Sederet PR Anies Usai Divonis Bersalah atas Polusi Udara Jakarta

© Disediakan oleh Kompas.com Polusi udara terlihat di langit Ibu Kota Jakarta, Selasa (8/6/2021). Melalui platform pengukur kualitas udara Iqair.com yang merilis kualitas udara, Jakarta masuk 10 besar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia dengan menempati urutan ke 4. JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini memiliki sederet pekerjaan rumah yang harus dilakukan untuk mewujudkan udara bersih di Ibu Kota.

PR ini datang dari hasil gugatan warga terkait polusi udara di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Pada Kamis (16/9/2021) kemarin, majelis hakim memutuskan mengabulkan sebagian gugatan dari 32 warga yang tergabung dalam Koalisi Ibu Kota.

Majelis Hakim PN Jakarta Pusat memvonis lima pejabat negara bersalah atas polusi udara di Ibu Kota. Kelimanya yakni Presiden RI, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, dan Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

“Menyatakan tergugat I, tergugat II, tergugat III, tergugat IV, dan tergugat V telah melakukan perbuatan melawan hukum,” kata Ketua Majelis Hakim Saifuddin Zuhri saat membacakan putusan di PN Jakarta Pusat.

Baca juga: Presiden hingga Gubernur DKI Divonis Bersalah Terkait Polusi Udara di Jakarta

Dalam pertimbangannya, majelis hakim menyatakan, para tergugat sudah mengetahui bahwa udara di DKI Jakarta tercemar selama bertahun-tahun.

Namun, para pemangku kepentingan tidak banyak mengeluarkan kebijakan untuk memperbaiki hal itu.

Majelis hakim pun menghukum kelima pejabat tersebut melakukan sejumlah langkah untuk memperbaiki kualitas udara di Jakarta.

“Menghukum tergugat I (Presiden RI) untuk mengetatkan baku mutu udara ambien nasional yang cukup untuk melindungi kesehatan manusia, lingkungan, dan ekosistem termasuk kesehatan populasi yang sensitif berdasarkan pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata hakim Saifuddin.

Baca juga: Divonis Bersalah Soal Polusi Udara Jakarta, Anies: Kami Memutuskan Tidak Banding

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan selaku tergugat II juga mendapat sanksi untuk melakukan supervisi terhadap Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Banten, dan Gubernur Jawa Barat dalam melakukan inventarisasi emisi lintas batas ketiga provinsi.

Selanjutnya, majelis hakim menghukum Menteri Kesehatan selaku tergugat III untuk melakukan pengawasan dan pembinaan kinerja Gubernur DKI dalam pengendalian pencemaran udara.

Lalu, Menteri Dalam Negeri selaku tergugat IV diminta menghitung penurunan dampak kesehatan akibat pencemaran udara di Jakarta yang perlu dicapai sebagai dasar pertimbangan Gubernur dalam penyusunan strategi rencana aksi pengendalian pencemaran udara.

PR untuk Anies

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapatkan pekerjaan rumah paling banyak. Majelis hakim menghukum Anies selaku tergugat V untuk melakukan sejumlah hal, yaitu:

  1. Melakukan pengawasan setiap orang terhadap ketentuan perundang-undangan di bidang pengendalian pencemaran udara dan atau ketentuan dokumen lingkungan hidup, yaitu:
    1. Melakukan uji emisi berkala terhadap kendaraan depo lama.
    2. Melaporkan evaluasi penataan ambang batas emisi gas buang dalam kendaraan bermotor lama.
    3. Menyusun rekapitulasi sumber pencemar tidak bergerak yang kegiatan usahanya mengeluarkan emisi dan memiliki izin lingkungan dan pembuangan emisi dari Gubernur DKI Jakarta.
    4. Mengawasi ketaatan standar dan atau spesifikasi bahan bakar yang ditetapkan.
    5. Mengawasi ketaatan larangan pembakaran sampah di ruang terbuka yang mengakibatkan pencemaran udara.
  2. Menjatuhkan sanksi pada setiap orang yang melakukan pelanggaran perundangan di bidang pencemaran udara dan atau ketentuan dokumen lingkungan hidup, termasuk bagi:
    1. Pengendara kendaraan bermotor yang tidak di baku mutu emisi sumber bergerak depo lama.
    2. Usaha dan atau kegiatan yang tidak memenuhi baku emisi sumber tidak bergerak bagi usaha dan atau suatu kegiatannya.
  3. Menyebarkan evaluasi pengawasan dan penjatuhan sanksi berkaitan pengendalian pencemaran udara kepada masyarakat.
  4. Menetapkan baku mutu udara ambien daerah untuk Provinsi DKI Jakarta yang cukup untuk melindungi kesehatan manusia, lingkungan, dan ekosistem, termasuk kesehatan populasi berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca juga: Anies Sebut Tuntutan dalam Gugatan Polusi Udara Sudah Dikerjakan Sebelum Putusan Majelis Hakim

“Menghukum tergugat V untuk melakukan inventarisasi terhadap mutu udara potensi sumber pencemaran udara, kondisi meteorologis dan geografis serta tata guna tanah dalam mempertimbangkan penyebaran emisi sumber pencemaran yang melibatkan populasi,” ujar hakim Saifuddin.

Selanjutnya, Gubernur DKI Jakarta juga diminta untuk menetapkan status mutu udara ambien daerah tiap tahun dan mengumumkan ke masyarakat.

Anies juga diminta menyusun dan mengimplementasikan strategi rencana aksi pengendalian pencemaran udara, dengan mempertimbangkan penyebaran emisi sumber pencemaran secara terfokus tepat sasaran dan melibatkan organisasi publik.

Putusan hakim dinilai tepat dan bijaksana

Para penggugat dalam perkara ini berharap Jokowi beserta jajaran menterinya dan Anies tidak mengajukan banding atas putusan ini.

Kuasa hukum penggugat, Ayu Eza Tiara, menilai bahwa putusan yang diambil hakim sudah tepat dan bijaksana.

Ini mengingat dari proses pembuktian di persidangan sudah sangat jelas bahwa pemerintah telah melakukan kelalaian dalam mengendalikan pencemaran udara.

Ayu menambahkan, dengan adanya putusan ini seharusnya para tergugat dapat menerima kekalahannya dengan bijaksana.

Baca juga: PSI: Montreal Hanya Bayar 18,7 M untuk Formula E, Mengapa Jakarta Ditagih Commitment Fee Rp 2,4 T?

“Para tergugat bisa memilih fokus untuk melakukan upaya-upaya perbaikan kondisi udara daripada melakukan hal yang sia-sia seperti upaya hukum perlawanan banding maupun kasasi,” kata Ayu dalam keterangan tertulis, Kamis (16/9/2021).

Khalisah Khalid, salah satu penggugat, mengungkapkan perasaan lega sekaligus senang atas putusan ini.

Menurut Khalisah, majelis hakim membuktikan bahwa pengadilan bisa menjadi jalan untuk warga yang ingin mendapatkan keadilan.

“Kami berharap para tergugat tidak mengajukan banding, karena yang kami gugat sesungguhnya adalah untuk kepentingan, kesehatan, dan keselamatan seluruh warga negara, termasuk generasi mendatang agar mendapatkan kualitas hidup yang baik,” tutur Khalisah.

Anies tak banding

Beberapa jam setelah putusan sidang dibacakan, Anies Baswedan langsung memberi tanggapan lewat akun Twitter-nya, @aniesbaswedan.

Anies mengunggah foto yang menampilkan pemandangan salah satu sudut Ibu Kota dengan langit biru cerah.

Meski demikian, foto itu diunggah Anies bukan untuk membantah atau melawan putusan PN Jakarta Pusat.

Bersama foto tersebut, Anies menyatakan tidak akan mengajukan banding terkait putusan majelis hakim.

“Pemprov DKI Jakarta memutuskan tidak banding dan siap menjalankan putusan pengadilan demi udara Jakarta yang lebih baik,” kata Anies.

Baca juga: Berpulang Jelang Bebas akibat Kebakaran Lapas Tangerang…

Anies menyampaikan, Pemprov DKI Jakarta memahami dan menyadari hak atas lingkungan hidup yang baik merupakan bagian dari hak warga.

Untuk itu, Pemprov DKI sudah melakukan sejumlah hal untuk memperbaiki kualitas udara di Jakarta, salah satunya adalah mengeluarkan Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019.

“Salah satu poin dalam Ingub Nomor 66/2019 adalah Pemprov DKI Jakarta ingin memastikan tidak ada angkutan umum yang berusia di atas 10 tahun dan tidak lulus uji emisi beroperasi di jalan, dan penyelesaian peremajaan seluruh angkutan umum melalui program JakLingko pada 2020, sesuai amar keputusan majelis hakim poin 1A” kata Anies.

Baca juga: Vaksin Pfizer dan Moderna Kini Tersedia di Semua Faskes dan Sentra Vaksinasi di Jakarta

Anies mengeklaim, sejak ingub tersebut diberlakukan, perbaikan kualitas udara di Ibu Kota mulai dirasakan.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga menempuh upaya lain untuk percepatan penanganan pencemaran udara di Ibu Kota.

Salah satunya adalah mendorong partisipasi warga dalam pengendalian kualitas udara melalui perluasan kebijakan ganjil genap.

Kemudian juga mendorong peralihan ke moda transportasi umum dan meningkatkan kenyamanan berjalan kaki melalui percepatan pembangunan fasilitas pejalan kaki di ruas jalan protokol, arteri, dan penghubung ke angkutan umum massal pada 2020.

Internet Explorer Channel Network
News Related

OTHER NEWS

Indonesia Juara Piala Thomas 2021, Lambang PBSI Berkibar Pengganti Bendera Merah Putih

TRIBUNNEWS.COM – Ada yang berbeda dari ceremony penyerahan gelar juara Piala Thomas 2021 kepada Indonesia, Minggu (17/10/2021) malam WIB. Indonesia berhasil menjuarai Piala Thomas 2021 setelah mengandaskan perlawanan China lewat ... Read more »

Prabowo Ultah ke-70, Hergun Berdoa Begini, Singgung Pilpres 2024

© JPNN.COM Prabowo Ultah ke-70, Hergun Berdoa Begini, Singgung Pilpres 2024 jpnn.com, JAKARTA – Ketua DPP Partai Gerindra Heri Gunawan mendoakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang berulang tahun ke-70 pada ... Read more »

Sedih, Tak Ada Bendera Merah Putih saat Perayaan Juara Piala Thomas

© Disediakan oleh Kumparan Peselancar Indonesia Rio Waida membawa bendera Merah-Putih saat defile pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional Jepang,Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021). Foto: Sigid Kurniawan/ANTARA FOTO Tak ada ... Read more »

Jonatan Christie, Kamu Luar Biasa!

© Disediakan oleh Kumparan Jonatan Christie saat melawan pemain Denmark Anders Antonsen. Foto: Yves Lacroix/Badmintonphoto/BWF Luar biasa, Jonatan Christie. Hanya frasa itu yang tepat untuk menggambarkan perjuangan sang tunggal putra ... Read more »

Lokasi Sirkuit Formula E Diputuskan Bulan Ini

© Media Indonesia.com Perwakilan Formula E meninjau lima lokasi alternatif sebelum menentukan lokasi yang pas. Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengatakan lokasi sirkuit Formula E diputuskan dalam ... Read more »

Terdapat 42 Laporan Korban Pinjol Ilegal di Jawa Timur dalam Kurun Waktu 3 Tahun Terakhir

© TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN Petugas menunjukkan tersangka dan barang bukti saat ungkap kasus jaringan sindikat pinjaman online (pinjol) ilegal di gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (15/10/2021). Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus ... Read more »

Lorens Purba: Pemuda Katolik Komda Riau Fokus pada Pengaderan

© JPNN.COM Lorens Purba: Pemuda Katolik Komda Riau Fokus pada Pengaderan jpnn.com, PEKANBARU – Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Riau Lorensius Purba menyampaikan kader Pemuda Katolik sudah hadir dan ... Read more »

Saut Situmorang soal Pelemahan KPK: Tunggu Ganti Rezim Baru Perbaiki

© Disediakan oleh IDN Times Jakarta, IDN Times – Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menilai pelemahan lembaga antikorupsi yang terjadi saat ini, salah satunya lewat pemberhentian 57 ... Read more »

Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Peringatan BMKG, Pemindahan Eijkman ke Cibinong

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Top 3 Tekno Berita Hari Ini dimulai dari topik tentang Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai potensi terjadinya ... Read more »

Film YUNI Tayang Terbatas di Sejumlah Bioskop

© Dok. Starvision Sejumlah pemain dalam film YUNI. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Film “YUNI” akan tayang terbatas di bioskop Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta mulai 17-21 Oktober 2021, sebelum ... Read more »

Hasil Race 2 MXGP Spanyol: Febvre Apes, Herlings Memukau

© Niek Fotografie Jeffrey Herlings, Red Bull KTM Factory Racing, en Romain Febvre, Monster Energy Kawasaki Racing Team Race 2 MXGP Spanyol dilangsungkan beberapa jam setelah Race 1. Dan pada ... Read more »

Seremoni Juara Piala Thomas Tanpa Bendera Indonesia

© EPA-EFE/CLAUS FISKER Anthony Sinisuka Ginting dari Indonesia melakukan selebrasi usai memenangkan pertandingan tunggal putra dalam pertandingan final bulu tangkis Piala Thomas antara China dan Indonesia, di Aarhus, Denmark, 17 ... Read more »

Studi Ungkap Minuman Diet Justru Picu Nafsu Makan

© PxHere Pemanis di dalam minuman diet justru memicu nafsu makan. REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Banyak orang saat ini menambahkan minuman diet sebagai menu harian mereka. Tapi penelitian terbaru dari JAMA Network ... Read more »

Rekap Final Piala Thomas 2020: Indonesia 3-0 China, Tim Merah Putih Juara

© Disediakan oleh Kompas.com Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie saat berhadapan dengan wakil Taiwan Wang Tzu Wei pada laga terakhir babak penyisihan Grup A Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, ... Read more »

Perjalanan 19 Tahun Indonesia Memboyong Kembali Piala Thomas ke Tanah Air

© Disediakan oleh Kompas.com Trofi Piala Thomas dan Piala Uber. Piala Thomas dan Uber 2020 akan diselenggarakan di Aarhus, Denmark, pada 9-17 Oktober 2021. (Sumber gambar: Tangkapan layar situs resmi ... Read more »

Ini Perjalanan Indonesia Juara Piala Thomas di Denmark

© EPA-EFE/CLAUS FISKER Indonesia REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Indonesia berjaya di Piala Thomas 2020 yang digelar mundur setahun akibat pandemi Covid-19. Tim Merah Putih mengalahkan China 3-0 pada final di Ceres Arena, ... Read more »

Tersangka Kasus LPEI, Jampidsus Tunggu Audit BPK

© http://www.indonesiaeximbank.go.id/ Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank. Jampidsus Kejakgung masih menunggu hasil audit BPK sebelum menetapkan tersangka kasus dugaan korupsi LPEI. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Penyidikan dugaan korupsi di ... Read more »

Indonesia Juara Piala Thomas, Anthony Ginting Akui Sempat Tegang dan Deg-degan

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Anthony Sinisuka Ginting menjadi pembuka keberhasilan Indonesia menjadi juara Piala Thomas di Aarhus, Denmark, Ahad malam, 17 Oktober 2021. Ia menyumbang ... Read more »

Ustaz Riza Pernah Tersinggung dengan Istri Gara-gara Kucing

© Disediakan oleh InsertLive Ustad Riza dan Indri Giana sudah membina rumah tangga sejak 2014. Hubungan rumah tangga mereka juga selalu terlihat harmonis dan jauh dari kabar miring. Meski begitu Ustaz Riza tak menampik bahwa ... Read more »

Jelang HUT ke 10, DPW NasDem Jabar Gelar Sekolah Politik

© Media Indonesia Sekolah politik bertujuan untuk penguatan jelang pemilu 2024. Bandung: Dalam rangka memeringati hari jadi ke-10 Partai NasDem pada November mendatang, DPW Partai NasDem Jabar menggelar sejumlah kegiatan. Beberapa ... Read more »

Detik-detik Smash Mematikan Jonatan Christie Bawa RI Juara Piala Thomas

© Disediakan oleh Kumparan Jonatan Christie saat melawan pemain Denmark Anders Antonsen. Foto: Yves Lacroix/Badmintonphoto/BWF Jonatan Christie menjadi sosok penentu kemenangan Indonesia di final Piala Thomas 2020 (2021), Minggu (17/10) ... Read more »

Hasil Liga 1 Persikabo Vs Borneo FC, Laskar Padjajaran Menang 3-0

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi Liga 1 2021-2022. KOMPAS.com – Persikabo 1973 berhasil memetik kemenangan atas Borneo FC pada laga penutup pekan ketujuh Liga 1 musim 2021-2022. Laga Persikabo vs ... Read more »

Piala Thomas: Jonatan Christie Bantu Indonesia Amankan Piala Thomas ke-14

© Gregorius Gelino Indonesia semakin menegaskan dominasinya dengan memenangkan Piala Thomas ke-14 mereka. Aarhus: Indonesia memenangkan Piala Thomas ke-14 setelah mengalahkan Tiongkok di final yang digelar Minggu, 17 Oktober. Indonesia ... Read more »

Hasil BRI Liga 1 Persikabo 1973 Vs Borneo FC 3-0

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Laga BRI Liga 1 antara Persikabo 1973 vs Borneo FC berakhir dengan skor 3-0. Kemenangan itu membawa Persikabo 1973 naik ke ... Read more »

Daftar Juara Piala Thomas, Dominasi Indonesia

© Disediakan oleh Kompas.com Piala Thomas KOMPAS.com – Indonesia keluar sebagai juara Piala Thomas 2020 seusai mengalahkan China pada partai final. Melakoni partai puncak di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu ... Read more »

Menaker Sebut Perlindungan Sosial Penting Dalam Menangani Kemiskinan Ekstrem

© JPNN.COM Menaker Sebut Perlindungan Sosial Penting Dalam Menangani Kemiskinan Ekstrem jpnn.com, KUPANG – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyebut dua hal utama yang dilakukan pemerintah dalam mempercepat pengurangan kemiskinan ... Read more »

Final Piala Thomas 2020 - Bawa Indonesia Juara, Fajar/Rian Beri Pembuktian

© Disediakan oleh Kompas.com Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saat tampil pada Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark. KOMPAS.com – Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian ... Read more »

9 Potret Kedekatan Donghae Suju dan Jeno NCT, Kayak Kakak-Adik Kandung

© Disediakan oleh IDN Times Salah satu personel Super Junior, Donghae, mengejutkan para penggemar dengan mengumumkan bahwa ia merilis digital single yang bertajuk California Love pada 13 Oktober 2021. Lebih ... Read more »

Seken Keren - Wajib Tahu Sebelum Beli, Segini Biaya Perawatan Berkala Nissan Serena C26 di Bengkel Spesialis

© Disediakan oleh GridOto Nissan Serena C26 Roro Aveline Seken Keren – Wajib Tahu Sebelum Beli, Segini Biaya Perawatan Berkala Nissan Serena C26 di Bengkel Spesialis Harga Nissan Serena C26 ... Read more »

Motor Listrik Gesits Sukses Go International, Diekspor Satu Kontainer ke Senegal, Berharap Bisa Buka Pasar Luar Negeri

© Disediakan oleh GridOto Motor listrik dalam negeri Gesits sukses Go International, diekspor satu kontainer ke Senegal, berharap bisa buka pasar luar negeri. WIMA Motor Listrik Gesits Sukses Go International, ... Read more »

Bukan Untuk Kaum Mendang-mending, Vespa 946 Christian Dior Tanpa Aksesori Dijual Rp 1,5 Miliar

© Disediakan oleh GridOto Vespa 946 Christian Dior yang dijual Rp 1,5 miliar instagram.com/bisaboy Bukan Untuk Kaum Mendang-mending, Vespa 946 Christian Dior Tanpa Aksesori Dijual Rp 1,5 Miliar Kaum mendang-mending ... Read more »

Harta Elon Musk Setara Total Kekayaan Bill Gates dan Warren Buffett

© Disediakan oleh Kompas.com CEO Tesla & SpaceX, Elon Musk NEW YORK, KOMPAS.com – CEO Tesla Elon Musk kini menjadi orang terkaya di dunia. Bahkan, jumlah kekayaan CEO SpaceX tersebut ... Read more »

Presiden Jokowi: Umat Hindu Selalu Menjaga Persaudaraan dan Keharmonisan

© Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden Jokowi Sebut Indonesia akan Jadi Negara Ekonomi 4 Besar Dunia, Minta BUMN Berikan Profesionalisme Kerjanya (Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden) Jumat, 16/10/2021 Laporan wartawan ... Read more »

Indonesia Juara Piala Thomas Lagi Usai 19 Tahun Menanti

© Disediakan oleh Kumparan Ganda putra Indonesia Fajar Alfian dan Muhammad Rian usai menang melawan China pada pertandingan final Thomas Cup 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark. Foto: Yohan Nonotte/Badmintonphoto/BWF ... Read more »

West Ham Bungkam Everton di Goodison Park

© Peter Byrne/PA via AP Pemain West Ham United Angelo Ogbonna, tengah, mencetak gol pertama timnya dalam pertandingan Liga Utama Inggris antara West Ham dan Everton, di Goodison Park, Liverpool, ... Read more »

Menaker Sebut 2 Langkah yang Dilakukan Untuk Menurunkan Kemiskinan Ekstrem

© JPNN.COM Menaker Sebut 2 Langkah yang Dilakukan Untuk Menurunkan Kemiskinan Ekstrem jpnn.com, KUPANG – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta gubernur dan seluruh bupati yang wilayahnya menjadi prioritas penanggulangan kemiskinan ... Read more »

Kabar Terburuk soal COVID-19 di Brunei, Semoga Cepat Berlalu

jpnn.com, BANDAR SERI BEGAWAN – Brunei mencatat angka tertinggi kasus harian COVID-19, yakni 504 kasus, pada Minggu, sehingga totalnya menjadi 10.860 kasus. Rekor harian sebelumnya dilaporkan pada 15 Oktober, dengan ... Read more »

Video: Snorkeling Menikmati Pesona Bawah Laut Pulau Tuan, Aceh Besar

© Disediakan oleh Kumparan Liburan di Aceh, memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya ke Pulau Tuan, pulau tak berpenghuni di Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar. ... Read more »

Dikemas Mewah Warna Emas, Olahan Ayam Ini Jadi Naik Kelas

© Yatin Suleha Makan makanan ini serasa jadi sultan dalam sehari. Jakarta: Apa yang sering dipersepsikan sebagai makanan ala sultan? Salmon, foie gras, atau kaviar barangkali. Tapi, bukan-bukan itu, kali ... Read more »

Sebastien Ogier Didenda karena Pelanggaran Lalu Lintas

© Toyota Racing Sébastien Ogier, Julien Ingrassia, Toyota Gazoo Racing WRT Toyota Yaris WRC Pereli Toyota Gazoo Racing WRT itu tengah melakukan manuver overtaking saat menggunakan bahu jalan dalam rute ... Read more »