Pemangkasan Waktu Karantina Ancam Varian Baru COVID-19 Masuk RI

Asia's Tech News Daily

© Disediakan oleh IDN Times

Jakarta, IDN Times – Epidemiolog dari Universitas Griffith, Brisbane, Australia, Dicky Budiman mewanti-wanti risiko masuknya varian baru COVID-19 ke Tanah Air ketika pemerintah melonggarkan waktu karantina. Dalam aturan yang baru, waktu karantina bagi warga yang tiba dari luar negeri dipangkas dari semula delapan hari menjadi lima hari. Pemerintah berharap kebijakan ini bisa meningkatkan kunjungan turis asing ke Bali. 

Kebijakan itu diumumkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, pada Oktober 2021, usai menggelar rapat terbatas secara internal dengan Presiden Joko “Jokowi” Widodo. Pemangkasan waktu karantina sejalan dengan langkah pemerintah yang kembali membuka Bali dan Kepulauan Riau untuk turis asing. 

Menurut Dicky, pemangkasan karantina selama lima hari saja tidak efektif untuk menyaring orang-orang yang membawa masuk virus Sars-CoV-2 ke Indonesia. Hal itu sudah dibuktikan berdasarkan penelitian di Selandia Baru. 

“Kita harus belajar dari pengalaman. Riset yang dilakukan di Selandia Baru menunjukkan karantina selama lima hari tidak efektif, 25 persen kasus (COVID-19) tetap bobol dan masuk ke wilayah. Itu kan juga sudah kita buktikan ketika varian Delta, Kappa dan jenis varian lainnya karena pada tahun 2020 hingga awal tahun ini, durasi karantina yang diberlakukan lima hari. Ini berbahaya,” ungkap Dicky kepada IDN Times melalui pesan suara pada Sabtu, 16 Oktober 2021. 

Pemerintah akhirnya memberlakukan kebijakan karantina selama delapan hari usai varian Delta merebak luas dari India. Varian Delta itu akhirnya menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dicky menyebutkan idealnya masa karantina bagi pelaku perjalanan internasional adalah tujuh hari. Durasi itu pun harus sudah memenuhi standar protokol kesehatan yang ketat. Para pelaku perjalanan internasional menunjukkan tes swab PCR dengan hasil negatif, telah divaksinasi lengkap, dan diawasi ketat selama karantina. 

Bila syarat dan ketentuan tersebut tak dipenuhi, kata Dicky, kemungkinan varian baru masuk ke Tanah Air semakin tinggi. Apalagi saat ini masih banyak negara atau wilayah yang kondisi pandemiknya belum terkendali. 

Dicky juga menyebut varian dari mutasi virus Sars-CoV-2 tetap terus bermunculan dan malah memperburuk kondisi pandemik COVID-19 di Tanah Air. Maka, kedatangan pelaku perjalanan internasional, kata dia, sangat berpotensi membawa masuk varian baru COVID-19. 

“Karantina ini jatuhnya sangat efektif, karena bukan suatu intervensi yang (membutuhkan) high technology. Kita hanya perlu tempat dan pemantauan sistem yang efektif,” tutur dia. 

Menurut Dicky, potensi masuknya varian baru COVID-19 di Indonesia semakin besar karena penegakan hukum di Tanah Air masih korup. Akibatnya, masih terdengar cerita warga yang datang dari luar negeri namun lolos dari kewajiban melakukan karantina. 

Lalu, apakah ini dapat memicu lonjakan kasus COVID-19 yang semula diprediksi terjadi pada akhir tahun jadi lebih cepat?

1. Epidemiolog prediksi lonjakan kasus COVID-19 gelombang ketiga terjadi pada akhir Desember 2021

© Disediakan oleh IDN Times Pemangkasan Waktu Karantina Ancam Varian Baru COVID-19 Masuk RI

Dicky memprediksi kasus COVID-19 kembali naik pada akhir Desember 2021 hingga pertengahan Januari 2022. Salah satu yang menjadi faktor karena warga sudah mulai libur merayakan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 sejak pertengahan Desember. Maka, secara otomatis diperkirakan warga akan menggunakan waktu libur untuk bepergian dalam waktu bersamaan. 

Selain itu, kata Dicky, jumlah cakupan warga yang telah divaksinasi masih tergolong rendah. Mengutip Our World in Data pada 15 Oktober 2021, jumlah cakupan warga yang telah divaksinasi lengkap hanya 38,1 persen. Sedangkan, cakupan penerima dosis pertama masih berada di angka 22,22 persen. 

“Selain itu, Indonesia masih di tahap di mana masih belum bisa mendeteksi sebagian besar kasus COVID-19. Belum lagi kemampuan 3T (tes, lacak dan isolasi) di daerah masih rendah. Kemampuan pencegahan COVID-19 di daerah juga rendah,” tutur dia. 

Dicky pun mewanti-wanti varian Delta COVID-19 belum selesai. Sebab, penambahan kasus virus corona harian masih tetap ada. Begitu pula angka kematian harian, meski jumlahnya kini berada di bawah 100 jiwa. 

“Belum lagi varian baru seperti Mu atau C.1.2. Bisa jadi, varian ini sudah ada di Indonesia tetapi belum terdeteksi,” kata dia. 

Diketahui, varian baru C.1.2 telah diumumkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) teridentifikasi kali pertama di Afrika Selatan pada Mei 2021. Dari sana, varian baru tersebut dilaporkan muncul di sejumlah negara lain seperti Republik Demokratik Kongo, Mauritius, China, Inggris, Selandia Baru, Portugal, dan Swiss. 

Menurut seorang ahli virus dan dosen di bidang imunologi dan penyakit menular di Central Clinical School University of Sydney, Dr. Megan Steain, varian C.1.2 mengandung mutasi yang terdapat dalam variant of concern (VOC) atau variant of interest (VOI).

2. Epidemiolog prediksi lonjakan kasus harian pada gelombang ketiga tak separah gelombang kedua

© Disediakan oleh IDN Times Pemangkasan Waktu Karantina Ancam Varian Baru COVID-19 Masuk RI

Di sisi lain, Dicky memprediksi jumlah lonjakan kasus pada gelombang ketiga tidak akan sebesar saat gelombang kedua yang terjadi pada Juli 2021. Hal itu lantaran sebagian masyarakat sudah divaksinasi atau merupakan penyintas COVID-19. 

“Kombinasi vaksinasi dan penyintas menyebabkan potensi lonjakan di gelombang ketiga tidak sebesar dampak di gelombang kedua. Hal itu dicatat dari segi infeksi kasus maupun angka kematian,” ujarnya. 

Tetapi, ia memprediksi area yang paling terdampak dari lonjakan gelombang ketiga wilayah di luar Jawa. Maka, harus disiapkan mitigasinya. “Kini yang jadi pertanyaan, sampai berapa jumlah lonjakan kasusnya, dari mulai 1.000 kasus per hari hingga yang buruk mencapai 30 ribu kasus per hari,” kata Dicky. 

Ia optimistis lonjakan kasus harian tidak akan melebihi 54 ribu seperti yang terjadi pada Juli 2021. “Namun, angka itu baru diperoleh bila dilakukan tes dan pelacakan. Tapi, bila tes dilakukan sekedarnya, paling tidak sama lah jumlah tesnya dengan sekarang-sekarang ini, maka kasus yang ditemukan sekitar 20 ribu,” tutur dia. 

3. Jokowi minta jajarannya atasi prediksi lonjakan kasus COVID-19 gelombang ketiga

© Disediakan oleh IDN Times Pemangkasan Waktu Karantina Ancam Varian Baru COVID-19 Masuk RI

Sebelumnya, Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah memberikan instruksi kepada seluruh jajarannya untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 gelombang ketiga pada akhir 2021. Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan, pihaknya mengatakan telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi. 

Ia menyebut, berdasarkan salah satu studi di scientific report berjudul “Multiwave pandemic dynamics explained: how to tame the next wave of infectious diseases”, kunci menahan gelombang ketiga COVID-19 adalah mengendalikan jumlah kasus pada masa strolling atau ketika kasus sedang rendah.

Dalam studi tersebut, Luhut menjelaskan, jumlah kasus disarankan ditahan pada tingkat 10 kasus per juta penduduk per hari atau dalam kasus Indonesia di sekitar 2.700 atau 3.000-an kasus.

“Saya yakin kita bisa mengendalikan kasus pada angka tersebut dan kuncinya adalah 3T, 3M, serta penggunaan PeduliLindungi,” kata Luhut pada 27 September 2021.

Ia mengklaim jumlah tracing dari hari ke hari terus meningkat. “Saat ini proporsi kabupaten kota di Jawa-Bali dengan tingkat tracing di bawah 5 hanya sebesar 36 persen dari total,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Staf Presiden (KSP) itu. 

Pencapaian target cakupan vaksinasi, kata Luhut, juga terus digenjot. Namun, kata dia, kinerja beberapa kabupaten/kota masih perlu dikejar untuk mencapai target 70 persen dosis 1 dan terutama 60 persen dosis 1 lansia.

“Kami akan bekerja dengan keras untuk mencapai target tersebut,” tutur Luhut. 

Internet Explorer Channel Network
Asia's Tech News Daily
News Related

OTHER NEWS

Liestiadi: Persikabo Siap 100 Persen Lawan Persija

© Persikabo Liestiadi menjadi pelatih anyar Persikabo 1973 menggantikan Igor Kriushenko. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pelatih Persikabo Liestiadi memastikan persiapan sudah maksimal menjelang laga melawan Persija Jakarta pada lanjutan Liga 1 ... Read more »

Menang Lawan Persipura, Ini Reaksi Pelatih Bhayangkara

© Republika/Thoudy Badai Pelatih Bhayangkara FC Paul Munster saat sesi latihan di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (9/3). REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pelatih Bhayangkara FC Paul Munster mengapresiasi permainan anak asuhnya dalam ... Read more »

BWF World Tour Finals: Presiden Jokowi Turun ke Lapangan dan Ayun Raket bareng Jonatan Christie

© Disediakan oleh Kompas.com Presiden Joko Widodo mengangkat Piala Thomas bersama Ketua Umum PBSI, Agung Firman Sampurna, di tengah-tengah pergelaran BWF World Tour Finals 2021, di Nusa Dua, Bali, 2 ... Read more »

Ini Prediksi Skuad Tottenham Lawan Brentford

© EPA-EFE / ALEX PANTLING Logo Premier League di lengan pemain Leeds, selama pertandingan Liga Utama Inggris antara Leeds United dan Wolverhampton Wanderers di Leeds, Inggris, 19 Oktober 2020. REPUBLIKA.CO.ID, ... Read more »

Jerman Berlakukan Lockdown Terhadap Warga yang Tidak Divaksinasi untuk Cegah Peningkatan Covid-19

© AFP Kanselir Jerman Angela Merkel berpidato pada konferensi pers setelah pertemuan dengan kepala pemerintahan negara bagian federal Jerman di Kanselir di Berlin pada Kamis (2/12/2021). TRIBUNNEWS.COM, BERLIN – Jerman ... Read more »

RI Bakal Bahas Isu Literasi dan Inklusi Keuangan di Pertemuan G20 Tahun Depan

© Disediakan oleh Kumparan Presiden Indonesia Joko Widodo berbincang dengan para pemimpin dunia lainnya di KTT G20 di Roma, Italia, Sabtu (30/10). Foto: Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden Pemerintah berencana ... Read more »

Fernando Alonso Kandidat Kuat Peraih Overtake Award F1 2021

© Andy Hone / Motorsport Images Fernando Alonso, Alpine A521, Lance Stroll, Aston Martin AMR21 Balapan tanpa ada pembalap saling mendahului pastinya terasa hambar, ibarat sayur tanpa garam. Aksi mereka ... Read more »

Menang Atas Mitra Surabaya, Persibo Bojonegoro Masuk 16 Besar Liga 3 PSSI Jatim

© Disediakan oleh Kumparan Pertandingan babak 32 besar Liga 3 PSSI Jawa Timur, antara Persibo Bojonegoro melawan Mitra Surabaya, di Stadion Joko Samudro, Kabupaten Gresik. Kamis (02/12/201) (foto: dok PSSI ... Read more »

Microsoft Luncurkan Teams Essentials untuk Bisnis Kecil

© xda developer Microsoft meluncurkan Microsoft Teams khusus untuk bisnis kecil bernama Teams Essentials REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Microsoft meluncurkan Microsoft Teams khusus untuk bisnis kecil. Versi baru yang dinamakan Teams Essentials ini diyakini ... Read more »

9 Potret Keindahan Salar de Uyuni, Cermin Langit di Bolivia

© Disediakan oleh IDN Times Beberapa destinasi wisata alam terbentuk dari proses alamiah tanpa ada campur tangan manusia. Proses alamiah tersebut mencipatakan destinasi wisata unik sekaligus memukau yang patut untuk ... Read more »

3 Atlet Lompat Jauh Ini Siap Jegal Maria Londa

© Disediakan oleh Kompas.com Maria Londa mempersembahkan medali emas ke-66 untuk Indonesia dari nomor lompat jauh JAKARTA, KOMPAS.com – Ada tiga atlet lompat jauh putri yang bisa menjegal atlet Indonesia, ... Read more »

Klasemen Liga Inggris Jelang Man United Vs Arsenal: The Gunners Menuju Zona Liga Champions, tetapi...

© Disediakan oleh Kompas.com Ekspresi kecewa Aaron Ramsdale (tengah) pada laga pekan ke-8 Liga Inggris yang mempertemukan Arsenal vs Crystal Palace di Stadion Emirates, Selasa (19/10/2021) dini hari WIB. KOMPAS.com ... Read more »

BWF World Tour Finals 2021: Stoeva Bersaudara Goreskan Sejarah Bagi Bulgaria

© JPNN.COM BWF World Tour Finals 2021: Stoeva Bersaudara Goreskan Sejarah Bagi Bulgaria jpnn.com, BALI – Duet kakak beradik asal Bulgaria Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva menciptakan sejarah baru bagi negaranya di ... Read more »

Skuad Thailand untuk Piala AFF 2020

© Disediakan oleh Kompas.com Pemain Thailand, Chanathip Songkrasin, merayakan golnya seusai membobol gawang Bahrain pada pertandingan kedua Grup A Piala Asia 2019, Kamis (10/1/2019). KOMPAS.com – Thailand telah mengumumkan skuad ... Read more »

Mobil Jadi Sporty dan Atraktif dengan Modifikasi Rally Look, Ini Part dan Aksesori yang Jadi Ciri Khasnya

© Disediakan oleh GridOto Ilustrasi Subaru Impreza Rally yang bisa jadi inspirasi modif gaya Rally Look Raspatidana/Otomotifnet Mobil Jadi Sporty dan Atraktif dengan Modifikasi Rally Look, Ini Part dan Aksesori ... Read more »

Diizinkan Real Madrid untuk Hengkang, Arsenal Tertarik Isco

© AP/Manu Fernandez Selebrasi pemain Real Madrid Isco setelah berhasil menjebol gawan Manchester City pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di stadion Santiago Bernabeu, Madrid,Rabu (26/2/2020). REPUBLIKA.CO.ID, LONDON ... Read more »

Harga Setir Mobil Copotan Tapi Kondisi Masih Mulus Tipe OEM Dijual Mulai Segini

© Disediakan oleh GridOto Ilustrasi Setir Mobil Copotan Antonio Beniah Hotbonar/GridOto.com Harga Setir Mobil Copotan Tapi Kondisi Masih Mulus Tipe OEM Dijual Mulai Segini Mengganti setir pada mobil bekas bisa ... Read more »

Max Biaggi-Valentino Rossi Terjebak Peran Jahat dan Baik

© Gresini Racing Podium: race winner Marco Melandri with Nicky Hayden and Valentino Rossi Duel Biaggi versus Rossi mewarnai sejarah MotoGP. Uniknya, kedua pembalap itu sudah berkonflik bahkan ketika tidak ... Read more »

Siapa Sangka Dulu BMW Sempat Bikin Mobil Mirip Buggy Namanya Just 4/2, Begini Tampilannya

Siapa Sangka Dulu BMW Sempat Bikin Mobil Mirip Buggy Namanya Just 4/2, Begini Tampilannya Siapa sangka, dulu BMW sempat bikin mobil konsep dengan tampilan minimalis. Untuk itu, seobat perlu kenalan ... Read more »

Hendra Setiawan: Menghadapi Jokowi Lebih Berat Ketimbang Melawan Minions

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Atlet bulu tangkis ganda putra Indonesia Hendra Setiawan berujar bahwa bertanding bulu tangkis melawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih berat dibandingkan ... Read more »

Makki Ungu Jalani Obesesi 50 Tahun Usia Lewat Ekspedisi Parikesit 7 Saga, Riding dan Hiking 7 Gunung

Makki Ungu Jalani Obesesi 50 Tahun Usia Lewat Ekspedisi Parikesit 7 Saga, Riding dan Hiking 7 Gunung Makki Ungu menjalani obsesinya yang bertepatan dengan usia 50 tahun. Jalani Ekspedisi Parikesit ... Read more »

Saksikan BWF World Tour Finals, Jokowi Sempatkan Sapa Atlet Bulu Tangkis RI

© Disediakan oleh Kompas.com Kunjungan Presiden Joko Widodo ke tempat pertandingan BWF World Tour Finals 2021 tersebut adalah untuk menerima dan memberikan apresiasi kepada tim bulu tangkis Indonesia yang menjuarai ... Read more »

Muncul Masalah Lagi di Proyek Tol Yogyakarta-Solo, Ada Warga yang Enggak Terima Sama Nominal Ganti Rugi Lahannya

© Disediakan oleh GridOto Potret pengerjaan fisik jalan tol Yogyakarta-Solo. Tribunsolo.com/Tri Widodo Muncul Masalah Lagi di Proyek Tol Yogyakarta-Solo, Ada Warga yang Enggak Terima Sama Nominal Ganti Rugi Lahannya Proyek ... Read more »

Man United Vs Arsenal, Misi Bangkit Setan Merah Terhalang Rekor Buruk

© Disediakan oleh Kompas.com Thomas Partey (kanan) berduel dengan Bruno Fernandes (kiri) dalam laga Manchester United vs Arsenal pada pekan ketujuh Liga Inggris 2020-2021 di Stadion Old Trafford, Minggu (1/11/2020). ... Read more »

BWF World Tour Finals 2021 : Wakil India Mundur, Marcus/Kevin Diuntungkan

TRIBUNJATENG.COM — Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, cukup diuntungkan dengan mundurnya salah satu lawan pada BWF World Tour Finals 2021. Plot twist dalam kompetisi terjadi ketika beberapa kontestan ... Read more »

Sorotan Hasil BWF World Tour Finals 2021: Pram/Yere Kalah Dua Kali, Peluang ke Semifinal Tertutup

TRIBUNNEWS.COM – Pasangan ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dipastikan tidak bisa melaju ke babak Semifinal BWF World Tour Finals 2021. Pasalnya Pramudya/Yeremia menelan kekalahan dari dua ... Read more »

Ironi Mitra Kukar: Pernah Mewah di Liga 1, Kini Terjun Bebas ke Liga 3

© Disediakan oleh Kumparan Protes keras pemain Mitra Kukar kepada wasit pertandingan Persija melawan Mitra Kukar di Stadion Utama Gelora Bung, Karno, Minggu,(9/12/18). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan Mitra Kukar akan main ... Read more »

Man United Vs Arsenal: Carrick Akui Belum Komunikasi dengan Rangnick

© Disediakan oleh Kompas.com Michael Carrick (tengah) saat mendampingi Man United sebagai pelatih sementara pada laga liga Champions kontra Villarreal di Le Ceramica Stadium, Rabu (24/11/2021) dini hari WIB. KOMPAS.com ... Read more »

Chord Gitar Top Topan - Safira Inema, Kunci dari C Mudah Dimainkan

© Freepik Ilustrasi chord gitar – Ini chord gitar dan lirik lagu Top Topan yang dinyanyikan oleh Safira Inema. TRIBUNNEWS.COM – Simak chord gitar dan lirik lagu Top Topan yang dinyanyikan ... Read more »

5 Air Terjun Terbaik di Swiss dengan Pesona yang Gak Ada Duanya

© Disediakan oleh IDN Times Swiss hingga kini masih menjadi negara tujuan para wisatawan yang berencana berlibur ke Eropa. Itu semua tak terlepas dari panorama alamnya yang terkenal sangat indah ... Read more »

Dari My Sassy Girl hingga Sejarah Menara Eiffel Tayang Akhir Tahun di Klik Film

© Disediakan oleh Tempo.co foto TEMPO.CO, Jakarta – Salah satu film terbaik Korea Selatan, My Sassy Girl yang dibintangi Jun Ji Hyun dan Cha Tae Hyun akan diputar di pengujung ... Read more »

Donna Agnesia dan Putrinya Dirawat di RS, Darius Sinathrya Ungkap Rasa Sedih

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Donna Agnesia dan putrinya, Sabrina Sinathrya dilarikan ke rumah sakit. Keduanya harus dirawat selama beberapa hari kedepan hingga kondisinya membaik. Suami ... Read more »

Daftar Tim di 8 Besar Liga 2: RANS Cilegon FC dan Persis Solo Satu Grup

© Disediakan oleh Kompas.com Pemain RANS Cilegon FC, Syamsir Alam. KOMPAS.com – RANS Cilegon FC dan Persis Solo merupakan dua dari total delapan tim yang dipastikan lolos ke 8 besar ... Read more »

Produk Indonesia 'Ditaksir' Rp 24,2 Triliun oleh Cina

© KBRI Beijing Penandatanganan nota kesepahaman dan surat intensi diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beijing, 30 November. REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING – Penjajakan bisnis di Trade Expo-Digital Edition (TEI-DE) 2021 menarik minat ... Read more »

Mata Uang Digital Bitcoin, Salah Satu Uang Kripto yang Kian Populer

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta –Bitcoin merupakan mata uang digital alias uang kripto yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada 2009 lalu sebagai alat tukar digital. Mata uang ... Read more »

Kasus Varian Omicron Terdeteksi di India

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – India melaporkan kasus pertama varian baru Covid-19, omicron pada Kamis, 2 Desember 2021. Kendati begitu, Pemerintah India belum punya rencana untuk ... Read more »

Grab Resmi Melantai di Bursa Saham AS

© Disediakan oleh Kompas.com Logo Grab terpampang di Nasdaq Tower di Times Square, New York, Amerika Serikat jelang IPO, Kamis (2/12/2021). KOMPAS.com – Perusahaan ride hailing, Grab Holdings resmi melantai ... Read more »

3 Cara Terbaik Memberikan Dukungan Saat Teman Dekat Divonis Positif HIV/AIDS, Jangan Dijauhi ya!

© Disediakan oleh Beautynesia Ketakutan dan ketidaktahuan tentang penyakit HIV/AIDS membentuk stigma negatif yang lazim di masyarakat yang menyebabkan adanya diskriminasi yang mengarah pada prasangka, sikap negatif, hingga pelecehan. Stigma ... Read more »

Dalam Empat Hari, Lebih 20 Juta Vaksin Tiba di Tanah Air

© www.pixabay.com Vaksin Covid-19 (ilustrasi). Dalam empat hari terakhir, lebih dari 20 juta dosis vaksin telah tiba di Tanah Air. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah mendatangkan lebih 20 juta vaksin dalam empat ... Read more »

Video Kreatif, Cara Menarik Minat Pengunjung Museum

© Universitas Bina Sarana Informatika Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Fakultas Komunikasi dan Bahasa melakukan kegiatan Pengabdian Masayarakat (PM). Pengabdian yang bertemakan “Pelatihan pembuatan video kreatif promosi REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA ... Read more »
On free-english-test.com you will find lots of free English exam practice materials to help you improve your English skills: grammar, listening, reading, writing, ielts, toeic