Wabah PMK, Pemerintah Siapkan Ganti Rugi Peternak Rp10 Juta Per Sapi

Jakarta, IDN Times – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menjanjikan ganti rugi bagi peternak senilai Rp10 juta per ekor sapi, bila hewan ternak harus dimusnahkan akibat tak bisa lagi diselamatkan dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

Langkah ini akhirnya ditempuh pemerintah usai digelar rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (23/6/2022). Namun, menurut sejumlah peternak, langkah pemerintah ini sudah terlambat, sebab wabah PMK sudah meluas dan ditemukan di 19 provinsi.

“Pemerintah akan menyiapkan (dana) ganti (rugi), terutama untuk peternak UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) sebesar Rp10 juta per sapi, karena hewan ternak dimusnahkan paksa,” ungkap Airlangga seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Kamis.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian per 18 Juni 2022, jumlah hewan ternak yang terinfeksi PMK mencapai 183.280 ekor. Hewan ternak yang terinfeksi PMK itu tersebar di 19 provinsi.

Di sisi lain, bagi peternak, kondisi saat ini sudah sangat darurat lantaran banyak hewan ternak yang mati usai terjangkit PMK.

Menurut Airlangga, pemerintah juga bakal menyiapkan vaksin bagi hewan ternak lainnya, agar tak mudah terjangkit PMK. Jumlah vaksin yang dibeli pemerintah mencapai 29 juta dosis.

“Seluruhnya akan dibiayai dari dana KP-CPEN,” ungkap pria yang juga menjadi Ketua Umum Partai Golkar tersebut.

Indonesia sebelumnya sudah dinyatakan bebas dari PMK sejak 1990. Namun, pada tahun ini, wabah itu malah kembali. Mengapa wabah PMK bisa kembali menyerang Indonesia?

1. RI kembali kena wabah karena mengimpor hewan dari negara yang belum bebas PMK

wabah pmk, pemerintah siapkan ganti rugi peternak rp10 juta per sapi
© Disediakan oleh IDN Times Wabah PMK, Pemerintah Siapkan Ganti Rugi Peternak Rp10 Juta Per Sapi

Sementara, menurut anggota Komisi IV DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Slamet, Indonesia kembali dilanda wabah PMK karena kebijakan ugal-ugalan pemerintah. Dia mengatakan pemerintah akhir-akhir ini malah membuka keran untuk impor sapi dari negara yang belum bebas penyakit PMK. Salah satunya India.

“Menurut analisa saya, ini karena regulasi tentang hewan atau produk hewan impor yang diubah pemerintah 2016, yakni dari country base ke zona base. Setelah 2016, perubahan kedua dilakukan pada 2022 oleh pemerintah. Makin ugal-ugalan. Makin bebas. Tak hanya BUMN, swasta juga boleh impor daging dari negara yang belum bebas PMK,” kata Slamet seperti dikutip dari situs resmi PKS, Kamis.

Lebih lanjut, dia menyebut, pemerintah kurang sigap dalam mengatasi wabah PMK sejak awal. PMK, kata dia, bisa lebih cepat diatasi bila sudah ditangani sejak awal.

“Secara umum, terus terang, penanganan pemerintah ini terlambat. Seharusnya apabila sudah dieradikasi sejak awal, PMK tidak akan meluas. Namun, tidak dilakukan dengan cepat,” tutur dia.

Slamet mengatakan bila hewan sudah terjangkit PMK, maka satu-satunya cara yakni dengan dimusnahkan. Tetapi, bila hewan ternak dimusnahkan perlu ada ganti rugi sebagai konsekuensinya.

Sayangnya, kata Slamet, Kementerian Pertanian di awal tak memiliki hitungan terkait ganti rugi. Hal itu membuat anggota Komisi IV DPR kecewa.

“Awalnya kami sangat kecewa. Karena ketika Rapat Dengar Pendapat (RDP), pihak Kementan belum bisa menyebut berapa anggaran yang diperlukan untuk menangani PMK ini. Akhirnya, kami waktu itu meminta rapat diskors sebelum ada hitungan yang jelas, lalu muncullah Rp4,4 triliun, yang sebagiannya akan digunakan untuk kompensasi akibat pemusnahan,” kata dia.

2. Pemerintah akan memperketat pengawasan lalu lintas orang di peternakan

wabah pmk, pemerintah siapkan ganti rugi peternak rp10 juta per sapi
© Disediakan oleh IDN Times Wabah PMK, Pemerintah Siapkan Ganti Rugi Peternak Rp10 Juta Per Sapi

Selain itu, kata Airlangga, pemerintah juga akan memperketat lalu lintas pergerakan hewan ternak sapi. Bahkan, di sejumlah daerah ada hewan ternak yang dikarantina terlebih dulu sebelum disembelih sebagai hewan kurban.

“Kontrol juga akan dilakukan kepada orang yang lalu-lalang di peternakan. Artinya, bio hazard melalui disinfektan itu penting. Karena carrier untuk virus ini harus terus dijaga (agar tak meluas),” ujar dia.

3. Sebanyak 10 ribu vaksin PMK telah didistribusikan ke peternak di Jawa Timur

wabah pmk, pemerintah siapkan ganti rugi peternak rp10 juta per sapi
© Disediakan oleh IDN Times Wabah PMK, Pemerintah Siapkan Ganti Rugi Peternak Rp10 Juta Per Sapi

Sedangkan, menurut data dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), sejak 12 Juni 2022 sudah ada 10 ribu dosis vaksin yang didistribusikan ke peternak di Sidoarjo, Jawa Timur. Vaksinasi perdana terhadap hewan ternak sapi pun sudah dilakukan sejak 14 Juni 2022.

Menko PMK, Muhadjir Effendi, mengatakan jumlah hewan ternak sapi di Indonesia mencapai 18 juta. Maka, pemerintah menargetkan memberikan vaksin terhadap 70 persen populasi sapi.

“Ini untuk mengejar herd immunity (kekebalan komunitas),” kata Muhadjir seperti dikutip dari situs Kemenko PMK hari ini.

Muhadjir juga menjanjikan peternak sapi yang merugi akibat penyebaran PMK, akan didata agar mendapat kompensasi. Baik berupa bansos atau bantuan lainnya.

Ia khawatir penyebaran wabah PMK ini akan menambah angka kemiskinan ekstrem di daerah. Sebab, selain mengalami kerugian akibat hewan ternak yang mati, peternak juga harus menanggung biaya yang tinggi untuk menangani PMK.

News Related

OTHER NEWS

Jeda Pilpres ke Pelantikan Terlalu Jauh, Azyumardi: Presiden Lama Bak Bebek Lumpuh

© Dok Muhammadiyah Cendekiawan Muslim Indonesia, Prof Azyumardi Azra. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Cendekiawan Muslim Prof Azyumardi Azra menyatakan, jeda waktu yang lama dari pemilihan presiden hingga pelantikan menjadikan presiden yang ... Read more »

Deddy Corbuzier Antusias Jika El Rumi Duel Tinju Lawan Farhat Abbas: Gue Nonton Pakai Baju Partai

© suara.com Deddy Corbuzier [Youtube/Deddy Corbuzier] Suara.com – Deddy Corbuzier antusias jika El Rumi dan Farhat Abbas duel di atas ring tinju. Sambil berkelakar, ayah satu anak itu berjanji akan ... Read more »

Musim Mas beli TBS sawit petani di atas harga pasar

Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Jambi.(ANTARA/Nanang Mairiadi) Jakarta (ANTARA) – Perusahaan sawit Musim Mas Grup mengumumkan pembelian Tandan Buah Segar (TBS) sawit di atas harga pasar guna mendukung ... Read more »

Kasus Korupsi Dermaga Gili Air: Vonis 1 Tahun Penjara dan Denda

© JPNN.COM Kasus Korupsi Dermaga Gili Air: Vonis 1 Tahun Penjara dan Denda ntb.jpnn.com, LOMBOK UTARA – Satu lagi terdakwa dalam kasus korupsi proyek pembangunan dermaga di kawasan wisata Gili ... Read more »

Kabar Baik dari Marquez, Manajer Repsol Honda Senang Jika Kembali Balapan MotoGP Lebih Cepat

TRIBUN-MEDAN.com – Kabar baik datang dari pebalap Repsol Honda, Marc Marquez yang dikabarkan bisa cepat pulih dan kembali mengaspal. Sosok andalan Marc Marquez dikabarkan bakal kembali lebih cepat dari waktu ... Read more »

Pemerintah akan Bangun Pusat Data di Batam Mulai Akhir Tahun Ini

© Disediakan oleh Katadata KAZAKHSTAN-CRYPTO Pemerintah akan membangun Pusat Data Nasional di Nongsa Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau mulai akhir 2022. Menteri Komunikasi dan Informatika  Johnny G. Plate mengatakan, pembangunan pusat data ... Read more »

Ada 7 Lowongan Kerja HPM untuk Lulusan S1 nih, Daftar yuk!

© Disediakan oleh IDN Times Jakarta, IDN Times – PT Honda Prospect Motor (HPM) tengah membuka lowongan pekerjaan buat lulusan Sarjana (S1). Kamu yang sekarang lagi mencari pekerjaan bisa mencobanya ... Read more »

Beli Minyak Goreng Curah Pakai PeduliLindungi, Kapan Mulai Berlaku?

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintah akan segera menambah syarat pembelian minyak goreng curah seharga Rp 14 ribu per liter atau Rp 15.500 per kilogram. Sebentar ... Read more »

Cara Naik KRL Tanpa Kartu Uang Elektronik, Bisa Pakai Aplikasi Gojek dan LinkAja

© Disediakan oleh Kompas.com Stasiun transit Citayam, Depok, Jawa Barat. JAKARTA, KOMPAS.com – Naik kereta rel listrik (KRL) bisa tanpa kartu uang elektronik. Hal itu karena operator KRL sudah bekerja ... Read more »

Terjerat Pasal Penistaan Agama, Holywings Sebut Tidak Akan Menutupi dan Melindungi Oknum

© Disediakan oleh tribunnews.com Polisi menetapkan enam orang karyawan Holywings sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama soal promo minuman beralkohol gratis untuk orang yang bernama Muhammad dan Maria.Terjerat Pasal ... Read more »

Motif Holywings Promosi Miras Bernada Penistaan Agama Terungkap

Jakarta, IDN Times – Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budhi Herdi Susianto mengungkapkan motif Holywings Indonesia melakukan promosi minuman keras (miras) gratis dengan nada penistaan agama. “Mereka membuat konten ... Read more »

Sepakat Terus Jalin Komunkasi Usai Temui AHY, Prabowo Sampaikan Prinsip 1000 Kawan Terlalu Sedikit

© suara.com Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) didampingi sejumlah pimpinan partai memberikan keterangan pers usai melakukan pertemuan tertutup di ... Read more »

DPD Gerindra DKI Belum Terima Surat Pengunduran M Taufik

© Kautsar Widya Prabowo DPP Gerindra belum memberikan keputusan terkait rekomendasi pemecatan Taufik yang disampaikan Majelis Kehormatan Partai (MKP) Gerindra. Jakarta: Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria ... Read more »

Jadwal Bioskop di Bali Sabtu (25/6): Berikut Jam Tayang & Harga Tiketnya

© JPNN.COM Jadwal Bioskop di Bali Sabtu (25/6): Berikut Jam Tayang & Harga Tiketnya bali.jpnn.com, DENPASAR – Libur akhir sudah tiba. Waktunya mengisi waktu untuk liburan, atau menonton film di ... Read more »

PBB Sebut Jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh Ditembak Mati Tentara Israel

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – PBB menyatakan kematian jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh pada Mei lalu akibat tembakan tentara Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Hal ini ... Read more »

Siti Nurhaliza Bakal Sediakan Bodyguard untuk Kedua Anaknya?

Siti Nurhaliza (43) belum berniat untuk menyediakan pengawal pribadi atau bodyguard untuk kedua anaknya, Siti Aafiyah Khalid (4) dan Muhammad Afwa Khalid (1) Siti mengatakan, saat ini belum mengambil keputusan ... Read more »

5 Rahasia Restoran Cepat Saji yang Tidak Banyak Diketahui

Restoran cepat saji atau yang biasa dikenal dengan fast food telah menjamur di berbagai negara di dunia. Kehadiran restoran cepat saji memang sudah menjadi bagian hidup masyarakat. Namun, tidak banyak ... Read more »

Seputar Rencana Penggunaan PeduliLindungi dan NIK untuk Beli Minyak Goreng Curah: Mekanisme dan Masa Berlaku

© Disediakan oleh Kompas.com Warga membeli minyak goreng dengan harga murah di Pasar Murah Kementerian BUMN di Medan, Sumatera Utara, Kamis (7/4/2022). Kementerian BUMN bersama perusahaan BUMN mengadakan pasar murah ... Read more »

Prabowo soal Sering ke Luar Negeri: Saya Juga Kadang Bingung Bangun di Mana

© Disediakan oleh Kumparan Menhan Prabowo Subianto berdialog dengan mahasiswa LPDP, Jumat (24/6/2022). Foto: Kemhan RI Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjawab pertanyaan soal dirinya yang sering melakukan kunjungan kerja ke ... Read more »

Hilang Selama 70 Tahun, Ilmuwan Temukan Kembali Situs Berisi Ratusan Fosil

© suara.com Hilang Selama 70 Tahun, Ilmuwan Temukan Kembali Situs Berisi Ratusan Fosil. (Dok: Isitmewa) Suara.com – Para ilmuwan menemukan kembali situs fosil yang hilang di Brasil, setelah tim peneliti ... Read more »

Suku Asmat dengan segudang bakat terpendam

Potret sejumlah warga Kampung Damen, Kabupaten Asmat, Papua yang pergi menangkap udang dekat rawa-rawa (22/6/2022). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti) Jakarta (ANTARA) – Berbicara tentang Suku Asmat, semua orang pasti akan tertuju ... Read more »

Film Petualangan Sherina 2 Resmi Diproduksi, Cek 'Bocoran' Kisah Mereka Akan Seperti Apa Berikut yuk!

Kabar baik datang dari dunia perfilman Indonesia. Film Petualangan Sherina yang dirilis pada tahun 2000 ini akan memiliki sekuel. Film Petualangan Sherina 2 juga dikabarkan sudah resmi akan diproduksi. Dilansir dari detikcom, kabar ... Read more »

Fitur Terbaru yang Jadi Andalan Daihatsu New Sirion

© Disediakan oleh Kompas.com Daihatsu New Sirion JAKARTA, KOMPAS.com – Daihatsu New Sirion yang pada awal Juni 2022 diluncurkan sudah diajak menjelajah Sulawesi Utara oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). ... Read more »

Honda ADV 160 Dirilis Jumat Pekan Depan?

Jakarta, IDN Times – PT Astra Honda Motor akan meluncurkan motor terbaru mereka pada Jumat (1/7/2022) pekan depan. Besar kemungkinan motor baru ini adalah Honda ADV 160. Sebab kabar Honda ... Read more »

Tombol “Caption” Hadir di Video Twitter

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi Aplikasi Twitter di ponsel di depan logo Twitter KOMPAS.com – Tombol closed caption (CC), keterangan audio dalam bentuk teks, dalam video yang diunggah di Twitter ... Read more »

Biasanya Berwarna Kuning, Bagaimana Bisa Bulir Jagung Biru?

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Tidak banyak masyarakat yang mengetahui bahwa jagung memiliki beberapa varietas. Salah satunya jagung dengan bulir berwarna kehitaman. Dikutip dari agrilinkage.com, walaupun ... Read more »

Apakah Perlu Mengisi Udara pada Ban Mobil Pakai Nitrogen?

© Disediakan oleh Kompas.com ban mobil produk Avia Pratama Tiara di IIMS Hybrid 2022 YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Mengisi udara pada ban memang bisa dilakukan di mana saja asal ada alatnya, ... Read more »

Produsen Sepeda Motor Jepang Pangkas Sejumlah Model Dampak Peraturan Emisi

© suara.com Ilustrasi sepeda motor yang tengah parkir. (Shutterstock) Suara.com – Produsen sepeda motor Jepang telah mengumumkan untuk melakukan pengurangan produksi sejumlah model akibat aturan standar emisi yang semakin ketat. ... Read more »

6 Alasan Mengapa Anjing Tidak Merespons ketika Dilatih

Membahas tentang melatih anjing, terdapat dua metode yang paling terkenal. Yaitu menggunakan clicker (perangkat yang mengeluarkan bunyi “klik”) dan camilan (treats). Misalnya kita memilih metode pelatihan berbasis makanan, namun ternyata ... Read more »

16 Pasien Probable Hepatitis Akut di Indonesia, Ini Patogen Terbanyak

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Kasus hepatitis akut di Indonesia telah menyebar di 21 provinsi dengan jumlah kasus sebanyak 70. Dari 70 kasus itu, per tanggal ... Read more »

5 Contoh Spesies Ikan Buntal Air Tawar, Ada yang Raksasa!

Kamu pasti kenal sama karakter Nyonya Puff di kartun SpongeBob SquarePants, kan? Ia merupakan seekor ikan buntal dan sering sekali tubuhnya menggembung akibat ulah SpongeBob. Namun, selain di laut, ada ... Read more »

Studi: Kebanyakan Duduk Tingkatkan Risiko Kematian Dini

Duduk sambil menonton TV, main game, dengar musik, atau baca buku memang bikin betah. Namun, terlalu lama duduk atau berbaring bisa berisiko untuk kesehatan dan topik ini sudah diteliti. Kita direkomendasikan ... Read more »

7 Penyebab Amnesia yang Perlu Diwaspadai, Cedera hingga Infeksi Virus

Amnesia adalah kondisi saat seseorang tidak dapat membentuk ingatan baru atau mengingat pengalaman lama. Amnesia umumnya terjadi secara tiba-tiba dan memiliki penyebab yang jelas. Sementara itu, jenis kehilangan memori lainnya, ... Read more »

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Taman Rekreasi Selecta di Kota Batu

© Disediakan oleh Kompas.com Beragam spot dan wahana menarik yang berada di Taman Rekreasi Selecta, Kota Batu, Jawa Timur pada Rabu (4/5/2022). KOMPAS.com – Kota Batu di Jawa Timur merupakan ... Read more »

5 Wisata Liburan Sekolah Padang, Bisa Bermain Sambil Belajar

Mengajak anak bertamasya ke tempat seru di akhir semester bisa jadi bentuk apresiasi. Maka gak salah, jika kamu mulai merencanakan kunjungan ke beberapa wisata liburan sekolah Padang. Banyak tempat wisata ... Read more »

Gumati Waterpark, Wahana Kolam Renang di Sentul Bogor untuk Keluarga

© Disediakan oleh Kompas.com Gumati Waterpark wahana rekreasi di Sentul, Bogor KOMPAS.com – Bingung mau wisata ke mana saat akhir pekan? Bila sedang berada di Sentul, Jawa Barat, atau akan ... Read more »

Trik mengatasi internet "lemot" di ponsel

Ilustrasi berselancar internet di ponsel Samsung seri Galaxy A03. (ANTARA/HO) Jakarta (ANTARA) – Sambungan internet yang tiba-tiba melambat sudah pasti mengganggu aktivitas menggunakan ponsel dan membuat pengguna jengkel. Kualitas internet ... Read more »

Anies senang warga antusias ikut Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah

Gubernur Anies Baswedan tengah menyapa peserta Gerakan Jakarta Sadar Sampah di Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Sabtu. (25/06/2022) ANTARA/Luthfia Miranda Putri membuat lingkungan terasa lebih indahJakarta (ANTARA) – Gubernur Anies Baswedan ... Read more »

Kemenkominfo: ASN berperan penting dalam transformasi digital

Training of Trainers (ToT) Literasi Digital Sektor Pemerintahan bagi ASN yang diselenggarakan Kemenkominfo dan Kemendagri di Tangerang Selatan, pada 23 Juni hingga 25 Juni 2022. (ANTARA/HO-Humas Kemenkominfo) Jakarta (ANTARA) – ... Read more »

Harga TBS Anjlok, Mendag Minta Pabrik Beli Sawit ke Petani Minimal Rp 1.600 per Kg

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meminta pabrik kelapa sawit membeli tandan buah segar (TBS) dengan harga paling rendah Rp 1.600 per ... Read more »