Teken Keppres, Jokowi Dinilai Tak Mampu Tuntaskan Pelanggaran HAM

Jakarta, IDN Times – SETARA Institute menilai pembentukan Tim PAHAM oleh pemerintah hanya proyek mempertebal impunitas dan pemutihan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) masa lalu yang belum tuntas diselesaikan oleh negara.

Hal tersebut menyusul ditandatanganinya Keputusan Presiden (Keppres) tentang Pembentukan Tim Penyelesaian Non-Yudisial Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

Ketua SETARA Institute, Hendardi, mengatakan, langkah pemerintah tersebut membuktikan bahwa Jokowi tidak mampu (unable) dan tidak mau (unwilling) menuntaskan kasus-kasus pelanggaran HAM, bahkan kasus yang sudah diselidiki Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

“Alih- alih merangkai kepingan fakta dan informasi untuk mengakselerasi mekanisme yudisial yang selama ini menjadi perintah UU Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM, Jokowi justru menutup rapat tuntutan publik dan harapan korban akan kebenaran dan keadilan,” kata dia, dikutip dari siaran pers, Selasa (16/8/2022) malam.

1. Keppres bagian dari persekongkolan untuk mencetak prestasi absurd bagi Jokowi

teken keppres, jokowi dinilai tak mampu tuntaskan pelanggaran ham

Teken Keppres, Jokowi Dinilai Tak Mampu Tuntaskan Pelanggaran HAM

Menurut Hendardi, daya rusak Tim PAHAM tersebut akan berdampak luar biasa pada upaya pencarian keadilan.

Hal itu karena tidak diberi mandat pencarian kebenaran untuk memenuhi hak korban dan publik (right to the truth) sebagai dasar kelayakan apakah suatu peristiwa bisa dibawa ke proses pengadilan HAM atau direkomendasikan diselesaikan melalui jalur non yudisial.

Ia mengatakan, karena pilihan non yudisial telah ditetapkan, maka Jokowi dinilai telah mengingkari mandat UU Nomor 26 Tahun 2000 yang menyatakan, penyelesaian pelanggaran HAM yang terjadi sebelum tahun 2000 bisa diadili melalui Pengadilan HAM Ad Hoc.

“Dapat dibayangkan, segera setelah Tim PAHAM menyelesaikan tugasnya, maka Jokowi akan mengklaim bahwa semua pelanggaran HAM telah diselesaikannya,” kata dia.

“Jokowi bukan tidak paham alur penyelesaian pelanggaran HAM, tetapi nyata bahwa Keppres ini bagian dari persekongkolan berbagai pihak untuk mencetak prestasi absurd bagi Jokowi, pemutihan bagi yang selama ini diduga terlibat pelanggaran HAM, dan bahkan bagi para pejabat dan lingkaran kekuasaan yang selama ini tersandung tuduhan pelanggaran HAM, sehingga terus menerus gagal dalam pencapresan,” lanjut Hendardi.

2. Jokowi teken Keppres Tim Penyelesaian Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

teken keppres, jokowi dinilai tak mampu tuntaskan pelanggaran ham

Teken Keppres, Jokowi Dinilai Tak Mampu Tuntaskan Pelanggaran HAM

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, dirinya telah meneken Keppres tentang Pembentukan Tim Penyelesaian Non-Yudisial Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu.

Tim tersebut nantinya akan mengusut kejahatan HAM masa lalu yang belum terselesaikan sampai saat ini.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menyampaikan Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR RI 2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

“Keputusan Presiden Pembentukan Tim Penyelesaian Non-Yudisial Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu yang telah ditandatangani,” kata Jokowi.

Dalam draf Keppres yang beredar, tim tersebut disingkat Tim PAHAM dengan sejumlah anggota yang di antaranya dianggap sebagai sosok bermasalah terkait pelanggaran HAM masa lalu.

3. Pemerintah terus memberikan perhatian serius untuk penyelesaian pelanggaran HAM berat masa lalu

teken keppres, jokowi dinilai tak mampu tuntaskan pelanggaran ham

Teken Keppres, Jokowi Dinilai Tak Mampu Tuntaskan Pelanggaran HAM

Dalam pidato kenegaraan tersebut, Jokowi menekankan, pemerintah terus memberikan perhatian serius untuk penyelesaian pelanggaran HAM berat masa lalu.

“Hal terkait upaya penyelesaian pelanggaran HAM Berat masa lalu, yaitu RUU Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (RUU KKR) yang dalam proses pembahasan,” kata Jokowi.

4. Keppres yang diterbitkan harus ditolak dan dipersoalkan secara hukum dan politik

teken keppres, jokowi dinilai tak mampu tuntaskan pelanggaran ham

Teken Keppres, Jokowi Dinilai Tak Mampu Tuntaskan Pelanggaran HAM

Secara ringkas, lanjut Hendardi, Tim PAHAM hanya panitia yang dibentuk Jokowi untuk memberikan santunan kepada korban yang ditujukan untuk pembungkaman atas tuntutan dan aspirasi korban.

Padahal, dalam hukum HAM internasional dan konsep transitional justice bukan hanya right to reparation (hak atas pemulihan) yang harus dipenuhi tetapi right to truth (hak atas kebenaran), right to justice (hak atas keadilan) dan guarantees of non-repetition (jaminan ketidakberulangan).

“Keppres yang diterbitkan sehari sebelum hari Kemerdekaan RI ini bukan hanya harus ditolak tetapi harus dipersoalkan secara hukum dan politik. Alih-alih memberikan kebahagiaan Hari Merdeka, Jokowi justru mengubur aspirasi dan harapan korban untuk tidak pernah bisa merdeka dari impunitas dan ketidakadilan,” ucap dia.

News Related

OTHER NEWS

Sebab Inflasi Tanjung Selor Tinggi, Bupati Bulungan Syarwani: Barang Didatangkan dari Luar Daerah

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR – Bupati Bulungan Syarwani mengungkapkan sejumlah penyebab angka inflasi di Kota Tanjung Selor naik tinggi. Diketahui, angka inflasi di Kota Tanjung Selor masuk dalam 10 besar tertinggi ... Read more »

Babel Tuan Rumah Perkemahan Nasional, 1.200 Warga Ikut Peran Saka

MERAWANG, BABEL NEWS – Sebanyak 1.200 warga yang berasal dari 31 provinsi se- Indonesia menghadiri perkemahan satuan karya (Peran Saka) tingkat nasional tahun 2022 di Bumi Perkemahan Depati Amir, Balunijuk, ... Read more »

Siap-siap Sambut Pesta Demokrasi, Begini Tahapan dan Jadwal Pelaksanaan Pemilu 2024!

Siap-siap Sambut Pesta Demokrasi, Begini Tahapan dan Jadwal Pelaksanaan Pemilu 2024! ilustrasi pemilu Serambinews/M Anshar Siap-siap Sambut Pesta Demokrasi, Begini Tahapan dan Jadwal Pelaksanaan Pemilu 2024! Tahapan menuju pesta demokrasi ... Read more »

Pilihan Solid, Duet Prabowo Subianto-Erick Thohir Sulit Tertandingi

Pilihan Solid, Duet Prabowo Subianto-Erick Thohir Sulit Tertandingi jpnn.com, JAKARTA – Peluang Prabowo Subianto memenangkan Pilpres 2024 meningkat jika ketua umum Partai Gerindra itu berpasangan dengan Erick Thohir. Demikian salah ... Read more »

Profil dan Instagram Idham Masse Sosok Suami Baru Catherine Wilson, Anggota DPRD Sidrap, Sulsel

TRIBUNNEWSMAKER.COM – Profil dan Instagram Idham Masse sosok suami baru Catherine Wilson. Nama Idham Masse mendadak viral lantaran baru saja menikahi model cantik Catherine Wilson. Bukan orang sembarangan Idham Masse ... Read more »

Dampak Tragedi Horor Kanjuruhan, Perintah Jokowi hingga Sanksi FIFA, Indonesia Disorot Tajam Dunia

TRIBUNJATIM.COM – Sorotan tajam kini menjadi perhatian khusus di dunia sepak bola Indonesia, sejak terjadinya Tragedi Kanjuruhan Malang, Sabtu (1/9/2022). Hingga saat ini sebanyak 130 orang dinyatakan meninggal dunia dalam tragedi ... Read more »

Kapolri Pastikan Korban Jiwa dalam Tragedi Kanjuruhan 125 Orang

jatimnow.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa korban jiwa dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang adalah 125 orang. Hal itu disampaikan Sigit saat mendatangi Stadion Kanjuruhan, Minggu (2/10/2022). “Setelah ... Read more »

PLN Akan Pasok 40 Ribu kVA untuk Kawasan Industri Kendal

PLN Akan Pasok 40 Ribu kVA untuk Kawasan Industri Kendal KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bakal memasok daya 40 ribu kolo Volt Ampere (kVA) untuk Kawasan Industri Kendal. ... Read more »

Prof. Dr. H. Lias Hasibuan Panutan Bagi Kelurga dan Teladan Bagi Rekan Kerja

TRIBUNJWKBI.COM,JAMBI – Provinsi Jambi kembali kehilangan putra terbaiknya di bidang pendidikan. Secara mendadak Prof. Dr. H. Lias Hasibuan berpulang, Sabtu 1 Oktober 2022 pukul 23.10 WIB, di RSUD Raden Mattaher ... Read more »

Tak Terima Disebut Sambo saat Masyarakat Demo, Mantan Kades di Jambi Lapor ke Polda Jambi

� TRIBUNJAMBI.COM,JAMBI- Bustomi, Mantan Kepala Desa Sakean, Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi melapor salah satu akun Youtube ke Polda Jambi terkait pencemaran nama baik. Bustomi melapor ke Polda Jambi ... Read more »

Warga Mengira Acara Dihentikan Karena Hujan, Isi Gunungan 'Dijarah', Merti Desa Muncar Semarang

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA – Puluhan warga Desa Muncar, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang ‘menjarah’ hasil sedekah bumi dalam merti desa. Sebelum dijarah warga, sedekah bumi tersebut sebelumnya diarak keliling Desa Muncar menuju ... Read more »

Batik Sembung di Yogyakarta, Lestarikan Budaya dengan Belajar Membatik

Ilustrasi proses membatik di tempat produksi Batik Sembung, Kulon Progo, Yogyakarta. KOMPAS.com – Berkunjung ke Desa Gulurejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tak lengkap rasanya tanpa ... Read more »

Resep Pempek Pistel Khas Palembang, Isi Pepaya Muda yang Maknyus

Pempek pistel sebelum digoreng. Foto: instagram @anayafatmawati Varian pempek khas Palembang ada banyak, salah satunya pempek pistel. Kuliner khas ini juga menjadi favorit masyarakat lokal. Perlu diketahui bahwa, pempek pistel ... Read more »

David Bayu Akan Tampil di Festival Musik Pontianak Fair

David Bayu. Foto: Dok Hi!Pontianak Hi!Pontianak – Menyambut hari ulang tahun Kota Pontianak yang ke 251 tahun, festival musik Pontianak Fair hadir memberikan hiburan untuk masyarakat yang akan diselenggarakan pada ... Read more »

HUKUM Tidur Setelah Sholat Subuh Diungkap Buya Yahya, Bisa Kehilangan Beberapa Hal: Rezeki Sempit

SRIPOKU.COM – Bagaimana hukum tidur setelah sholat subuh? Begini penjelasan Buya Yahya. Inilah hukum tidur setelah sholat subuh yang disampaikan oleh Buya Yahya dalam ceramahnya. Pentingnya untuk mengetahui hukum tidur ... Read more »

RENCANA Bonek soal Tragedi Arema vs Persebaya, Ajak Lakukan Galang Dana dan Kunjungi Rumah Duka

SURYA.CO.ID – Tragedi Arema vs Persebaya Surabaya yang memakan korban jiwa, tak hanya memberikan duka mendalam bagi Aremania. Seluruh pencinta sepak bola Tanah Air hingga dunia pun, ikut berduka dan ... Read more »

Misteri Keberadaan Rizky Billar Setelah Smackdown Lesti Kejora, Toyota Alphard Warna Putih Terparkir

BANJARMASINPOST.CO.ID – Misteri keberadaan Rizky Billar setelah melaukan aksi smackdown kepada Lesti Kejora sampai saat ini belum jelas. Dikutip TribunKaltim.co dari grid.id, rumah Lesti dan Billar yang menjadi tempat kejadian ... Read more »

Emil Dardak Ralat Jumlah Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan, Bukan 174 tapi 131 Orang

TRIBUNJABAR.ID, SURABAYA – Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak memberikan ralat mengenai jumlah korban jiwa tragedi di Stadion Kanjuruhan. Tragedi tersebut terjadi setelah laga Arema FC vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) ... Read more »

BRI Sampaikan Belasungkawa kepada Korban dan Sesalkan Insiden Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

BRI Sampaikan Belasungkawa kepada Korban dan Sesalkan Insiden Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Keluarga besar PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengucapkan turut berbela sungkawa sedalam-dalamnya atas tewasnya sejumlah supporter Arema ... Read more »

Kesaksian Striker Asing Arema FC saat Tragedi Kanjuruhan

Kesaksian Striker Asing Arema FC saat Tragedi Kanjuruhan jpnn.com, MALANG – Striker asing Arema FC, Abel Camara menjadi saksi kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (2/10/2022). Kerusuhan yang melibatkan ... Read more »

Pernyataan Lengkap Jokowi soal Tragedi Arema vs Persebaya: Duka Mendalam, Minta Liga 1 Dihentikan

SERAMBINEWS.COM – Presiden Jokowi mengeluarkan pernyataan menyusul tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, yang menewaskan 129 orang.� Sebanyak 129 orang meninggal dunia akibat kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, ... Read more »

Unik! Tes Kepribadian Menggunakan 5 Jenis Sushi ini

Suara.com – Tahukah anda seperti apa jalan yang akan membawa anda menuju kesuksesan? Umumnya tes kepribadian dilakukan layaknya proses ujian. Namun, siapa sangka makanan sushi juga bisa digunakan sebagai tes ... Read more »

Kutuk Aksi Represif TNI-Polri dalam Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kontras: Tindakan Sewenang-wenang dengan Kekerasan!

Koordinator Kontras Fatia Maulidiyanti. [ kontras.org] SuaraSumut.id – Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) mengutuk keras tragedi Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (1/10/2022) malam. Badan Pekerja Kontras, Fatia ... Read more »

Tragedi Sepak Bola, Pemain Persib Berharap Semua Pihak Berbenah

Suara.com – TANTRUM – Peristiwa kematian terkait sepak bola di tanah air kerap berulang. Yang terbaru adalah kerusuhan di akhir pertandingan Arema versus Persebaya yang menelan ratusan korban jiwa. Ungkapan ... Read more »

Bos Persib Jelaskan Nasib Pemegang Tiket Laga Batal Kontra Persija

Direktur Utama Persib Bandung Teddy Tjahjono saat berkunjung ke kantor kumparan. Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) menjelaskan nasib pemegang tiket laga Persib vs Persija Jakarta. ... Read more »

Kunci Jawaban untuk Materi Tematik Kelas 4 SD Tema 3, Apa Saja Fungsi Antena pada Hewan Kumbang?

Kunci Jawaban untuk Materi Tematik Kelas 4 SD Tema 3, Apa Saja Fungsi Antena pada Hewan Kumbang? Inilah beragam fungsi antena pada kumbang, kunci jawaban materi tematik kelas 4 SD ... Read more »

Kesaksian Penyintas Tragedi Kanjuruhan: Mata Pedih, Gedong Anak Berdesakan Menyelamatkan Diri

Saksi mata pertandingan Arema FC vs Persebaya di Kanjuruhan Malang [SuaraMalang/Aziz Ramdhani] SuaraMalang.id – Doni (43) satu dari ratusan penyintas Tragedi Kanjuruhan Malang menceritakan detik-detik mencekam pertandingan Liga 1 Arema ... Read more »

Stadion Kanjuruhan Tanpa Suporter Persebaya, Jadi Apa Penyebab Kerusuhan? Panpel Ogah Ubah Jadwal?

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA – Panitia pelaksana pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya ternyata menolak rekomendasi dari kepolisian untuk memajukan pertandingan menjadi sore hari. Hal ini berbeda dengan panpel Persib Bandung vs ... Read more »

Ridwan Kamil: Kalau Takdir Presiden di Pak Anies, Kita Dukung

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diacara Farewell Event Anies Baswedan di Djakarta Theater, Jakarta pada Minggu (2/10). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) berujar akan mendukung siapa ... Read more »

Firasat Kuat Ibu Aremania Garis Keras, Larang Anak Nonton di Kanjuruhan: Dukung Sewajarnya Aja!

Viral ibu seorang Aremania melarang anaknya mendukung langsung Arema FC di Stadion Kanjuruhan usai 170 lebih orang meninggal dunia dalam kerusuhan. (Twitter/@indosupporter) Suara.com – Kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan ... Read more »

Foto: Perayaan Hari Balet Sedunia dengan Pementasan Tari Balet di Jakarta

Sejumlah penari menampilkan tari balet dalam pementasan bersama menyambut Hari Balet Sedunia di Pos Bloc, Pasar Baru, Jakarta, Minggu (2/10/2022). Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO Suasana pementasan tari balet bersama ... Read more »

Cocok untuk Penderita Intoleransi Laktosa, Berikut 4 Makanan Rendah Laktosa yang Bisa Dicoba!

Makanan rendah laktosa bisa menjadi solusi ketika tubuh memiliki intoleransi laktosa yang mampu memberikan efek samping pada kesehatan. Masalah yang seringkali ditemui pada intoleransi laktosa seperti diare, perut terasa kembung, ... Read more »

Kain Kuning jadi Rebutan Warga Usai Naga Bekenyawa di Samarinda Seberang

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA – Selain prosesi pagelaran adat istiadatnya yang menarik, ada hal unik lain yang juga menjadi perhatian masyarakat luas dalam kegiatan Naga Bekenyawa yang menjadi rangkaian tradisi Erau di ... Read more »

Nobar Film Miracle in Cel No 7 Bagi Komunitas Sebarkan Samarinda

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA – Tangisan dan air mata mewarnai suasana nonton bareng (Nobar) Film Miracle in Cell no 7 diselenggarakan Komunitas Sebarkan Samarinda di Studio 5 XXI Mall Samarinda Square Jalan ... Read more »

MASA LALU Rizky Billar Dibongkar Satria Mulia dan Kim Hawt, Sebut Pernah Pacari Transgender

TRIBUN-BALI.COM – MASA LALU Rizky Billar Dibongkar Satria Mulia dan Kim Hawt, Sebut Pernah Pacari Transgender. Kabar Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang diduga dilakukan Rizky Billar terhadap Lesti Kejora ... Read more »

Sebut Rizky Billar Pernah Pacaran dengan Transgender, Satria Mulia Bongkar Masa Lalu Lagi

TRIBUN-MEDAN.com�- Artis Rizky Billar dan Lesti Kejora hingga saat ini masih menjadi pusat perhatian publik. Hal ini lantaran Lesti Kejora dikabarkan tengah dirawat di rumah sakit pasca melaporkan suaminya, Rizky ... Read more »

Desa Wisata Sekonyer Terpilih Jadi Kampung Berseri Astra

Perwakilan Astra Internasional Wanwan Adi Kurnia secara simbolis menyerahkan berbagai bantuan tempat sampah, tempat cuci tangan, toilet umum, perlengkapan home stay, 2 unit laptop, 2 unit smartphone kepada Sekdes Sekonyer, ... Read more »

SOSOK Briptu Fajar Yoyok, Polisi Korban Tragedi Arema FC vs Persebaya, Dia Lulusan SDN 1 Sukosari

TRIBUNJABAR.ID, TRENGGALEK – Dua anggota polisi meninggal dalam peristiwa kerusuhan di Stadion Kanjuruhan pasca laga Arema FC Vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) malam. Dua polisi tersebut, yakni Briptu Fajar Yoyok ... Read more »

Keindahan dan Sejuknya Wisata Puncak Darajat Pass Garut, Simak Rute dan Harga Tiketnya

Suara.com – SuaraSumedang.id – Di Kabupaten Garut sekarang banyak pilihan untuk bisa berenang di air panas. Salah satunya adalah di daerah Puncak Darajat Garut yang semakin populer dikalangan para wisatawan. ... Read more »

Jelang Lawan Guam di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Timnas Indonesia Didominasi Pemain Borneo FC

TRIBUNKALTIM.CO – Pimpinan Klasemen Liga 1 2022, Borneo FC jadi klub yang menyumbangkan pemain terbanyak untuk Timnas U-17 Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Terdapat lima pemain Borneo ... Read more »
Breaking thailand news, thai news, thailand news Verified News Story Network