TNI AL Buka Rekrutmen Tamtama 2024, Lulusan SMP Bisa Mendaftar

tni al buka rekrutmen tamtama 2024, lulusan smp bisa mendaftar

Dari atas KRI Bima Suci, puluhan prajurit TNI Angkatan Laut (AL) yang tergabung dalam Satuan Tugas Misi Diplomasi dan Duta Bangsa Kartika Jala Krida (Satgas KJK) 2023 menyelenggarakan upacara hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia di tengah Samudera Atlantik Utara, pada Kamis (17/8/2023).

KOMPAS.com – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut saat ini membuka rekrutmen untuk posisi Tamtama Prajurit Karier (PK) Gelombang 1 tahun 2024.

Berbeda dengan seleksi Taruna AAL dan Bintara PK, rekrutmen Tamtama PK TNI AL bisa didaftar oleh minimal lulusan SMP dengan usia minimal 17 tahun.

Pendaftaran Bintara menjadi Tamtama TNI AL ini akan dibagi dalam dua tahap. Pertama, registrasi online dan yang kedua, validasi fisik di lokasi yang sudah ditentukan dalam laman TNI AL.

Saat ini, batas waktu pendaftaran dibuka sampai bulan Januari 2024. Untuk itu, ketahui persyaratan dan cara daftar serta jadwal menjadi Tamtama TNI AL 2024.

Persyaratan umum Tamtama TNI AL Gelombang 1 2024

1. Warga Negara Indonesia

2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

3. Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945

4. Pada saat dilantik menjadi prajurit paling rendah berumur 18 tahun

5. Sehat jasmani dan rohani termasuk tidak pernah terlibat penggunaan narkoba;

6. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap

7. Berkelakuan baik dan tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polres setempat); dan

8. Lulus seleksi yang dilaksanakan oleh tim Panda serta Panpus yang ditunjuk Kasal.

Persyaratan lain

  • Pria dengan tinggi badan minimal 163 cm dan berat badan seimbang
  • Berijazah minimal Sekolah Menengah Pertama (SMP)/sederajat
  • Berusia maksimal 22 tahun dan minimal 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan pendidikan pertama
  • Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama sepuluh tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Kelasi Dua/Prajurit Dua.

Persyaratan tambahan

  • Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan pertama
  • Bukan prajurit TNI, anggota Polri maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • Bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah NKRI
  • Bagi yang memperoleh ijazah dari Negara lain, harus mendapat pengesahan dari Kembuddikdasmen dan atau Kemenristek dan Dikti
  • Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik atau bekas tindik di telinga atau anggota badan lainnya
  • Bagi yang sudah bekerja wajib melampirkan surat persetujuan dari instansi tempat bekerja/terkait dan surat pernyataan bersedia diberhentikan dari status pegawai apabila diterima menjadi Tamtama Prajurit Sukarela TNI Angkatan Laut
  • Bagi calon dari tempat pendaftaran Satdik 1, 2 dan 3 berdomisili minimal 36 bulan/3 tahun di wilayah panitia daerah/tempat pendaftaran terdekat dan bagi calon dari tempat pendaftaran non-Satdik berdomisili minimal 12 bulan di wilayah panitia daerah/tempat pendaftaran terdekat yang dinyatakan sah secara administrasi maupun fakta terhitung dari tanggal pembukaan pendaftaran online
  • Memiliki kartu BPJS atau kartu jaminan kesehatan dan sejenisnya

Cara mendaftar Tamtama PK TNI AL 2024

1. Calon mendaftar secara online melalui internet dengan mengakses alamat website al.rekrutmen-tni.mil.id dengan mengisi formulir pendaftaran secara benar dan lengkap.

2. Validasi/daftar ulang dilakukan secara fisik ke tempat pendaftaran terdekat dengan menunjukkan cetakan formulir pendaftaran, foto hitam putih terbaru ukuran 3 x 4 dan 4 x 6 masing-masing 2 lembar, dokumen asli beserta fotocopy yang sudah dilegalisir antara lain:

  • Akta Kelahiran
  • KTP calon beserta KTP orangtua/wali
  • Akta Kematian (bagi orang tua yang sudah meninggal)
  • Kartu Keluarga
  • Ijazah SD/MI, SMP/MTS dan SMA/SMK/MA
  • Daftar Nilai Ujian Nasional SD/MI, SMP/MTS dan SMA/SMK/ sederajat
  • SKCK

Jadwal pendaftaran Tamtama PK TNI AL 2024

  • Sosialisasi dan publikasi: 20 November s.d. 4 Desember 2023
  • Pendaftaran online: 5 Desember 2023 s.d. 4 Januari 2024
  • Validasi: 12 Desember 2023 s.d. 4 Januari 2024
  • Laporan animo akhir: 4 Januari 2024
  • Seleksi tingkat daerah: 5 Januari s.d. 15 Februari 2024
  • Batas akhir sidang Pantukhir: 16 Februari 2024
  • Rakor penentuan pemanggilan: 20 Februari 2024

Seleksi tingkat pusat sendiri memiliki jadwal berbeda-beda, maka cek informasinya di laman http://al.rekrutmen-tni.mil.id/tapk/halaman/berita/jadwal/al.html

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World