Persembahan Laleilmanino untuk bumi

the latest tech news, global tech news daily, tech news today, startups, usa tech, asia tech, china tech, eu tech, global tech, in-depth electronics reviews, 24h tech news, 24h tech news, top mobile apps, tech news daily, gaming hardware, big tech news, useful technology tips, expert interviews, reporting on the business of technology, venture capital funding, programing language
Persembahan laleilmanino untuk bumi

Trio Laleilmanino yang terdiri dari Anindyo Baskoro (kanan), Arya Aditya Ramadhya alias Lale (kiri) dan Ilman Ibrahim (HO/Laleilmanino)

Jakarta (ANTARA) – Kenaikan suhu bumi mengakibatkan berbagai perubahan pada alam dan kehidupan manusia, seperti mencairnya es kutub, naiknya muka air laut, cuaca ekstrem, bencana alam, dan perubahan iklim yang berdampak sangat luas terhadap kehidupan masyarakat, termasuk gagal panen dan kemarau berkepanjangan. Dan, perubahan iklim menjadi salah satu topik yang paling banyak dibicarakan dalam beberapa tahun terakhir ini.

the latest tech news, global tech news daily, tech news today, startups, usa tech, asia tech, china tech, eu tech, global tech, in-depth electronics reviews, 24h tech news, 24h tech news, top mobile apps, tech news daily, gaming hardware, big tech news, useful technology tips, expert interviews, reporting on the business of technology, venture capital funding, programing language

Baca juga: Daramaula rilis “Malas”, ajak pendengar istirahat dan manjakan diri

Trio Laleilmanino yang terdiri dari Anindyo Baskoro (vokalis RAN), Arya Aditya Ramadhya alias Lale dan Ilman Ibrahim (gitaris dan keyboardist Maliq & D’Essentials) menyambut Hari Bumi pada 22 April dengan merilis single baru “Dengar Alam Bernyanyi”. Ini adalah respons dari kegelisahan mereka menyaksikan dampak perubahan iklim di bumi.

Global Tech News Daily

Ilman menuturkan, proses kreatifnya meliputi perjalanan mereka ke Hutan Wisata Situ Gunung salah satu pintu masuk Taman Nasional Gunung Gede – Pangrango.

Menepi sejenak dari ingar-bingar kehidupan Jakarta, mereka mendapatkan pengalaman yang langka bagi warga perkotaan.

Global Tech News Daily

Nino, panggilan akrab Anindyo, bercerita, “Rasanya mudah sekali mencari inspirasi, hingga kemudian kami mendapatkan hal-hal yang bisa kami tuangkan ke dalam lagu,” kata Nino di konferensi pers, Selasa.

Baca juga: Vidi Aldiano dan Sheila Dara Aisha resmi jadi suami istri

“Dengar Alam Bernyanyi” merupakan lagu pertama Laleilmanino yang diciptakan langsung di tengah hutan, di luar studio, dengan cara “berbincang” langsung dengan hutan. Berbekal pengalaman dan pengetahuan berharga yang dibawanya dari hutan, Nino menyempurnakan lagunya di kota.

“Nino tulis liriknya, proses enggak lama sampai jadi lagu,” kata Ilman.

Trio produser dan pencipta lagu tersebut mengajak Verena Puspawardani (Direktur Program Koaksi Indonesia) dan Christian Natalie (Manajer Program Hutan Itu Indonesia – HII) sebagai teman diskusi soal isu perubahan iklim.

Nino menuturkan, mereka ingin menyampaikan pesan untuk lebih menyadari pentingnya melindungi alam dan menjaga agar krisis iklim tidak bertambah parah. Sebab, ekosistem yang terganggu tak hanya berdampak terhadap manusia, tapi juga satwa dan tumbuhan.

“Keseimbangan yang rusak akan berakibat ke segala hal dalam hidup,” kata Nino.

Dalam “Dengar Alam Bernyanyi”, Laleilmanino menggandeng Chicco Jerikho, Sheila Dara dan HiVi! yang membuat lagu ini lebih berwarna.

Chicco yang dikenal sebagai aktor tertarik ikut serta dalam proyek ini karena kepeduliannya membuat bumi tetap nyaman dihuni untuk generasi mendatang. Meski bukan berlatar penyanyi, dia memberanikan diri untuk bergabung karena percaya arahan Laleilmanino akan membuatnya bisa memberikan hasil terbaik.

“Gue punya anak, pengin generasi Suri, generasi anak Suri, hidup di dalam dunia bumi yang sehat,” kata Chicco yang bersemangat mengambil kesempatan untuk menyuarakan isu peduli lingkungan.

Baca juga: Donne Maula gandeng Sheila Dara rilis lagu “Tak Terima”

Bagi aktor yang juga menyumbangkan suara untuk film “Ben & Jody” ini, isu tentang lingkungan hidup bukan sesuatu yang baru.

Selama beberapa tahun terakhir ini ia ikut menyuarakan kepedulian tentang perlindungan gajah.

Sering keluar-masuk hutan, Chicco menganggap bahwa hutan bukan hanya berperan sebagai paru-paru dunia, melainkan juga berfungsi sebagai penyelamat masalah emisi karbon dunia. Karena itu hutan bisa menjadi salah satu solusi dalam mitigasi perubahan iklim.

“Hutan adalah inti dari ekosistem setiap makhluk yang ada di bumi,” tegas Chicco.

Senada dengan Chicco, keempat anggota HIVI! sepakat bahwa lagu ini menyimpan pesan yang sangat bagus untuk menjaga kelestarian bumi. Ezra Mandira berpendapat, pesan dalam lagu tersebut spesifik dan dekat untuk menyambut Hari Bumi Sedunia.

HIVI! bercerita, mereka punya sejarah yang panjang bersama Laleilmanino. Sejak beberapa tahun silam mereka sudah beberapa kali berkolaborasi.

Baca juga: Cara Laleilmanino maknai Hari Hutan Sedunia

Namun, menurut Febrian Nindyo Purbowiseso ‘HIVI!’, Dengar Alam Bernyanyi merupakan lagu pertama tentang lingkungan yang mengajak mereka terlibat di dalamnya.

“Bekerja dengan Laleilmanino seperti berkunjung ke rumah saudara. Kami punya ikatan personal, sehingga kolaborasi di antara kami memberi kehangatan dan menciptakan ‘klik’ tersendiri.”

Karena kedekatan mereka, bisa dibilang HIVI! tak menemukan tantangan berarti dalam proyek kolaborasi ini. Menghafal nada dan lirik bukan tantangan yang berat. Neida saja yang kebetulan mendapatkan bagian lagu yang nadanya terbilang tinggi untuk dia.

Sheila yang sudah lama sekali dengan Laleilmanino menyambut hangat tawaran untuk berkolaborasi.

“Di media sosial aku bukan tipe yang menyuarakan opini, jadi kalau Nino mengunggah postingan seperti itu, aku like saja,” seloroh Sheila, menambahkan dia menyadari perlu ada tindakan nyata agar alam tidak memburuk.

Bagi Sheila, salah satu lirik yang paling “berbicara” terletak pada reffrain Simpan gawaimu, hirup dunia. “Karena, sering sekali terjadi, walaupun sedang berada di alam, kita tetap sibuk dengan gadget. Rekam sana-sini sampai lupa menikmati yang ada di depan mata.”

Saat menyanyikan lagu ini, Sheila menyadari bahwa bumi memang membutuhkan manusia untuk menjaga yang sudah dititipkan.

“Sebenarnya, kalau kita berusaha untuk menjaga, pada akhirnya itu semua demi kita juga. Aku jadi terinspirasi untuk ikut menjaga mulai dari hal-hal kecil yang bisa aku lakukan sendiri,” kata Sheila.

Nino pun menambahkan, sebagian royalti dari lagu ini akan disumbangkan untuk konservasi dan restorasi hutan hujan tropis di Indonesia.

Baca juga: Laleilmanino rilis mini album perdana “Laleilmanino Version”

Baca juga: Studio Pop rilis lagu kolaborasi “Chrisye”, hadirkan Eva Celia

Baca juga: Laleilmanino luncurkan mini album baru “Laleilmanino Version”

Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2022

News Related

OTHER NEWS

Ibu pembunuh anak di Semarang diduga tersangkut pinjaman daring

Seorang ibu yang tega membunuh anak kandungnya dihadirkan saat pers rilis di Mapolrestabes Semarang, Rabu (11/5/2022). ANTARA/I.C. Senjaya Pinjamnya Rp12 juta, kemudian tagihannya jadi Rp38 juta.Semarang (ANTARA) – Seorang ibu ... Read more »

Polda Aceh: Vaksinasi dosis satu capai 100,05 persen

Petugas medis memeriksa kesehatan warga yang mengikuti vaksinasi vaksin COVID-19 dilaksanakan kepolisian di Banda Aceh, Rabu (11/5/2022). ANTARA/HO/Bidhumas Polda Aceh Banda Aceh (ANTARA) – Kepolisian RI Daerah (Polda) Aceh menyatakan ... Read more »

Kemenkominfo "take down" hampir seluruh hoaks soal COVID-19 di medsos

Tangkapan layar video YouTube yang telah dilabeli hoaks oleh Kominfo. Video itu menyatakan terdapat ustaz yang menjadi korban aksi begal di Lampung Timur. (Kominfo) Kominfo (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan ... Read more »

Keempat pabrik 3M di Shanghai kembali lanjutkan produksi

Sejumlah orang mengunjungi stan 3M dalam Pameran Impor Internasional China (China International Import Expo/CIIE)  kedua di Shanghai, China timur, pada 7 November 2019. (Xinhua/Fan Peishen) Jakarta (ANTARA) – Keempat pabrik ... Read more »

Pasar saham global pertahankan kenaikan jelang data inflasi AS

Ilustrasi – Para pialang sedang bekerja di lantai Bursa Efek New York, Wall Street, Amerika Serikat. ANTARA/Reuters/pri. (ANTARA/Reuters) Milan/Hong Kong (ANTARA) – Saham Eropa memperpanjang kenaikan mereka pada Rabu, dan ... Read more »

"Ngeri Ngeri Sedap" tayang 2 Juni, hadirkan problematika keluarga

Film “Ngeri Ngeri Sedap” tayang 2 Juni 2022 di bioskop Indonesia. (ANTARA/HO) Jakarta (ANTARA) – Film “Ngeri Ngeri Sedap” yang merupakan karya perdana dari rumah produksi Imajinari bekerja sama dengan ... Read more »

Malaysia harapkan tarik investasi Rp212 triliun dari AS

Menteri Senior Perdagangan Internasional Malaysia, Mohamed Azmin Ali saat pertemuan virtual Retreat Menteri Ekonomi ASEAN (AEM) ke-28, Kamis. ANTARA Foto/Ho-MITI (1) Kedua negara diharapkan dapat menyepakati  pengaktifan perjanjian itu dalam ... Read more »

Bappenas: Program penyelamatan terumbu karang hidupkan ekonomi lokal

Tangkapan layar Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Arifin Rudyanto saat memberikan sambutan dalam acara Penutupan Proyek dan Diseminasi Capaian COREMAP-CTI WB Hibah Global Enviroment ... Read more »

Buah-buahan asal Asia Tenggara manfaatkan RCEP untuk masuki pasar China

Foto yang diabadikan pada 20 Mei 2020 ini menunjukkan durian yang baru dipetik di Provinsi Chanthaburi, Thailand. (Xinhua/Rachen Sageamsak) Jakarta (ANTARA) – Durian memasuki puncak musim panennya, dan pesanan buah ... Read more »

Orang dewasa berpotensi tertular hepatitis akut

Warga mencuci tangan dengan air bersih di Jakarta, Rabu (23/3/2022). (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna) Fungsi dari sabun adalah menurunkan tegangan permukaan dari tangan sehingga kuman yang melekat akan mudah lepasJakarta ... Read more »

Komunitas Otomotif apresiasi layanan Pertamina selama masa lebaran

Layanan Pertamina Patra Niaga Sumbagsel yang menjual BBM jeriken untuk menghindari antrean di SPBU Jalan Tol Trans Sumatera selama momen mudik Lebaran 2022. (ANTARA/HO-Pertamina) Jakarta (ANTARA) – Komunitas otomotif memberikan ... Read more »

UI buka akses pendidikan bagi mahasiswa asing bertalenta

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris. ANTARA/Humas UI UI GREAT diperuntukkan bagi mahasiswa asing yang ingin menempuh pendidikan penuh waktu atau full time ... Read more »

BPBD Padang catat 16 lokasi pohon tumbang akibat cuaca buruk

Salah satu pohon tumbang yang menimpa rumah di Kota Padang akibat cuaca buruk (ANTARA/ HO BPBD Sumbar) Ada yang menimpa rumah warga, ada yang menghambat jalan dan lainnyaPadang (ANTARA) – ... Read more »

Kimia Farma optimistis "rights issue" digelar pada kuartal II 2022

Jajaran direksi dan komisaris Kimia Farma menghadiri RUPST perseroan di Jakarta, Rabu (11/5/2022). ANTARA/HO-KAEF. Jadi memang KAEF saat ini sedang menjajaki calon investor baru yang tentunya sudah diseleksi oleh financial ... Read more »

Tim peneliti China jumpai snowcock dan bharal di "basecamp" Gunung Qomolangma

Seekor bharal terlihat di dekat base camp Gunung Qomolangma pada 10 Mei 2022. (Xinhua/Jiang Fan) Lhasa, China (ANTARA) – Tim peneliti China menjumpai berbagai satwa liar Tibet termasuk yang dilindungi ... Read more »

Polri bantu cegah penyebaran penyakit mulut dan kuku hewan ternak

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. ANTARA/HO-Divisi Humas Polri Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak panik dengan munculnya PMK.Jakarta (ANTARA) – Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya telah ... Read more »

Megawati: Spirit kebudayaan jadi kunci perdamaian di Semenanjung Korea

Presiden kelima Indonesia yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, saat mendapatkan gelar profesor kehormatan tertinggi dari Seoul Institute of The Arts (SIA), Korea Selatan, di Seoul, Rabu ... Read more »

Pakar: Daging sapi terjangkit PMK aman dikonsumsi asal dilayukan dulu

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Lamongan Yurohnur Efendi saat meninjau ternak sapi di wilayah Lamongan beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim) Surabaya (ANTARA) – Pakar Kesehatan Masyarakat Veteriner ... Read more »

21 kasus dugaan hepatitis akut di Jakarta

Arsip foto – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria ketika diwawancarai awak media di Balai Kota Jakarta, Senin (18/4/2022). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna Namun demikian ini masih dalam proses ... Read more »

Dubes RI sambut kontingen Federasi Kempo Indonesia di Tunisia

Para atlet kontingen Federasi Kempo Indonesia (FKI) berlaga dalam Kejuaraan Dunia Kempo ke-18 di Hammamet, Tunisia pada 10-15 Mei 2022. (ANTARA/HO-KBRI Tunis) Saya optimistis, kita bisa harumkan Merah Putih,” ujarnya.Jakarta ... Read more »

Wapres Ma'ruf perintahkan kolaborasi untuk turunkan angka stunting

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan keterangan kepada wartawan didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kiri), Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (ketiga dari kiri) dan Kepala BKKBN ... Read more »

Serikat pekerja Afrika Selatan mulai pemogokan di ArcelorMittal

Arsip – Pabrik ArcelorMittal terlihat di Vanderbijlpark, kota industri di selatan Johannesburg, Afrika Selatan, 21 November 2017. (ANTARA/Reuters/Siphiwe Sibeko/as) London (ANTARA) – Serikat Pekerja Logam Nasional Afrika Selatan memulai pemogokan ... Read more »

Warga Pasar Gembrong berharap ada ruang bermain untuk anak-anak

Suasana permukiman warga usai musibah kebakaran di Pasar Gembrong, Jakarta, Rabu (11/5/2022). ANTARA/Yogi Rachman Jakarta (ANTARA) – Warga korban kebakaran di Pasar Gembrong RW 01, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta ... Read more »

Hasil tes usap, 11 tenaga pendidik di Depok positif COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Mary Liziawati.  (ANTARA/Feru Lantara) Depok (ANTARA) – Hasil tes usap antigen terhadap 1.084 pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat ... Read more »

ILUNI berharap para kontestan dapat lanjutkan kohesi kebangsaan

Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) Andre Rahadian. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi semoga pemilihan nanti berjalan guyubJakarta (ANTARA) – Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) Andre Rahadian berharap ... Read more »

Pasangan Ahsan/Kevin tak temukan ritme terbaik saat lawan Korea

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengusap wajahnya saat melawan pebulu tangkis Korea Selatan Heo Kwanghee dalam pertandingan babak penyisihan grup A Piala Thomas Uber 2022 di Impact ... Read more »

Isuzu boks modifikasi terguling di Boyolali dua orang meninggal

Polisi bersama warga saat membantu memberikan pertolongan kepada korban kendaraan Isuzu truk boks modifikasi yang terperosok di ladang Jalan Andong-Nogosari tepatnya Dukuh Tegalrejo Desa Sempu, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Rabu ... Read more »

Kasad ingatkan pangkotama perhatikan kondisi prajurit

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan keterangan pers di Mabesad, Jakarta, Rabu (11/5/2022). (ANTARA/Syaiful Hakim) Jakarta (ANTARA) – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengingatkan seluruh ... Read more »

Pemerintah susun strategi agar stunting turun 3 persen pada 2022

Wakil Presiden Ma’ruf Amin berbincang dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati seusai menghadiri Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Pusat di Istana Wakil Presiden Jakarta, Rabu (11/5/2022) (ANTARA/Desca Lidya ... Read more »

Tingkat hunian The Nusa Dua Bali capai 69 persen selama libur Lebaran

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo, mengajak para cucunya bermain di sekitar pantai Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Jumat (6/5/2022). ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Lukas/am. Badung (ANTARA) – Tingkat ... Read more »

GNIJ: Forum RW se-Jabar dukung Ridwan Kamil maju Pilpres 2024

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil seusai menghadiri silaturahmi pada halalbihalal Hari Raya Idul Fitri1443 H/ 2022 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (11/5/2022). (ANTARA/HO-Humas Pemda ... Read more »

Kementan segera vaksinasi hewan di wilayah wabah dan nonwabah PMK

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (tengah) memberikan keterangan pada media dalam konferensi pers di kantor Kementerian Pertanian Jakarta, Rabu (11/5/2022). ANTARA/Aditya Ramadhan. Dalam waktu yang sangat singkat ini, untuk daerah ... Read more »

Pemkot Surabaya kerahkan kendaraan roda tiga layani perekaman KTP-El

Ilustrasi – Perekaman KTP-El di Kota Surabaya. ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya layanan ini hanya untuk perekaman KTP-ElSurabaya (ANTARA) – Pemerintah Kota Surabaya mengerahkan empat armada berupa kendaraan roda tiga untuk melayani perekaman ... Read more »

Revitalisasi Pasar Hewan Barito

Pekerja membongkar bangunan kios pedagang untuk direvitalisasi di Pasar Hewan Barito, Jakarta, Rabu (11/5/2022). Pemeritah Kota Jakarta Selatan melakukan revitalisasi puluhan kios di Pasar Hewan Barito dengan target tiga bulan ... Read more »

Kimia Farma bagikan dividen Rp90,68 miliar

Tangkapan layar jajaran direksi Kima Farma saat memberikan keterangan dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu. (ANTARA/Citro Atmoko) Jakarta (ANTARA) – PT Kimia Farma Tbk melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan ... Read more »

Izin buka bersama, wanita asal Cengkareng hilang sejak dua minggu lalu

Tangkapan layar unggahan akun Instagram @forumwartawanpolri terkait Dini Nurdiana, Rabu (11/5/2022). (ANTARA/Walda) Jakarta (ANTARA) – Seorang wanita bernama Dini Nurdiana (27) menghilang sejak lebih dua minggu lalu ketika ingin pergi ... Read more »

PDIP Surabaya bangga Megawati dianugerahi gelar profesor dari Korsel

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dianugerahi gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA), Korea Selatan, Rabu (11/5/2022). (ANTARA/HO-PDIP Surabaya) Surabaya (ANTARA) – Pengurus dan kader Partai Demokrasi ... Read more »

Epidemiolog: Perubahan status pandemi harus mengarah ke terkendali

Epidemiolog Griffith University Australia, Dicky Budiman (ANTARA/Desi Purnamawati) Jakarta (ANTARA) – Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan bahwa perubahan status pandemi di Indonesia harus diarahkan kepada status terkendali ... Read more »

Review - POCO M4 Pro, spesifikasi sangar harga Rp3 jutaan

POCO M4 Pro. (ANTARA/Natisha Andarningtyas) Jakarta (ANTARA) – POCO beberapa waktu lalu meluncurkan ponsel dengan spesifikasi yang sangar untuk kelas harga Rp3 jutaan, M4 Pro Spesifikasi yang tinggi ini sudah ... Read more »

Kecamatan Karawaci buat dapur umum bantu warga terdampak banjir

Para ibu meracik makanan di dapur umum di Kelurahan Cimone untuk membantu warga terdampak banjir di tiga kelurahan, Rabu (11/5/2022) ANTARA/HO Tangerang (ANTARA) – Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Banten membuka ... Read more »