perampokan rumah dinas Wali Kota Blitar ... Read more »

Baca Tuntutan, Jaksa Sindir Status Adhi Makayasa AKP Irfan Widyanto

Terdakwa kasus obstruction of justice atau upaya menghalangi penyidikan kasus pembunuhan Brigadir Yosus, Irfan Widyanto menjalani sidang dakwaan di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (19/10/2022). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan AKP Irfan ... Read more »
Kênh kiến thức kỹ năng, phát triển bản thân, hướng nghiệp, blog nhân sự