Polri Telah Siapkan Langkah untuk Antisipasi Lonjakan Pemudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

polri telah siapkan langkah untuk antisipasi lonjakan pemudik natal 2023 dan tahun baru 2024

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyant, Menteri PUPR, Menteri Perhubungan, Menteri Agama, Wamenpanrekraf dan kementerian terkait memberikan keterangan usai rakor lintas sektoral Operasi Lilin 2023 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru di Jakarta, Kamis (7/12/2023). (Sumber: Kompas.tv/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyebut pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah antisipatif untuk menghadapi potensi lonjakan pergerakan masyarakat selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Pada tahun ini diprediksi, lonjakan pemudik akan meningkat sebanyak 39,83 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Katanya, Polri akan hal serupa dengan yang dilakukan saat mengamankan arus mudik dan arus balik Idul Fitri 2023.

Kapolri menjelaskan dalam pengelolaan dan rekayasa jalur transportasi darat disiapkan sejumlah mekanisme, seperti menggunakan jalur normal, contral flow (lawan arus) atau pola sistem satu arah (one way).

“Kami pernah punya pengalaman khususnya terkait dengan jalur mudik maupun jalur balik dalam mengelola saat Idulfitri sehingga tentunya pengalaman ini akan kami terapkan pada libur Natal dan tahun baru,” katanya.

“Termasuk juga pengaturan delaying system (di pelabuhan) sehingga tidak terjadi penumpukan yang terlalu berlebihan. Jika masyarakat terpaksa menunggu karena ada delaying system akan disiapkan rest area yang kemungkinan membuat masyarakat bisa nyaman sambil menunggu,” kata Jenderal Listyo Sigit, dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan hasil survei yang dilakukan instansinya bersama lembaga terakreditasi memprediksi terjadi lonjakan pergerakan masyarakat pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Hasil survei memprediksi pergerakan masyarakat pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2024 mencapai 107,63 juta atau 43 persen dari total populasi nasional.

Beberapa daerah yang menjadi destinasi wisata pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2024, yakni Yogyakarta, Bali, juga Batam serta Indonesia bagian timur.

“Nah kalo darat, kami memang cukup mempunyai suatu pengalaman untuk manajemen arus lalu lintas dan contraflow dan sebagainya tetapi. Tahun ini mungkin yang akan harus menjadi perhatian khusus adalah dari Ketapang ke Gilimanuk di situ akan terjadi satu lonjakan yang besar,” ujar Budi.

“Kami akan menugaskan kepada stakeholders untuk melakukan penambahan-penambahan ya di Indonesia bagian timur, juga Batam ke arah Medan,” ujarnya.

Kesiapan lainnya, yakni untuk penerbangan agar dilakukan pengecekan berkala sehingga meminimalisasi kendala saat arus pergerakan masyarakat meningkat.

“Hal lain yang akan kami perhatikan juga berkaitan dengan aviation ya, saya minta pesawat-pesawat ini melakukan rem check sehingga tidak ada lagi masalah-masalah pada saat liburan itu,” kata Budi.

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World