Vaksinasi Disambut Antusias Meski Masih Ada Yang Enggan

© ANTARA/Maulana Surya Petugas kesehatan memeriksa tekanan darah dan suhu calon penerima vaksin COVID-19 saat vaksinasi di Terminal Tironadi, Solo, Jawa Tengah, Kamis (16/9/2021). Capaian vaksinasi COVID-19 di Kota Solo telah melampaui angka 100 persen dari target 417.151 sasaran penerima vaksin dan sebanyak 421.567 warga telah menerima suntikan vaksin dosis pertama dari berbagai program vaksinasi Pemerintah Kota Solo.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Hasil survei Change.org Indonesia, Katadata Insight Center (KIC) dan KawalCOVID19.id menampilkan data bahwa respondens antusias untuk divaksinasi, tapi ada kelompok terkendala dalam hal pendaftaran, antrean, dan ketersediaan stok. Hasil survei tersebut juga menyebutkan soal sumber informasi terkait Covid-19 yang paling dipercayai masyarakat.

 “Walaupun berbagai survei vaksinasi sudah dilakukan, survei ini memberikan gambaran yang bervariasi tentang pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 di Indonesia, seperti: di mana warga mencari informasi,siapa yang mempengaruhi keputusan mereka untuk ikut vaksinasi, sekaligus mengumpulkan masukan tentang pelaksanaan vaksinasi untuk menjadi perbaikan ke depan, ” kata Efraim Leonard, campaigner dari Change.org Indonesia dalam diskusi daring, Rabu (15/9). 

 Change.org Indonesia bersama KawalCovid19 dan Katadata Insight Center melakukan survei kepada 8.299 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Survei dilaksanakan pada Jumat (6/8) hingga Ahad (22/8) dengan metode daring.

 Di antara 701 responden yang menyebutkan bahwa mereka belum dan tidak ingin divaksinasi, alasan utamanya adalah merasa tidak membutuhkan vaksin selama bisa menjaga imunitas tubuh sebanyak 70,2 persen. Kemudian tidak percaya efektivitas vaksin sebanyak 53,7 persen dan memiliki penyakit bawaan 12,4 persen. 

 “Sekitar 76 persen dari responden yang belum dan tidak ingin divaksinasi adalah kelompok dewasa muda berusia 18-44 tahun,” kata Manajer Riset Katadata Insight Center (KIC), Vivi Zabkie dalam diskusi daring, Rabu (15/9). 

 Dalam lanjutan paparannya, Vivi menyebutkan bahwa dari 1.130 responden yang bersedia namun belum divaksinasi, 26,2 persen dari mereka menyebutkan tidak tahu cara mendapatkan vaksin. Mayoritas dari kelompok ini berharap agar informasi tentang vaksinasi muncul di kanal yang bersifat langsung dan dekat dengan lingkungan mereka, seperti pengumuman dari ketua RT/RW sebanuak 60,5 persen, disusul kanal informasi publik non pemerintah 50,8 persen. 

 “Sebanyak 79,2 persen responden yang belum yang bersedia namun belum divaksinasi menjawab bahwa mereka mengetahui apakah mereka memenuhi syarat untuk divaksinasi atau tidak, ” ucapnya. 

 Di kelompok yang sudah divaksinasi maupun yang belum tapi ingin divaksinasi sebanyak 7.528 orang, 80,2 persen menyatakan mudah mendapatkan informasi tentang jenis-jenis dan kemanjuran vaksin. Rata-rata dari mereka mendapatkan informasi tersebut melalui kanal informasi publik non pemerintah 61,9 persen, disusul media sosial pemerintah pusat 42.2 persen dan pemberitaan atau iklan di televisi 24,6 persen. 

 “Sementara 19,8 persen sisanya menyatakan tidak mudah mendapatkan informasi tentang kemanjuran vaksin dan jenis-jenisnya, serta mengharapkan informasi tersebut bisa didapatkan di media sosial pemerintah pusat 56,6 persen, disusul kanal informasi publik non pemerintah 54,2 persen dan pemberitaan atau iklan di televisi 47,6 persen,” papar Vivi. 

Sementara ketika ditanya siapa yang dipercayai untuk memberi informasi tentang vaksinasi, 48,6 persen dari total responden yang berjumlah 8.299 orang mempercayai informasi dari WHO dan CDC, diikuti oleh dokter 48,1 persen dan Satgas COVID-19 47,2 persen. Sedangkan yang menduduki peringkat terendah dari segi kepercayaan adalah tokoh politik 2 persen, WhatsApp broadcast 2,6 persen lalu influencer dan selebriti 3,7 persen. 

Hadir dalam kesempatan yang sama, Juru Bicara Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengaku cukup kaget hasil survei tersebut. Meskipun metode pengumpulan data dilakukan secara daring,

 “Yang buat kaget dari 38 persen belum divaksin ada yang alasannya asal imun kuat tidak usah vaksin,” ujar Nadia.

 Menurutnya, ini adalah tantangan besar tantangan terbesar bagi sosialisasi, edukasi dan percepatan vaksinasi yakni adanya hoaks dan misinformasi terkait vaksin dan COVID-19.

 “Ini adalah tantangan. Artinya edukasi yang harus dilalukan lebih kuat lagi,” ujar Nadia.

 Ia pun tak memungkiri, pihaknya sempat memberikan pesan yang kurang tepat di masa awal pandemi, yang menyebut Covid-19 dapat sembuh dengan sendirinya. Namun ternyata seiring berjalannya waktu, virus Covid -19 tidak cukup dengan mengandlakan kekebalan tubuh saja.

 “Artinya agar kita bisa keluar dari pandemi, kita harus tetap dapat vaksin supaya lebih tetap optimal tentunya. Ini menurut saya agak kaget sedikit tentang hasil ini. Tentunya, ini akan jadi masukan untuk kami . Sosialisasi dan edukasi tetap kami lakukan,” tegasnya.

Paus Bingung Banyak Orang Tak Mau Divaksin

Tai fenomena tak mau divaksin dengan alasan bisa jaga imunitas tubuh tak hanya terjadi di Indonesia. Di berbagai negara ini juga terjadi. Bahkan, pemimpin tertinggi umat Katolik, Paus Fransiskus pada Rabu (15/9) mengatakan bahwa dia bingung mengapa begitu banyak orang. Tak hanya itu, termasuk beberapa kardinal dalam hierarki Gereja Katolik Roma, menolak suntikan vaksin Covid-19.

“Agak aneh karena umat manusia memiliki sejarah persahabatan dengan vaksin,” kata Paus Fransiskus saat berada di pesawat yang kembali dari Slovakia.

Pernyataan tersebut dia sampaikan untuk menanggapi pertanyaan dari seorang wartawan tentang alasan adanya keraguan terhadap vaksin. “Sebagai anak-anak (kita divaksin) untuk campak, polio. Semua anak divaksindan tidak ada yang mengatakan apa-apa,” ujarnya.

Fransiskus, yang telah disuntik vaksin Covid-19 sering mendesak orang lain untuk mau disuntik vaksin demi kebaikan bersama. Di pesawat, dia mengatakan bahwa beberapa orang mungkin pada awalnya takut karena ada berbagai vaksin yang tersedia. 

“Bahkan di Sekolah Tinggi Kardinal ada beberapa penentang vaksin. Tapi salah satu dari mereka, malang, telah dirawat di rumah sakit karena virus (corona). Ini adalah ironi kehidupan,” katanya.

Fransiskus tidak menyebut nama kardinal mana pun. Kardinal Raymond Burke, seorang konservatif dan skeptis terhadap vaksin, dirawat di rumah sakit di Amerika Serikat pada Agustus setelah tertular virus corona. Beberapa uskup konservatif anti vaksin, khususnya di Amerika Serikat, mengatakan umat Katolik harus memiliki pilihan untuk menyatakan keberatan hati nuraninya terhadap penggunaan vaksin dengan alasan-alasan berbasis agama.

Namun, Paus telah menjelaskan pada masa lalu bahwa dia tidak setuju, tidak pernah menyebutkan pilihan tersebut. Pada Agustus, paus mengeluarkan seruan atas nama kelompok nirlaba Amerika Serikat–Ad Council dan koalisi kesehatan masyarakat–Covid-19 Collaborative, dengan mengatakan suntikan vaksin harus digunakan oleh semua orang.

   

Internet Explorer Channel Network
News Related

OTHER NEWS

Dubes RI soal Mustafa Kemal Jadi Nama Jalan di Jakarta: Turki yang Menentukan

© Disediakan oleh Kumparan Kemal Ataturk, atau Mustafa Kemal. Foto: AFP PHOTO Tokoh sekuler sekaligus pendiri negara Turki, Mustafa Kemal Attaturk, akan dijadikan nama jalan di Jakarta. Hal ini kemudian ... Read more »

Richard Kyle akan Datang ke Pernikahan Jedar dan Vincent Bila Diundang

© Disediakan oleh InsertLive Richard Kyle memberikan tanggapan soal hubungan asmara sang mantan kekasih Jessica Iskandar dengan Vincent Verhaag. Bahkan Kyle juga tahu bahwa Jessica sudah dilamar oleh Vincent. Kyle mengaku masih menjaga ... Read more »

Hasil Final Piala Thomas 2020: Jonatan Christie Menang, Indonesia Juara!

© Disediakan oleh Kompas.com Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie saat merayakan kemenangan atas Anders Antonsen pada semifinal Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Sabtu (16/10/2021). Jojo menjadi salah ... Read more »

Penyelundupan Sabu Seberat 81 Kg Jaringan Malaysia Dibongkar

© Antara Seberat 81 kilogram sabu didatangkan dan dikendalikan oleh warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Malaysia. Pekanbaru: Polda Riau menangkap pengedar narkotika berinisial AS, 52, dan HS, 47, ... Read more »

Kepala BNPB Sebut Evakuasi Korban dan Kelompok Rentan Jadi Prioritas Penanganan Gempa Karangasem

© Dokumentasi BNPB Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito meninjau langsung ke wilayah terdampak gempa di Karangasem, Bali, Minggu (17/10/2021). Kehadiran Ganip untuk memastikan penanganan gempa ... Read more »

Piala Thomas: Jonatan Christie Menang, Indonesia Juara!

© Disediakan oleh Kumparan Jonatan Christie. Foto: Yohan Nonotte/Badmintonphoto/BWF Jonatan Christie menjadi wakil Indonesia ketiga yang turun menghadapi China di Final Piala Thomas 2020, Minggu (17/10) malam WIB. Ia mengalahkan ... Read more »

10 Potret Kompak Anak Artis saat Photoshoot, Photogenic!

© Disediakan oleh IDN Times Dikenal sebagai anak dari seorang artis, deretan bocah menggemaskan ini pun turut menjadi perhatian. Seakan mewarisi bakat entertainer dari orangtuanya, 10 pasang kakak adik ini ... Read more »

Hasil Piala Thomas: Jonatan Christie Pastikan Kemenangan 3-0, Indonesia Juara

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Tim bulu tangkis putra Indonesia berhasil menjuarai Piala Thomas setelah mengalahkan Cina dengan skor 3-0 dalam final di Aarhus, Denmark, Ahad ... Read more »

Kesal Diteror Stranger? Ternyata Begini Cara Melacak Nomor Tidak Dikenal, Mudah kok!

© Disediakan oleh Beautynesia Tidak semua orang nyaman ketika tiba-tiba dihubungi oleh orang tidak dikenal. Sebagian memang ada yang tidak mempermasalahkannya, namun sebagian lagi justru memilih mencari tahu siapa orang ... Read more »

Sah, Herman Umbu Billy Kembali Pimpin Pemuda Katolik Komda Bali

© JPNN.COM Sah, Herman Umbu Billy Kembali Pimpin Pemuda Katolik Komda Bali jpnn.com, DENPASAR – Herman Umbu Billy kembali dilantik menjadi Ketua Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Bali Periode ... Read more »

Memperkuat bisnis digital, Kalbe Farma (KLBF) siapkan dana hingga Rp 200 miliar

© Kalbe Farma Memperkuat bisnis digital, Kalbe Farma (KLBF) siapkan dana hingga Rp 200 miliar KONTAN.CO.ID –  JAKARTA – PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) berupaya terus memperkuat bisnis digitalnya. Emiten farmasi ... Read more »

Strategi pengelolaan reksadana saham HPAM menyambut pulihnya ekonomi

© Cheppy A. Muchlis Strategi pengelolaan reksadana saham HPAM menyambut pulihnya ekonomi KONTAN.CO.ID –  JAKARTA. Prospek reksadana saham semakin menarik. Level indeks harga saham gabungan (IHSG), Jumat (15/10) menguat 0,11% ke level Rp ... Read more »

Leo yang Sedang Mencari Pasangan, Jauhi 3 Zodiak Ini

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Bagi Leo menemukan pasangan yang layak berdiri di sisi Anda saat Anda menghadapi dunia tidaklah mudah. Anda percaya diri, ramah, dan ... Read more »

Bamsoet Ajak Masyarakat Bantu Pelestarian Satwa

© JPNN.COM Bamsoet Ajak Masyarakat Bantu Pelestarian Satwa jpnn.com, BANDUNG – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak masyarakat mendukung pelestarian satwa di Indonesia. Salah satu caranya dengan bantuan sosial yang ... Read more »

Piala Thomas: Fajar/Rian tak Terbendung, Indonesia Perbesar Keunggulan

© Gregorius Gelino Fajar/Rian membawa Indonesia unggul 2-0 atas Tiongkok setelah menang 21-12 dan 21-19 atas He/Zhou. Aarhus: Pasangan ganda putra pertama, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menambah keunggulan Indonesia atas ... Read more »

Gol Dianulir Wasit, Persija Takluk Melawan Arema FC

© Disediakan oleh Kumparan Pertandingan antara Persija Jakarta melawan Arema FC di Stadion Manahan Solo, Minggu (17/10/2021). FOTO: Agung Santoso SOLO-Arema FC menang tipis dengan skor 1-0 saat melawan Persija ... Read more »

Pernah Jadi Timses Jokowi, Penunjukan Juri Ardiantoro Jadi Ketua Pansel KPU-Bawaslu Disebut Tak Pas

© screenshot video Ahli Hukum Tata Negara Universitas Gadjah Mada Zainal Arifin Mochtar Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pakar Hukum Tata Negara Universitas Gajah Mada, Zainal Arifin ... Read more »

Kunker ke Bandar Lampung, Kementerian BUMN Akan Bangun RS Otak dan Jantung

© Disediakan oleh Kumparan Menteri BUMN Erick Thohir bersama Wali Kota Eva Dwiana saat meninjau salah satu gedung di RSUD A Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung, Minggu (17/10) | Foto : ... Read more »

Koleksi Coach Terbaru Daur Ulang Tas Era 60 dan 70-an

© dok. Coach Indonesia Coach Indonesia meluncurkan koleksi Fall 2021 karya Stuart Vevers yang dinamakan Coach Forever Season Two di Jakarta, Senayan City, Rabu (13/10). REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Coach Indonesia meluncurkan ... Read more »

Polda Metro Jaya Minta Rachel Vennya Kamis Nanti Hadir Penuhi Panggilan untuk Klarifikasi

© Instagram @rachelvennya Rachel Vennya Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Jajaran Polda Metro Jaya bakal mengundang Rachel Vennya untuk menyampaikan klarifikasi terkait pelanggaran aturan karantina. Pemanggilan ... Read more »

Inggris Pertimbangkan Perketat Keamanan Anggota Parlemen

© Wikimedia Keamanan anggota parlemen ditingkatkan terkait kasus pembunuhan belum lama ini. REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Menteri Dalam Negeri Inggris, Priti Patal, mengatakan, pemerintah mempertimbangkan sejumlah opsi untuk meningkatkan keamanan anggota parlemen. ... Read more »

UPDATE 17 Oktober: Bertambah 2 Kasus Covid-19 dan 7 Pasien Sembuh di Tangerang

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi virus corona, Covid-19. (Shutterstock) TANGERANG, KOMPAS.com – Dinas Kesehatan Kota Tangerang melaporkan penambahan dua kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 pada Minggu (17/10/2021). Dengan penambahan tersebut, ... Read more »

Dua Perusahaan Inggris Bikin Baterai Motor Listrik Baru, Bisa Diisi Penuh Cuma dalam 90 Detik

© Disediakan oleh GridOto MAHLE Powertrain bikin baterai motor listrik yang bisa diisi super cepat. Visordown.com Dua Perusahaan Inggris Bikin Baterai Motor Listrik Baru, Bisa Diisi Penuh Cuma dalam 90 ... Read more »

Adu Lincah di Pasar City Car, 5 Komparasi Honda Brio Vs. Suzuki Ignis

© Disediakan oleh IDN Times Biasanya orang akan memilih jenis mobil berdasarkan kebutuhannya. Contohnya, bagi mereka yang tinggal di perkotaan, mobilitas yang tinggi membuat mereka membutuhkan mobil yang bisa bermanuver ... Read more »

Besok PPKM Level 3 Kian Longgar? Wagub: Ruang Terbuka Hijau Lagi Proses Dibuka

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Ibu Kota masih dalam proses untuk dibuka untuk ... Read more »

10 Potret Keakraban Kim Mi Kyung dengan Lawan Mainnya, Kompak!

© Disediakan oleh IDN Times Bagi kamu yang pencinta drama Korea, pasti sudah tak asing lagi dengan sejumlah aktris yang kerap memerankan tokoh seorang ibu. Nah, salah satu aktris yang ... Read more »

IMA Gelar Munas 2021 dan Tentukan Presiden Baru, Begini Harapan Suparno Djasmin

© Disediakan oleh GridOto President IMA 2021-2023 Bapak Suparno Djasmin memimpin sesi dalam Munas IMA 2021 di Jakarta. IMA IMA Gelar Munas 2021 dan Tentukan Presiden Baru, Begini Harapan Suparno ... Read more »

Tukul Arwana Pulang ke Rumah, Sudah Bisa Dijenguk atau Belum? Manajer Bilang Begini

© JPNN.COM Tukul Arwana Pulang ke Rumah, Sudah Bisa Dijenguk atau Belum? Manajer Bilang Begini jpnn.com, JAKARTA – Pembawa acara sekaligus pelawak Tukul Arwana tetap belum diperbolehkan dijenguk meski telah ... Read more »

5 Karakter Gu Woong di Yumi's Cells yang Boyfriend Material Banget

© Disediakan oleh IDN Times Sedang populer, drama Yumi’s Cells tengah menjadi topik pembicaraan para penggemar drakor. Selain alur cerita yang santai, ada animasi sel yang membuat kita berfantasi dan ... Read more »

Menghormati Istrinya yang Telah Tiada, Pria Tua Ini Bikin Rumah Super Unik

© Disediakan oleh Kumparan Di era modern, cerita macam ini banyak yang terjadi juga, salah satunya adalah seorang pria tua yang rela menciptakan rumah unik untuk istrinya. Foto. dok: Pixabay ... Read more »

Foto: Selebrasi Anthony Ginting Usai Kalahkan China di Piala Thomas

Selebrasi Anthony Ginting usai kalahkan pemain China Lu Guang Zu di Piala Thomas. Foto: Yves Lacroix/Badmintonphoto/BWF Anthony Ginting tampil memukau di partai final Piala Thomas 2020 (2021), Minggu (17/10) malam ... Read more »

Perintis Rumah Hijau Denassa Raih Kalpataru 2021

© Andi Nur Aminah/Republika Darmawan Denassa, pendiri Rumah Hijau Denassa, memegang piala Kalpataru 2021 yang diperolehnya untuk kategori Perintis Lingkungan. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebanyak 10 orang atau kelompok menerima penghargaan Kalpataru ... Read more »

Irwansyah, Asisten Pelatih Tunggal Putra Indonesia yang Pernah Meniti Karier di Eropa

© Disediakan oleh Kompas.com Pelatih tunggal putra Indonesia Hendry Saputra (kiri) memberi masukan pada pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie saat melawan pebulu tangkis tunggal putra China Taipei Chou ... Read more »

Mengapa Ukuran Ban Depan Motor Lebih Kecil Dibanding Belakang? Begini Penjelasannya

© Disediakan oleh GridOto Ilustrasi ban depan motor Farhan/GridOto.com Mengapa Ukuran Ban Depan Motor Lebih Kecil Dibanding Belakang? Begini Penjelasannya Ukuran ban depan motor yang masih standar alias bawaan pabrik ... Read more »

Khawatir Berlebihan dengan Pasangan Bisa Jadi Kecemasan dalam Hubungan

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Anda mencintai pasangan dan mempercayai dia sepenuhnya. Namun, setiap kali mereka membutuhkan waktu lebih dari 30 menit untuk menjawab teks, Anda ... Read more »

Fajar/Rian Bersyukur Bisa Sumbang Poin di Final Piala Thomas

© EPA-EFE/CLAUS FISKER Pebulu tangkis Indonesia Fajar Alfian (kiri) dan Muhammad Rian Ardianto beraksi saat pertandingan ganda putra dalam pertandingan final bulu tangkis Piala Thomas antara China dan Indonesia, di ... Read more »

Final Piala Thomas, Ginting Sempat Rasakan Tekanan Lawan Lu

© EPA-EFE/CLAUS FISKER Anthony Sinisuka Ginting dari Indonesia merayakan kemenangannya dalam pertandingan final Piala Thomas beregu putra antara China dan Indonesia, di Aarhus, Denmark, 17 Oktober 2021. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anthony ... Read more »

4 Cara Taklukan Hati Dosen Killer di Kampus, Bonus Bisa Diingat Terus Meski Sudah Lulus!

© Disediakan oleh Beautynesia Mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi dan nilai yang bagus adalah impian setiap mahasiswa agar dapat lulus dengan sempurna dan mempermudah dalam hal mencari pekerjaan. Kendati ... Read more »

Novel Baswedan Beberkan Setumpuk Serangan Sistematis, dari Isu Taliban Hingga Alih Status Pegawai

© Ist Novel Baswedan Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mengungkapkan serangan sistematis yang melemahkan, mulai dari isu ‘Taliban” hingga ... Read more »

Mentan SYL Dorong 2 Kabupaten Ini jadi Food Estate Berbasis Hortikultura

© JPNN.COM Mentan SYL Dorong 2 Kabupaten Ini jadi Food Estate Berbasis Hortikultura jpnn.com, WONOSOBO – Menteri Pertanian Syahrul Yason Limpo (Mentan SYL) terus mendorong Wonosobo dan Temanggung menjadi pelopor ... Read more »