Terungkap Narapidana yang Kabur dari Lapas Kelas II A Tangerang Belum Genap Sebulan Masuk Lapas

Laporan Wartawan,

TRIBUNTANGERANG.COM, Gilbert Sem Sandro

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG – Seorang wanita yang merupakan narapidana kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Tangerang.

Kaburnya narapidana itu diketahui ketika seorang pria yang diduga merupakan petugas lapas mencari keberadaan napi tersebut ke pemukiman padat penduduk Tanah Tinggi, Kota Tangerang.

Petugas yang mengenakan jaket dan celana panjang itu bertanya kepada warga sekitar apakah melihat napi itu sambil menunjukan foto dari telepon seluler (ponsel) miliknya.

Ia mengatakan, wanita tersebut merupakan narapidana yang baru dan belum genap satu bulan menjadi warga binaan Lapas kelas II A Tangerang.

“Dia (narapidana) tahanan baru, dari tanggal 15 November 2023 kemarin,” ujar petugas itu kepada Tribuntangerang.com, Rabu (7/12/2023) malam.

Kemudian ia menerangkan, napi perempuan tersebut merupakan warga asal Lampung, sesuai identitas diri yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) miliknya.

Ia pun memastikan, narapidana itu kabur dari Lapas kelas II A Tangerang mengenakan baju tahanan.

“Kalau liat KTP miliknya, alamatnya itu  dia dari Lampung dan dia keluar pasti pakai baju tahanan, tapi takutnya dilepas pas udah  keluar (kabur dari lapas), karena pakai baju daleman,” kata dia.

Selain itu, pihak Lapas kelas II A Tangerang juga telah berkoordinasi dengan petugas Terminal Poris Plawad Tangerang.

Hal tersebut dilakukan, untuk mengantisipasi  narapidana perempuan itu melarikan diri dengan kembali pulang menuju kampung halamannya.

“Kami kira dia pulang ke kampung naik bus dari Terminal Poris Plawad, tapi kami sudah koordinasi juga, katanya enggak ada” ungkapnya.

Menurutnya, narapidana perempuan tersebut masih berada di sekitar lapas ataupun masih berlokasi di Kota Tangerang.

Sebab saat melarikan diri dari lapas, napi wanita itu dinilai tidak membawa perbekalan biaya untuk menaiki transportasi umum.

“Dia pasti enggak punya uang sama sekali (saat kabur), karena masih baru (jadi tahanan) itu,” ungkapnya

Berdasarkan pantauan Tribuntangerang.com pada Kamis pagi, situasi di Lapas kelas II A Tangerang nampak sepi.

Hanya terlihat seorang petugas berjaga di pintu masuk pada lapas yang berada di Jalan Daan Mogot, KM 23, Kota Tangerang itu.

Diberitakan sebelumnya, seorang wanita yang diduga tahanan dari Lembaga Pemasyarakatan kelas II A Tangerang kabur.

Kaburnya narapidana tersebut diketahui oleh warga Tanah Tinggi, Kota Tangerang, yang melihat petugas Lapas berkeliling menanyakan keberadaan tahanan wanita itu.

Mulanya salah seorang warga Tanah Tinggi sempat melihat wanita tersebut berdiri seperti kebingungan di jalur rel kereta Tangerang-Duri.

Lantaran keberadaannya itu berbahaya, narapidana wanita itu pun diusir warga setempat untuk tidak berjalan di jalur rel commuterline tersebut.

“Kemarin siang ada orang yang lihat dia (napi) berdiri di tengah rel kayak orang kebingungan gitu, terus diteriakin disuruh minggir,” ujar pria tersebut kepada Tribuntangerang.com, Rabu tadi malam.

Menurutnya, proses pencarian narapidana itu  terus dilakukan dengan bertanya-tanya kepada warga sekitar.

Hingga akhirnya didapat kembali informasi, sang tahanan terdeksi berada di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di Jalan Raya Benteng Betawi.

“Terus ada juga orang yang lihat dia katanya di Pom Bensin Benteng Betawi, tapi abis  itu enggak tau kemana lagi,” tuturnya. (M28)

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World