Deretan Tanda dan Gelar Kehormatan yang Diterima Prabowo dalam 5 Tahun Terakhir

deretan tanda dan gelar kehormatan yang diterima prabowo dalam 5 tahun terakhir

Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto menerima tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dari Polri. Penyematan tanda kehormatan itu dilakukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Ruang Rapat Utama Markas Besar (Mabes) Polri, Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2024) siang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto baru saja mendapatkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dari Kepolisian Negara Repubik Indonesia (Polri).

Pemberian tanda kehormatan itu berlangsung dalam upacara resmi, diawali Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyambut kedatangan Prabowo Subianto di Mabes Polri pada Kamis (20/6/2024).

Namun, acara penganugerahan bintang kehormatan itu berlangsung secara tertutup di Rupatama Mabes Polri, Jakarta.

Untuk diketahui, Bintang Bhayangkara Utama merupakan tanda kehormatan dari Pemerintah yang diberikan kepada mereka yang dianggap berjasa luar biasa melampaui kewajibannya memajukan Polri.

Tanda kehormatan itu dapat diberikan kepada presiden dan wakil presiden, Kapolri, Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan, menteri dan pejabat setingkat menteri, serta kepala staf negara lain.

Sementara itu, diketahui ini bukan kali pertama Prabowo mendapatkan tanda dan gelar kehormatan selama menjabat sebagai Menhan.

Berikut tanda dan gelar penghargaan lainnya yang pernah diterima Prabowo Subianto selama lima tahun terakhir:

4 Bintang Kehormatan Militer

Prabowo diketahui memegang empat tanda kehormatan bintang militer utama, yakni Bintang Yuda Dharma Utama, Bintang Kartika Eka Paksi Utama, Bintang Jalasena Utama, dan Bintang Swa Buwana Paksa Utama

Penyematan empat bintang kehormatan kepada Prabowo itu dilakukan oleh Panglima TNI dan tiga kepala staf angkatan di Ruang Hening, Kementerian Pertahanan pada 15 Agustus 2022.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI, Bintang Yudha Dharma Utama disematkan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Kemudian, Bintang Kartika Eka Paksi Utama disematkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurrahman. Lalu, Bintang Jalasena Utama disematkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama disematkan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Yudha Dharma Utama kepada Menhan Prabowo ini didasari oleh Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 13/Tk/Tahun 2022.

Bintang Yudha Dharma adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh pemerintah untuk menghormati jasa dharmabakti seseorang yang benar-benar dirasakan manfaatnya oleh bangsa dan negara.

Sementara itu, Bintang Kartika Eka Paksi Utama adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh pemerintah untuk menghormati jasa seorang prajurit yang luar biasa untuk kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Darat.

Kemudian, Bintang Jalasena Utama adalah bintang kehormatan yang diberikan untuk menghargai kesetiaan, kemampuan, kebijaksanaan dan jasa-jasa yang melebihi kewajiban di bidang tugas kemiliteran Angkatan Laut.

Adapun Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama merupakan tanda kehormatan yang dianugerahkan oleh pemerintah untuk menghormati seorang prajurit atas jasanya yang luar biasa terhadap kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Udara.

Pada kesempatan tersebut, Menhan Prabowo juga menyematkan Bintang Yudha Dharma Utama kepada Jenderal TNI Andika Perkasa.

Darjah Gemilang Seri Melaka

Tak hanya mendapatkan tanda kehormatan dari dalam negeri, Prabowo juga pernah mendapatkan gelar kehormatan militer dari salah satu negara bagian Malaysia, Melaka.

Gelar kehormatan militer Darjah Gemilang Seri Melaka itu diberikan langsung oleh Gubernur Negeri Melaka Tun Seri Setia (Dr.) Mohd Ali Mohd Rustam kepada Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) Prabowo Subianto di Negeri Melaka, Malaysia pada 26 Juli 2022.

Dikutip dari Kompasiana, dalam sambutannya, Gubernur Negeri Melaka Tun Seri Setia (Dr.) Mohd Ali Mohd Rustam mengatakan bahwa orang yang menerima gelar ini dianggap memiliki hubungan yang baik dengan Kerajaan Malaka atau pemerintahan Malaysia.

Selanjutnya, penerima gelar Darjah Gemilang Seri Melaka mendapatkan gelar "Datuk Seri".

Outstanding Leader in National Defense & Security

Pada Oktober 2022, Prabowo pernah menerima penghargaan Outstanding Leader in National Defense & Security dari salah satu stasiun televisi swasta di Jakarta.

Penghargaan tersebut diberikan kepada para tokoh pemimpin nasional, daerah, dan lembaga di Indonesia yang telah berjuang pada masa krisis.

Menurut Prabowo, mendapatkan predikat pemimpin luar biasa di bidang pertahanan dan keamanan adalah sebuah kehormatan sekaligus bermakna harapan dan tantangan.

"Ini bagi saya adalah sebuah harapan dan tantangan. Jadi, saya diharapkan dan ditantang untuk memberi yang terbaik untuk menjadi outstanding,” kata Prabowo dikutip dari Antaranews.

Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera)

Pada 21 November 2023, Prabowo mendapat penghargaan militer tertinggi dari Pemerintah Singapura, yakni Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera).

Penganugerahan tersebut diberikan langsung oleh Presiden Singapura Tharman Sanmugaratnam kepada Prabowo di Istana Kepresidenan Singapura.

Penghargaan itu diberikan sebagai pengakuan atas kontribusi Prabowo yang luar biasa dalam memperkuat hubungan pertahanan yang sangat baik antara Indonesia dan Singapura.

Istana Kepresidenan Singapura mengatakan, di bawah kepemimpinan Prabowo sebagai Menhan, perjanjian kerja sama pertahanan kedua negara telah diratifikasi. Sehingga, memungkinkan kerja sama dan interaksi yang lebih erat antara TNI dan angkatan bersenjata Singapura.

Selain itu, Prabowo dinilai layak menerima penghargaan karena dianggap berhasil melakukan kolaborasi yang erat meski dilanda pandemi Covid-19 beberapa waktu silam.

Jenderal TNI Kehormatan

Dalam momen pemilihan presiden (Pilpres) 2024, Prabowo yang maju sebagai calon presiden (capres) mendapatkan gelar Jenderal TNI Kehormatan yang disematkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur pada 28 Februari 2024.

Dengan diberikannya gelar Jenderal Kehormatan itu, pangkat Prabowo naik dari Purnawirawan Jenderal bintang tiga menjadi Jenderal bintang empat.

Menurut Jokowi, gelar tersebut merupakan bentuk penghargaan kepada Prabowo atas dedikasinya di dunia militer.

Jokowi juga menjelaskan bahwa kenaikan pangkat istimewa untuk Prabowo tersebut, merupakan usulan dari Markes Besar (Mabes) TNI.

"Penganugerahan ini adalah bentuk penghargaan sekaligus peneguhan untuk berbakti sepenuhnya kepada rakyat, kepada bangsa dan kepada negara. Saya ucapkan selamat kepada Bapak Jenderal Prabowo Subianto," kata Jokowi saat memberikan sambutan pada Rapim TNI-Polri 2024 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Kendati demikian, kenaikan pangkat Prabowo ini menuai sorotan banyak pihak, karena rekam jejaknya yang pernah dipecat sebagai perwira TNI. Sehingga, sempat dinilai sebagai bagian dari transaksi politik.

Namun, Jokowi membantah dugaan tersebut. Sebab, dia mengatakan, apabila benar merupakan transaksi politik maka sudah diberikan sebelum Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Ya kalau transaksi politik kita berikan saja sebelum pemilu. Ini kan setelah pemilu, jadi supaya tidak ada anggapan-anggapan itu," ujar Jokowi saat itu.

Sementara itu, dikutip dari Harian Kompas Edisi 25 Agustus 1998, Letjen TNI Prabowo Subianto diberhentikan dari dinas ABRI.

Hal itu dijelaskan oleh Menteri Pertahanan/Panglima ABRI Jenderal TNI Wiranto bahwa keputusan yang diambil adalah "Masa dinas Jenderal Prabowo di ABRI diakhiri”.

Selain mengumumkan Prabowo diberhentikan, Jenderal TNI Wiranto juga mengumumkan Mayjen TNI Muchdi Purwopranjono dan Kolonel Chairawan dibebas tugaskan.

Keputusan tersebut diperoleh atas masukan dari Dewan Kehormatan Perwira (DKP) yang dibentuk untuk melakukan pemeriksaan terhadap para perwira Kopassus terkait kasus penculikan aktivis yang dibentuk pada 3 Agustus 1998.

Sebelum menerima semua tanda dan gelar kehormatan tersebut, Prabowo sudah mengantongi beberapa gelar kehormatan militer lainnya. Seperti Order of Military Merit atau Wisam al-Istahaqaq al-Askari dari pemerintah Yordania.

Kemudian, Knight of the Royal Order of Sahametrei dari Kamboja dan Ordre national du Mérite dari Perancis.

OTHER NEWS

48 minutes ago

6 Hasil Survei Pilkada Jakarta,Elektabilitas Anies hingga Ahok dan Wacana Duet Ridwan Kamil-Kaesang

53 minutes ago

12 Ramalan Zodiak Besok Selasa 16 Juli 2024: Virgo,Aries,Taurus Mujur,Cek Warna and Angka Hokimu

53 minutes ago

3 Zodiak Banjir Rezeki Selasa 16 Juli 2024,Berikut Ramalan Zodiak Paling Beruntung Hari Ini

57 minutes ago

Kandungan Zat yang Terdapat di Dalam Tanaman Kecubung

57 minutes ago

9 Buah Tinggi Kalori yang Harus Dihindari saat Diet,Bisa Menyebabkan Berat Badan Bertambah

57 minutes ago

3 Ramalan Nasib Shio Jaya Keuangannya Besok Selasa 16 Juli 2024: Kuda,Ayam,Naga Potensi Naik Gaji

1 hour ago

Ini Mantan Striker Timnas Brazil yang Resmi Gabung ke Persiraja di Liga 2 2024/2025,Simak Profilnya

1 hour ago

Ada Gambar Seronok di Ruang Ganti Timnas Spanyol Usai Juara EURO 2024

1 hour ago

Kesan Pertama Calvin Verdonk Saat Gabung dengan Timnas Indonesia: Adaptasi Mudah, Seperti di Rumah Sendiri

1 hour ago

Olimpiade 2024 - Legenda Badminton Malaysia Sepelekan Ginting,Titahkan Lee Zii Jia Rebut Medali

1 hour ago

Daftar 23 Pemain Timnas U19 Indonesia Piala AFF U19 2024,Indra Sjafri Bawa Pemain Abroad di Spanyol

1 hour ago

Alvaro Morata ke AC Milan, Gampang Banget Gantikan Olivier Giroud

1 hour ago

Piala AFF U-19, Indra Sjafri Tetapkan 23 Pemain untuk Memperkuat Timnas

1 hour ago

Pengakuan Scaloni soal Lautaro: Dia Tak Senang kepada Saya, tetapi...

1 hour ago

Edward Akbar Digugat Cerai Kimberly Rydey, Mertuanya Singgung Istri Harus Pintar Cari Uang hingga Suami Diambil Perempuan Lain

1 hour ago

Sosok Penasihat Kapolri Aryanto,Sebut Rudiana Layak Dipecat Jika PK Terpidana Kasus Vina Diterima

1 hour ago

Tugas Jokowi Menuntaskan Masalah Honorer, Prabowo yang Mengangkat PPPK jadi PNS

1 hour ago

Satu-satunya Pendaftar Putuskan Pindah, SDN Jatimulyo 4 Kota Malang Dipastikan Tidak Memiliki Murid Baru

1 hour ago

5 Rekomendasi Game Offline Legendaris di HP Android untuk Mengisi Waktu Luang,Hemat Kuota

1 hour ago

Pertama Kalinya, Israel Akui Mulai Kehabisan Tank

1 hour ago

7 Ras Kucing Hitam yang Menggemaskan

1 hour ago

Bos OpenAI Buat Thrive AI, Fokus Hadirkan Produk Kesehatan Berbasis AI

1 hour ago

Timnas Indonesia Akan Melawan Filipina Besok Ini Jadwal dan Pembagian Grup Piala AFF U19 2024

1 hour ago

7 Model Mini Dress yang Tepat untuk Tampil Cantik

1 hour ago

Hasrat Rodri Usai Bawa Spanyol Juara Euro 2024, Ungkit Ballon d'Or

1 hour ago

6 Cara Mengatasi Remot Xiaomi TV yang Tidak Mau Merespon,Mudah Dilakukan

1 hour ago

Fakta Baru dari Penembakan Donald Trump saat Kampanye

1 hour ago

Profil Maxwell Salvador,Mahasiswa Kedokteran Peserta Clash of Champions dengan Prestasi Mentereng

1 hour ago

Diam-diam Royal Enfield Siapkan Motor Baru Murah di Bawah Rp 30 Juta, Mesin 250 cc Hybrid?

2 hrs ago

Lima Kader NU Tersenyum Foto Bareng Presiden Israel,Terancam Sanksi Dipecat dari Kepengurusan

2 hrs ago

VinFast Bangun Pabrik Rp 3,2 Triliun di Subang: Sasar Pasar Mobil Listrik Wilayah Timur Indonesia

2 hrs ago

Gorila Tertua di Kebun Binatang AS Disuntik Mati, Ini Alasannya

2 hrs ago

Baru Beroperasi Tahun Depan, Kemenperin Minta TKDN VinFast 40 Persen

2 hrs ago

Daftar 23 Pemain Timnas U19 Indonesia di Piala AFF U19 2024: Ada 3 Pemain Keturunan,5 Nama Dicoret

2 hrs ago

Dituding Numpang Hidup pada Ayu Ting Ting, Pekerjaan Asli Sang Adik Ipar Terungkap, Ternyata Gak Main-main

2 hrs ago

Mobil Listrik Omoda E5 Laris Manis, Chery Tetap Jualan ICE

2 hrs ago

Potret Ganteng 2 Cucu Soekarno,Paundrakarna Keturunan Ningrat Solo,Kiran Keturunan Jepang-Belanda

2 hrs ago

Wawali Solo: Gibran Kirim Surat Pengunduran Diri sebagai Walkot ke DPRD Besok

2 hrs ago

Unusia Akan Sidang Etik Zainul Maarif yang Temui Presiden Israel

2 hrs ago

Pengorbanan Besar Messi demi Juara Copa America 2024, Main dengan Kaki Bengkak Parah

ALONGWALKER VIETNAM: Kênh khám phá trải nghiệm của giới trẻ, thế giới du lịch ALONGWALKER INDONESIA: Saluran untuk mengeksplorasi pengalaman para pemuda global