PILU Siska Afrina,Mahasiswi Korban Erupsi Marapi,Padahal Mau Wisuda,Bawa Selempang saat Mendaki

TRIBUNSTYLE.COM – Erupsi Gunung Marapi meninggalkan cerita pilu, terutama mengenai para pendaki yang tewas.

Salah satu korban yakni Siska Afrina. Ia merupakan mahasiswi Universitas Negeri Padang yang sejatinya bakal diwisuda pada 17 Desember 2023 mendatang.

Siska Afrina bahkan membawa selempang wisuda saat mendaki, namun sayang ajal menjemputnya di Gunung Marapi.

Ya, inilah kisah pilu dari Siska Afrina yang merupakan salah satu dari korban erupsi Gunung Marapi.

Padahal, Siska Afrina rencananya akan melakanakan wisuda.

pilu siska afrina,mahasiswi korban erupsi marapi,padahal mau wisuda,bawa selempang saat mendaki

Sosok Siska Afrina (22), salah satu mahasiswa yang menjadi korban erupsi Gunung Marapi Sumatera Barat (Instagram @siskaafrina)

Bahkan Siska Afrina sempat bawa selempang wisuda ke atas puncak Gunung Marapi pada peristiwa Minggu (3/12/2023).

Pada Rabu (6/12/2023), jenazah Siska sampai di RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi dengan menggunakan mobil ambulans Puskesmas Keliling (Puskel) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Agam.

Mobil ambulans sampai di RSUD Achmad Mochtar pada pukul 18.51 WIB, dan langsung menurunkan jenazah korban yang sudah berada di dalam kantong mayat.

Setelah diturunkan, jenazah mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) itu langsung diperiksa oleh petugas dari Tim DVI DVI (Disaster Victim Identification) Polda Sumbar.

Tim DVI Polda Sumbar mengeluarkan hasil identifikasi pada pukul 19.12 WIB, dan memastikan korban bernama Siska Afrina.

Siska merupakan korban ke 23 atau terakhir yang berhasil dibawa turun oleh petugas gabungan.

Junior Siska, Genta Dwi Suka mengatakan bahwa korban erupsi Gunung Marapi bernama Siska Afrina merupakan mahasiswi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Genta mengatakan Siska Afrina merupakan mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah tahun angkatan 2019, sedangkan dirinya merupakan mahasiswa tahun 2021.

“Siska ini merupakan senior saya di kampus yang sudah menyelesaikan ujian kompre dan sudah menuntaskan persyaratan untuk wisuda,” kata Genta.

Kata dia, Siska Afrina dijadwalkan diwisuda pada Minggu (17/12/2023). Namun, korban menjadi salah satu korban meninggal dunia di antara 75 pendaki Gunung Marapi.

“Toga untuk wisuda sudah ada dan ditinggalkan di kosannya. Sedangkan salempang wisudanya dibawa naik pada saat mendaki,” kata Genta.

Genta menceritakan bahwa Siska Afrina merupakan mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Ia mengaku tidak terlalu kenal dan akrab dengan seniornya tersebut.

Hal itu dikarenakan jarang bertemu dengan para senior.

Namun, Genta pernah sekali mengobrol dan duduk bersama dengan Siska Afrina.

Walaupun hanya duduk bersama sekali, Genta melihat sosok seniornya adalah orang yang baik dan ramah.

Siska Afrina, kata dia, dikenal aktif di dalam organisasi Mahasiswa Pencinta Alam dan Lingkungan Hidup Universitas Negeri Padang (MPALH UNP).

Pada saat Siska termasuk menjadi korban, mahasiswa dari MPAL yang banyak ikut mencarinya sampai ke atas Gunung Marapi.

Genta mengenal dan mendapatkan informasi bahwa sosok Siska Afrina adalah seorang perempuan yang hobi mendaki gunung sejak awal masuk dari perkuliahan.

pilu siska afrina,mahasiswi korban erupsi marapi,padahal mau wisuda,bawa selempang saat mendaki

Ambulans Puskesmas Keliling Padang Luar dari Dinas Kesehatan Kabupaten Agam membawa jenazah Siska Afrina, mahasiswa UNP korban erupsi Gunung Marapi ke RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi (via TribunSumsel.com)

Genta pun ikut turun bersama dengan rekan lainnya ke lapangan sampai ke Posko BKSDA pada Selasa (5/12/2023).

“Saya kemarin naik sampai ke Pos BKSDA. Sedangkan hari ini saya hanya menunggu di pos bawah, dikarenakan tadi pagi menunggu hasil identifikasi temannya bernama Frengky Candra Kusuma (23),” ujarnya.

Genta mendapatkan informasi bahwa pada saat terjadinya erupsi Gunung Marapi korban dan teman-temannya hendak turun dan menyempatkan berfoto-foto di kawasan Tugu Abel Gunung Marapi pada Minggu (3/12/2023).

“Dia (Siska Afrina) berangkat bersama dengan temannya sebanyak lima orang yang merupakan dua orang anggota Polri bernama Bripda Rexy Wendesta dan Bripda Muhammad Iqbal. Selanjutnya Frengky Candra Kusuma dan Liarni (22),” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Kemahasiswaan dan Alumni UNP, Refnaldi, membenarkan bahwasanya korban terakhir yang ditemukan atas nama Siska Afrina adalah mahasiswa UNP.

“Ini yang terakhir bernama Siska Afrina. Merupakan mahasiswa yang kita tunggu-tunggu dari tadi malam sampai hari ini,” kata Refnaldi.

Refnaldi mengatakan, Siska Afrina berangkat naik ke Gunung Marapi bukan dalam rangka kegiatan resmi dari kampus.

Daftar teman Siska Afrina sama-sama menjadi korban:

1. Bripda Rexy Wendesta yang merupakan anggota Dit Samapta Polda Sumbar yang berhasil selamat, hanya mengalami luka pada bagian kepala dan luka bakar.

2. Bripda Muhammad Iqbal (23) warga Kota Padang dengan kondisi meninggal dunia, dan selesai diidentifikasi pukul 21.30 WIB oleh tim DVI Polda Sumbar pada Selasa (5/12/2023).

3. Liarni (22) warga Provinsi Jambi dengan kondisi meninggal dunia dan sudah diidentifikasi pada pukul 10.35 WIB.

4. Frengky Candra Kusuma (23) warga Kabupaten Solok Selatan yang merupakan teman satu angkatan Siska Afrina. Selesai diidentifikasi pukul 11.15 WIB.

(TribunSumsel.com/Laily Fajrianty)

Diolah dari artikel TribunSumsel.com

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World