Perlintasan sebidang, antara kebutuhan dan keselamatan

Perlintasan sebidang, antara kebutuhan dan keselamatan

Sejumlah petugas berusaha mengevakuasi mobil Honda Mobilio yang tertabrak KRL Commuterline KA 1077 (Bogor-Jakarta Kota) di kawasan Rawageni, Ratu Jaya, Cipayung, Depok, Jabar, Rabu (20/4/2022). Kecelakaan yang terjadi di perlintasan sebidang itu menyebabkan terganggunya perjalanan KRL karena kereta harus melaju di satu jalur secara bergantian. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/tom. (ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU)

Tidak hanya di Depok, kebutuhan akan perlintasan resmi juga diharapkan warga Bekasi dan Tangerang serta sejumlah wilayah lain yang dilintasi jaringan rel kereta apiJakarta (ANTARA) – Tabrakan kendaraan bermotor dan kereta api di perlintasan liar sebidang kembali terulang, dan mungkin akan terulang jika tidak ada upaya serius mencari jalan keluar.

Data dari PT Kereta Api Indonesia(KAI) Daop 1 Jakarta, sepanjang Januari-Juni 2022 tercatat telah terjadi sebanyak 95 kecelakaan di perlintasan sebidang.

Kasus terbaru terjadi di perlintasan ilegal Gang Walet, Tambun, Kabupaten Bekasi, Selasa (21/6) 2022 sehingga satu orang tewas.
Tabrakan maut itu bermula ketika mobil Avanza melintas dari arah Jalan Stadion Cikarang, Kabupaten Bekasi dan mogok di tengah rel, dan beberapa saat kemudian melaju kereta api Argo Sindoro jurusan Semarang-Gambir.

Beruntung ibu dan anak di dalam mobil bisa keluar sebelum benturan terjadi, namun sang ayah tewas setelah mobilnya terseret sejauh dua kilometer.

Dua bulan sebelumnya, Rabu (22/4), sebuah Avanza juga mencoba melintasi perlintasan ilegal di Ratujaya Depok, Jawa Barat. Nahas, saat bersamaan muncul KRL tujuan Jakarta sehingga Avanza terjepit antara kereta dan pagar pengaman jalur kereta. Beruntung sang sopir selamat, namun dua jam lebih perjalanan KRL yang menjadi andalan pekerja ke Jakarta menjadi terganggu.

Dua peristiwa itu menunjukkan betapa rawannya perlintasan sebidang ilegal, apalagi dijaga tanpa pintu palang otomatis. Walau ada penjaga lintasan, biasanya jalan-jalan di perlintasan ilegal Ini sempit dan selalu padat kendaraan sehingga seringkali antrean kendaraan di tengah rel sulit mencair karena macet. Ini juga menunjukkan juga kecerobohan pengemudi yang berani menggunakan jalan alternatif yang berbahaya. Tetapi bagi sebagian masyarakat jalan alternatif itu menjadi sebuah pilihan agar mereka bisa lebih cepat sampai tujuan.

Dari kejadian itu PT KAI dengan tegas menutup kedua pelintasan liar itu sebagai upaya mewujudkan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api dan masyarakat. Bahkan, dua hari sebelum kecelakaan maut di Gang Walet itu, PT KAI Daop 1 Jakarta menutup enam perlintasan liar.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan tingginya angka kecelakaan di perlintasan sebidang menjadi perhatian bersama baik operator, regulator, pemerintah maupun kewilayahan setempat secara masif.

Keenam perlintasan liar yang rawan terjadi kecelakaan dan ditutup pada Minggu ini adalah Km 22+5/6 petak jalan Cakung-Kranji, Km 8+2/3 petak jalan Tanahabang-Palmerah, Km 41+2/3 petak jalan Citayam-Bojonggede, Km 39+9/0 petak jalan Citayam-Bojonggede, Km 57+6/7 petak jalan Daru-Tigaraksa, dan Km 91+9/0 petak jalan Catang-Cikeusal.

17 perlintasan ditutup

Secara total sejak Januari hingga Juni 2022 terdapat 17 perlintasan di wilayah Daop 1 Jakarta telah ditutup bekerja sama dengan para pihak terkait seperti Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, pemda, dishub dan aparat kewilayahan.

Perlintasan yang ditutup tersebut, 13 titik merupakan perlintasan liar dan 4 titik merupakan perlintasan resmi.

Penutupan itu sesuai Undang Undang No.23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian Pasal 94 menyatakan bahwa (1) Untuk keselamatan perjalanan kereta api dan pemakai jalan, perlintasan sebidang yang tidak mempunyai izin harus ditutup; (2) Penutupan perlintasan sebidang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah.

PT KAI terus berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tertib dalam berlalu lintas dan ikut menjaga keselamatan perjalanan KA.

Pengguna kendaraan yang akan melalui perlintasan sebidang resmi juga diimbau agar mengikuti tata tertib melalui rambu yang telah disiapkan dengan tidak memaksakan diri tetap melaju jika rambu sudah berbunyi.

Aturan tersebut juga sesuai dengan PP No. 72 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Angkutan KA Pasal 110 yang menyatakan bahwa (1) Pada perpotongan sebidang antara jalur KA dengan jalan yang untuk lalu lintas umum atau lalu lintas khusus, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan KA; (2) Pemakai jalan wajib mematuhi semua rambu-rambu jalan di perpotongan sebidang; (3) Pintu perlintasan pada perpotongan sebidang berfungsi untuk mengamankan perjalanan KA.

Menjadi jelas pintu perlintasan yang ada itu untuk mengamankan perjalanan KA karena sistem pengereman kereta tidak bisa cepat menghentikan lajunya dan yang didahulukan dan pengendara lain harus mengikuti aturan di perlintasan sebidang untuk mengamankan perjalanan KA.

Dibuka lagi

Sangat disayangkan, upaya penutupan perlintasan sebidang yang sudah dilakukan PT KAI di Kampung Rawageni, Ratujaya, Depok akhirnya kembali dibuka warga.

Untuk warga akses jalan itu sangat penting bagi kendaraan dari wilayah Cipayung, Depok yang akan bergerak menuju Pancoran Mas, Depok atau sebaliknya.

Saat perlintasan itu ditutup, jalan alternatif lain sepanjang Jalan Baru Dipo KRL Depok selalu terjadi antrean kendaraan roda empat apalagi di beberapa titik terjadi penyempitan sehingga kendaraan harus bergantian melintas.

Saking parahnya jika jam masuk kantor maka perlu hampir 20 menit melintasi jalan Dipo KRL itu. Ini yang membuat aktifitas warga juga menjadi terganggu.

Pada Senin (20/6) 2022, bantalan beton yang menghalangi perlintasan sebidang di Jalan Rawa Geni itu disingkirkan dan kendaraan akhirnya bisa melalui perlintasan yang kini dijaga tiga orang pemuda.

Salah satu warga yang menjaga pelintasan sebidang mengatakan, perlintasan sebidang itu dibuka berdasarkan kesepakatan warga dari lima Rukun Warga (RW) karena warga keberatan dengan padatnya kendaraan roda empat dan roda dua di Jalan Baru Dipo yang tanpa henti mengalir sejak pukul 06.00 sampai pukul 20.00 malam.

Antrean kendaraan membuat resah warga di jalur itu, sejak perlintasan ilegal itu ditutup. Apalagi jalan di pinggir areal Dipo KRL itu lebih sempit dibanding Jalan Raya Rawa Geni.

Sebenarnya masih ada perlintasan liar serupa yang akhirnya menjadi akses alternatif di sepanjang Jalan Raya Citayam itu karena tanpa a
kendaraan yang akan melintas dari timur ke barat atau sebaliknya hanya mempunyai dua akses yaitu di sekitar Stasiun Citayam dan di Pondok Terong.

Pelintasan Pondok Terong tidak begitu padat, namun perlintasan di ujung Stasiun Citayam walaupun resmi, namun sebenarnya lebih rawan kecelakaan dibanding perlintasan liar karena lebih padat kendaraan dan model lintasan yang salah satunya berbelok tajam dengan tanjakan.

Di sisi sebelah timur perlintasan juga akan dua jalan aksesnya langsung menuju perlintasan, belum lagi dari perlintasan di sebelah barat ada Pasar Citayam yang menjadi tempat “ngetem” angkutan umum.

Kendaraan roda empat harus rela antre sampai 30 menit untuk bisa bergerak dari Stasiun Citayam menuju Pasar Citayam atau sebaliknya, karena padatnya arus kendaraan dan seringnya perlintasan ditutup karena frekuesi KRL yang tinggi.

Siapapun akan berusaha menghindari perlintasan maut itu dan akhirnya perlintasan liar di Jalan Laskar menjadi alternatif yang bisa lebih cepat melintasi jalur kereta Jakarta-Bogor.

Bangun tidak sebidang

Satu-satu cara adalah segera membangun perlintasan tidak sebidang di ujung selatan Stasiun Citayam dan di Rawa Geni apalagi ini sesuai dengan amanat UU Perkeretaapian dan untuk menjamin keselamatan pengguna jalan.

Pemda harus merancang sejak dini perlintasan tidak sebidang itu karena mobilitas penduduk di sekitar Citayam sudah sangat tinggi dan menjadi kebutuhan masyarakat modern yang menginginkan kecepatan mobilitas.

Ke depan pertumbuhan penduduk di sekitar Citayam akan meningkat karena banyak tumbuh perumahan baru sehingga memicu juga penambangan volume kendaraan yang melintasi jaringan rel yang memisahkan dua wilayah itu.

Tidak hanya di Depok, kebutuhan akan perlintasan resmi juga diharapkan warga Bekasi dan Tangerang serta sejumlah wilayah lain yang dilintasi jaringan rel kereta api. Apalagi sekarang PT KAI juga akan menghidupkan kembali jalur-jalur KA yang sudah lama mati.

Munculnya jalur baru KA juga pasti menimbulkan kebutuhan masyarakat akan perlintasan kereta yang aman. Kerja sama antara Ditjen Perkeretaapian dengan PT KAI dan pemda diperlukan untuk menyediakan perlintasan yang aman dan menekan angka kecelakaan yang terjadi di perlintasan sebidang antara jalan kereta dan jalan.

Berdasarkan pasal 5 Permenhub Nomor 94 Tahun 2018 tentang Peningkatan Keselamatan Perlintasan Sebidang antara Jalur Kereta dengan Jalan, evaluasi perlintasan sebidang dilaksanakan paling sedikit satu tahun sekali oleh Ditjen Perkeretaapian untuk perlintasan sebidang yang berada di jalan nasional; gubernur, untuk perlintasan sebidang yang berada di jalan provinsi; dan bupati/wali kota untuk perlintasan sebidang yang berada di jalan kabupaten/kota dan jalan desa.

Hasil evaluasi tersebut disertai rekomendasi apakah perlintasan tersebut dibuat menjadi tidak sebidang, ditutup, atau ditingkatkan keselamatannya dengan memasang portal, isyarat lampu, tulisan, suara, dan lainnya.

Bagaimana evakuasi perlintasan sebidang selama ini, apakah ada tindak lanjut evaluasi itu. Evaluasi itu pasti akan menganalisa tingkat kerawanan setiap perlintasan sebidang dan rekomendasi yang dihasilkan.

Semoga pihak yang berkepentingan tidak lalai melakukan evaluasi dan mendorong segera pembangunan pelintasan tidak sebidang untuk perlintasan yang dalam tahun terakhir sudah masuk kategori rawan kecelakaan.

Selain itu perlintasan liar yang selama ini menjadi kebutuhan warga perlu ditingkatkan keselamatannya dengan tambahan peringatan rambu dan suara serta penambahan petugas perlintasan.

Harus ada upaya untuk terus meningkatkan keselamatan baik di perlintasan resmi ataupun perlintasan liar.

Baca juga: Perjalanan KA- KRL terhambat, imbas kecelakaan KA Argo Sindoro

Baca juga: Demi keselamatan, Kemenhub tutup 170 perlintasan KA liar di Sumbar

Baca juga: KAI diminta tutup perlintasan sebidang tak terjaga

Baca juga: Sering kecelakaan, KAI ingatkan jaga keselamatan di perlintasan kereta

COPYRIGHT © ANTARA 2022

News Related

OTHER NEWS

Dua Tersangka Kasus KSP Indosurya Bebas, Perkaranya Tetap Berjalan

© Disediakan oleh Kompas.com Nasabah Indosurya Gelar Demo di Depan PN Jakarta Pusat JAKARTA, KOMPAS.com – Dua tersangka kasus penipuan dan penggelapan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta dibebaskan. Hal ... Read more »

PKPU Berujung Damai, Garuda Indonesia Resmi Lolos dari Jeratan Pailit

© Disediakan oleh Kumparan Pesawat Airbus A330 Garuda Indonesia. Foto: Chaideer Mahyuddin/AFP Majelis Hakim Pengadilan Tata Niaga Jakarta Pusat resmi menerima dan menyatakan sah rencana perdamaian PT Garuda Indonesia (Persero) ... Read more »

Vaksinasi PMK Tembus 58 ribu Dosis, Jawa Timur Tertinggi

© Disediakan oleh Katadata Pemerintah melakukan percepatan vaksinasi terhadap hewan ternak untuk mencegah peningkatan jumlah hewan sakit karena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Kabupaten Malang dan Pasuruan di Jawa Timur ... Read more »

Prokes dan Vaksinasi Masih jadi Kunci Ampuh Atasi Omicron BA.4 dan BA.5

© Disediakan oleh Kumparan Pixabay. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengkonfirmasi kemunculan COVID-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang terdeteksi masuk Indonesia pada awal Juni lalu. Menanggapi hal itu, pakar Epidemiolog ... Read more »

Tersangka Indosurya Bebas, ICW Minta Kapolri Evaluasi Penyidik Polri

Jakarta, IDN Times – Indonesia Police Watch (ICW) meminta Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit untuk mengevaluasi penyidik Bareskrim, terkait bebasnya tersangka kasus Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya. Diketahui, Bareskrim Polri ... Read more »

Pasar Saham dan Obligasi Diproyeksi Masih Akan Fluktuatif dalam Sebulan ke Depan

© Cheppy A. Muchlis Pasar Saham dan Obligasi Diproyeksi Masih Akan Fluktuatif dalam Sebulan ke Depan KONTAN.CO.ID –  JAKARTA. Pada pekan lalu, Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk tetap mempertahankan suku bunga ... Read more »

PPDB Jenjang SMPN di Kota Tangerang Dimulai Hari Ini, Berikut Jadwal Lengkapnya

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi siswa SMP. Inilah jadwal PPDB SMP Negeri di Kota Surabaya 2022. TANGERANG, KOMPAS.com – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang membuka jalur penerimaan peserta didik baru ... Read more »

LaNyalla: Penghapusan PT 20 Persen Kembalikan Kedaulatan Rakyat

© ANTARA/Akbar Nugroho Gumay Ketua DPD La Nyalla Mattalitti sebut penghapusan PT 20 persen bisa kembalikan kedaulatan rakyat. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua DPD AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyatakan, gugatan pihaknya ... Read more »

Relawan Kritik Reaksi Sekjen PDIP yang Sindir Anies Baswedan Karena Undang Tukang Bakso

© KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Rully Renaldi, pedagang bakso yang berjualan di Formula E Jakarta, saat konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (24/6/2022). Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA ... Read more »

Hotman Paris Angkat Bicara soal Promo Muhammad-Maria, Beri Penjelasan kenapa Pimpinan Holywings Tak Ikut Dijerat Polisi

© Disediakan oleh Kompas.com Hotman Paris di Dewan Pengacara Nasional di kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (19/4/2022). JAKARTA, KOMPAS.com – Pemegang saham Holywings Hotman Paris angkat bicara soal promosi ... Read more »

United Tractors (UNTR) Diuntungkan Pelemahan Rupiah, Simak Rekomendasi Sahamnya

© Cheppy A. Muchlis United Tractors (UNTR) Diuntungkan Pelemahan Rupiah, Simak Rekomendasi Sahamnya KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dinilai membawa angin segar bagi PT ... Read more »

Pan Brothers Gelar RUPS Siang Ini, Berikut Sederet Agendanya

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – PT Pan Brothers Tbk. akan mengadakan rapat umum pemegang saham (RUPS) tahunan pada Senin, 27 Juni 222. RUPS digelar di Graha ... Read more »

Hotman Paris Minta Maaf ke Umat Islam Atas Kasus Promo Miras Holywings, Ketua MUI: Makasih Bang, Masya Allah!

© suara.com Hotman Paris Minta Maaf ke Umat Islam Atas Kasus Promo Miras Holywings, Ketua MUI: Makasih Bang, Masya Allah! [Instagram] Suara.com – Ketua MUI bidang Dakwah dan Ukhuwah KH ... Read more »

Hotman Paris Akhirnya Minta Maaf soal Promo Miras Holywings

© Disediakan oleh InsertLive Polemik kasus penamaan produk minuman Holywings yang menggunakan unsur agama ternyata berlanjut ke ranah hukum. Sebelumnya, Holywings melakukan promosi minuman alkohol gratis bagi pemilik nama Muhammad dan Maria. Baca Juga ... Read more »

10 Potret Fadil Jaidi Hangout Bareng Geng Bocil, Kayak 'Bapak 8 Anak'

Bukan Fadil Jaidi namanya kalau gak membuat orang-orang di sekitarnya bahagia. Belum lama ini, putra Pak Muh tersebut mengajak pasukan bocilnya untuk bermain bersama di Trans Studio Cibubur. Penasaran seperti ... Read more »

MXGP Indonesia di Samota: Tim Gajser 3 Kali Overlap Farhan Hendra

© JPNN.COM MXGP Indonesia di Samota: Tim Gajser 3 Kali Overlap Farhan Hendra ntb.jpnn.com, SAMOTA – Berakhir sudah MXGP Indonesia di Samota, Sumbawa, Minggu (26/6). Farhan Hendra Fahrodjie menyelesaikan race ... Read more »

Milan Harus Pilih antara Marco Asensio dan Hakim Ziyech

© EPA-EFE/MARISCAL Marco Asensio dilaporkan jadi incaran AC Milan. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — AC Milan harus memilih antara Hakim Ziyech dari Chelsea atau Marco Asensio dari Real Madrid untuk memperkuat lini depan ... Read more »

Dari Trofeo Meet The Star Ronaldinho, Persik Kediri Cari Pengalaman Bonus Trofi

© Disediakan oleh Kompas.com Legenda sepak bola Ronaldinho menyerahkan trofi ke kapten Persik Kediri Arthur Irawan sebagai juara Trofeo Meet The Star di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Minggu (26/6/2022) ... Read more »

Akademisi: Ibadah kurban momentum tingkatkan kepekaan sosial

Pemeriksaan hewan ternak di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah cegah penyebaran penyakit PMK. ANTARA/HO-Humas Polres Purbalingga Kurban merupakan ibadah yang sifatnya lebih kepada arah interaksi sosial antarmanusia. Ibadah kurban menekankan aspek ... Read more »

Doha berpeluang jadi tuan rumah pembicaraan nuklir Iran putaran baru

   TEHERAN, 26 Juni (Xinhua) — Putaran baru pembicaraan tentang pemulihan kembali kesepakatan nuklir 2015 kemungkinan besar akan digelar di ibu kota Qatar, Doha, seperti dilansir media Iran Nournews pada ... Read more »

Umtiti Dikaitkan dengan Kepindahan ke Fiorentina

© EPA-EFE/ALBERTO ESTEVEZ Bek FC Barcelona Samuel Umtiti REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bek Barcelona Samuel Umtiti tampaknya akan meninggalkan Camp Nou pada musim panas ini karena raksasa Katalunya itu ingin melepasnya. ... Read more »

Kemenkes: 388 Kasus Covid-19 Akibat Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 JAKARTA, KOMPAS.com – Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengatakan, hingga 26 Juni 2022, ada 388 kasus Covid-19 ... Read more »

5 Fakta Unik Anya Forger, Esper Imut dari Anime SPY x FAMILY

SPY x FAMILY jadi anime yang banyak digandrungi oleh penggemar anime untuk periode musim semi 2022. Bukannya tanpa alasan, anime yang diadaptasi dari manga berjudul serupa ini sempat membuat heboh ... Read more »

Resmi Putus, 9 Fakta Perjalanan Cinta Kendall Jenner dan Devin Booker

Hubungan asmara Kendall Jenner dan Devin Booker resmi berakhir. Pasangan favorit banyak orang ini mengakhiri perjalanan cinta mereka yang telah terjalin selama dua tahun terakhir. Kendall sendiri terkenal sebagai pacar ... Read more »

5 Pembalap MotoGP 2022 yang Menang pada Paruh Pertama Musim

Balapan MotoGP 2022 sudah melewati separuh musim atau sebelas seri. Saat ini semua pembalap sedang menikmati jeda panjang libur musim panas. Dari kesebelas seri balapan yang telah dilombakan tersebut, ada ... Read more »

Masih Dambakan Jodoh, Ayu Ting Ting Beberkan Kriteria Suami Idaman

© suara.com Ayu Ting Ting (Instagram/@ayutingting92) Suara.com – Ayu Ting Ting masih punya banyak target yang belum ia capai dalam hidup. Hal itu Ayu Ting Ting ceritakan di salah satu ... Read more »

Kampus Tempat Mayang Kuliah Kedokteran Terungkap, Ternyata Bukan Universitas Sembarangan

© suara.com Adik Vanessa Angel, Mayang. [Suara.com/Evi Ariska] Suara.com – Kampus tempat Mayang kuliah kedokteran akhirnya terungkap. Ternyata adik Vanessa Angel itu akan menempuh pendidikan kedokteran di salah satu universitas ... Read more »

Taiwan, Amerika Serikat adakan pembicaraan perdagangan pada Senin

Arsip– Bendera Yaiwan dan AS dipasang dalam sebuah pertemuan di Taipei, Taiwan, 27 Maret 2018. REUTERS/Tyrone Siu (Reuters/Tyrone Siu) Jakarta (ANTARA) – Taiwan dan Amerika Serikat akan mengadakan pembicaraan perdagangan ... Read more »

Kemenkumham tegaskan perlindungan kewarganegaraan melalui PP Nomor 21

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly. (ANTARA/HO-Humas Kemenkumham) Jakarta (ANTARA) – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menegaskan perlindungan kewarganegaraan bagi anak yang lahir dari ... Read more »

Kemenangan Tsitsipas di Mallorca patahkan keraguan banyak orang

Petenis Yunani Stefanos Tsitsipas mengembalikan bola ke arah lawannya petenis Denmark Holger Rune ​​​​​​​dalam laga babak keempat Turnamen Tenis French Open, Roland Garros, Paris, Prancis, Senin (30/5/2022). ANTARA FOTO/Reuters-Dylan Martinez/hp. Saya membuktikan ... Read more »

G7 Siapkan Rp8 Ribu Triliun untuk Bendung Pengaruh China di Negara Berkembang

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Pemimpin Kelompok Tujuh atau G7 berjanji menyediakan 600 miliar dolar AS atau Rp 8.878 triliun selama lima tahun untuk membiayai infrastruktur ... Read more »

Viral Acara Dihadiri Tamu Undangan Berpeci dan Berhijab, Hiburannya Malah Joget Begini, Publik: Panitia Salah Konsep

© suara.com Joget diacara yang dihadiri orangtua (Instagram/terangmedia) Suara.com – Sebuah acara mengundang perhatian publik lantaran antara tamu dan hiburan yang disajikan dianggap tak relevan. Video acara tersebut viral di ... Read more »

Masyarat Indonesia Bentangkan Bendera Merah Putih di Jerman, Ada Apa?

© JPNN.COM Masyarat Indonesia Bentangkan Bendera Merah Putih di Jerman, Ada Apa? ntb.jpnn.com, MUNICH – Bendera merah putih terbentang di Munich, Jerman. Ratusan masyarakat Indonesia membentangkan bendera merah putih untuk ... Read more »

Jusuf Kalla Doakan MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Lekas Sembuh

© JPNN.COM Jusuf Kalla Doakan MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Lekas Sembuh sultra.jpnn.com, JAKARTA – Doa terbaik untuk kesembuhan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo. Mantan menteri Dalam ... Read more »

Sampai Kapan Bayi Memiliki Refleks Babinski?

© Disediakan oleh Kumparan Illustrasi refleks babinski pada bayi. Foto: Shutter Stock Refleks atau gerakan spontan menjadi salah satu cara untuk memantau perkembangan motorik bayi. Ya Moms, bayi baru lahir ... Read more »

Banyak Polwan Dapat Promosi Jabatan, Menteri PPPA Apresiasi Kapolri

Jakarta, IDN Times – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengapresiasi Kapolri, Jenderal Listyo Sigit yang memberikan promosi posisi strategis kepada sejumlah polisi wanita (Polwan) baru-baru ini. ... Read more »

Hotman Paris Buka Suara soal Kasus Holywings, Begini Katanya, Tegas

© JPNN.COM Hotman Paris Buka Suara soal Kasus Holywings, Begini Katanya, Tegas jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Hotman Paris sebagai salah satu pemegang saham Holywings buka suara terkait poster promo minuman ... Read more »

Grab dan Gojek Tanggapi Keluhan Harga GoFood dan GrabFood yang Dinilai Makin Mahal

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi mitra GoFood sedang mengambil pesanan konsumen. KOMPAS.com – Sejumlah pengguna mengeluhkan harga layanan pengiriman makanan online seperti GoFood dan GrabFood yang dikeluhkan semakin mahal. Layanan ... Read more »

Momong Rayyanza, Dimas Beck Dianggap Sudah Cocok jadi Ayah

© tabloidbintang.com Dimas Beck disebut sudah cocok jadi ayah. (Seno/tabloidbintang.com) Dimas Beck sukses membuat netizen kagum dengan sifat kebapaan yang ditunjukkan kala mengasuh anak kedua dari sahabatnya, Raffi Ahmad. Meski ... Read more »

Headset VR Apple Bakal Dirilis dengan Prosesor M2

© suara.com Ilustrasi headset VR. [Shutterstock] Suara.com – Headset mixed reality Apple atau gabungan dari VR dan AR, diperkirakan mengusung prosesor M2 yang dipakai di MacBook. Headset ini juga disebut ... Read more »