Sri Sultan HB X Benarkan Diminta Jokowi untuk Fasilitasi Pertemuan dengan Megawati

sri sultan hb x benarkan diminta jokowi untuk fasilitasi pertemuan dengan megawati

Sri Sultan HB X Benarkan Diminta Jokowi untuk Fasilitasi Pertemuan dengan Megawati

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan HB X membenarkan terkait dengan permintaan untuk menjembatani pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

Dalam pertemuan yang berlangsung tertutup itu, Jokowi meminta kepada Sultan untuk menjembatani pertemuan dengan Megawati.

“Betul, tapi saya kan menunggu Presiden. Kan saya akan menjembatani terserah Presiden, gitu aja. Ya menunggu, kalau memang presiden memerlukan saya bersedia, kan hanya itu. Kalau ngga ya ngga papa,” kata Sultan seperti dikutip dari Harian Jogja, Senin (12/2/2024).

Sultan mengungkapkan bahwa dalam pembicaraan itu Jokowi hanya meminta tolong. Namun inisiatif untuk bertemu dengan Megawati tetap menjadi hak pribadi dan kewenangan dari Jokowi.

Sultan menjelaskan, dalam konteks pembicaraan itu dirinya hanya diminta untuk memfasilitasi jika memang Jokowi berkehendak demikian.

“Ya makanya itu, kan bukan saya yang ambil inisiatif, yang ambil inisiatif itu kan Bapak Presiden sendiri. Ya terserah Presiden mau perlu ketemu Mbak Mega yg saya fasilitasi,” ujarnya.

Hanya saja, Sultan menegaskan bahwa dirinya tidak akan mendahului untuk langsung berkomunikasi dengan Megawati untuk menjembatani pertemuan itu.

“Kalau bisa ketemu sendiri kan ya syukur, tapi kalau saya kan sifatnya pasif. Kalau Presiden ‘bilang tolong mbok saya dianter.’ Kalau ga ada ya ngga to? Ya terserah presiden sendiri. Saya kan pasif, bukan ngoyak-oyak [mengejar-ngejar],” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi disebut sempat bertanya kepada Gubernur DIY Sri Sultan HB X, apabila berkenan untuk memfasilitasi pertemuan dengan Megawati.

Obrolan antara Jokowi dan Sultan HB X itu diungkap oleh pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie. Dia menyampaikan bahwa sempat bertemu dengan Sultan HB X usai bertemu dengan Jokowi.

Menurut Connie, Jokowi sempat bertanya kepada Sultan HB X apabila berkenan untuk memfasilitasi pertemuan dengan Megawati, apabila Raja Kasultanan Yogyakarta itu bertemu dengannya.

“Dia [Jokowi] bilang, ‘Kalau nanti bertemu dengan Ibu Mega, Sultan berkenan enggak memfasilitasi?’. Bukan [Jokowi] minta [dipertemukan dengan Megawati],” katanya dikutip dari Bisnis.com, Jumat (9/2/2024).

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World