Manfaat Kambing Etawa, dari Daging hingga Susunya

Asia's Tech News Daily

Manfaat Kambing Etawa, dari Daging hingga Susunya
© Disediakan oleh Katadata

Kambing dan kehidupan manusia ternyata sudah dekat sejak berabad-abad lamanya. Dalam catatan Akhmad Sodiq dalam bukunya Meningkatkan Produksi Susu Kambing Peranakan Etawa, bahwa hewan yang dirawat di rumah setelah anjing adalah kambing.

Pada mulanya kambing merupakan hewan liar yang berpencar di sepanjang pegunungan yang berada di Asia, Barat, Persia dab sekitarnya. Para ahli mengungkapkan bahwa kambing yang banyak dimanfaatkan pada kehidupan manusia saat ini merupakan keturunan dari induk spesies Capra Aegagrus. Kambing tersebut hidup di Asia Kecil dan daratan Persia hingga Mediterania.

Kambing mengalami proses perkembangan yang sangat cepat. Hal itu terlihat dari bertambahnya jumlah kualifikasi dari produk utama yang tidak hanya digunakan pada konsumsi dagingnya saja. Akan tetapi menular kepada susu olahan, bulu dan kulit hingga tanduknya. Oleh karenanya manfaat kambing etawa sangatlah beragam dan banyak orang yang mau mengembangbiakkan. 

Asal Mula Kambing Etawa

Setelah membahas mengenai sejarah kambing dalam sudut pandang luas, selanjutnya dispesifikasikan kepada kambing etawa. Kambing jenis ini berasal dari salah satu wilayah di Jamnapari (salah satu wilayah di India). Makanya, kambing etawa memiliki julukan sebagai kambing jamnapari.

Jenis kambing ini paling populer di masyarakat Asia Tenggara, karena manfaatnya. Seekor kambing etawa dapat dimanfaatkan daging dan susunya. Selain itu postur tubuhnya yang besar membuat banyak orang minat kepada kambing etawa.

Dalam ciri fisiknya, kambing etawa memiliki postur tubuh cukup besar. Kemudian ukuran telinganya yang panjang dan menggantung. Selain itu bentuk mukanya juga cenderung menonjol dan bulu di bagian paha sangat panjang.

Seekor kambing jantan bisa memiliki berat hingga 90 kilogram dan betinanya berkisar 60 kilogram. Sang betina memiliki puting cukup panjang dan bisa menghasilkan susu hingga 235 kilogram dengan masa laktasi 261 hari. Di masa puncak laktasi jumlah susu yang dihasilkan bisa mencapai 3,8 kilogram seharinya.

Baca Juga

  • Bergizi, Ini 11 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Produksi Ternak Kambing Etawa di Indonesia

Produksi susu kambing etawa yang melimpah membuat sejumlah peternak melirik bisnis ini. Kondisi kambing etawa yang mampu beradaptasi dengan lingkungan ekstrim juga menjadi salah satu pertimbangan. Guna mendapatkan hasil yang besar, para peternak di Indonesia kerap mengawinkan kambing lokal dengan etawa dan menghasilkan kambing peranakkan etawa.

Dalam perkembangannya banyak peternak yang membuat sentra usaha. Sentra itu tersebar di sejumlah wilayah seperti Banyumas, Bogor hingga Banyuwangi. 

Manfaat Daging Kambing Etawa

Ada manfaat yang bisa didapat baik dagingnya maupun susu kambing etawa. Berikut manfaat konsumsi daging kambing etawa yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Mengatasi Rasa Nyeri Haid

Manfaat daging kambing etawa bisa mengatasi rasa nyeri saat datang bulan. Nyeri haid bisa disebabkan kandungan zat besi dalam tubuh yang berkurang. Mengonsumsi daging kambing yang kaya zat besi bisa membantu meredakan nyeri haid ini.

2. Merawat Kebugaran Kulit dan Tulang

Kesehatan kulit dan tulang adalah hal penting bagi manusia. Oleh karenanya kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi dalam daging kambing juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Tak hanya itu saja, daging kambing juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang serta gigi.

3. Memperkuat Imunitas

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini imunitas tubuh sangatlah penting. Daging kambing juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan ini cukup baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

4. Membantu Melawan Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti manusia. Maka dengan mengonsum daging kaging kambing yang mengandung zat besi, vitamin B, kolin, dan selenium yang cukup tinggi. Kandungan kolin dan selenium ini bisa menangkal serangan kanker di organ dalam tubuh. Daging kambing juga mengandung conjugated linoleic acid (CLA) yang kandungannya diyakini bisa mencegah inflamasi yang menyebabkan kanker dan tumor ganas.

5. Mencegah Kekurangan Darah

Penyakit kekurangan darah atau anemia bisa diobat dengan daging kambing. Hal itu dikarenakan daging kambing memiliki kandungan zat besi dan mineral lainnya yang memiliki fungsi dalam pembentukan hemoglobin dalam darah. Dengan mengonsumsinya, daging kambing bisa meningkatkan kadar darah merah dalam tubuh. Sehingga bisa bantu mencegah pusing, kelelahan, hingga anemia.

6. Membantu Percepatan Proses Pemulihan Luka

Selain tinggi protein, daging kambing juga mengandung asam amino yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi daging kambing juga diyakini bisa bantu mempercepat proses penyembuhan.

Nutrisi Susu Kambing Etawa

Manfaat Kambing etawa tidak hanya pada konsumsi dagingnya saja, namun juga susunya. Melansir SehatQ.com, susu kambing etawa mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan, antara lain:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Sodium
  • Vitamin A
  • Vitamin B2 (riboflavin)
  • Vitamin B3 (niacin)
  • Laktoferin

Demi mendapat hasil yang maksimal, susu kambing etawa sebaiknya diminum 2 kali sehari. Porsi yang rekomendasikan adalah setara dengan 180-200 ml per hari.

Baca Juga

  • 7 Manfaat Susu Kambing, Kesehatan Jantung hingga Penyenyak Tidur

10 Manfaat Susu Kambing Etawa bagi Kesehatan Tubuh

Selain dagingnya, susu kambing etawa juga kaya akan gizi yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi susu kambing etawa secara rutin akan mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut ini adalah manfaat susu kambing etawa yang perlu Anda ketahui.

1. Mengobati Penyakit Infeksi Akibat Bakteri

Khasiat susu kambing etawa yang pertama adalah untuk mengatasi infeksi bakteri, khususnya bakteri Escherichia coli (E. coli). Menurut salah satu jurnal dari Fakultas Kedokteran, Universitas Kristen Indonesia (FK UKI) tahun 2018, susu kambing etawa mengandung zat antibakteri.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan jika konsentrasi susu sebanyak 60-80 persen dapat menghambat pertumbuhan bakteri resisten, sementara konsentrasi 100 persen memiliki respons penghambat bakteri sedang. Bakteri E. coli sendiri merupakan jenis bakteri yang menjadi penyebab sejumlah penyakit, seperti infeksi saluran kemih (ISK) dan pneumonia.

2. Memperkuat Daya Tahan Tulang

Sama seperti susu sapi, susu kambing etawa juga diperkaya kalsium. Adanya kandungan kalsium ini membuat susu kambing tersebut bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi, pun menjaga agar tulang senantiasa sehat.

Melansir Akudokter.com, tubuh memerlukan asupan kalsium untuk pembentukan tulang sekaligus menjaga agar tulang tetap kuat. Selain itu, menurut penelitian tahun 2012, kandungan kalsium dan fosfor pada susu ini dapat mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).

3. Membantu Penyerapan Nutrisi

Susu sapi dan susu kambing—termasuk susu kambing etawa—mengandung sejumlah mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor, dan magnesium. Mineral-mineral tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Ada juga penelitian mengungkapkan bahwa mineral yang terkandung dalam susu kambing lebih mudah diserap oleh tubuh ketimbang yang ada di dalam susu sapi. Hal ini menjadikan susu kambing etawa lebih disarankan guna mencukupi kebutuhan mineral tubuh. Terutama bagi Anda yang mengalami gangguan kesehatan seperti anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

4. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Susu kambing etawa memiliki kandungan karbohidrat jenis oligosakarida yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Jumlahnya setara dengan yang ditemukan dalam ASI manusia. Karbohidrat jenis oligosakarida yang terkandung dalam susu kambing etawa mengandung prebiotik dan bersifat antibakteri. Minum susu tersebut dapat membantu perkembangan probiotik alias bakteri ‘baik’ yang bertugas merawat kesehatan dan fungsi sistem pencernaan.

5. Meningkatkan Kekuatan Otot

Memiliki otot tubuh yang kuat akan memudahkan Anda melakukan berbagai aktivitas, seperti berolahraga. Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar otot Anda bertambah kuat, salah satunya dengan minum susu kambing etawa secara rutin. Manfaat susu kambing etawa yang satu ini tidak lepas dari kandungan protein susu kambing etawa di dalamnya. Studi yang dirilis oleh Journal of the International Society of Sports Nutrition pada tahun 2012 mengatakan jika diet tinggi protein dapat meningkatkan kekuatan otot.

6. Meredakan Diare

Diare adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri E. coli. Minum susu kambing etawa disebut-sebut dapat membantu mengatasi penyakit yang menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menewaskan sekitar 2.195 anak di seluruh dunia setiap harinya. Alasan susu kambing etawa juga berkhasiat untuk mengatasi diare adalah karena susu ini mengandung zat bernama laktoferin.

Menurut penelitian dari Institut Pertanian Bogor (IPB), laktoferin pada susu kambing etawa memiliki sifat antidiare karena zat tersebut terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri E.Coli yang menjadi penyebabnya.

7. Meningkatkan Suplai Oksigen ke Seluruh Tubuh

Kandungan fosfor pada susu kambing etawa membuat susu ini berpotensi membantu peredarah darah di dalam tubuh menjadi lebih lancar.

Dilansir dari Linus Pauling Institute, Oregon State University, fosfor akan membantu hemoglobin dalam menjalankan fungsinya, yakni mendistribusikan oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat lainnya dari susu kambing etawa yang perlu Anda ketahui adalah menjaga kesehatan mata. Khasiat susu kambing etawa yang satu ini didapat dari vitamin A yang dimilikinya. 

Melansir NIH, asupan beta-karoten sebanyak 25 persen setiap hari terbukti dapat mengurangi risiko penyakit degenerasi makula yang menyerang mata. Beta-karoten sendiri merupakan zat yang menjadi cikal bakal vitamin A.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A pada susu kambing etawa selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, juga berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Menurut NIH, meningkatkan kekebalan menjadi salah satu dari sekian banyak kegunaan vitamin A bagi tubuh.

10. Mencegah Kanker

Kandungan riboflavin yang juga ada dalam susu kambing etawa disebut-sebut bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Pada tahun 2020, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences menyebutkan bahwa vitamin B2 berkontribusi dalam menurunkan risiko sejumlah penyakit kanker pada manusia.

Akan tetapi, belum dapat diketahui tingkat efektivitas vitamin B2 pada susu kambing dalam meminimalisir risiko penyakit kanker tersebut. Perlu ada studi lanjutan guna memastikan hal tersebut.

Demikianlah manfaat kambing etawa bagi kesehatan yang dapat diperoleh melalui daging dan susunya, apabila rutin dikonsumsi di rumah. 

Internet Explorer Channel Network
Asia's Tech News Daily
News Related

OTHER NEWS

Liestiadi: Persikabo Siap 100 Persen Lawan Persija

© Persikabo Liestiadi menjadi pelatih anyar Persikabo 1973 menggantikan Igor Kriushenko. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pelatih Persikabo Liestiadi memastikan persiapan sudah maksimal menjelang laga melawan Persija Jakarta pada lanjutan Liga 1 ... Read more »

Menang Lawan Persipura, Ini Reaksi Pelatih Bhayangkara

© Republika/Thoudy Badai Pelatih Bhayangkara FC Paul Munster saat sesi latihan di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (9/3). REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pelatih Bhayangkara FC Paul Munster mengapresiasi permainan anak asuhnya dalam ... Read more »

BWF World Tour Finals: Presiden Jokowi Turun ke Lapangan dan Ayun Raket bareng Jonatan Christie

© Disediakan oleh Kompas.com Presiden Joko Widodo mengangkat Piala Thomas bersama Ketua Umum PBSI, Agung Firman Sampurna, di tengah-tengah pergelaran BWF World Tour Finals 2021, di Nusa Dua, Bali, 2 ... Read more »

Ini Prediksi Skuad Tottenham Lawan Brentford

© EPA-EFE / ALEX PANTLING Logo Premier League di lengan pemain Leeds, selama pertandingan Liga Utama Inggris antara Leeds United dan Wolverhampton Wanderers di Leeds, Inggris, 19 Oktober 2020. REPUBLIKA.CO.ID, ... Read more »

Jerman Berlakukan Lockdown Terhadap Warga yang Tidak Divaksinasi untuk Cegah Peningkatan Covid-19

© AFP Kanselir Jerman Angela Merkel berpidato pada konferensi pers setelah pertemuan dengan kepala pemerintahan negara bagian federal Jerman di Kanselir di Berlin pada Kamis (2/12/2021). TRIBUNNEWS.COM, BERLIN – Jerman ... Read more »

RI Bakal Bahas Isu Literasi dan Inklusi Keuangan di Pertemuan G20 Tahun Depan

© Disediakan oleh Kumparan Presiden Indonesia Joko Widodo berbincang dengan para pemimpin dunia lainnya di KTT G20 di Roma, Italia, Sabtu (30/10). Foto: Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden Pemerintah berencana ... Read more »

Fernando Alonso Kandidat Kuat Peraih Overtake Award F1 2021

© Andy Hone / Motorsport Images Fernando Alonso, Alpine A521, Lance Stroll, Aston Martin AMR21 Balapan tanpa ada pembalap saling mendahului pastinya terasa hambar, ibarat sayur tanpa garam. Aksi mereka ... Read more »

Menang Atas Mitra Surabaya, Persibo Bojonegoro Masuk 16 Besar Liga 3 PSSI Jatim

© Disediakan oleh Kumparan Pertandingan babak 32 besar Liga 3 PSSI Jawa Timur, antara Persibo Bojonegoro melawan Mitra Surabaya, di Stadion Joko Samudro, Kabupaten Gresik. Kamis (02/12/201) (foto: dok PSSI ... Read more »

Microsoft Luncurkan Teams Essentials untuk Bisnis Kecil

© xda developer Microsoft meluncurkan Microsoft Teams khusus untuk bisnis kecil bernama Teams Essentials REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Microsoft meluncurkan Microsoft Teams khusus untuk bisnis kecil. Versi baru yang dinamakan Teams Essentials ini diyakini ... Read more »

9 Potret Keindahan Salar de Uyuni, Cermin Langit di Bolivia

© Disediakan oleh IDN Times Beberapa destinasi wisata alam terbentuk dari proses alamiah tanpa ada campur tangan manusia. Proses alamiah tersebut mencipatakan destinasi wisata unik sekaligus memukau yang patut untuk ... Read more »

3 Atlet Lompat Jauh Ini Siap Jegal Maria Londa

© Disediakan oleh Kompas.com Maria Londa mempersembahkan medali emas ke-66 untuk Indonesia dari nomor lompat jauh JAKARTA, KOMPAS.com – Ada tiga atlet lompat jauh putri yang bisa menjegal atlet Indonesia, ... Read more »

Klasemen Liga Inggris Jelang Man United Vs Arsenal: The Gunners Menuju Zona Liga Champions, tetapi...

© Disediakan oleh Kompas.com Ekspresi kecewa Aaron Ramsdale (tengah) pada laga pekan ke-8 Liga Inggris yang mempertemukan Arsenal vs Crystal Palace di Stadion Emirates, Selasa (19/10/2021) dini hari WIB. KOMPAS.com ... Read more »

BWF World Tour Finals 2021: Stoeva Bersaudara Goreskan Sejarah Bagi Bulgaria

© JPNN.COM BWF World Tour Finals 2021: Stoeva Bersaudara Goreskan Sejarah Bagi Bulgaria jpnn.com, BALI – Duet kakak beradik asal Bulgaria Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva menciptakan sejarah baru bagi negaranya di ... Read more »

Skuad Thailand untuk Piala AFF 2020

© Disediakan oleh Kompas.com Pemain Thailand, Chanathip Songkrasin, merayakan golnya seusai membobol gawang Bahrain pada pertandingan kedua Grup A Piala Asia 2019, Kamis (10/1/2019). KOMPAS.com – Thailand telah mengumumkan skuad ... Read more »

Mobil Jadi Sporty dan Atraktif dengan Modifikasi Rally Look, Ini Part dan Aksesori yang Jadi Ciri Khasnya

© Disediakan oleh GridOto Ilustrasi Subaru Impreza Rally yang bisa jadi inspirasi modif gaya Rally Look Raspatidana/Otomotifnet Mobil Jadi Sporty dan Atraktif dengan Modifikasi Rally Look, Ini Part dan Aksesori ... Read more »

Diizinkan Real Madrid untuk Hengkang, Arsenal Tertarik Isco

© AP/Manu Fernandez Selebrasi pemain Real Madrid Isco setelah berhasil menjebol gawan Manchester City pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di stadion Santiago Bernabeu, Madrid,Rabu (26/2/2020). REPUBLIKA.CO.ID, LONDON ... Read more »

Harga Setir Mobil Copotan Tapi Kondisi Masih Mulus Tipe OEM Dijual Mulai Segini

© Disediakan oleh GridOto Ilustrasi Setir Mobil Copotan Antonio Beniah Hotbonar/GridOto.com Harga Setir Mobil Copotan Tapi Kondisi Masih Mulus Tipe OEM Dijual Mulai Segini Mengganti setir pada mobil bekas bisa ... Read more »

Max Biaggi-Valentino Rossi Terjebak Peran Jahat dan Baik

© Gresini Racing Podium: race winner Marco Melandri with Nicky Hayden and Valentino Rossi Duel Biaggi versus Rossi mewarnai sejarah MotoGP. Uniknya, kedua pembalap itu sudah berkonflik bahkan ketika tidak ... Read more »

Siapa Sangka Dulu BMW Sempat Bikin Mobil Mirip Buggy Namanya Just 4/2, Begini Tampilannya

Siapa Sangka Dulu BMW Sempat Bikin Mobil Mirip Buggy Namanya Just 4/2, Begini Tampilannya Siapa sangka, dulu BMW sempat bikin mobil konsep dengan tampilan minimalis. Untuk itu, seobat perlu kenalan ... Read more »

Hendra Setiawan: Menghadapi Jokowi Lebih Berat Ketimbang Melawan Minions

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Atlet bulu tangkis ganda putra Indonesia Hendra Setiawan berujar bahwa bertanding bulu tangkis melawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih berat dibandingkan ... Read more »

Makki Ungu Jalani Obesesi 50 Tahun Usia Lewat Ekspedisi Parikesit 7 Saga, Riding dan Hiking 7 Gunung

Makki Ungu Jalani Obesesi 50 Tahun Usia Lewat Ekspedisi Parikesit 7 Saga, Riding dan Hiking 7 Gunung Makki Ungu menjalani obsesinya yang bertepatan dengan usia 50 tahun. Jalani Ekspedisi Parikesit ... Read more »

Saksikan BWF World Tour Finals, Jokowi Sempatkan Sapa Atlet Bulu Tangkis RI

© Disediakan oleh Kompas.com Kunjungan Presiden Joko Widodo ke tempat pertandingan BWF World Tour Finals 2021 tersebut adalah untuk menerima dan memberikan apresiasi kepada tim bulu tangkis Indonesia yang menjuarai ... Read more »

Muncul Masalah Lagi di Proyek Tol Yogyakarta-Solo, Ada Warga yang Enggak Terima Sama Nominal Ganti Rugi Lahannya

© Disediakan oleh GridOto Potret pengerjaan fisik jalan tol Yogyakarta-Solo. Tribunsolo.com/Tri Widodo Muncul Masalah Lagi di Proyek Tol Yogyakarta-Solo, Ada Warga yang Enggak Terima Sama Nominal Ganti Rugi Lahannya Proyek ... Read more »

Man United Vs Arsenal, Misi Bangkit Setan Merah Terhalang Rekor Buruk

© Disediakan oleh Kompas.com Thomas Partey (kanan) berduel dengan Bruno Fernandes (kiri) dalam laga Manchester United vs Arsenal pada pekan ketujuh Liga Inggris 2020-2021 di Stadion Old Trafford, Minggu (1/11/2020). ... Read more »

BWF World Tour Finals 2021 : Wakil India Mundur, Marcus/Kevin Diuntungkan

TRIBUNJATENG.COM — Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, cukup diuntungkan dengan mundurnya salah satu lawan pada BWF World Tour Finals 2021. Plot twist dalam kompetisi terjadi ketika beberapa kontestan ... Read more »

Sorotan Hasil BWF World Tour Finals 2021: Pram/Yere Kalah Dua Kali, Peluang ke Semifinal Tertutup

TRIBUNNEWS.COM – Pasangan ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dipastikan tidak bisa melaju ke babak Semifinal BWF World Tour Finals 2021. Pasalnya Pramudya/Yeremia menelan kekalahan dari dua ... Read more »

Ironi Mitra Kukar: Pernah Mewah di Liga 1, Kini Terjun Bebas ke Liga 3

© Disediakan oleh Kumparan Protes keras pemain Mitra Kukar kepada wasit pertandingan Persija melawan Mitra Kukar di Stadion Utama Gelora Bung, Karno, Minggu,(9/12/18). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan Mitra Kukar akan main ... Read more »

Man United Vs Arsenal: Carrick Akui Belum Komunikasi dengan Rangnick

© Disediakan oleh Kompas.com Michael Carrick (tengah) saat mendampingi Man United sebagai pelatih sementara pada laga liga Champions kontra Villarreal di Le Ceramica Stadium, Rabu (24/11/2021) dini hari WIB. KOMPAS.com ... Read more »

Chord Gitar Top Topan - Safira Inema, Kunci dari C Mudah Dimainkan

© Freepik Ilustrasi chord gitar – Ini chord gitar dan lirik lagu Top Topan yang dinyanyikan oleh Safira Inema. TRIBUNNEWS.COM – Simak chord gitar dan lirik lagu Top Topan yang dinyanyikan ... Read more »

5 Air Terjun Terbaik di Swiss dengan Pesona yang Gak Ada Duanya

© Disediakan oleh IDN Times Swiss hingga kini masih menjadi negara tujuan para wisatawan yang berencana berlibur ke Eropa. Itu semua tak terlepas dari panorama alamnya yang terkenal sangat indah ... Read more »

Dari My Sassy Girl hingga Sejarah Menara Eiffel Tayang Akhir Tahun di Klik Film

© Disediakan oleh Tempo.co foto TEMPO.CO, Jakarta – Salah satu film terbaik Korea Selatan, My Sassy Girl yang dibintangi Jun Ji Hyun dan Cha Tae Hyun akan diputar di pengujung ... Read more »

Donna Agnesia dan Putrinya Dirawat di RS, Darius Sinathrya Ungkap Rasa Sedih

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Donna Agnesia dan putrinya, Sabrina Sinathrya dilarikan ke rumah sakit. Keduanya harus dirawat selama beberapa hari kedepan hingga kondisinya membaik. Suami ... Read more »

Daftar Tim di 8 Besar Liga 2: RANS Cilegon FC dan Persis Solo Satu Grup

© Disediakan oleh Kompas.com Pemain RANS Cilegon FC, Syamsir Alam. KOMPAS.com – RANS Cilegon FC dan Persis Solo merupakan dua dari total delapan tim yang dipastikan lolos ke 8 besar ... Read more »

Produk Indonesia 'Ditaksir' Rp 24,2 Triliun oleh Cina

© KBRI Beijing Penandatanganan nota kesepahaman dan surat intensi diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beijing, 30 November. REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING – Penjajakan bisnis di Trade Expo-Digital Edition (TEI-DE) 2021 menarik minat ... Read more »

Mata Uang Digital Bitcoin, Salah Satu Uang Kripto yang Kian Populer

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta –Bitcoin merupakan mata uang digital alias uang kripto yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada 2009 lalu sebagai alat tukar digital. Mata uang ... Read more »

Kasus Varian Omicron Terdeteksi di India

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – India melaporkan kasus pertama varian baru Covid-19, omicron pada Kamis, 2 Desember 2021. Kendati begitu, Pemerintah India belum punya rencana untuk ... Read more »

Grab Resmi Melantai di Bursa Saham AS

© Disediakan oleh Kompas.com Logo Grab terpampang di Nasdaq Tower di Times Square, New York, Amerika Serikat jelang IPO, Kamis (2/12/2021). KOMPAS.com – Perusahaan ride hailing, Grab Holdings resmi melantai ... Read more »

3 Cara Terbaik Memberikan Dukungan Saat Teman Dekat Divonis Positif HIV/AIDS, Jangan Dijauhi ya!

© Disediakan oleh Beautynesia Ketakutan dan ketidaktahuan tentang penyakit HIV/AIDS membentuk stigma negatif yang lazim di masyarakat yang menyebabkan adanya diskriminasi yang mengarah pada prasangka, sikap negatif, hingga pelecehan. Stigma ... Read more »

Dalam Empat Hari, Lebih 20 Juta Vaksin Tiba di Tanah Air

© www.pixabay.com Vaksin Covid-19 (ilustrasi). Dalam empat hari terakhir, lebih dari 20 juta dosis vaksin telah tiba di Tanah Air. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah mendatangkan lebih 20 juta vaksin dalam empat ... Read more »

Video Kreatif, Cara Menarik Minat Pengunjung Museum

© Universitas Bina Sarana Informatika Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Fakultas Komunikasi dan Bahasa melakukan kegiatan Pengabdian Masayarakat (PM). Pengabdian yang bertemakan “Pelatihan pembuatan video kreatif promosi REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA ... Read more »
On free-english-test.com you will find lots of free English exam practice materials to help you improve your English skills: grammar, listening, reading, writing, ielts, toeic