Sekjen PBB Keluarkan Surat Sakti Untuk Gertak Israel,Guterres: Gaza Dalam Bahaya

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres resmi mengaktifkan surat sakti pasal 99 piagam PBB yang merupakan sinyal bahaya terkait keamanan global.

Surat sakti tersebut tersebut diaktifkan Guterres usai Israel meningkatkan eskalasi serangan ke kawasan Gaza, hingga memicu genosida massal yang menewaskan lebih dari 15 ribu orang dalam kurun waktu 8 pekan terakhir .

“Penderitaan warga Gaza sangat mengerikan. Lebih dari 15 ribu orang dilaporkan tewas, lebih dari separuh rumah telah hancur dan sekitar 80 persen atau 1,1 juta penduduk telah mengungsi ke fasilitas UNRWA di seluruh Gaza, sehingga menciptakan kondisi yang penuh sesak, tidak bermartabat, dan tidak higienis,” ujar Guterres.

Tak hanya itu serangan Israel yang membabi buta juga membuat 70 persen sistem layanan kesehatan di Gaza tidak berfungsi lagi. Situasi ini yang mendorong Guterres untuk mengaktifkan Pasal 99 PBB, lantaran serangan Israel ke Gaza dinilai sebagai ancaman besar bagi keamanan dunia.

“Saya menulis berdasarkan Pasal 99 Piagam PBB untuk meminta perhatian Dewan Keamanan mengenai suatu masalah yang, menurut pendapat saya, dapat memperburuk ancaman yang ada terhadap pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional,” bunyi surat Guterres.

Sejak tahun 2017 Guterres menjabat sebagai sekjen PBB, ini adalah pertama kalinya Guterres menggunakan pasal tersebut. Bahkan saat Rusia menyerang Ukraina pada 2021 lalu, pasal 99 dari Bab XV Piagam Pendirian PBB tak digunakan.

Penggunaan pasal itu merupakan langkah terakhir yang bisa dijalankan PBB untuk menghentikan perang. Karena dengan pasal tersebut, para Dewan Keamanan PBB dapat melakukan diskusi penting mengenai resolusi gencatan senjata untuk menghentikan perang, sebagaimana dikutip dari Al Jazeera.

Israel Ngamuk, Tuduh Sekjen PBB Bela Hamas

Merespon gertakan Guterres, para pejabat Israel secara terang – terangan menuduh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres pro milisi Hamas. Salah satunya Eli Cohen, Menteri Luar Negeri Israel yang vokal menentang keputusan Sekjen PBB.

Buntut kekecewaan Cohen, pejabat Israel ini bahkan meminta warga dunia untuk mengutuk Guterres dan mendukung pengunduran diri Guterres sebagai ketua badan dunia karena tindakannya memicu bahaya bagi perdamaian dunia, dikutip dari The Times Of Israel.

“Masa jabatan Guterres membahayakan perdamaian dunia. Permintaannya untuk mengaktifkan kembali Pasal 99 Piagam PBB dan seruan gencatan senjata di Gaza merupakan dukungan terhadap organisasi teroris Hamas,” ujar cuitan Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen dalam akun X.

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World