Mantan Presiden BEM UIN Syarif Hidayatullah Calon Kuat Menteri Pendidikan Kabinet Prabowo Gibran

TRIBUN-TIMUR.COM - Posisi Menteri Pendidikan diprediksi tak lagi dijabat Nadiem Makarim di Kabinet Prabowo Gibran nantinya.

Salah satu kandidat kuat calon Menteri Pendidikan pengganti Nadiem Makarim yang disebut-sebut yakni Mantan Presiden BEM UIN Syarif Hidayatullah.

Nadiem Makarim selama menjabat Menteri Pendidikan di kabinet Jokowi cukup menyita perhatian.

Ini lantaran Nadiem Makarim membuat sejumlah terobosan kebijakan yang dianggap cukup baik.

Lantas siapa sosok Calon Menteri Pendidikan pengganti Nadiem Makarim?

Sosok yang dimaksud yakni Ace Hasan Syadzily yang digadang-gadang mengisi posisi Menteri Pendidikan di pemerintahan Prabowo kelak.

Nama Ace Hasan Syadzily mencuat seiring dengan beredarnya 61 nama Calon Menteri Prabowo.

Saat ini Ace Hasan Syadzily merupakan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dan menjabat Ketua DPD I Golkar Jawa Barat.

Berikut profil lengkap dan sepak terjang Ace Hasan Syadzily :

Dengan nama lengkap Tubagus Ace Hasan Syadzily, lahir di Pandeglang Banten 19 September 1976.

Lahir dari pasangan KH Tb A. Rafei Ali dan Hj Siti Sutihat. Dibesarkan dalam tradisi Pesantren yang kental dan aktivitas politik yang sangat kuat.

Ayahnya seorang Pengasuh Pondok Pesantren Annizhomiyyah Pandeglang, Banten & pernah menjadi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten.

Selain itu, aktif juga berkiprah dalam dunia politik yang disalurkan melalui Golkar di era orde baru.

Ace menyelesaikan sekolah dasarnya di Labuan, melanjutkan pendidikan pada Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya dan Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta, dengan menamatkan Sekolah Menengahnya.

Pada tahun 1994 melanjutkan pendidikan Strata Satu (S1) pada Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tahun 2001 melanjutkan Pendidikan S2 bidang Antropologi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia yang diselesaikannya pada tahun 2004.

Tahun 2010 melanjutkan studi S3 bidang Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran, Bandung, yang diselesaikannya tahun 2014.

Aktivitas berorganisasinya ditempa sejak menginjak Sekolah Menengah di Pesantren dan masa kuliahnya.

Semasa kuliah tercatat menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa dan Sastra Arab UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 1995-1997, Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Adab UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 1997-1988 dan menjadi Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 1998-2000.

Ditempa secara intelektual di lingkungan kelompok studi Forum Mahasiswa Ciputat (FORMACI) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciputat. Semasa mahasiswa, selain studi keislaman, di kelompok studi ini minat studi Filsafat dan Ilmu Sosial & ilmu Politik terus digali.

Tahun 1998, terlibat aktif dalam gerakan mahasiswa 98 dengan menggalang gerakan mahasiswa 98 bersama aktivis gerakan mahasiswa lainnya.

Proses interaksi dan pergumulan pemikiran di Ciputat menjadikan Ace mengagumi dan mempelajari gagasan dan pemikiran Almarhum Nurcholish Madjid alias Cak Nur, yang dikenal sebagai lokomotif gerakan pembaharuan pemikiran Islam Indonesia.

Semasa mahasiswa sering mengikuti ceramah Cak Nur, terutama pada Yayasan Paramadina.

Dari Cak Nur-lah Ace mengenal gagasan tentang Islam, Keindonesiaan dan Kemodernan, kontekstualisasi doktrin Islam dengan nilai-nilai Islam dan demokrasi; kompatibilitas Islam dan demokrasi; pluralisme; gagasan Islam Yes, Partai Islam No; Masyarakat madani (civil society) dan tema-tema keagamaan, sosial, politik dan budaya.

Semasa kuliah juga aktif terlibat sebagai peneliti lapangan di beberapa lembaga riset. Salah satunya LP3ES, LSAF (lembaga studi Agama dan Filsafat), HP2M dan mengajar asisten dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tahun 1999, di tengah euphoria reformasi, terlibat aktif dalam lembaga kajian yang didirikan para akademisi Ciputat semisal Prof Azyumardi Azra, yaitu Indonesian Institute for Civil Society (INCIS).

Lembaga ini melakukan riset tentang Civil Society dan melakukan advokasi dengan dukungan lembaga-lembaga internasional seperti USAID, TIFA Foundation dan lain-lain.

Dalam organisasi kepemudaan, Ace pernah menjadi Ketua Pengurus Pusat Gerakan Pemuda ANSOR di bawah Kepemimpinan Nusron Wahid.

Awal mula aktif sebagai aktivis Partai GOLKAR, Ace terlibat aktif sebagai Anggota Pokja Hubungan Luar Negeri di bawah koordinasi Ketua bidang Hubungan Luar Negeri, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Tahun 2007 masuk dalam jajaran kepengurusan DPP Partai GOLKAR sebagai Departemen Keagamaan di bawah kepemimpinan Ketua Umum Jusuf Kalla yang juga Wakil Presiden RI.

Di bawah kepemimpinan Ketua Umum Aburizal Bakrie (2009-2014), Ace tercatat menjadi Pengurus DPP Partai GOLKAR pada Departemen Kerjasama dengan ORMAS. Tahun 2012 terjadi revitalisasi dalam kepengurusan Partai GOLKAR dan Ace dipromosikan menjadi Wakil Sekretaris Jenderal.

Selain itu, Ace juga bekerja sebagai Staff khusus Anggota Dewan Pertimbangan Presiden bidang Pembangunan dan Otonomi Daerah, Prof Ginandjar Kartasasmita, di era Presiden SBY-Boediono.

Saat Ace bekerja membantu Prof Ginandjar, dia berhasil menyelesaikan Program S3 bidang Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Padjadjaran, Bandung.

Kepada Pak Ginandjar-lah, Ace banyak belajar tentang pemerintahan, politik dan kepemimpinan.

Menjadi Asisten Beliau untuk mengajar pada beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Brawijaya, Malang; Universitas Pasundan, Bandung; dan Universitas Waseda, Tokyo, Jepang.

Pengalaman sebagai Anggota DPR RI dimulai pada tahun 2013 dimana Ace masuk sebagai anggota DPR RI pengganti antar waktu.

Ace duduk sebagai Anggota Komisi VIII yang membidangi Agama dan Sosial. Dalam tugasnya sebagai Anggota Parlemen tersebut Ace terlibat aktif dalam pembahasan UU Jaminan Produk Halal, revisi UU Perlindungan Anak, UU Pengelolaan Keuangan Haji, UU Desa dan lain-lain.

Tahun 2016, Ace kembali masuk sebagai Anggota DPR/MPR RI Fraksi Partai GOLKAR menggantikan Andika Hazrumi yang terpilih menjadi Wakil Gubernur Banten. Ace ditugaskan menjadi Anggota Komisi II yang membidangi Politik dalam negeri.

Ace terlibat aktif dalam pembahasan revisi UU Penyelenggaraan Pemilihan Umum. Dalam kepengurusan Fraksi Partai GOLKAR dipercaya sebagai Wakil Sekretarsi Fraksi Partai GOLKAR bidang Politik, Hukum dan HAM.

Di sela kesibukannya dalam politik, Ace masih menyempatkan diri mengajar.

Kini tercatat sebagai Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Dosen Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang, Banten.

Sebelumnya, Ace pernah menjadi Asisten professor pada Universitas Waseda, Jepang.

Respon Nama-nama Calon Menteri Prabowo

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Saleh Partaonan Daulay sebagaimana dikutip dari Kompas.id sebelumnya mengungkapkan, ada dua nama kader PAN yang dianggap mampu menjadi menteri di kabinet Prabowo-Gibran. Mereka adalah Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto dan Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Patrio.

Menurut Saleh, Yandri memiliki kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni untuk menjadi menteri.

Tak hanya itu, rekam jejak Yandri juga baik.

Yandri pernah menjadi Sekretaris Fraksi PAN di DPR, Ketua Komisi VIII DPR, hingga kini Wakil Ketua MPR. Bahkan, Yandri punya jasa besar dalam pemenangan Prabowo-Gibran karena menjabat Komandan Charlie (Penggalangan) di Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

”Jadi, saya kira, Pak Yandri sudah cukup matang dan dewasa dari sisi pengalaman. Pak Yandri juga memahami berbagai persoalan dan isu. Semua ini, kan, jadi modal dia,” ujar Saleh.

Begitu pula Eko Patrio. Saleh berpandangan, Eko sudah terbukti dan teruji menjadi politisi yang kompeten.

Di bawah kepemimpinan Eko di DPW PAN DKI, perolehan suara di Jakarta naik signifikan.

Untuk DPR, PAN sekarang memiliki tiga kursi dari daerah pemilihan DKI Jakarta. Bahkan, PAN berhasil mengisi satu kursi pimpinan DPRD Provinsi DKI.

”Ini menunjukkan PAN tidak kekurangan kader terbaik. Jadi, Pak Prabowo silakan mengajukan (menteri) apa saja, kami akan siapkan (kader kami),” kata Saleh.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, Demokrat pasti akan mengusulkan kader-kader terbaik untuk menjadi menteri di kabinet Prabowo-Gibran. Kader terbaik ini berarti memiliki loyalitas tinggi, berkinerja baik, dan berkompeten.

Jika merujuk pada kriteria itu, kader yang paling utama untuk diusulkan ialah Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY.

Saat ditanya apakah Sekretaris Jenderal Demokrat Teuku Riefky Harsya termasuk kader terbaik yang mungkin akan dipilih sebagai menteri, menurut Herzaky, hal itu mungkin saja.

”Karena beliau (Teuku Riefky), kan, kepercayaan ketua umum kami. Selama ini beliau telah membantu Mas AHY dalam berorganisasi dan terbukti berhasil di TKN dalam pemenangan pilpres. Hanya saja, lagi-lagi semua itu wewenang Mas AHY untuk mengusulkan (kader Demokrat) siapa pun. Dan, tentu itu hak prerogatif Pak Prabowo sebagai presiden terpilih,” tutur Herzaky.

Herzaky juga tidak ingin berspekulasi kursi menteri apa yang akan diberikan ke Demokrat.

Menurut dia, biarlah hal tersebut menjadi perbincangan antara Prabowo dan AHY.

Pada prinsipnya Demokrat siap ditempatkan di posisi mana pun.

”Yang jelas, kami punya banyak kader terbaik, yang sudah terbukti dan teruji punya kompetensi, loyalitas, dan kontribusi berjuang di TKN,” katanya tegas.(*)

OTHER NEWS

1 hour ago

Segrup dengan Timnas Indonesia, Pelatih Filipina Berani Pasang Target Juara ASEAN Cup 2024

1 hour ago

Sosok Jampidsus Febrie Ardiansyah,Diduga Dikuntit Anggota Densus 88,Pegang Kasus Korupsi Timah

1 hour ago

Kronologi Anggota Densus 88 Kepergok Intai Jampidsus, PM Curiga Pria Diduga Arahkan Alat Perekam

1 hour ago

Diduga Dikuntit Densus 88, Berikut Profil dan Kasus Besar yang Ditangani Jampidsus Febrie Adriansyah

1 hour ago

Keberadaan Linda Teman Vina Cirebon Diungkap Tim Hukum Hotman Paris,Begini Kondisinya Sekarang

1 hour ago

Pegi Setiawan Bantah Bunuh Vina Cirebon: Saya Rela Mati

1 hour ago

Cocok Buat Investasi Pemula yang Modalnya Tipis, Ini 2 Jenis SBN Syariah

1 hour ago

HORE 6 Zodiak Ini Akan Sangat Hoki Besok 26 Mei 2024,Banyak Peluang Buat Sukses

1 hour ago

Duduk Perkara Kerusuhan di Kaledonia Baru

1 hour ago

Kejagung Dijaga Personel Puspom, Ini Penjelasan TNI

1 hour ago

Sorotan Manchester United Juara Piala FA Usai Tumbangkan Man City di Final: Erik Catatkan Rekor Ini

1 hour ago

Mengapa Narsisme Semakin Marak di Kalangan Generasi Muda?

1 hour ago

Bayer Leverkusen Kawinkan Gelar Bundesliga dengan DFB Pokal, Xabi Alonso Bernilai Setengah dari Sejarah Klub

2 hrs ago

Kia EV3 2025 Debut, Mobil Listrik Baru Kia Jarak Tempuh 482 km

2 hrs ago

MotoGP Catalunya 2024 - Rahasia Marc Marquez Lompat dari Start Ke-14 dan Finis Ke-2 dengan Salah Satu Sayap Lepas

2 hrs ago

Beni Mulyana Sopian Senasib Rizky Billar Dituding Pengangguran andamp Dibiayai Lesti Kejora,Istri Bantah

2 hrs ago

Urutan Start MotoGP Catalunya 2024,Aleix Espargaro Terdepan,Marc Marquez Row ke-5

2 hrs ago

SEJARAH HARI INI - 2 Gol Injury Time Jungkir Balikkan Pemenang Liga Champions, Manchester United Jadi Treble Winner

2 hrs ago

Ini Alasan Thariq Halilintar Yakin Menikahi Aaliyah Massaid

2 hrs ago

Kabar Gembira Bagi Warga Padang,Bank BRI Buka Lowongan Kerja BUMN 2024,IPK 2.75 Boleh Daftar

2 hrs ago

Hasil dan Klasemen Liga Italia - Giroud dan Alex Sandro Pamitan dengan Gol, AC Milan-Juventus Bertumpukan di 3 Besar

2 hrs ago

UI Terima 65 Calon Mahasiswa Baru dari Daerah 3 T Lewat Jalur SNBP

2 hrs ago

Pengguna Jalan Tol Wajib Daftarkan Kendaraannya di Aplikasi Cantas

2 hrs ago

Bocoran Bus Pariwisata Baru Milik PO Pengeran, Pakai Sasis Tronton

2 hrs ago

24 Desa di Kabupaten Ciamis Tersapu Mega Proyek Tol Getaci,2 Konsorsium Tak Lolos Lelang Proyek

2 hrs ago

Ditemukan Kecurangan Pengisian Elpiji 3 Kg di Jabodetabek, Kerugiannya Rp 1,7 M

2 hrs ago

Eks Kepala BAIS: Pembuntutan Jampidsus di Luar Tupoksi Densus 88

2 hrs ago

Polisi: Pegi Setiawan Sembunyi di Katapang, Pakai Nama Samaran Robi Irawan

2 hrs ago

Final Championship Series Liga 1 - Puja-puji Pelatih Madura United untuk Persib

2 hrs ago

Aaliyah Massaid Dirujak Habis-habisan oleh Fans Garis Kerasnya, Fuji Sampai Minta Maaf, Ngaku Batinnya Tersiksa!

2 hrs ago

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Kekeringan di Jateng Akhir Mei 2024, Ini Wilayahnya

2 hrs ago

NASIB Norma Risma Usai Mantan Suami dan Ibu Kandung Dipenjara,Sempat Ketakutan Kini Ngaku Puas

2 hrs ago

Hari ke-2 Rakernas PDI-P, Jokowi Masih di Yogyakarta, Gowes Bareng Jan Ethes...

2 hrs ago

5 ZODIAK HOKI Pintu Rezeki Terbuka Lebar,Dompet Makin Tebal Menurut Ramalan Minggu 26 Mei 2024

2 hrs ago

3 Shio yang Jago Berinvestasi, Cerdas Mengelola Uang dan Mengidentifikasi Peluang, Uang Auto Beranak Pinak

2 hrs ago

Momen Blunder Fatal Bek Rp 1 Triliun Bikin Man City Gagal Juara Piala FA

2 hrs ago

Elon Musk Berencana Kembangkan Superkomputer Bernama xAI

2 hrs ago

Tiba di Arena Rakernas Jelang Penutupan, Megawati "Dikawal" Sejumlah Ketua DPP PDI-P

2 hrs ago

Puan Maharani Respons Godaan Megawati soal Tukar Posisi Jadi Ketum PDI-P: Berdoa Saja

2 hrs ago

Fakta Konvoi Brimop di Kejagung dan Masalah Jampidsus Dibuntuti Densus 88

Kênh khám phá trải nghiệm của giới trẻ, thế giới du lịch