Terungkap, Terdakwa Mutilasi Sleman Idap Penyakit Traumatik Parah 5 Tahun Terakhir

terungkap, terdakwa mutilasi sleman idap penyakit traumatik parah 5 tahun terakhir

Terdakwa pembunuhan dan mutilasi, Waliyin (kiri) dan Ridduan menjalani sidang perdana. Terdakwa kasus mutilasi Sleman ternyata mengidap penyakit traumati parah 5 tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Terdakwa kasus mutilasi yang menewaskan Tri Redho Agustian, Waliyin, diketahui mengidap penyakit traumatik parah sejak lima tahun terakhir. Hal tersebut terungkap dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Sleman, Kamis (7/12/2023).

“Jadi singkat cerita dua hari yang lalu kami ini mendapatkan informasi terdakwa Waliyin khususnya, bahwa adiknya si Waliyin ini sudah lima tahun ini mengidap penyakit traumatik yang parah begitu, sehingga dia harus sering kontrol di rumah sakit Condongcatur,” kata penasehat hukum Waliyin, Adi Susanto, Kamis (7/12/2023).

Adi mengatakan menurut keluarga, Waliyin kerap kali cemas dan seperti orang linglung. Karena itu dalam persidangan kali ini, pihaknya mengajukan permohonan agar hakim mengeluarkan rekomendasi agar rumah sakit mengeluarkan rekam medis yang bersangkutan untuk keperluan berobat.

“Jadi kalau dia enggak berobat itu cemas, kaya ketakuan gitu. Itu apa penyakitnya kami tidak tahu makanya dalam rangka untuk itu pada hari ini saya secara resmi atas nama kuasa hukum mengajukan permohonan kepada pengadilan, kepada yang mulia majelis hakim agar supaya memberikan rekomendasi supaya rekomendasi mengeluarkan rekam medis itu,” ucapnya.

Adi menuturkan, tanpa rekam medis tersebut sulit untuk mengetahui obat yang perlu dikonsumsi Waliyin. “Obat yang dipakai apa kami tidak bisa memberikan keterangan apapun. Hanya informasinya dari keluarga, sekali lagi dia seperti orang mengalami tekanan kejiwaan, trauma, dan itu harus diminum obat, dan itu rutin sudah lima tahun terakhir,” jelasnya.

Adi menilai ada keterkaitan antara pengakuan keluarga dengan keterangan saksi yang menyebut bahwa terdakwa kerap meminum obat karena tremor. Sementara itu Jaksa Penuntut Umum, Hanifah melihat Waliyin dalam kondisi sehat selama persidangan.

“Di lapas pun tidak ada laporan kesehatan,” ungkapnya.

Untuk diketahui sidang atas terdakwa Waliyin dan Ridduan kembali digelar PN Sleman hari ini. Sejumlah saksi dihadirkan dalam sidang kali ini diantaranya dari tim forensik kepolisian dan rekan kerja Waliyin.

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World