Urgensi Menjadikan Bank Syariah Indonesia Sebagai BUMN

urgensi menjadikan bank syariah indonesia sebagai bumn

BSI

  • Pemerintah sudah memiliki saham seri A Dwiwarna di Bank Syariah Indonesia, menjadikan emiten berkode BRIS ini mirip dengan BUMN lainnya.
  • DPR ingin pemerintah segera menjadikan BSI sebagai BUMN melalui penyertaan modal yang diperkirakan bisa mencapai belasan triliun.
  • Kementerian BUMN terlihat berhati-hati dan enggan terburu-buru menanggapi wacana tersebut. 

 

Rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi VI DPR dengan PT Bank Syariah Indonesia Tbk pada Selasa (20/9) itu berlangsung mulus tanpa hambatan. Rapat yang berlangsung nyaris 2,5 jam itu fokus membahas masa depan emiten berkode BRIS tersebut. Ini terutama terkait dengan rencana pemerintah menjadikan BSI sebagai perusahaan pelat merah.

“DPR RI meminta Kementerian BUMN untuk mengawal dan memastikan proses status BSI menjadi Bank BUMN,” kata Sarmuji, Wakil Ketua Komisi VI DPR yang bertindak sebagai pimpinan rapat.

Wacana BSI menjadi bank BUMN memang bukan hal baru. Sejak awal tahun lalu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin sudah mendorong pemerintah menjadikan bank syariah itu sebagai milik negara. Ada dua skema yang didorong. Pertama, melalui penerbitan saham seri A Dwiwarna. Kedua, melalui penyertaan modal negara.

Penerbitan saham Dwiwarna di BSI sudah berhasil dilakukan lewat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Mei silam. Dengan demikian, secara prinsip pemerintah sudah memegang kewenangan terhadap BSI, meskipun sahamnya masih dimiliki oleh Bank Mandiri, BNI, dan BRI.

Melalui saham Dwiwarna, pemerintah memiliki sejumlah hak istimewa. Ini misalnya kewenangan mengenai perubahan anggaran dasar, permodalan, hingga beragam aksi korporasi seperti penggabungan, peleburan, pemisahan, bahkan sampai pembubaran BSI. Pemerintah juga berwenang untuk menetapkan pedoman terkait pengembangan bisnis strategis BSI, mengusulkan penyelenggaraan RUPS, serta mengakses data dan dokumen BSI.

Kendati saham Dwiwarna sudah cukup sakti mengatur jalannya bisnis BSI, Lembaga Legislatif ingin mendorong lebih jauh melalui penyertaan modal negara. Dalam RDP pekan lalu, nyaris seluruh anggota Komisi VI sepakat soal urgensi mendorong pemerintah menggelontorkan dana untuk menjadikan BSI sebagai BUMN.

Dukungan bahkan juga datang dari lintas komisi. Anggota Komisi VI Misbakhun mengatakan pemerintah harus berperan memperkuat perbankan syariah dengan menjadikan BSI sebagai bank pelat merah. Menurutnya, potensi industri keuangan syariah sangat besar sehingga setoran modal negara untuk memperkuat struktur permodalan BSI sangat diperlukan.

“Berapapun besarnya setoran modal yang diperlukan untuk menjadikan BSI sebagai Bank BUMN harus tetap menjadi komitmen pemerintah untuk direalisasikan,” katanya kepada Katadata.

PAPARAN KINERJA BSI TRIWULAN I 2022 (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/nym.)  

Kementerian BUMN Menahan Diri

Hingar bingar untuk segera mendorong BSI sebagai bank pelat merah justru ditanggapi dingin oleh Kementerian BUMN. Selepas RDP, Menteri Erick Thohir yang dimintai tanggapan soal rencana ini hanya berkomentar singkat.

“Pemerintah kan sudah punya saham Dwiwarna di BSI,” kata Erick.

Komentar singkat Erick ini memberikan sinyal soal bagaimana Kementerian BUMN bereaksi terhadap wacana ini. Sejumlah Sumber Katadata menyebutkan Kementerian BUMN sejatinya tidak ingin buru-buru menjadikan BSI sebagai bank BUMN. Kementerian merasa untuk saat ini saham Dwiwarna sudah cukup untuk menegaskan kehadiran negara di BSI.

Sumber Katadata yang lain bercerita, Kementerian BUMN mengkhawatirkan soal besaran setoran modal negara yang harus digelontorkan untuk mengakuisisi BSI. Saat ini, Bank Mandiri menggenggam 50,83% saham di BSI. Sementara BNI memiliki 24,85% dan BRI (17,25%). Adapun sisanya dimiliki oleh publik.

Melalui hitung-hitungan sederhana, 93% valuasi saham BSI yang dipegang ketiga bank tersebut saat ini bernilai sekitar Rp 35 triliun. Jika pemerintah ingin memegang 51% saham BSI, maka dibutuhkan dana setidaknya Rp 17 triliun untuk mencapai tujuan tersebut. Ini tentu angka yang sangat besar di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu.

Sinyal keengganan Kementerian BUMN untuk buru-buru mengubah status BSI juga bisa dilihat dari pernyataan Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. Menurutnya saham Dwiwarna di BSI saat ini sudah menjadi alat kontrol pemerintah yang membuat posisi BSI hampir mirip dengan BUMN lainnya. Ia pun menyebut proses BSI menjadi BUMN masih sangat panjang.

“Butuh waktu lama dan mungkin kita tidak tergesa-gesa saat ini,” kata Arya, Jumat (30/9).

Untung Buntung BSI Jadi BUMN

Pengamat Perbankan dari FEB Universitas Gadjah Mada mengatakan BSI memang ada beberapa keuntungan jika BSI menjadi BUMN. Salah satunya kemampuan pendanaan untuk mengakselerasi ekspansi.

“[Menjadi BUMN] bisa memperoleh suntikan dana dari pemerintah dengan lebih cepat,” katanya, Kamis (29/30).

Eddy juga menilai secara teknis menjadikan BSI sebagai BUMN sebetulnya tidak rumit. Pemerintah bisa saja membeli saham BSI dari pemiliknya saat ini, dengan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku. Namun, ia menilai pemerintah akan sedikit menunggu terkait wacana ini.

Apalagi menurutnya saat ini banyak BUMN yang sedang kesulitan dan menunggu uluran tangan pemerintah.  “Di masa resesi sekarang ini, saya kira pilihan terbaik pemerintah harusnya agak menunggu. Mungkin isunya didorong dulu tetapi realisasinya masih perlu waktu,” katanya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Tauhid Ahmad menilai perubahan status BSI menjadi BUMN sesuai dengan rencana Kementerian BUMN untuk membentuk kelompok usaha perbankan.

Menurutnya, pemerintah akan menargetkan dividen yang besar dari BSI karena pasar perbankan syariah belum digarap maksimal. Lebih lanjut, ia melihat sektor perbankan cenderung lebih stabil menghasilkan dividen dibandingkan dengan sektor lain, seperti infrastruktur, energi, atau transportasi.

“Rata-rata kalau kita lihat, di atas 80% dari seluruh dividen BUMN itu kan dari bank, jadi orang melihat bank lebih berkepastian memberi dividen dibanding badan usaha lain,” katanya.

Tauhid menilai BSI berpotensi menjadi akselerator pembangunan layaknya bank konvensional. Beberapa sektor industri yang dapat menjadi target pembiayaan terbesar BSI adalah telekomunikasi, logistik, hingga industri. Tauhid melihat ketiga sektor itu tumbuh dengan cepat dan membutuhkan modal yang lebih besar dari lembaga keuangan.

PR Besar BSI

Hampir dua tahun lalu, ketika BSI terlahir dari proses merger tiga bank syariah, manajemen mamatok target ambisius. Tidak hanya mengusai pasar lokal, BSI ingin bersaing di tingkat global.

“Kami ingin di 2025 bisa masuk 10 besar bank syariah global,” kata Direktur Utama BSI Hery Gunardi.

Hery menuturkan saat ini dengan kapitalisasi pasar US$ 3,69 miliar, BSI berada di posisi ke-14 dalam percaturan bank syariah global. Adapun di Indonesia, saat ini BSI menguasai 60% pangsa pasar perbankan syariah.

Kinerja BSI juha cukup mentereng. Pada paruh pertama 2022, BSI membukukan laba bersih hingga Rp 2,13 triliun, naik 41% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Hery optimistis sebab pasar syariah di Indonesia masih sangat besar. Saat ini, 86,9% dari populasi total masyarakat Indonesia adalah umat muslim atau setara 237,53 juta orang. Bila dibandingkan dengan angka global, nilai ini setara dengan 12,7% populasi umat muslim di seluruh dunia.

Kendati demikian, sebagai perbankan BSI masih punya segudang pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Ekonom Indef Tauhid Ahmad menilai ada tiga hal yang harus diperbaiki BSI. Pertama, penyesuaian budaya kerja dari sektor privat ke BUMN yang tidak berpaku pada pencarian keuntungan. Kedua, digitalisasi perbankan yang dinilai masih lambat dibanding industri perbankan lainnya. Ketiga, penyesuaian sumber daya manusia yang memiliki keahlian di industri syariah.

“Market syariah ini punya potensi besar, tapi manfaat yang diterima masyarakat masih kecil. Padahal karakteristik syariah tadi pun agak beda dengan bank umum,” kata Tauhid

Tugas lain yang tidak kalah penting adalah aspek permodalan. Anggota Komisi VI DPR Nusron Wahid mempertanyakan rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) BSI yang saat ini masih berada di kisaran 17,31%. Ia berharap BSI bisa meningkatkan CAR tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Dirut BSI Hery Gunardi mengatakan pihaknya ingin meningkatkan CAR melalui right issue. Menurut rencana BSI mengincar Rp 5 triliun melalui aksi korporasi ini.

“Waktu merger belum ada injeksi modal, kita harus injeksi lagi lewat right issue,” kata Hery.

News Related

OTHER NEWS

Korban Gempa Cianjur Bertambah Jadi 318 Jiwa, Warga Ungkap Perbuatan Baik Barista AR7 Coffee yang Hilang Tertimbun Longsor

Korban Gempa Cianjur Bertambah Jadi 318 Jiwa, Warga Ungkap Perbuatan Baik Barista AR7 Coffee yang Hilang Tertimbun Longsor Barista hilang tertelan longsor gempa Cianjur TribunnewsBogor/Igman Ibrahim Korban Gempa Cianjur Bertambah ... Read more »

Doa Islam yang Dibaca untuk Menghilangkan Rasa Takut dan Gugup

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID -�Berikut ini Doa Islam yang dibaca untuk menghilangkara rasa takut dan juga rasa gugup. Terkadang dalam beberapa keadaan kita merasa ketakutan dan gugup.� Ada bermacam hal yang menimbulkan ... Read more »

5 Cara Mengatasi Rambut Bau Apek dengan Bahan Alami

TRIBUNBATAM.id – Rambut yang bau padahal sudah keramas memang menyebalkan. Sampo mungkin jadi barang pertama yang Anda cari saat masalah tersebut melanda. Sayangnya, terkadang sampo saja tidak cukup. Namun, jangan ... Read more »

HEMAT Promo JSM Superindo 27-30 November 2022, Kimbo Sosis Rp46.350 Rinso Bubuk Rp31.900, Buah Irit

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – HEMAT! Promo JSM Superindo 27-30 November 2022, Kimbo Sosis Rp46.350 Rinso Bubuk Rp31.900 Berikut katalog Promo Superindo periode November 2022 Jangan sampai kehabisan dan ketinggalan produk hematnya ... Read more »

Cianjur Dibanjiri Relawan, Jalan Menuju Lokasi Bencana Padat Merayap

Relawan mendirikan posko tanggap bencana, bantuan kemanusiaan, dapur umum hingga kegiatan trauma healing untuk para korban gempa Cianjur pada Rabu (23/11/2022). TRIBUNNEWS.COM, CIANJUR – Banyaknya relawan dan bantuan yang mengalir ... Read more »

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Longsor hingga Pohon Tumbang di Pusuk Sembalun

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Ahmad Wawan Sugandika TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK TIMUR – Tingginya curah hujan yang melanda sebagian wilayah Kabupayen Lombok Timur mengakibatkan sejumlah wilayah kerap ditimpa tanah lomhsor hingga pohon tumbang. ... Read more »

Lantunan Tembang Cinta dari Ada Band Bius Penonton di Acara Pembukaan Porprov Kaltim

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB – Ada Band, grup band asal Ibu Kota ikut memeriahkan pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov Kaltim) yang digelar di Stadion Olympic Mini Teluk Bayur, Berau, Sabtu (26/11/2022) ... Read more »

Mey Chan Eks Duo Maya Kembali Berkarir dengan Single Terbaru, 'Menyesal Mengenalmu'

Tribunlampung.co.id – Mey Chan alias Dita Anggraeni dikabarkan cerai dari suami bulenya. Setelah perceraiannya tersebut, Mey Chan eks Duo Maia kini kembali eksis di dunia musik. Bahkan Mey Chan dikabarkan ... Read more »

9 SHIO Diberkati Dewi Fortuna Minggu 27 November 2022 : Shio Kambing, Shio Anjing Dimabuk Asmara

TRIBUNJOGJA.COM – Berikut adalah daftar shio yang dinaungi hoki dan keberuntungan Dewi Fortuna di akhir pekan menurut ramalan shio, Minggu 27 November 2022. Dari hasil terawangan nasib shio hari ini, ... Read more »

Penampakan Sekolah Berteknologi RISHA Tetap Kokoh Usai Diguncang Gempa Cianjur, Bahan Dasarnya Beton

TRIBUNNEWSBOGOR.COM – Penampakan sebuah sekolah di Cianjur jadi sorotan usai gempa bumi mengguncang wilayah tersebut. Untuk diketahui, gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,6 yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada ... Read more »

Dilatih Shin Tae-yong, Budi Sudarsono Yakin Timnas Indonesia Bisa Juara Piala AFF 2022

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Eks pemain Timnas Indonesia, Budi Sudarsono menilai peluang Timnas Indonesia untuk meraih juara Piala AFF 2022 sangat besar. Budi pun berharap para pemain nanti bisa mengeluarkan kemampuan ... Read more »

Arif Melihat Sinyal Dukungan Jokowi kepada Prabowo-Ganjar

Arif Melihat Sinyal Dukungan Jokowi kepada Prabowo-Ganjar jpnn.com, JAKARTA – Analis politik Arif Nurul Imam melihat sinyal dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo (Prabowo-Ganjar) di ... Read more »

Kode Jokowi Sebut Pemimpin yang Memikirkan Rakyat Adalah Rambutnya Putih, Sosok Ini Kandidat Kuat

TRIBUNNEWSBOGOR.COM – Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait ciri-ciri pemimpin sejati jadi sorotan. Baru-baru ini, Jokowi mengimbau para pendukung dan relawannya yang tergabung dalam Gerakan Nusantara Bersatu agar berhati-hati memilih ... Read more »

Gracia Indri Ungkap Perlakuan Keluarga Suaminya di Belanda setelah Melahirkan

Tribunlampung.co.id -�Artis Gracia Indri mengungkap perlakuan keluarga suami bulenya, Jeffrey Slijpen usai melahirkan di Belanda. Bahkan Gracia Indri merasa bersyukur berada di lingkungan keluarga Jeffrey Slijpen. Sebab keluarga Jeffrey Slijpen ... Read more »

'Dia Bakat Terbaik Inggris' - Gary Neville Pertanyakan Keputusan Gareth Southgate Tidak Mainkan Phil Foden

Phil Foden England Mantan bek kanan Inggris, Gary Neville, berpandangan Phil Foden harus menjadi starter untuk The Three Lions dan mempertanyakan Gareth Southgate atas keputusan menaruh dia hanya di bangku ... Read more »

Jaz Hadirkan Teman Bahagia, Penggemar Bisa Bernostalgia

Jaz Hadirkan Teman Bahagia, Penggemar Bisa Bernostalgia jpnn.com, JAKARTA – Teman Bahagia menjadi salah satu lagu yang membuat nama penyanyi Jaz Hayat populer. Lagu yang dirilis pada 2018 mendapat sambutan ... Read more »

Gempa Berkekuatan 3,5 Magnitudo Guncang Kota Sukabumi

Ilustrasi gempa bumi. Foto: cigdem/shutterstock Gempa bumi berkekuatan 3,5 magnitudo mengguncang Kota Sukabumi. Gempa tersebut terjadi pada Minggu (27/11) pukul 07.21 WIB. Menurut informasi yang dibagikan BMKG, gempa tersebut berpusat ... Read more »

Rencana Thariq Halilntar Akhirnya Terwujud, Sinyal Fuji Jadi Menantu Geni Faruk Menguat: Gas

TRIBUNJAMBI.COM – Hubungan Fuji dan Thariq Halilintar kini dikabarkan mendapat lampu hijau dari Geni Faruk. Diungkapkan Thariq jika orang tua Gen Halilintar itu sudah mendukung hubungannya dengan Fuji. Sebelumnya gosip ... Read more »

7 Tempat Makan Enak di Yogyakarta, Cocok Buat Kumpul Keluarga

Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, sudah menjadi destinasi wisata andalan bagi pelancong domestik dan internasional. Pasalnya, Yogyakarta kaya akan budaya penuh sejarah seperti keberadaan Candi Prambanan, Pantai Parangtritis, hingga Malioboro ... Read more »

Luar Biasa! Vokalis Weezer Nyaris Bicara Bahasa Indonesia Sepenuhnya di Atas Panggung!

Seluruh kalimat di atas diucapkan Cuomo dengan sangat fasih. Tanpa jeda mengeja. Tampak Cuomo sangat mempersiapkan beragam kata dan kalimat bahasa Indonesia itu. Jakarta: Ada peristiwa menarik saat Weezer tampil ... Read more »

Siapa Kuasai HP Brigadir J? M-Banking Sempat Ada Transaksi, Ricky Rizal Sebut Perintah dari Putri

TRIBUNNEWSMAKER.COM – Kejelasan tentang keberadaan hp milik Brigadir J mulai terang. Keberadaan hp yang masih misterius itu mulai bisa ditelusuri dari transaksi M-Banking milik Brigadir J. Tapi dalam persidangan Senin ... Read more »

NIKAH 4 Bulan, Suami Keciduk Selingkuh dengan Rekan Kerja, 3 Hari Kemudian Istri Tahu Dirinya Hamil

TRIBUNTRENDS.COM – Istri mana yang tak remuk hatinya saat tahu suami selingkuh? Hal ini dialami seorang wanita asal Malaysia. Diketahui, ia baru 4 bulan nikah dengan suaminya ini. Bagaimana kisah ... Read more »

Renungan Harian Kristen, Yesaya 40:3 TB: Penggenapan Janji Allah

TRIBUNMANADO.CO.ID�- Inilah Renungan Harian hari ini Terambil dalam Yesaya 40:3 TB Renungan kali ini akan membahas tentang Penggenapan Janji Allah Tak perlulah kita mengingatkan Allah akan janji-Nya Karena tugas manusia ... Read more »

Aksi Bejat Pemuda di Pekanbaru, Jemput Paksa Mantan Pacar Tengah Malam, Dianiaya hingga Rudapaksa

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -�Seorang pria di Pekanbaru berinisial IRT alias Rika (23), ditangkap tim opsnal dari Unit Reskrim Polsek Tampan, Polresta Pekanbaru. IRT diamankan polisi setelah dilaporkan oleh keluarga DA (18) ... Read more »

Download Minecraft Pocket Edition, Dapatkan 8 Benih Terbaik Minecraft PE 1.19 dan Kode Koordinatnya

TRIBUNKALTIM.CO – Download Minecraft Pocket Edition, beserta 8 benih Minecraft PE 1.19 yang harus anda dapatkan. Temukan link download Minecraft versi Minecraft Pocket Edition beserta 8 benih terbaik Minecraft PE ... Read more »

Cara Mengelola Keuangan Bisnis agar Tak Rugi, Ketahui 5 Fungsi Manajemen Keuangan, Atur Perencanaan

TRIBUNJABAR.ID – Sebagai pebisnis, kamu wajib memahami fungsi manajemen keuangan. Tanpa manajemen keuangan, banyak sekali bisnis yang mengalami kegagalan.�� Bagi kamu yang ingin membangun usaha, manajemen keuangan ini merupakan kemampuan ... Read more »

Bacaan Tahlil Dilengkapi Doa dan Keutamaan

SURYA.CO.ID – Berikut ini bacaan tahlil dilengkapi doa dan keutamaannya.� Tahlilan adalah aktivitas membaca beberapa ayat dan surat dari Al Qur’an serta dzikir-dzikir dan diakhiri dengan membaca doa tahlil atau ... Read more »

Sudah Tahu bakal Pergi? Ki Joko Bodo Diam-diam Sudah Siapkan Ini untuk Anaknya, Ada Peninggalan

SRIPOKU.COM – Kabar kepergian Ki Joko Bodo hingga kini masih jadi sorotan. Ki Joko Bodo diketahui meninggal dunia pada hari Senin (22/11/22) sekira pukul 09.45. Sebelum akhirnya menutup mata, terungkap ... Read more »

Spanyol vs Jerman, Philipp Lahm Wanti-Wanti Die Mannschaft Jelang Lawan La Roja

TRIBUNBATAM.id -�Mantan pemain timnas Jerman, Philipp Lahm, beri nasehat kepada Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 jelang laga kontra Spanyol. Pasalnya kedua tim tersebut bakap dipertemukan pada laga lanjutan Grup ... Read more »

3 Khasiat Air Kunyit Campur Asam Jawa, Wanita Pasti Bahagia

3 Khasiat Air Kunyit Campur Asam Jawa, Wanita Pasti Bahagia jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR – Ada berbagai rempah dan herbal yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, rambut dan kulit. Rempah ... Read more »

TERAKHIR, Promo JSM Indomaret 27 November 2022, Susu Minyak Beras Deterjen Irit, Hemat Pakai QRIS

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – TERAKHIR, Promo JSM Indomaret 27 November 2022, Minyak Beras Deterjen Irit, Hemat Pakai QRIS Berikut katalog Promo Indomaret periode November 2022 Jangan sampai kehabisan dan ketinggalan produk ... Read more »

Ruben Onsu Kaget Farel Prayoga Tidak Kenal Slank saat Diajak Duet, 'Itu Siapa?'

Tribunlapung.co.id – Farel Prayoga, penyanyi cilik yang sedang naik daun sempat bingung saat diajak duet bareng Slank. Farel Prayoga yang masih berusia 12 tahun tersebut ternyata belum kenal dengan band ... Read more »

Hasil Piala Dunia 2022: Sengit, Argentina vs Meksiko Saling Gempur di Babak Pertama

WARTAKOTALIVE.COM, LUSAIL – Argentina dan Meksiko masih bermain sengit di babak pertama pada laga kedua Grup C Piala Dunia 2022, Minggu (27/11/2022) dini hari WIB. Bertanding di Lusail Iconic Stadium, ... Read more »

Kocak, Ini 11 Foto Lucu Tali Persahabatan Antara Kucing dan Kadal

Sebagai binatang yang paling sering dipelihara di rumah, kucing adalah jenis binatang yang tidak bisa kamu tebak maunya apa. Ya, mungkin sesekali, namun dalam menjalin hubungan dengan sesama kucing atau ... Read more »

Festival Film Banten 2022, Ajang Tumbuhkan Kreativitas Anak Muda di Tanah Jawara

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Mildaniati TRIBUNBANTEN, CILEGON-Pemerintah Provinsi Banten mendukung Festival Film Banten tahun 2022 sebagai ajang menumbuhkan kreativitas bagi anak muda dalam perfilman. Kegiatan itu sukses digelar oleh Kremov Pictures ... Read more »

Cuaca Kutai Kartanegara Hari Ini, Tenggarong Diguyur Hujan Ringan saat Siang dan Malam

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memaparkan prakiraan cuaca di Kabupaten Kutai Kartanegara, Minggu (27/11/2022) hari ini. Cuaca di sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, di Kecamatan Tenggarong, ... Read more »

Persib Bandung Berlaga Lawan Persikabo Minggu Besok, Main di Pakansari dan Disiarkan, Catat Waktunya

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Cipta Permana TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG – Pelatih Persib Bandung, Luis Milla antusias dan telah mempersiapkan para anak asuhnya untuk menatap pertandingan menghadapi Persikabo 1973, di Stadion Pakansari Cibinong, ... Read more »

Gregoria Mariska Terbaru, Ini 6 Wakil Indonesia di BWF World Tour Finals 2022

Gregoria Mariska Terbaru, Ini 6 Wakil Indonesia di BWF World Tour Finals 2022 jpnn.com, JAKARTA – Genap sudah wakil Indonesia di BWF World Tour Finals 2022 menjadi enam wakil. Gregoria ... Read more »

Terungkap, Ini Sebab Dimas Beck Batal Menikah dengan Laudya Chynthia Bella

Terungkap, Ini Sebab Dimas Beck Batal Menikah dengan Laudya Chynthia Bella jpnn.com, JAKARTA – Penyebab aktor Dimas Beck batal menikah dengan aktris Laudya Chynthia Bella akhirnya terungkap. Hal tersebut terungkap ... Read more »

Ungkap Kisah Tragis di Masa Lalu, Mongol Stres Blak-blakan Akui Ibunya Meninggal Saat Dipasung

TRIBUN-MEDAN.com – Publik tentu sudah tidak asing lagi dengan sosok�Mongol�Stres. Ia merupakan pelawak tunggal yang pernah mengikuti ajang Stand Up Comedy. Dari ajang tersebut, karirnya di dunia entertain mulai menanjak ... Read more »
Breaking thailand news, thai news, thailand news Verified News Story Network