TBC di Lombok Timur Tahun 2023 Tembus 1.682 Kasus,Dinkes Tambah Fasilitas di Puskesmas

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Ahmad Wawan Sugandika

TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK TIMUR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lombok Timur mencatat tuberkulosis (TBC) pada tahun 2023 ini tembus angka 1.682 kasus positif.

Angka tersebut masih jauh dari target yakni sebesar 4.828. Untuk itu Dinkes Lombok Timur dalam waktu dekat akan menambah jumlah fasilitas kesehatan di Pusat Layanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dan Kesehatan Lingkungan (Kabid P3KL) Dinkes Lombok Timur, Budiman Satriadi mengatakan, saat ini baru lima Puskesmas dan dua rumah sakit (RS) di Lombok Timur yang menyediakan alat pemeriksaan Tes Cepat Molekuler (TMC).

Menurut Budiman, kekurangan alat pemeriksaan TMC menjadi kendala pengendalian TBC di daerah tersebut.

Pihaknya sudah menyuarakan keluhan tersebut kepada pemerintah pusat lantaran daerah belum mampu dari sisi anggaran. “Itu memang kendala,” ucap Budiman, Minggu (3/12/2023).

tbc di lombok timur tahun 2023 tembus 1.682 kasus,dinkes tambah fasilitas di puskesmas

Kader TBC Puskesmas Rarang saat menjumpai Ibu Raenah (52) di berugak rumahnya di Desa Lando, Kecamatan Terara, Lombok Timur. Raenah adalah pasien TBC yang sudah sembuh. (TRIBUNLOMBOK.COM/AHMAD WAWAN SUGANDIKA)

Dia mengharapkan usulan itu terpenuhi mengingat Lombok Timur merupakan daerah dengan penduduk tertinggi di NTB. Pun memiliki jumlah Puskesmas terbanyak yakni 35.

Selain menambah fasilitas TMC, pihaknya juga turun ke desa-desa bersama dengan PKBI, Dinsos, dan sejumlah NGO untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai bahaya TBC.

“Kami memohon dukungan juga pada pihak (pemerintah) desa. Mohon dukungan semua kepala desa menganggarkan kegiatan-kegiatan untuk penanggulangan penyakit TBC ini,” tuturnya.

Hal ini sesuai dengan amanat Permendes No.8 Tahun 2022 yang menyebutkan secara khusus untuk penanggulangan penyakit menular yaitu AIDS, TBC dan malaria (ATM).

Budiman mengatakan, penanganan TBC tahun 2023 ini baru mencapai 90 persen. Diharapkan tahun depan bisa meningkat hingga 100 persen.

Di tempat berbeda, Kepala Puskesmas (Kapus) Rarang Hidayat Taofik menyebutkan, Kecamatan Rarang merupakan lokus TBC dan belum mendapatkan kendala serius.

“Kami bergerak ke dusun, utamanya dua dusun yakni Dusun Lando dan Selagek. Kalau kita temukan masyarakat yang terkena TBC kita intens setiap hari memberikan perawatan,” katanya. (*)

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World