Pelajaran Hidup dari Masalah Ernanda Putra Desainer Jersey Timnas

Ernanda Putra selaku desainer jersey Timnas Indonesia 2024 menyampaikan permohonan maaf terkait cuitan yang ia lontarkan untuk pengamat sepak bola kenamaan, Coach Justin.

Duduk perkara kasus ini berawal dari kritik Coach Justin terhadap desain jersey terbaru Timnas Indonesia 2024 yang dirancang oleh Ernanda Putra.

Tak terima dengan kritik tersebut, Ernanda justru membuat cuitan yang membuat netizen menilainya sebagai sosok anti kritik.

“Justin yang gue tahu cuma Justin Hubner, Timberlake, dan Bieber. Siapalah dia tiba-tiba jadi ngomongin desain. Udahlah om lo urus saja hidupmu sendiri,” tulis Ernanda.

Adu argumen antara Ernanda dan Coach Justin di media sosial semakin memanjang. Warganet pun geram dengan sikap Ernanda, terlebih sebelumnya sudah kesal dengan desain jersey Timnas yang tak sesuai harapan.

Ada sejumlah pelajaran yang bisa diambil dari permasalahan Ernanda Putra. Mulai dari sikap melontarkan dan menerima kritik hingga bagaimana adab menyelesaikan permasalahan di ranah publik.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa pelajaran hidup dari kasus Ernanda Putra desainer jersey Timnas Indonesia.

1. Bijak dalam menyampaikan kritik

pelajaran hidup dari masalah ernanda putra desainer jersey timnas

Melalui kanal YouTube Registaco, Coach Justin selaku pengamat sepak bola kenamaan mengkritik desain jersey Timnas baru yang didesain oleh Ernanda Putra. Coach Justin menilai jersey tersebut tampak tak eksklusif karena logonya terkesan hanya sekadar ditempel.

Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan kalau logo Garuda yang terletak di sisi dada jersey terasa murahan. Bahkan, ia menganggap harga yang dibanderol untuk jersey terbaru Timnas terlalu mahal.

Jauh sebelum kasus ini muncul, kritikan sudah menuai tepat di hari peluncuran jersey baru Timnas Indonesia pada 18 Maret 2024 lalu. Meskipun beberapa di antaranya menyampaikan kritik membangun, namun sebagiannya lagi menyampaikan kritik yang menjatuhkan karya sang perancang.

Tak mudah bagi seorang desainer untuk membuat sebuah karya yang lahir dari idenya sendiri. Untuk itu, apresiasi diperlukan bagi mereka yang telah berhasil merampungkan apa yang telah ia buat.

“Saya juga manusia normal yang bisa tersinggung dan tidak luput dari emosi ketika hasil karya yang sudah dikerjakan dengan tidak mudah dicaci maki dengan kata-kata kasar yang sudah tidak relevan,” tulis Ernanda.

Pada dasarnya, Ernanda Putra selaku desainer menerima semua masukan dan kritikan yang masuk akal, tanpa bersifat menghujat, perkataan kasar, atau tanpa dasar. Dalam permohonan maafnya, ia menerima kritikan tersebut dan menjadi kesempatan untuknya berbenah di masa depan.

2. Menerima kritik tanpa harus menyinggung pihak lain secara personal

pelajaran hidup dari masalah ernanda putra desainer jersey timnas

Dari sekian banyak kritik yang ditujukan oleh Ernanda Putra, ia merespons salah satu kritik dari Coach Justin lewat platform X. Dalam cuitan itu, ia nampak menyepelekan kritik Coach Justin dengan kalimat seakan-akan tak mengenal sosok pengamat sepak bola kenamaan tanah air tersebut.

“Justin yang gue tahu cuman Justin Hubner, Timberlake, dan Bieber. Siapalah dia tiba-tiba jadi ngomongin desain. Udahlah om lo urus saja hidupmu sendiri,” cuit Ernanda.

Coach Justin turut merespons cuitan Ernanda yang menyinggung personalnya. Ia mengaku bahwa Ernanda adalah satu-satunya desainer yang berani melontarkan kritik balik seakan tak terima dengan masukkan dari pihak lain.

“Kenapa desainernya ngamuk-ngamuk, kan lucu gitu. Ini juga UMKM seperti Mills, Specs, kita dukung semua kok. Tapi caranya tidak pernah gue kritik Mills atau Specs, atau brand lain, dikritik balik, seperti desainernya Erspo. Dan yang lebih parah lagi, dia sudah menyerang gue secara personal. Biar netizen yang menilai,” ucap Coach Justin di Instagram miliknya.

Sebelum menyampaikan permohonan maaf, Ernanda Putra memperlihatkan sikapnya yang cukup arogan terkait kritik jersey Timnas yang ia rancang. Meskipun terasa menyakitkan, ada baiknya mengontrol perasaan untuk mempertimbangkan kebenaran dari kritik tersebut.

Alih-alih bereaksi dengan amarah, warganet berharap sang desainer bisa berterima kasih pada para kritikus terkait dengan masukan yang sudah disampaikan.

3. Berpikir terbuka saat menerima banyak kritik

pelajaran hidup dari masalah ernanda putra desainer jersey timnas

Coach Justin bukan satu-satunya pihak penting yang melontarkan kritik terkait desain jersey Timnas Indonesia terbaru. Sebelum itu, jersey tersebut juga sempat kena kritik halus dari pelatih Timnas, yakni Shin Tae Young.

Meskipun sebuah kritik bisa membuat seseorang merasa terancam, sebaiknya pahami emosi yang muncul ketika menerima masukan. Kenali dan terima emosi tersebut tanpa harus menanggapinya secara langsung.

Cobalah untuk berpikir terbuka dengan melihat situasi dari berbagai sudut pandang. Meresapi kritik menggunakan kepala dingin akan membuka ruang untuk refleksi yang lebih baik. Sebaliknya, memberikan balasan kritik yang impulsif hanya akan memperdalam konflik.

4. Pentingnya adab dan etika di ranah media sosial

pelajaran hidup dari masalah ernanda putra desainer jersey timnas

Salah satu hal yang perlu disadari oleh setiap orang dalam menggunakan media sosial adalah menjaga adab dan etika, baik perkataan ataupun tulisan. Walaupun tak mengenal dan bertatap muka secara langsung, bukan berarti seseorang bisa bebas melontarkan kalimat di luar batasan.

Merasa dihina oleh sang desainer jersey Timnas, Coach Justin menegaskan kepadanya untuk belajar tentang etika.

“Urusan lo sama Sadad bukan urusan kita. Tapi lo harus belajar etika. Lo nggak kenal gue tapi bisa menghina gue,” ucap Coach Justin saat berkomunikasi dengan Ernanda melalui chat.

Pada akhirnya Ernanda telah meminta maaf untuk semua pihak yang tersingung dengan pernyataannya. Ia memastikan perkataan dan pernyataan yang telah menyinggung sejumlah pihak tak akan terjadi lagi di masa yang akan datang.

“Terima kasih semuanya atas segala kritik, saran, dan masukkan membangun. Semoga hal ini tidak berlanjut dan berlarut-larut dan kita bisa fokus ke peran kita masing-masing dalam mendukung sepakbola Indonesia,” tulis Ernanda dalam pernyataan di Instagram.

Itulah beberapa pelajaran yang bisa diambil dari masalah Ernanda Putra desainer jersey Timnas. Dengan demikian, sudah semestinya setiap orang mampu menyampaikan dan menerima kritik dengan baik tanpa harus memperkeruh konflik.

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World