Siapa yang Diuntungkan dari Penandatanganan Kesepakatan FIR Jakarta – Singapura?

the latest tech news, global tech news daily, tech news today, startups, usa tech, asia tech, china tech, eu tech, global tech, in-depth electronics reviews, 24h tech news, 24h tech news, top mobile apps, tech news daily, gaming hardware, big tech news, useful technology tips, expert interviews, reporting on the business of technology, venture capital funding, programing language

Siapa yang Diuntungkan dari Penandatanganan Kesepakatan FIR Jakarta – Singapura?
© Disediakan oleh Kompas.com Presiden Joko Widodo (kedua kanan) dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong (kedua kiri) menyaksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) dan Menteri Transportasi Singapura S Iswaran menunjukkan dokumen perjanjian penyesuaian batas wilayah informasi penerbangan Indonesia-Singapura di The Sanchaya Resort Bintan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Selasa (25/1/2022). JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia dan Singapura sepakat menekan persetujuan lintas batas wilayah informasi penerbangan atau (flight information region/FIR) Jakarta – Singapura pada Selasa (25/1/2022).

Penandatanganan dilakukan Menteri Perhubungan Republik Indonesia dan Menteri Transportasi Singapura di hadapan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

the latest tech news, global tech news daily, tech news today, startups, usa tech, asia tech, china tech, eu tech, global tech, in-depth electronics reviews, 24h tech news, 24h tech news, top mobile apps, tech news daily, gaming hardware, big tech news, useful technology tips, expert interviews, reporting on the business of technology, venture capital funding, programing language

Dalam pernyataan resmi pemerintah melalui siaran pers di laman resmi Kemenko Marves, yang dilansir pada Selasa, persetujuan itu menandakan telah selesainya negosiasi bilateral Indonesia – Singapura untuk penyesuaian batas wilayah informasi penerbangan sesuai hukum internasional.

Baca juga: Indonesia Ambilalih FIR di Kepri, KSP: Selanjutnya Pastikan Kesiapan Infrastruktur

Global Tech News Daily

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, persetujuan itu menjadi penegasan kedaulatan Indonesia. Sebab Singapura mengakui prinsip negara kepulauan dalam penentuan batas wilayah negara di perairan, ruang udara dan kepulauan.

“Persetujuan penyesuaian batas FIR Jakarta dan Singapura telah turut menegaskan kedaulatan dan hak berdaulat Indonesia,” kata Budi.

Global Tech News Daily

“Sebagai negara pihak UNCLOS 1982, Singapura juga mengakui penerapan prinsip negara kepulauan dalam penentuan batas wilayah negara dan yurisdiksi Indonesia di perairan serta ruang udara di kepulauan Riau dan Bintan,” lanjutnya.

5 poin kesepakatan

Menurut Budi, ada lima elemen penting kesepakatan tersebut. Pertama, penyesuaian batas FIR Jakarta yang melingkupi seluruh wilayah teritorial Indonesia sehingga perairan sekitar Kepulauan Riau dan Natuna yang sebelumnya masuk dalam FIR Singapura menjadi bagian dari FIR Jakarta.

Kedua, Indonesia berhak dan bertanggung jawab atas penyediaan jasa penerbangan (PJP) pada wilayah informasi penerbangan yang merupakan FIR Indonesia yang selaras dengan batas-batas laut teritorial. Terkait hal ini, Budi Karya menjelaskan bahwa Indonesia akan bekerjasama dengan Singapura memberikan PJP di sebagian area FIR Indonesia yang berbatasan dengan FIR Singapura.

“Indonesia akan memberikan delegasi pelayanan jasa penerbangan pada area tertentu di ketinggian 0-37.000 kaki kepada otoritas penerbangan Singapura. Di area tertentu tersebut, ketinggian 37.000 kaki ke atas tetap dikontrol Indonesia,” katanya.

“Hal ini agar pengawas lalu lintas udara kedua negara, dapat mencegah fragmentasi dan mengkoordinasikan secara efektif lalu lintas pesawat udara yang akan terbang dari dan menuju Singapura pada ketinggian tertentu tersebut,” lanjut Budi.

Kemudian, pendelegasian PJP secara terbatas pada area tertentu FIR Jakarta kepada Singapura tentu tidak mengecualikan kewenangan Indonesia untuk melaksanakan aktivitas sipil dan militer sesuai kedaulatan dan hak berdaulat di ruang udara Indonesia.

Baca juga: Kesepakatan FIR RI-Singapura Dipertanyakan, Ini Kata Jubir Luhut

Otoritas penerbangan Indonesia tetap mengoordinasikan penerbangan di seluruh area FIR Jakarta.

Ketiga, selain menyepakati pengelolaan ruang udara untuk penerbangan sipil, Singapura juga menyepakati pembentukan kerangka kerja sama Sipil dan Militer guna Manajemen Lalu Lintas Penerbangan (Civil Military Coordination in ATC – CMAC). Tujuannya, untuk memastikan terbukanya jalur komunikasi aktif yang menjamin tidak terjadinya pelanggaran kedaulatan dan hak berdaulat Indonesia.

Untuk itu, pemerintah Indonesia akan menempatkan beberapa orang personil sipil dan militer di Singapore Air Traffic Control Centre (SATCC). Hal ini telah tertuang di dalam perjanjian FIR yang telah ditandatangani.

Selain itu, sebagai bagian dari delegasi PJP terbatas, Otoritas Penerbangan Udara Singapura juga berkewajiban mencegah dan menginformasikan kemungkinan pelanggaran wilayah udara oleh pesawat asing kepada otoritas pertahanan udara Indonesia.

Keempat, Singapura juga berkewajiban menyetorkan kutipan biaya jasa pelayanan penerbangan yang diberikan kepada pesawat yang terbang dari dan menuju Singapura kepada Indonesia.

Pendelegasian PJP itu juga akan diawasi dan dievaluasi secara ketat oleh Kementerian Perhubungan. Evaluasi terhadap delegasi PJP akan dilakukan terhadap Singapura secara berkala maupun secara melekat dengan penempatan personel Indonesia pada menara pengawas penerbangan udara Singapura.

Kelima, Indonesia juga berhak untuk melakukan evaluasi operasional atas pemberian pelayanan navigasi penerbangan yang dilakukan Singapura guna memastikan kepatuhan terhadap ketentuan ICAO.

Penyesuaian batas FIR Jakarta dan Singapura mutlak dilakukan berdasarkan hukum internasional, terutama Konvensi PBB tentang Hukum Laut 1982 (UNCLOS 1982).

Melalui lima poin tersebut, pemerintah mengklaim Indonesia akhirnya dapat mengelola navigasi udara di atas wilayah Kepulauan Riau dan Natuna. Namun, setelah ini baik Indonesia maupun Singapura masih harus secara bersama menyampaikan kesepakatan batas FIR ini kepada Organisasi Penerbangan Sipil internasional/ICAO untuk disahkan.

Penguasaan Indonesia dipertanyakan

Klaim atas penguasaan wilayah udara di Natuna dan Kepulauan Riau itu dikritik Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana. Hikmahanto menilai klaim tersebut masih sulit diketahui kebenarannya sebelum isi perjanjian dipelajari secara seksama.

Sayangnya, saat ini isi perjanjian belum dapat diakses publik.

“Saat ini perjanjian tersebut belum dapat diakses oleh publik. Bila saatnya perjanjian ini hendak disahkan oleh DPR maka publik akan mendapat akses,” kata Hikmahanto dalam keterangan tertulisnya pada Rabu.

Namun, lanjut dia, apabila merujuk pada siaran pers Kemenko Marves dan berbagai pemberitaan di Singapura sepertinya kendali atas FIR di Natuna dan Kepulauan Riau belum berada di Indonesia.

Hikmahanto menjelaskan alasannya. Pertama, siaran pers Kemenko Marves menyebutkan di ketinggian 0-37,000 kaki di wilayah tertentu dari Indonesia akan didelegasikan ke otoritas penerbangan Singapura.

Baca juga: FIR Jakarta Akan Melingkupi Seluruh Wilayah Teritorial Indonesia

“Ini yang oleh media Singapura disebut hal yang memungkinkan bagi Bandara Changi untuk tumbuh secara komersial dan menjamin keselamatan penerbangan,” ungkapnya.

Kedua, berdasarkan laporan media Singapura, pendelegasian diberikan oleh Indonesia untuk jangka waktu 25 tahun dan ada potensi bisa diperpanjang sesuai kesepakatan kedua negara.

“Ini berarti pemerintah Indonesia tidak melakukan persiapan serius untuk benar-benar mengambil alih FIR di atas Kepulauan Riau. Apakah 25 tahun tidak terlalu lama? Lalu tidakkah perpanjangan waktu berarti tidak memberi kepastian,” ujar dia.

Hikmahanto mengakui, konsep FIR bertujuan untuk keselamatan penerbangan. Namun pada kenyataannya, Bandara Changi dapat mencetak keuntungan besar bila FIR di atas Kepulauan Riau masih dikendalikan Singapura.

“FIR atas ruang udara suatu negara yang tunduk pada kedaulatan negara bisa saja dikelola oleh negara lain,” kata dia. “Hanya saja bila dikelola oleh negara lain menunjukkan ketidak-mampuan negara tesebut dalam pengelolaan FIR yang tunduk pada kedaulatannya,” lanjut Hikmahanto.

Karena itu, dari sisi kepentingan Indonesia muncul sejumlah pertanyaan atas perjanjian penyesuaian FIR itu. Antara lain, apakah hingga saat ini Indonesia belum dapat mengelola FIR di atas Kepulauan Riau? Apakah butuh 25 tahun lagi untuk akhirnya bisa melakukannya?  Ataukah 25 tahun tersebut mungkin tidak mencukupi sehingga perlu untuk diperpanjang lagi?

“Lalu menjadi pertanyaan di manakah kehormatan (dignity) Indonesia sebagai negara besar bila tidak mampu mengelola FIR di atas wilayah kedaulatannya dan menjamin keselamatan penerbangan berbagai pesawat udara,” kata Hikmahanto.

“Apakah Indonesia rela bila Changi terus berkembang secara komersial karena FIR di atas Kepulauan Riau dipegang oleh Singapura dan tidak Soekarno Hatta? Berbagai pertanyaan ini yang mungkin akan ditanyakan oleh Komisi I DPR saat perjanjian penyesuaian FIR dibahas untuk pengesahan,” tambahnya.

Singapura masih menguasai sebagian

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Nasdem, Muhammad Farhan, menyadari bahwa Singapura masih tetap menguasai sebagian ruang udara Indonesia, meski kesepakatan pengambilalihan pelayanan ruang udara untuk wilayah Kepulauan Riau dan Natuna telah terjadi.

Menurut Farhan, hal yang perlu disoroti adalah bagaimana Indonesia kini telah memiliki kesepakatan tersebut secara legal. Farhan menggarisbawahi satu poin kesepakatan FIR yaitu penyesuaian batas FIR Jakarta di mana otoritas Indonesia akan mengambil alih pengelolaan ruang udara Kepulauan Riau, Tanjungpinang, dan Natuna yang dipegang Singapura sejak Indonesia merdeka.

“Secara teknis, kita tetap tidak bisa meninggalkan atau mengambil alih begitu saja. Tetapi yang penting secara legal sudah ada di Indonesia,” kata Farhan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu kemarin.

“Secara kedaulatan sudah terpenuhi, walaupun secara teknis, kita masih tergantung pada Singapura,” tambah dia.

Dia berpandangan, kesepakatan FIR juga membuat Indonesia tetap dapat menerima Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sebagian ruang udara yang masih dikuasai Singapura.

“Jadi walaupun kita masih menggunakan berbagai macam fasilitas teknis Singapura, setiap PNBP yang ada di situ, itu tetap masuknya ke kas negara Indonesia,” ujar dia.

Atas dasar tersebut, Farhan menyebutkan bahwa secara kedaulatan, Indonesia sudah dapat mengambil alih kembali ruang udara yang sebelumnya dikuasai Singapura. Hanya saja, kata dia, secara teknis, sebagian ruang udara masih dikuasai Singapura.

“Hal ini tentu bersangkutan dengan perjanjian ekstradisi, perjanjian penyediaan tempat untuk latihan militer bersama dan lain-lain,” tutur Farhan.

DPR akan tanya ke Menhan

Pada Kamis ini, Komisi I DPR dijadwalkan menggelar rapat dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo. Anggota Komisi I DPR Dave Laksono mengatakan, pihaknya meminta penjelasan pemerintah mengenai kesepakatan FIR.

“Kita bisa bahas secara detail kenapa itu kesepakatan itu hanya di atas 37.000 (feet), apakah ada alasan, apakah ada perjanjian atau bagaimana, nah hal inilah yang harus dibuka secara detil,” kata Dave di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu

Politikus Partai Golkar itu tidak menjawab saat ditanya soal signfikansi kesepakatan tersebut bagi Indonesia bilamana Indonesia hanya menguasai ruang udara di atas 37.000 feet.

Menurut Dave, DPR masih perlu meminta penjelasan lebih lanjut dari pemerintah terkait kesepakatan tersebut sebelum bersikap lebih jauh.

Kendati demikian, Dave menegaskan, kesepakatan soal FIR tersebut mesti dibarengi dengan peraturan yang tegas dan infrastruktur yang kuat agar ruang udara Indonesia tidak lagi diganggu.

Ia berpandangan, Indonesia harus memiliki radar yang mencakup seluruh wilayah sehingga bisa memonitor pesawat yang keluar-masuk.

Pemerintah siapkan langkah lanjutan

Deputi V Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jaleswari Pramodhawardani mengatakan, kesepakatan pengambilalihan pengelolaan wilayah udara di Kepulauan Riau dan Natuna perlu diikuti berbagai langkah lanjutan. Antara lain memastikan kesiapan sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, dan teknologi pendukung yang memadai.

“Selain dimaknai sebagai suatu kemajuan, langkah selanjutnya adalah memastikan kesiapan SDM, infrastruktur, dan teknologi yang memadai untuk mendukungnya,” ujar Jaleswari dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu.

Jaleswari melanjutkan, setelah kesepakatan bersama itu, mekanisme domestik Indonesia dan Singapura akan berjalan untuk ratifikasi dan implementasi kesepakatan tersebut.

Dia menambahkan, kesepakatan antara Indonesia dan Singapura juga menunjukkan komitmen Presiden Joko Widodo dalam memperkuat kehadiran negara, secara khusus di wilayah perbatasan serta daerah terdepan dan daerah terluar.

Menurut Jaleswari, Presiden Joko Widodo telah berkomitmen untuk mendorong pengelolaan FIR di wilayah perairan Kepulauan Riau dan Natuna oleh pemerintah Indonesia sejak tahun 2015. Pada September 2015, saat rapat terbatas kabinet, Jokowi menginstruksikan peningkatan sumber daya manusia dan teknologi dalam rangka persiapan pengalihan pengelolaan FIR dari Singapura.

Pada pertemuan bilateral tahun 2019, Indonesia dan Singapura menyepakati kerangka (framework) negosiasi pengalihan pengelolaan FIR yang kemudian menjadi kesepakatan pada 25 Januari 2022.

News Related

OTHER NEWS

Gejala Omicron pada Orang yang Sudah Divaksin dan Belum, serta Titik Targetnya

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Gelombang ketiga Covid-19 telah terjadi di Indonesia. Kasus Covid-19 yang dalam lima hari terakhir menunjukkan lonjakan yang signifikan dari 16.211 kasus ... Read more »

Australia Izinkan Warga Asing Masuk demi Selamatkan Ekonomi

jpnn.com, JAKARTA – Australia akan kembali dibuka untuk pemegang visa yang telah divaksin penuh dan menyambut kembalinya turis, pelancong bisnis, serta pengunjung internasional lainnya mulai 21 Februari 2022. “Perubahan ini ... Read more »

Sumber Prancis: Putin Setuju tak Lakukan Manuver Baru di Dekat Ukraina

© Gerard Julien, Pool via AP Presiden Prancis Emmanuel Macron berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin usai pertemuan di Fort of Bregancon di Bormes-les-Mimosas, selatan Prancis, 19 Agustus 2019. ... Read more »

Taliban Apresiasi Bantuan Kemanusiaan Turki untuk Afghanistan

© AP Photo/Hussein Malla Seorang anak laki-laki membawa makanan di kepalanya di Kabul, Afghanistan, Selasa (8/2/2022). REPUBLIKA.CO.ID, KABUL — Pemerintahan Taliban mengapresiasi bantuan kemanusiaan yang disalurkan Turki ke Afghanistan. Taliban mengatakan, ... Read more »

Foto: Sidak Prokes COVID-19 di Bali saat PPKM Level 3

Petugas Satpol PP Badung memindahkan kursi agar sesuai dengan protokol COVID-19. Foto: Fikri Yusuf/ANTARA FOTO Sidak dan pengawasan protokol kesehatan terus dilakukan di berbagai wilayah Bali seperti di kawasan pariwisata ... Read more »

Kepala BNPB Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Serentak di Bekasi

© AP/Achmad Ibrahim Seorang pria menerima suntikan vaksin Sinovac Covid-19 selama kampanye vaksinasi di Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi Jumat ( 26/11/2021) ilustrasi REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI–Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ... Read more »

Spirit of Ecstasy Challenge, Kompetisi Ciptakan Karya dengan Inspirasi Rolls-Royce

© suara.com Maskot Spirit of Ecstasy dari Rolls-Royce New Ghost [Rolls-Royce Motor Cars]. Suara.com – Muse, program seni dari Rolls-Royce atau Rolls-Royce Art Programme pada Selasa (8/2/2022) meresmikan gelaran kompetisi ... Read more »

Chord Dasar Sang Penghibur - Padi Reborn, Kunci Gitar Mudah dari Am

© TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO Dihadapan ribuan penonton, penampilan Band Padi Reborn, Group musik papan atas tanah air, tampil di Panggung A Stage, menggebrak panggung spektakuler Soundrenaline dalam gelarannya ke 16, berlangsung ... Read more »

PPKM Level 3, Kuota Kunjungan Objek Wisata Yogyakarta Kembali 25 Persen

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Yogyakarta – Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan kuota kunjungan objek wisata di wilayahnya akan kembali diberlakukan maksimal 25 persen menyusul Pemberlakuan ... Read more »

Gelontoran Insentif Fiskal guna Dorong Ekonomi Triwulan I, Apa Saja?

© Antara Pemerintah terus menggencarkan berbagai kebijakan insentif fiskal dalam rangka mendorong ekonomi triwulan I-2022 agar tumbuh positif. Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah terus menggencarkan berbagai ... Read more »

"Setelah Relokasi PKL, Aura Malioboro Jadi Beda dan Sepi..."

© Disediakan oleh Kompas.com Suasana kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, sepi tanpa pedagang kaki lima yang sudah direlokasi, Kamis (3/2/2022). Sejak Selasa (1/2/2022), PKL Malioboro mulai menempati dua bangunan yang menjadi ... Read more »

10 Hal Ini Bikin Bule Kaget saat Naik Transportasi Umum di Indonesia

Kekayaan alam Indonesia telah dikenal dunia. Gak heran kalau semakin banyak turis asing liburan ke Indonesia Biasanya, mereka berlibur ke Bali atau Yogyakarta untuk menikmati keindahan alam khas Indonesia. Ada ... Read more »

Pengelola Fasilitas Publik Diminta Pastikan PeduliLindungi Digunakan dengan Benar

© Disediakan oleh Kompas.com Warga membuka aplikasi PeduliLindungi untuk mendapatkan sertifikat vaksin COVID-19 internasional di Jakarta, Senin (31/1/2022). Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan sertifikat vaksin internasional sesuai dengan standar Organisasi Kesehatan ... Read more »

Roket Falcon 9 Meluncur 5 Tahun Lalu Pecah di Langit Meksiko

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Sebuah pemandangan menarik dan tidak biasa terlihat di langit malam Meksiko sebelah utara. Serpihan mirip kumpulan meteor tampak melesat menembus atmosfer ... Read more »

RSPI Sulianti Saroso Jadi Center of Excellent Penyakit Infeksi

© Ferdian Ananda RSPI Sulianti Saroso harus mampu menjadi rujukan nasional dari segi kompetensi. Jakarta: Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta, ditetapkan sebagai Center of Excellent penyakit infeksi ... Read more »

10 Tempat Wisata di Pulau Jawa yang Mirip Luar Negeri, Gak Kalah Indah

Sebagian besar orang bermimpi untuk bisa traveling ke luar demi melihat destinasi tertentu. Padahal, tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia pun punya wisata yang serupa. Salah satunya di Pulau ... Read more »

Amanda Manopo & Mischa Pamer Foto Pelukan, Cut Syifa Unggah 'Partner' Baru

© Disediakan oleh InsertLive Unggahan Cut Syifa mendadak jadi sorotan publik. Cut Syifa rupanya memamerkan sosok ‘partner‘ barunya di laman Instagram. Bila ditelisik lebih teliti, sosok partner baru Cut Syifa ... Read more »

9 Potret Fadi Alaydrus, Pemeran Ardan di "Janet & Jamilah"

Siapa yang sudah nonton sinetron “Janet & Jamilah” kemudian langsung terpesona dengan Ardan, nih? Pesona dari pemilik nama lengkap Muhammad Fadi Alaydrus ini memang mencuri perhatian banyak orang. Ditambah lagi ... Read more »

Bak Idol Hits, 10 Pesona Yuzuru Hanyu di Olimpiade Beijing 2022

Olimpiade musim dingin Beijing 2022 sudah berlangsung sejak 4 Februari hingga 20 Februari 2022. Pada Selasa (8/2/2022), penampilan atlet figure skating dari Jepang, Yuzuru Hanyu, sangat dinanti di Beijing 2022. ... Read more »

Andy Murray akan Lewatkan Turnamen di Lapangan Tanah Liat

© EPA/Julian Smith Petenis Inggris, Andy Murray. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mantan petenis nomor satu dunia Andy Murray bermaksud untuk melewatkan French Open dan sisa musim di lapangan tanah liat. Langkah ... Read more »

Alasan Ponsel Baru Belum Bisa Langsung Pakai Internet 5G di Indonesia

© suara.com Oppo A55s 5G, salah satu ponsel 5G di Indonesia. [Oppo] Suara.com – Beberapa ponsel yang meluncur di Indonesia kini sudah mendukung internet 5G. Meski sudah ada nama 5G ... Read more »

KNKT Sebut Jalur Dlingo-Imogiri Masih Bisa Dilalui Bus Pariwisata

© Disediakan oleh Kumparan Bus pariwisata yang menabrak tebing di Jalan Mangunan, Imogiri, Bantul. FOTO: kumparan SOLO – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih menginvestigasi penyebab kecelakaan bus pariwisata di ... Read more »

Kejati Sumut Beri Restorative Justice kepada Ibu yang Curi Sawit demi Beli Susu

© Disediakan oleh Kumparan Ibu yang mencuri sawit demi beli susu anaknya di Sumut dibebaskan kejaksaan karena restorative justice. Foto: Dok. Kejatisu Sumut Polisi sempat menetapkan lima orang tersangka kasus ... Read more »

Pemain Muda PSM Rafli Asrul Bergabung dengan Klub Yunani

© Disediakan oleh Kompas.com Pemain Garuda Select Jilid II, Rafli Asrul (tengah), bersama dengan Brylian Aldama dan David Maulana. KOMPAS.com – Pemain muda PSM Makassar, M Rafli Asrul, resmi akan ... Read more »

Jadwal Badminton Asia Team Championships 2022, Tinggal Sepekan Lagi, Indonesia Terus Bersiap

TRIBUNNEWS.COM – Turnamen Badminton Asia Team Championships 2022 tinggal sepekan lagi akan dimulai. Tepatnya, turnamen yang juga disebut BATC 2022 ini akan berlangsung pada 15 hingga 20 Februari 2022. Hampir ... Read more »

Tentang Piala Dunia 2030, Ini Pertimbangan Inggris dan Irlandia Utara

© Disediakan oleh Kompas.com Ekspresi Marcus Rashford usai gagal menendang penalti dalam laga final Euro 2020 Italia vs Inggris di Stadion Wembley, London, Inggris, 11 Juli 2021.   LONDON, KOMPAS.com ... Read more »

Perang Urat Syara: Moyes Sanjung Roy Hodgson Bakal Tingkatkan Kualitas Watford

© AP/Michael Regan/Pool Getty Pelatih Watford Roy Hodgson. REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Pelatih West Ham United David Moyes menilai Watford memiliki peluang besar untuk bisa bertahan di Liga Primer Inggris setelah resmi ... Read more »

Simak Strategi Weha Transportasi (WEHA) Menggaet Wisatawan di Tahun Ini

© WEHA Simak Strategi Weha Transportasi (WEHA) Menggaet Wisatawan di Tahun Ini KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Weha Transportasi Indonesia Tbk (WEHA) optimistis tahun ini bakal menjadi momentum pemulihan bisnis sektor ... Read more »

FK Senica Dikabarkan Tak Bisa Daftarkan Witan Sulaeman ke Liga Slovakia

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Menjelang bergulirnya kembali Liga Slovakia, FK Senica dikabarkan tak bisa mendaftarkan rekrutan terbarunya, Witan Sulaeman. Gagalnya pendaftaran pemain baru terjadi setelah ... Read more »

Polisi Uji Coba Contraflow di Depan Grand Cakung untuk Atasi Kemacetan Saat Jam Masuk Kerja

© Disediakan oleh Kompas.com Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Jakarta Timur melakukan uji coba contraflow di depan Grand Cakung, mulai hari ini, Selasa (8/2/2022). Kepala Satlantas Jakarta Timur AKBP Edy Surasa ... Read more »

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemkot Jaktim Siapkan 2 Tempat Isolasi Pasien Tanpa Gejala

© Disediakan oleh Kompas.com Pemerintah Kota Jakarta Timur menyiapkan dua tempat isolasi terkendali untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 , yakni di Graha Wisata TMII dan Gedung Puri Adhyaksa. JAKARTA, KOMPAS.com ... Read more »

Mas Dhito Dorong Pembatik Lokal Ambil Peluang Pakaian Khas Kediri

Kediri, IDN Times –  Ditetapkannya pakaian khas Kediri menjadi peluang bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) khususnya pengrajin batik di Kabupaten Kediri. Bukan tak mungkin, nantinya permintaan batik ... Read more »

Foto: PTM di Palembang Dikurangi Akibat Kasus COVID-19 Naik

Sejumlah murid mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di ruang kelas Sekolah Dasar Negeri 153 Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (8/2/2022). Foto: Feny Selly/ANTARA FOTO Pemerintah Kota Palembang memberlakukan kembali penguran PTM. ... Read more »

Denny Sumargo Digugat Mantan Manajer Terkait Dugaan Wanprestasi

© Disediakan oleh Kumparan Denny Sumargo saat hadir di Indonesia Movie Actor Award 2019 di MNC Tower Jakarta Kamis (15/03). Foto: Ronny Aktor Denny Sumargo digugat oleh mantan manajernya, Ditya ... Read more »

Pupuk Kaltim Gandeng Kepolisian dan Kejaksaan untuk Berantas Mafia Pupuk

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi pupuk urea, pemberian pupuk urea pada tanaman. JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) atau Pupuk Kaltim menggandeng aparat penegak hukum untuk menjaga keamanan ... Read more »

Ganjar Sebut Penularan Covid-19 di Jawa Tengah Masih Landai

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM di wilayahnya masih berada di level 1 dan 2. ... Read more »

Justin Bieber Kenakan Jeans dan Hoodie Seharga Belasan Juta di Foto Iklan Balenciaga

Balenciaga membuktikan kembali pengaruhnya sebagai salah satu label paling populer di ranah industri hiburan dengan kembali menggaet Justin Bieber sebagai model iklan. Tampak pelantun lagu Intentions tersebut duduk dengan latar ... Read more »

India Panggil Dubes Korsel Atas Pernyataan Soal Kashmir

© AP Photo/Mukhtar Khan Dua orang anak lelaki berjalan di jalanan Srinagar, Kashmir, Senin (7/2/2022). REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI — India memanggil duta besar (dubes) Korea Selatan (Korsel) untuk menyatakan kekecewaan atas ... Read more »

Vladimir Putin Buka Peluang Bertemu Presiden Ukraina

© AP/Ding Haitao/Xinhua Presiden Rusia Vladimir Putin membuka kemungkinan untuk bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin membuka kemungkinan untuk bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. ... Read more »

Iran Tuduh Joe Biden dan Donald Trump Merusak Reputasi Amerika Serikat

TRIBUNNEWS.COM – Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menuduh Presiden AS Joe Biden dan pendahulunya, Donald Trump, merusak reputasi Amerika Serikat. “Hari-hari ini, AS dipukul dengan cara yang tidak pernah ... Read more »