Terpopuler: Bos PT Timah Beberkan Alasan Produksi Jeblok, Respons Sri Mulyani Dipanggil MK ke Sidang Pilpres

terpopuler: bos pt timah beberkan alasan produksi jeblok, respons sri mulyani dipanggil mk ke sidang pilpres

foto

TEMPO.CO, Jakarta – Berita terpopuler ekonomi dan bisnis pada Selasa, 2 April 2024, dimulai dari penjelasan Dirut PT Timah (Persero) Tbk. soal jebloknya pendapatan negara dari sektor timah pada tahun 2023 lalu.

Berikutnya ada berita tentang pertimbangan hakim yang memvonis bebas empat mantan petinggi Bukit Asam dan tanggapan Menkeu Sri Mulyani yang dipanggil MK untuk ikut sidang Pilpres. Lalu ada berita tentang jaminan Bulog soal pasokan beras menjelang Lebaran dan jawaban Menteri PUPR soal tambahan diskon tol pada musim mudik Lebaran 2024.

Kelima berita itu terpantau paling banyak diakses oleh para pembaca kanal Ekonomi dan Bisnis Tempo.co. Berikut ringkasan lima berita trending tersebut.

1. Dirut PT Timah Blak-blakan soal Pendapatan Negara Jeblok hingga 33 Persen dari Sektor Timah

Direktur Utama PT Timah (Persero) Tbk. Ahmad Dani Virsal membeberkan soal jebloknya pendapatan negara hingga 33 persen dari sektor timah sepanjang tahun 2023. Hal tersebut dijelaskannya di tengah ramai pemberitaan tentang kasus korupsi tambang timah di Bangka Belitung yang disebut-sebut merugikan negara hingga Rp 271 triliun.

Ahmad menyatakan bahwa sepanjang tahun 2023, produksi bijih timah sebesar 14.855 ton atau turun 26 persen ketimbang tahun sebelumnya yang sebesar 20.079 ton. Selain itu, harga jual timah di pasar dunia juga tengah menurun karena sedang kelebihan pasokan saat itu.

“Produksi menurun, ditambah parah lagi harga jual timah juga menurun, sehingga pendapatan itu jomplang, jauh sekali. Harga jual menurun itu karena di pasar dunia itu oversupply,” ujar Ahmad Dani dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI, di Senayan, Jakarta, Selasa, 2 April 2024, seperti dikutip dari Antara.

Simak lebih jauh tentang PT Timah di sini.

2. Empat Mantan Petinggi PT Bukit Asam Divonis Bebas, Ini Pertimbangan Hakim

Empat mantan bos atau petinggi PT Bukit Asam (PTBA) dan bekas Direktur Utama PT SBS atau PT Satria Bahana Sarana divonis bebas oleh majelis hakim tindak pidana korupsi Pengadilan Negeri Palembang, Senin, 1 April 2024. Sebelumnya Jaksa Penuntut Umum, meminta hakim menghukum para terdakwa mulai dari 18-19 tahun penjara.

Majelis hakim meyakini bahwa proses akuisisi saham yang dilakukan oleh PTBA tidak ada unsur tindak pidana. Oleh sebab itu, majelis hakim sepakat bahwa kelima terdakwa harus dibebaskan dari segala macam tuntutan pidana serta memulihkan harkat dan martabat para terdakwa.

Ketua majelis hakim Pitriadi menjelaskan bahwa para terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidan korupsi secara bersama-sama sebagaimana dakwan Jaksa primer maupun subsider. “Membebaskan para terdakwa oleh karena itu memerintahkan para terdakwa dibebaskan dari tahanan ketika putusan ini diucapkan dan memulihkan hak para terdakwa,” kata Pitriadi.

Simak lebih jauh tentang Bukit Asam di sini.

3. Sri Mulyani soal Dipanggil MK dalam Sidang Sengketa Pilpres: InsyaAllah Hadir

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan akan memenuhi undangan Mahkamah Konstitusi atau MK dalam sidang sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal ini diungkapkannya dalam agenda Buka Puasa Bersama Media di Gedung AA Maramis Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat pada Senin, 2 April 2024.

“Kalau diundang, masa gak hadir?” kata Sri Mulyani.

Bendahara negara tersebut menyebut, dia akan hadir jika mendapatkan undangan resmi. “InsyaAllah hadir. Kalau ada undangan ke kami, kalau ada undangan resmi.”

Simak lebih jauh tentang Sri Mulyani di sini.

4. Bos Bulog Pastikan Stok Beras Aman Menjelang Lebaran: Seluruh Retail Diisi, Pasar Tradisional, Gudang..

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi memastikan pasokan dan stok beras di berbagai daerah akan terjaga menjelang hari Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Seluruh retail kami sudah kami isi, sekarang lebih mudah mendapatkan beras. Di pasar tradisional juga tersedia, di gudang-gudang juga tersedia,” kata Bayu di Jakarta, Selasa, 2 April 2024, seperti dikutip dari Antara.

Ia menyebutkan Bulog sudah mempersiapkan stok beras dengan sangat baik menjelang Lebaran 2024 yang tinggal delapan hari lagi. Dengan begitu, risiko kenaikan harga akibat kelangkaan bisa dicegah.

Simak lebih jauh tentang stok beras di sini.

5. Minta Diskon 50 Persen Tarif Tol saat Lebaran ke Menteri PUPR, Anggota DPR Ini Ungkit Malaysia Gratiskan Tol

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono buka suara soal usulan diskon tarif tol hingga 50 persen saat periode Lebaran 2024. Usulan potongan tarif ini muncul dalam rapat kerja atau Raker Persiapan Mudik 2024 di Komisi V DPR RI, Selasa, 2 April 2024.

“Saya kira, subsidi-subsidi lagi, nggak, lah,” kata Basuki ketika ditemui media usai raker.

Adapun ketika rapat, Basuki menyebut Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memberi diskon tarif tol sebesar 20 persen di Trans Jawa dan Tol Trans Sumatera yang terdiri dari Tol Indralaya-Prabumulih dan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Simak lebih jauh tentang tarif tol di sini.

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World