Pentingnya Isu Kebudayaan Lokal Dibahas dalam Ajang G20

pentingnya isu kebudayaan lokal dibahas dalam ajang g20

Pengendara motor melintas di samping logo Presidensi G20 Indonesia 2022 (ilustrasi). G20 merupakan momentum untuk memperkenalkan kebudayaan lokal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Isu kebudayaan penting dibahas dalam ajang G20 karena ada banyak local wisdom dari berbagai negara yang bisa didiskusikan dan menjadi kekayaan bersama dalam menghadapi krisis iklim.

 

Selain itu, tim juru bicara G20, Maudy Ayunda Maudy mengajak anak muda untuk mengenal lebih bayak lagi terkait kearifan lokal kita, sebab ada banyak kebudayaan lokal yang sebenarnya bisa diadopsi untuk menjaga kelestarian bumi dari ancaman perubahan iklim.

 

Menurut dia, generasi muda sekarang sangat awareness dengan krisis iklim. “Tetapi bagaimana menghubungkan itu dengan aspek kebudayaan. Makanya saya mengajak anak muda untuk menggunakan keingintahuan kita mengenal lebih dalam lagi kearifan lokal ini karena ada banyak kearifan lokal yang bisa diandalkan untuk mengatasi perubahan iklim.” ujar Maudy dalam diskusi Kebudaaan untuk Bumi Lestari yang digelar Forum Merdeka Barat 9 di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

 

Dia menerangkan, Indonesia sudah melakukan banyak terobosan berskala global untuk bersama-sama memulihkan kondisi pasca pandemi. Salah satu di antaranya adalah inisiasi agenda pemulihan global melalui aksi gotong rotong dengan jalan kebudayaan untuk hidup yang berkelanjutan.

 

Menurut Maudy, ke depan kebutuhan untuk membiayai perubahan iklim kian besar. Kendaraan bermotor menyumbang 70 persen atas pencemaran senyawa berbahaya yang menyebabkan polusi udara. Selain itu, polusi juga terjadi pada makanan. Kemudian, World bank memperkirakan manusia membuang lebih dari dua milliar ton sampah per tahun.

 

“Jadi bayangkan teman-teman semakin besar lagi kebutuhan gaya hidup yang berkelanjutan untuk menyelamatkan bumi dan lingkungan yang alami banyak kerusakan karena aksi manusia,” ucap Maudy.

 

Salah satu cara yang paling tepat untuk mengatasi krisis itu ialah melalui kebudayaan. Ada banyak kebudayaan masa lalu yang bisa dipelajari dan sekarang hidup.

 

Ada kearifan lokal seperti sistem irigasi subak di Bali, Nyabuk Gunung praktik bercocok tanam di Jawa yang sebenarnya untuk konservasi lahan jadiya.

 

“Kalau dibayangkan Indonesia ini archipelago banyak sekali culture, kebayang kekayaan dengan kebudayaan-kebudayaan ini,” kata dia.

 

Kebudayaan yang dimaksud ialah perspektif yang turun temurun, mengembalikan ke aslinya, local wisdom. Ada juga dalam konsep resicle economy, yakni mengambil secukupnya dan mengembalikan ke bumi sisanya.

 

Kendala saat ini, lanjut Maudy, adalah bagaimana menghubungkan kebudayaan atau kearifan lokal dengan anak muda sebab anak generasi milenial saat ini sudah sangat sadar dengan ancaman perubahan iklim hanya bagaimana menyambungkannya dengan kearifan lokal.

 

“Mungkin dengan upaya kelembagaan seperti adanya sanggar sanggar anak muda bisa masuk ke kearifan lokal itu. Sebab, apabila masuk dengan kebudayaan yang saklek makanya ga akan bisa kena, makanya harus dieksplore,” tutur dia.

 

Dalam mempromosikan kebudayaan Indonesia di luar negeri. Maudy mengaku melakukannya tidak dengan budaya yang saklek, tetapi dieksplorasi lebih lanjut. “Saya memasak rendang, mengundang teman teman, saya juga menggunakan kebaya saat wisuda,” kata dia.

News Related

OTHER NEWS

Tak Terima Disebut Sambo saat Masyarakat Demo, Mantan Kades di Jambi Lapor ke Polda Jambi

� TRIBUNJAMBI.COM,JAMBI- Bustomi, Mantan Kepala Desa Sakean, Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi melapor salah satu akun Youtube ke Polda Jambi terkait pencemaran nama baik. Bustomi melapor ke Polda Jambi ... Read more »

Warga Mengira Acara Dihentikan Karena Hujan, Isi Gunungan 'Dijarah', Merti Desa Muncar Semarang

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA – Puluhan warga Desa Muncar, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang ‘menjarah’ hasil sedekah bumi dalam merti desa. Sebelum dijarah warga, sedekah bumi tersebut sebelumnya diarak keliling Desa Muncar menuju ... Read more »

Batik Sembung di Yogyakarta, Lestarikan Budaya dengan Belajar Membatik

Ilustrasi proses membatik di tempat produksi Batik Sembung, Kulon Progo, Yogyakarta. KOMPAS.com – Berkunjung ke Desa Gulurejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tak lengkap rasanya tanpa ... Read more »

Resep Pempek Pistel Khas Palembang, Isi Pepaya Muda yang Maknyus

Pempek pistel sebelum digoreng. Foto: instagram @anayafatmawati Varian pempek khas Palembang ada banyak, salah satunya pempek pistel. Kuliner khas ini juga menjadi favorit masyarakat lokal. Perlu diketahui bahwa, pempek pistel ... Read more »

David Bayu Akan Tampil di Festival Musik Pontianak Fair

David Bayu. Foto: Dok Hi!Pontianak Hi!Pontianak – Menyambut hari ulang tahun Kota Pontianak yang ke 251 tahun, festival musik Pontianak Fair hadir memberikan hiburan untuk masyarakat yang akan diselenggarakan pada ... Read more »

HUKUM Tidur Setelah Sholat Subuh Diungkap Buya Yahya, Bisa Kehilangan Beberapa Hal: Rezeki Sempit

SRIPOKU.COM – Bagaimana hukum tidur setelah sholat subuh? Begini penjelasan Buya Yahya. Inilah hukum tidur setelah sholat subuh yang disampaikan oleh Buya Yahya dalam ceramahnya. Pentingnya untuk mengetahui hukum tidur ... Read more »

RENCANA Bonek soal Tragedi Arema vs Persebaya, Ajak Lakukan Galang Dana dan Kunjungi Rumah Duka

SURYA.CO.ID – Tragedi Arema vs Persebaya Surabaya yang memakan korban jiwa, tak hanya memberikan duka mendalam bagi Aremania. Seluruh pencinta sepak bola Tanah Air hingga dunia pun, ikut berduka dan ... Read more »

Misteri Keberadaan Rizky Billar Setelah Smackdown Lesti Kejora, Toyota Alphard Warna Putih Terparkir

BANJARMASINPOST.CO.ID – Misteri keberadaan Rizky Billar setelah melaukan aksi smackdown kepada Lesti Kejora sampai saat ini belum jelas. Dikutip TribunKaltim.co dari grid.id, rumah Lesti dan Billar yang menjadi tempat kejadian ... Read more »

Emil Dardak Ralat Jumlah Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan, Bukan 174 tapi 131 Orang

TRIBUNJABAR.ID, SURABAYA – Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak memberikan ralat mengenai jumlah korban jiwa tragedi di Stadion Kanjuruhan. Tragedi tersebut terjadi setelah laga Arema FC vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) ... Read more »

BRI Sampaikan Belasungkawa kepada Korban dan Sesalkan Insiden Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

BRI Sampaikan Belasungkawa kepada Korban dan Sesalkan Insiden Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Keluarga besar PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengucapkan turut berbela sungkawa sedalam-dalamnya atas tewasnya sejumlah supporter Arema ... Read more »

Kesaksian Striker Asing Arema FC saat Tragedi Kanjuruhan

Kesaksian Striker Asing Arema FC saat Tragedi Kanjuruhan jpnn.com, MALANG – Striker asing Arema FC, Abel Camara menjadi saksi kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (2/10/2022). Kerusuhan yang melibatkan ... Read more »

Pernyataan Lengkap Jokowi soal Tragedi Arema vs Persebaya: Duka Mendalam, Minta Liga 1 Dihentikan

SERAMBINEWS.COM – Presiden Jokowi mengeluarkan pernyataan menyusul tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, yang menewaskan 129 orang.� Sebanyak 129 orang meninggal dunia akibat kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, ... Read more »

Unik! Tes Kepribadian Menggunakan 5 Jenis Sushi ini

Suara.com – Tahukah anda seperti apa jalan yang akan membawa anda menuju kesuksesan? Umumnya tes kepribadian dilakukan layaknya proses ujian. Namun, siapa sangka makanan sushi juga bisa digunakan sebagai tes ... Read more »

Kutuk Aksi Represif TNI-Polri dalam Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kontras: Tindakan Sewenang-wenang dengan Kekerasan!

Koordinator Kontras Fatia Maulidiyanti. [ kontras.org] SuaraSumut.id – Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) mengutuk keras tragedi Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (1/10/2022) malam. Badan Pekerja Kontras, Fatia ... Read more »

Tragedi Sepak Bola, Pemain Persib Berharap Semua Pihak Berbenah

Suara.com – TANTRUM – Peristiwa kematian terkait sepak bola di tanah air kerap berulang. Yang terbaru adalah kerusuhan di akhir pertandingan Arema versus Persebaya yang menelan ratusan korban jiwa. Ungkapan ... Read more »

Bos Persib Jelaskan Nasib Pemegang Tiket Laga Batal Kontra Persija

Direktur Utama Persib Bandung Teddy Tjahjono saat berkunjung ke kantor kumparan. Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) menjelaskan nasib pemegang tiket laga Persib vs Persija Jakarta. ... Read more »

Kunci Jawaban untuk Materi Tematik Kelas 4 SD Tema 3, Apa Saja Fungsi Antena pada Hewan Kumbang?

Kunci Jawaban untuk Materi Tematik Kelas 4 SD Tema 3, Apa Saja Fungsi Antena pada Hewan Kumbang? Inilah beragam fungsi antena pada kumbang, kunci jawaban materi tematik kelas 4 SD ... Read more »

Kesaksian Penyintas Tragedi Kanjuruhan: Mata Pedih, Gedong Anak Berdesakan Menyelamatkan Diri

Saksi mata pertandingan Arema FC vs Persebaya di Kanjuruhan Malang [SuaraMalang/Aziz Ramdhani] SuaraMalang.id – Doni (43) satu dari ratusan penyintas Tragedi Kanjuruhan Malang menceritakan detik-detik mencekam pertandingan Liga 1 Arema ... Read more »

Stadion Kanjuruhan Tanpa Suporter Persebaya, Jadi Apa Penyebab Kerusuhan? Panpel Ogah Ubah Jadwal?

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA – Panitia pelaksana pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya ternyata menolak rekomendasi dari kepolisian untuk memajukan pertandingan menjadi sore hari. Hal ini berbeda dengan panpel Persib Bandung vs ... Read more »

Ridwan Kamil: Kalau Takdir Presiden di Pak Anies, Kita Dukung

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diacara Farewell Event Anies Baswedan di Djakarta Theater, Jakarta pada Minggu (2/10). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) berujar akan mendukung siapa ... Read more »

Firasat Kuat Ibu Aremania Garis Keras, Larang Anak Nonton di Kanjuruhan: Dukung Sewajarnya Aja!

Viral ibu seorang Aremania melarang anaknya mendukung langsung Arema FC di Stadion Kanjuruhan usai 170 lebih orang meninggal dunia dalam kerusuhan. (Twitter/@indosupporter) Suara.com – Kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan ... Read more »

Foto: Perayaan Hari Balet Sedunia dengan Pementasan Tari Balet di Jakarta

Sejumlah penari menampilkan tari balet dalam pementasan bersama menyambut Hari Balet Sedunia di Pos Bloc, Pasar Baru, Jakarta, Minggu (2/10/2022). Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO Suasana pementasan tari balet bersama ... Read more »

Cocok untuk Penderita Intoleransi Laktosa, Berikut 4 Makanan Rendah Laktosa yang Bisa Dicoba!

Makanan rendah laktosa bisa menjadi solusi ketika tubuh memiliki intoleransi laktosa yang mampu memberikan efek samping pada kesehatan. Masalah yang seringkali ditemui pada intoleransi laktosa seperti diare, perut terasa kembung, ... Read more »

Kain Kuning jadi Rebutan Warga Usai Naga Bekenyawa di Samarinda Seberang

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA – Selain prosesi pagelaran adat istiadatnya yang menarik, ada hal unik lain yang juga menjadi perhatian masyarakat luas dalam kegiatan Naga Bekenyawa yang menjadi rangkaian tradisi Erau di ... Read more »

Nobar Film Miracle in Cel No 7 Bagi Komunitas Sebarkan Samarinda

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA – Tangisan dan air mata mewarnai suasana nonton bareng (Nobar) Film Miracle in Cell no 7 diselenggarakan Komunitas Sebarkan Samarinda di Studio 5 XXI Mall Samarinda Square Jalan ... Read more »

MASA LALU Rizky Billar Dibongkar Satria Mulia dan Kim Hawt, Sebut Pernah Pacari Transgender

TRIBUN-BALI.COM – MASA LALU Rizky Billar Dibongkar Satria Mulia dan Kim Hawt, Sebut Pernah Pacari Transgender. Kabar Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang diduga dilakukan Rizky Billar terhadap Lesti Kejora ... Read more »

Sebut Rizky Billar Pernah Pacaran dengan Transgender, Satria Mulia Bongkar Masa Lalu Lagi

TRIBUN-MEDAN.com�- Artis Rizky Billar dan Lesti Kejora hingga saat ini masih menjadi pusat perhatian publik. Hal ini lantaran Lesti Kejora dikabarkan tengah dirawat di rumah sakit pasca melaporkan suaminya, Rizky ... Read more »

Desa Wisata Sekonyer Terpilih Jadi Kampung Berseri Astra

Perwakilan Astra Internasional Wanwan Adi Kurnia secara simbolis menyerahkan berbagai bantuan tempat sampah, tempat cuci tangan, toilet umum, perlengkapan home stay, 2 unit laptop, 2 unit smartphone kepada Sekdes Sekonyer, ... Read more »

SOSOK Briptu Fajar Yoyok, Polisi Korban Tragedi Arema FC vs Persebaya, Dia Lulusan SDN 1 Sukosari

TRIBUNJABAR.ID, TRENGGALEK – Dua anggota polisi meninggal dalam peristiwa kerusuhan di Stadion Kanjuruhan pasca laga Arema FC Vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) malam. Dua polisi tersebut, yakni Briptu Fajar Yoyok ... Read more »

Keindahan dan Sejuknya Wisata Puncak Darajat Pass Garut, Simak Rute dan Harga Tiketnya

Suara.com – SuaraSumedang.id – Di Kabupaten Garut sekarang banyak pilihan untuk bisa berenang di air panas. Salah satunya adalah di daerah Puncak Darajat Garut yang semakin populer dikalangan para wisatawan. ... Read more »

Jelang Lawan Guam di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Timnas Indonesia Didominasi Pemain Borneo FC

TRIBUNKALTIM.CO – Pimpinan Klasemen Liga 1 2022, Borneo FC jadi klub yang menyumbangkan pemain terbanyak untuk Timnas U-17 Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Terdapat lima pemain Borneo ... Read more »

Raffi Ahmad Ucapkan Belasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan Tewaskan 174 Orang: Al-Fatihah untuk Korban

TRIBUN-BALI.COM – Raffi Ahmad Ucapkan Belasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan Tewaskan 174 Orang: Al-Fatihah untuk Korban. Artis Raffi Ahmad menyampaikan rasa duka mendalam atas insiden naas Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 174 ... Read more »

Canda RK soal Capres Jebolan UGM: Ada Ganjar Ada Anies, Mending Pilih Saya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diacara Farewell Event Anies Baswedan di Djakarta Theater, Jakarta pada Minggu (2/10). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) berguyon bahwa Universitas Gadjah ... Read more »

Mulan Jameela Berduka Dengar Tragedi Sepak Bola di Malang, Iba Ucapkan Belasungkawa Usai 182 Suporter Arema Tewas: Ya Allah

Mulan Jameela Berduka Dengar Tragedi Sepak Bola di Malang, Iba Ucapkan Belasungkawa Usai 182 Suporter Arema Tewas: Ya Allah Mulan Jameela ucapkan belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan suporter ... Read more »

Kombes Pol Adam: Juru Masak Ditemukan Selamat dari Kebiadaban KKB

Kombes Pol Adam: Juru Masak Ditemukan Selamat dari Kebiadaban KKB papua.jpnn.com, MANOKWARI – Reva (28 tahun) seorang perempuan juru masak yang dikabarkan hilang pascaserangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) terhadap 14 pekerja ... Read more »

Sri Mulyani, Erick Thohir, dan Sandiaga Uno Sampaikan Belasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan

Suasana di area Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, seusai kericuhan penonton yang terjadi seusai laga pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 bertajuk derbi Jawa Timur, Arema FC vs Persebaya Surabaya, Sabtu ... Read more »

3 Jenazah Korban Pembantaian KKB Tiba di Sulsel

Tiga jenazah korban pembantaian KKB atau kelompok kriminal bersenjata di Kampung Mejnik, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, tiba di Sulawesi Selatan, Minggu (2/10). Foto: Dok. Istimewa Tiga jenazah korban pembantaian ... Read more »

LIVE HASIL Final Vietnam Open Hari Ini, Pemain Muda Ganda Campuran Indonesia Kunci 1 Gelar Juara

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Indonesia sukses mengunci satu gelar Vietnam Open 2022. Perhelatan final Vietnam Open Super 100 akan berlangsung hari ini Minggu 2 Oktober 2022. Indonesia dipastikan meraih satu emas pada ... Read more »

Klub Elite Eropa Soroti Tragedi Arema FC Vs Persebaya, Manchester United hingga PSG Beri Ucapan Duka

TRIBUNWOW.COM – Ucapan duka mengalir atas tragedi Arema FC Vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada Sabtu (2/10/2022). Tak terkecuali klub-klub di seluruh penjuru dunia yang memberikan ucapan ... Read more »

4 Cara Hilangkan Rasa Mual dengan Cara Alami, Bisa Dicoba di Rumah

Ilustrasi mual (Pixabay.com/mohamed_hassan) Suara.com – Pasti setiap orang pernah merasakan rasa mual yang diikuti dengan muntah, namun ada juga yang hanya merasakan mual. Rasa mual dan ingin muntah ini biasanya ... Read more »
Breaking thailand news, thai news, thailand news Verified News Story Network