Wujudkan Keadilan Sosial, Ketua DPD RI Minta Kembali ke UUD 45 Naskah Asli

wujudkan keadilan sosial, ketua dpd ri minta kembali ke uud 45 naskah asli

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengatakan kembali ke UUD 45 naskah asli yang kemudian dilakukan penyempurnaan dengan cara adendum adalah salah satu cara mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

LaNyalla menegaskan, keadilan sosial sulit diwujudkan karena oligarki mampu menguasai dan mendominasi simpul-simpul kekuasaan negara.

“Mengapa itu bisa terjadi? Karena perubahan Konstitusi tahun 1999 hingga 2002 telah membuka peluang terjadinya dominasi segelintir orang untuk menguasai dan menguras kekayaan negara ini,” kata LaNyalla dalam Dialog Nasional Peringatan Dies Natalis ke-61 IKAMI Sulawesi Selatan di Jakarta, Jumat (30/9/2022).

Untuk itu, lanjut LaNyalla, sejak dilantik sebagai Ketua DPD RI pada Oktober 2019, dirinya turun ke daerah untuk melihat dan mendengar langsung aspirasi dan permasalahan yang dihadapi daerah dan stakeholder yang ada di daerah.

“Saya sudah keliling ke 34 Provinsi di Indonesia dan lebih dari 300 Kota dan Kabupaten di Indonesia. Saya menemukan satu kesimpulan, mengapa hampir semua permasalahan di daerah sama. Mulai dari persoalan sumber daya alam daerah yang terkuras, hingga kemiskinan struktural dan indeks kemandirian fiskal daerah yang jauh dari kata mandiri. Ternyata akar persoalannya ada di wilayah hulu yaitu ketidakadilan sosial,” kata dia.

Untuk itulah, lanjut LaNyalla, pembenahan atau koreksi atas hal itu harus dilakukan di wilayah hulu, bukan di wilayah hilir.

“Karena itu belakangan ini saya keliling Indonesia untuk menawarkan gagasan dan pikiran. Bahwa bangsa ini harus kembali berdaulat atas bumi air dan kekayaan alam yang merupakan anugerah dari Allah SWT,” tutur pria berdarah Bugis itu.

“Kalau kita mau jujur, apakah arah perjalanan bangsa ini semakin menuju apa yang dicita-citakan para pendiri bangsa ini, atau semakin menjauh dari cita-cita yang tertuang dalam nilai-nilai Pancasila dan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Silakan dijawab,” katanya lagi.

wujudkan keadilan sosial, ketua dpd ri minta kembali ke uud 45 naskah asli

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, dalam Dialog Nasional Peringatan Dies Natalis ke-61 IKAMI Sulawesi Selatan di Jakarta, Jumat (30/9/2022). (ISTIMEWA)

Oleh karena itu, LaNyalla terus berkampanye untuk menata ulang Indonesia, bukan soal Copras-Capres. Hal ini dilakukan demi menghadapi tantangan masa depan yang akan semakin berat bagi anak cucu.

“Untuk itu kita harus kembali kepada Pancasila. Agar kita tidak menjadi bangsa yang durhaka kepada para pendiri bangsa. Agar tidak menjadi bangsa yang tercerabut dari akar bangsanya. Agar kita tidak menjadi bangsa yang kehilangan jati diri dan karakter,” ungkap dia.

Ditambahkan LaNyalla, para pendiri bangsa sudah merumuskan Pancasila sebagai sistem yang paling ideal untuk bangsa yang super majemuk, dengan ratusan pulau yang berpenghuni, yang terpisah-pisah oleh lautan, dengan lebih dari 500 suku penghuni di pulau-pulau tersebut.

Karena, hanya sistem Demokrasi Pancasila yang mampu menampung semua elemen bangsa sebagai bagian dari unsur perwakilan dan unsur penjelmaan rakyat.

“Ciri utama dan yang mutlak harus ada dalam Sistem Demokrasi Pancasila adalah semua elemen bangsa ini, yang berbeda-beda, yang terpisah-pisah, harus terwakili sebagai pemilik kedaulatan utama yang berada di dalam sebuah Lembaga Tertinggi di negara ini. Sehingga terjadi perwakilan rakyat dan penjelmaan rakyat,” jelasnya.

wujudkan keadilan sosial, ketua dpd ri minta kembali ke uud 45 naskah asli

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, dalam Dialog Nasional Peringatan Dies Natalis ke-61 IKAMI Sulawesi Selatan di Jakarta, Jumat (30/9/2022). (ISTIMEWA)

“Itulah konsepsi sistem bernegara Indonesia yang tertuang di dalam Naskah Asli UUD 1945. Dimana terdapat unsur dari Partai Politik, utusan daerah dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote dan unsur dari golongan-golongan yang lengkap. Sehingga utuhlah demokrasi kita,” imbuhnya.

Untuk kemudian, lanjutnya, mereka bersama-sama menyusun arah perjalanan bangsa melalui GBHN dan memilih Presiden dan Wakil Presiden sebagai mandataris atau petugas yang diberi mandat. Sehingga Presiden adalah petugas rakyat. Bukan petugas partai.

“Mari kita satukan tekad untuk kembali kepada Undang-Undang Dasar 1945 naskah asli yang disusun oleh para pendiri bangsa. Untuk kemudian kita sempurnakan dengan cara yang benar, dengan cara adendum, sehingga tidak menghilangkan Pancasila sebagai Norma Hukum Tertinggi,” katanya.

Tetapi tak bisa dipungkiri, lanjutnya, Undang-Undang Dasar 1945 naskah asli wajib dan harus disempurnakan. Agar tidak mengulang praktek penyimpangan yang terjadi di era Orde Lama dan Orde Baru.

Sementara Wakil Ketua MPR RI yang juga Anggota DPD dari Sulawesi Selatan, Tamsil Linrung, menilai yang disampaikan LaNyalla sangat komprehensif dan substantif.

“Oleh karena itu, gagasan tersebut harus menjadi referensi diskusi dan aksi semua anggota IKAMI,” tukasnya.

Menurut Tamsil Linrung, bangsa ini memang semakin menjauh dari cita-cita dan tujuan nasional. Indikasinya sudah tampak nyata.

“Misalnya utang negara yang semakin bertambah dan ini nanti akan diwariskan ke anak cucu kita,” ujar dia.

Ditambahkan oleh Tamsil, sebenarnya DPD RI bisa berperan maksimal dalam membantu mewujudkan keadilan sosial dan kesejahteraan rakyat jika kewenangan DPD diperluas yaitu ikut membahas UU bersama DPR.

“Kalau kita bisa ikut bahas, pastilah soal dana transfer ke daerah akan diperjuangkan oleh anggota DPD. Juga dana desa yang sejak tahun 2017 sebesar 401 Triliun itu. Inilah perlunya amandemen Konstitusi seperti yang disampaikan Ketua DPD RI,” ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/Pelajar Indonesia (IKAMI) Sulawesi Selatan, Rahmat Al Kahfi, Wakil Ketua BPP Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), Wahidah Laomo, Ketua Kerukunan Keluarga Pinrang, Abdullah Natsir, Kepala Badan Penghubung Sulawesi Selatan di Jakarta, Andi Erwin Terwo yang mewakili Gubernur Sulawesi Selatan, para narasumber dialog dan anggota IKAMI Sulsel.(*)

News Related

OTHER NEWS

Jalan Penghubung di Gayamharjo Prambanan Ambles Setelah Diguyur Hujan Deras

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Hujan deras dengan durasi lama yang mengguyur wilayah Kabupaten Sleman pada Selasa (6/12/2022) petang, mengakibatkan jalan penghubung di Kalurahan Gayamharjo, Kapanewon Prambanan ambles. Saat ini, akses jalan ... Read more »

Perjalanan Wisata Sehari Semalam di Desa Tertinggi di Pulau Jawa, Sembungan Wonosobo

TRIBUNJOGJA.COM, WONOSOBO – Saat berwisata ke Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah, jangan sampai tak menyempatkan untuk mengunjungi Desa Sembungan Wonosobo, desa tertinggi di Pulau Jawa. Desa Sembungan Wonosobo ... Read more »

Ayah Kandung Balita yang Tewas Dibanting Pacar Ibunya, Ngaku Dilarang untuk Bertemu Anaknya

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA – Faisal Putra (25), ayah kandung balita yang tewas karena dibanting Y (31) pacar dari SS (23), mantan istrinya mengaku�sudah tak bertemu anaknya sejak tahun 2020. Diceritakan Faisal, ... Read more »

Tamu Hotel di Palembang yang Jatuh dari Lantai 5 Ternyata Dibunuh oleh Pacar sekaligus Muncikari

SERAMBINEWS.COM – Seorang tamu hotel di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Palembang, Sumatera Selatan, MN (26), tewas setelah didorong oleh pacar teman kencannya, dari lantai lima. Awalnya, ada dugaan bahwa MN ... Read more »

Lender TaniFund Belum Ajukan Gugatan, Ini Alasannya

Lender TaniFund Belum Ajukan Gugatan, Ini Alasannya KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Tim Kuasa Hukum lender TaniFund mengaku belum mengajukan gugatan kepada PT Tani Fund Madani Indonesia (TaniFund). Tim Kuasa Hukum masih berharap ... Read more »

37 Akun Media Sosial Diduga Dikendalikan Gangster Surabaya, Polisi Curiga Ada Dalang di Baliknya

TRIBUNJATIM.COM – Ada sebanyak 37 akun media sosial yang diidentifikasi polisi sebagai milik gangster di Surabaya. Kapolrestabes Surabaya mengatakan, 37 akun ini terpantau jadi ruang komunikasi untuk mengumpulkan massa. Seperti ... Read more »

Chord Gitar dan Lirik Lagu December - Neck Deep, 'Feeling Blue and Alone'

TRIBUNMANADO.CO.ID�- Berikut ini merupakan chord gitar dan lirik lagu December yang dinyanyikan oleh Neck Deep. [Verse] Dsus2/F# Stumbled ’round the block a thousand times A You missed every call that ... Read more »

42 Atlet Biliar Berlaga di Ajang Porprov 2022 untuk Seleksi Porwil

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung – Sebanyak 42 atlet biliar berlaga di Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov 2022. Ketua pelaksana cabor biliar Porprov ke-IX Supriadi mengatakan, 42 atlet berlaga pada ajang Porprov ... Read more »

Gaji Cristiano Ronaldo Bakal Kalahkan Trio Neymar, Messi dan Mbappe di PSG, Berapa Total Gajinya?

TRIBUNMADURA.COM – Gaji Cristiano Ronaldo bakal kalahkan gaji dari trio Paris Saint-Germain (PSG) Neymar, Lionel Messi dan Mbappe. Sebab, Cristiano Ronaldo kini dikabarkan bakal bergabung dengan klub asal Arab Saudi, ... Read more »

Tampil Glowing dan Percaya Diri Bersama Pond's Campus to Campus di UMN Festival 2022

Semakin kembali ramainya aktivitas hiburan seperti konser dan festival membuat kita juga perlu memberikan perhatian ekstra pada kulit agar tetap bersih, sehat, dan glowing tanpa noda. Hal ini disadari betul ... Read more »

Ditinggal Tidur, Motor Mahasiswa Malang Hilang di Kosan, Tersadar saat Hendak Ngampus

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan TRIBUNJATIM.COM, MALANG – Aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) meresahkan masyarakat Kota Malang. Kali ini, peristiwa curanmor menimpa seorang mahasiswa yang kos di sebuah rumah kos ... Read more »

Disentil Tak Menghormati Senior, Ferdy Sambo Minta Maaf

Susanto kesal diperintah dengan nada tinggi oleh Ferdy Sambo sekaligus atasannya tersebut. Jakarta: Terdakwa Ferdy Sambo meminta maaf kepada mantan Kabag Gakkum Roprovost Divpropam Polri Susanto Haris. Susanto sempat menyentil ... Read more »

Curhat AKP Irfan: dari Adhi Makayasa Jadi Terdakwa karena Sambo

Terdakwa kasus obstruction of justice atau upaya menghalangi penyidikan kasus pembunuhan Brigadir Yosus, Irfan Widyanto menjalani sidang dakwaan di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (19/10/2022). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan AKP Irfan ... Read more »

RAMALAN SHIO Besok Rabu 7 Desember 2022: Shio Ular Karier Gemilang, Shio Tikus Dapat Kritikan

TRIBUNJOGJA.COM – Ramalan shio besok Rabu, 7 Desember 2022 memprediksi karier Shio Ular lagi hoki dan bakal gemilang. Sementara itu, Shio Tikus harus siap menghadapi kritikan yang cukup pedas. Bagaimana ... Read more »

Ada Massa Menginap di DPR Protes Pengesahan RKUHP, Yasonna: Nggak Ada Gunanya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly menilai tidak ada gunanya massa yang tidak menyetujui Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (UU KUHP) baru melakukan protes ... Read more »

Pekerja Meninggal Tergantung di Tower Provider Ketinggian 50 Meter Desa Tanjung Binga

POSBELITUNG.CO�– Seorang pekerja meninggal dunia dengan kondisi tergantung di atas tower provider di Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung pada Selasa (6/12/2022). Lelaki yang diketahui bernama Herman (28) itu ... Read more »

Jokowi: Antisipasi Bencana Cuaca Ekstrem Penghujung Tahun

Presiden Joko Widodo REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya mengantisipasi bencana cuaca ekstrem di penghujung tahun. Ia ingin seluruh jajarannya memberikan perhatian dengan memaksimalkan informasi cuaca dari ... Read more »

Ujian Praktik SIM di Cirebon Bakal Pakai Sistem E-Drives, Begini Mekanismenya

Ujian Praktik SIM di Cirebon Bakal Pakai Sistem E-Drives, Begini Mekanismenya Ujian Praktik SIM di Cirebon Bakal Pakai Sistem E-Drives, Begini Mekanismenya Pemohon SIM di Cirebon kudu tahu. Ujian praktik ... Read more »

Bukan Hanya Sekali, Ini Rentetan Sejarah WhatsApp Down Sejak Tahun 2019

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Hanya selang 30 menit WhatsApp down, trending topik di twitter langsung diwarnai tagar yang terkait aplikasi milik Mark Zuckerberg itu.� WhatsApp dikabarkan kembali mengalami gangguan pada Selasa ... Read more »

Rishi Sunak, Tokoh Non-Kulit Putih Pertama yang Menjadi PM Inggris

Rishi Sunak lahir di Southampton dari orang tua keturunan India yang bermigrasi ke Inggris dari Afrika Timur pada 1960-an. London: Rishi Sunak telah resmi menjadi Perdana Menteri baru di Inggris. ... Read more »

Potret Clara Shinta Seleb TikTok Dituding Jadi Selingkuhan Pejabat, Hingga Kini Masih Bungkam

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Thalia Amanda Putri TRIBUNSUMSEL.COM – Potret sosok Clara Shinta hingga kini masih jadi sorotan setelah dituding menjadi selingkuhan dari seorang pejabat. Diketahui jika Clara Shinta dituding sebagai ... Read more »

10 Potret Rumah Mendiang Farida Pasha Mak Lampir yang Terbengkalai Tujuh Tahun, Serem Banget!

Artis Farida Pasha [jepretan Instagram] Suara.com – Farida Pasha begitu dikenal atas perannya sebagai sosok fenomenal Mak Lampir. Wanita keturunan Pakistan-Sunda tersebut tutup usia pada 16 Januari 2021 karena Covid-19. ... Read more »

Resmikan Gereja Santo Yosafat, KSAL Laksamana Yudo Ingatkan Soal Toleransi

Resmikan Gereja Santo Yosafat, KSAL Laksamana Yudo Ingatkan Soal Toleransi jpnn.com, SURABAYA – Pembangunan berbagai rumah ibadah di Indonesia menjadi simbol yang sangat baik akan kuatnya toleransi dan kerukunan umat ... Read more »

Tim Kecil Serius Bahas Cawapres di Rumah Mantan Gubernur DKI, Hasilnya Alot: Antara AHY, Aher atau Terserah Anies

Tim kecil bentukan NasDem, Demokrat, dan PKS kian intens melakukan pertemuan dalam penjajkan koalisi yang lebih serius. (Ist) Suara.com – Tim kecil bentukan NasDem, Demokrat, dan PKS kian intens melakukan ... Read more »

Fakta-fakta Ucapan Kapolri Terkait Pungutan Liar Polisi dan Setor Atasan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (tangkapan layar/Rakha) Suara.com – Banyak pihak menuntut reformasi di tubuh Kepolisian Republik Indonesia (Polri), salah satunya mengenai pungutan liar atau pungli. Kapolri Jenderal Listyo Sigit ... Read more »

Usai Ganjar, Besok Giliran Bekas Wali Kota Solo Hadi Rudyatmo Dipanggil DPP PDIP Soal Dukung Capres

WARTAKOTALIVE, JAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP bakal memanggil Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Rabu (26/10/2022) besok. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, bekas Wali Kota ... Read more »

Bank Indonesia Buka Lowongan Kerja PKWT hingga 31 Oktober, Ini Linknya

Lowongan kerja Bank Indonesia terbaru 2022 KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) membuka penerimaan pekerja berpengalaman melalui jalur perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT). Terdapat dua bidang yang bisa didaftari di rekrutmen ... Read more »

Rahasia Tubuh Langsing Maria Vania, 8 Tahun Rela Tak Makan Nasi

Tribunlampung.co.id, Jakarta -�Artis cantik Maria Vania ternyata punya rahasia untuk menjaga tubuh langsingnya.� Rahasia tersebut membuat Maria Vania awet menjaga kelangsingan tubuhnya bak gitar Spanyol. Dikatakan�Maria Vania, rahasia tubuhnya adalah ... Read more »

Di Depan Hakim, Kamaruddin: Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Sudah Pisah Rumah Karena Ada Wanita Lain

Kamaruddin Simanjuntak, pengacara Brigadir J jadi saksi pertama untuk terdakwa Bharada E. (Suara.com/Rakha) Suara.com – Kuasa hukum Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak menjadi saksi pertama dalam ... Read more »

Kamaruddin Sebut Putri Candrawathi Otak Pembunuhan, Febri Diansyah Telak Balas Begini

Mantan Juru Bicara KPK Febri Diansyah. [Suara.com/Muhaimin A Untung] Suara.com – Kamaruddin Simanjuntak kembali memberikan pernyataan mengejutkan seputar kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Kuasa hukum Brigadir J ... Read more »

Kamaruddin Simanjuntak: Pelecehan Seksual Yosua ke Putri Omong Kosong

Pengacara Brigadir Yosua, Kamaruddin Simanjuntak, di PN Jakarta Selatan, Selasa (25/10/2022). Foto: Hedi/kumparan Kuasa hukum Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak, buka suara soal almarhum disebut melecehkan Putri Candrawathi di ... Read more »

6 Alasan Perusahaan Lakukan PHK di Indonesia, Bangkrut hingga Efisiensi

Ilustrasi PHK (freepik.com/freepik) Suara.com – Badai pemutusan hubungan kerja (PHK) kerap terdengar akhir-akhir ini. Alasan perusahaan lakukan PHK di Indonesia pun bermacam-macam, mulai dari gejolak ekonomi sampai perubahan sistem secara ... Read more »

Bandara Soekarno-Hatta dan Ngurah Rai Siapkan Jalur Antrean Khusus G20

Ilustrasi Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali. KOMPAS.com – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI menyiapkan jalur antrean khusus partisipan G20 di Tempat Pemeriksaan Imigrasi ... Read more »

WhatsApp Tiba-tiba Tak Bisa Berkirim Pesan, Banyak yang Mengeluhkan WA Down Selasa Siang

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Layanan komunikasi pesan cepat WhatsApp mengalami gangguan atau down pada Selasa (25/10/2022) siang. Maskisdian, pria asal Kota Bandung mengeluhkan layanan WhatsApp down, tiba-tiba gangguan, tidak bisa berkirim ... Read more »

6 Orang Tersangka di Jebloskan Bui, Korban Meninggal di Stadion Kanjuruhan Jadi 135

6 Orang Tersangka di Jebloskan Bui, Korban Meninggal di Stadion Kanjuruhan Jadi 135 SETELAH menjalani pemeriksaan, enam tersangka tragedi di stadion Kanjuruhan akhirnya ditahan. Mereka dijebloskan ke dalam tahanan setelah menjalani pemeriksaan ... Read more »

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor yang Seru Dikunjungi Malam-malam, Lihat Gemerlap Lampu

TRIBUNNEWSBOGOR.COM – Beberapa tempat wisata di Bogor ada yang semakin indah dan seru jika dikunjungi malam-malam. Di tempat wisata Bogor ini kamu bisa melihat gemerlap lampu kota dari ketinggian dan ... Read more »

Tiket Masuk Wisata Waduk Cacaban Tegal Sudah Dibuka, Ini Wahana yang Bisa Dinikmati

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Tegal yang sempat ditutup sekitar dua tahun karena dilakukan remidal yaitu Waduk Cacaban, saat ini sudah mulai dibuka untuk masyarakat ... Read more »

Cara Cegah Akun WhatsApp Kena Banned

Ilustrasi whatsapp. Foto: Shutter Stock Akun WhatsApp kena banned biasanya terjadi biasanya karena kita kerap mengirim pesan ke banyak nomor. Alih-alih ingin menyebar informasi, WhatsApp malah menganggap akun kita spam. ... Read more »

Netizen Teriak WhatsApp Mati Total: Ceklis 1

Ilustrasi whatsapp. Foto: Shutter Stock WhatsApp ramai-ramai diserang netizen. Ini karena aplikasi milik Meta itu mengalami gangguan pada Selasa (25/10) siang. DownDetector, pemantau situs web yang mengalami gangguan, mencatat laporan ... Read more »

RSUD Depok Rujuk 1 Pasien Usia 15 Tahun Gejala Gagal Ginjal Akut ke RSCM

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma TRIBUNJAKARTA.COM, SAWANGAN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok merujuk seorang pasien dengan gejalan gagal ginjal akut ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). ... Read more »
Breaking thailand news, thai news, thailand news Verified News Story Network