Pangkat Soeharto Saat G30S PKI Mayor Jenderal, Mengapa Tidak Diculik PKI?

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Banyak yang penasaran dengan pangkat Soeharto saat G30S PKI yang ternyata adalah mayor jenderal, lantas mengapa dia tidak diculik PKI ?

Jelang G30S PKI nama Soeharto Trending di Twitter karena dianggap negarawan, lantas dimana Soeharto saat G30S PKI ? Kenapa dia tak diculik PKI ?

Sejarah mengenai peristiwa Gerakan 30 September ( G30S ) masih terus diungkit dan ada yang menilai PKI tidak terlibat serta menduga Soeharto sebagai dalang.

Bahkan, jelang peringatan G30S PKI pada tanggal 30 September yang segera tiba, nama Soeharto sampai Trending di Twitter .

Sejarah soal G30S yang selalu diungkit di antaranya latar belakang, siapa saja yang terlibat, dan dalang sebenarnya di balik peristiwa tersebut, apakah benar dalam buku sejarah bahwa dalangnya adalah PKI .

Ada yang menduga bahwa Presiden ke-2 Republik Indonesia, Soeharto punya peran dalam insiden 1965 itu selain PKI .

Dia diduga sebagai orang yang berada di balik peristiwa G30S PKI dan pembantaian lebih dari 500 ribu orang yang menyusulnya.

Sebab, meskipun Soeharto salah satu jenderal TNI saat itu, namun dia tidak diculik dan dibunuh oleh PKI seperti jenderal-jenderal lainnya yang disebut tergabung dalam Dewan Jenderal .

Lantas dimana Soeharto saat terjadinya peristiwa penculikan pada malam 30 September 1965 dalam rangkaian G30S PKI ?

Lalu, mengapa Soeharto tidak diculik dan dibunuh PKI ?

Kesaksian Kolonel Latief dan keberadaan Soeharto Soeharto pada saat itu menjabat Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) atau Pangkostrad berpangkat mayor jenderal.

Soeharto disebut-sebut mengetahui akan rencana penculikan sejumlah jenderal yang diyakini sebagai Dewan Jenderal yang akan melakukan kudeta pada Presiden Sukarno .

Hal itu berdasarkan kesaksian salah satu pelaku yaitu Kolonel Abdul Latief dalam persidangan.

Dikutip dari buku John Roosa berjudul Dalih Pembunuhan Massal: Gerakan 30 September dan Kudeta Suharto, Latief bersaksi bahwa ia memberi tahu Soeharto soal rencana penculikan sejumlah jenderal.

“Sehari sebelum kejadian itu saya melapor langsung kepada Bapak Mayjen Soeharto, sewaktu beliau berada di RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat) sedang menunggui putranya yang ketumpahan sup panas.

Dengan laporan saya ini, berarti saya mendapat bantuan moril, karena tidak ada reaksi dari beliau,” kata Latief.

Latief, Soeharto, dan Dewan Jenderal Tak hanya sekali, Latief bahkan sebelumnya pernah membahas soal isu adanya “Dewan Jenderal” di rumah Soeharto.

Latief bercerita lebih lanjut, la menyatakan bahwa ia juga sudah membicarakan masalah Dewan Jenderal dengan Soeharto satu hari sebelumnya di kediaman Soeharto di Jalan Haji Agus Salim. Saat itu Soeharto masih menjabat sebagai Panglima Kostrad.

Pada pertemuan di rumah Soeharto itu Latief melaporkan adanya isu soal Dewan Jenderal yang akan melakukan kudeta. Menurut Latief, Soeharto telah mengetahui hal itu dari mantan anak buahnya dari Yogyakarta yang bernama Subagiyo.

“Tanggapan beliau akan dilakukan penyelidikan,” kata Latief.

Alasan Soeharto tidak diculik: Dianggap loyalis Bung Karno

Sementara itu dalam kesaksiannya kepada Mahkamah Militer, Latief membeberkan alasannya tidak memasukkan nama Soeharto dalam target penculikan. “…karena kami anggap Jenderal Soeharto loyalis Bung Karno, maka tidak kami jadikan sasaran,” kata Latief seperti dikutip dari buku Gerakan 30 September: Pelaku, Pahlawan, dan Petualang (2010).

Tak cuma itu, Latief bahkan melapor ke Mayjen Soeharto yang kala itu menjabat sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat.

Langkah ini dilakukan Latief setelah laporannya tak ditanggapi oleh Pangdam Jaya Mayjen Umar Wirahadikusumah dan Pangdam Brawijaya Mayjen Jenderal Basoeki Rachmat. Latief mengaku sudah beberapa kali mewanti-wanti adanya upaya kudeta oleh Dewan Jenderal.

Menurut Latief, Soeharto hanya bergeming mendengar informasi itu. Bahkan di malam 30 September 1965, Soeharto mengabaikan Latief yang menyampaikan rencananya menggagalkan kudeta.

Soeharto sendiri mengakui dia bertemu dengan Latief menjelang peristiwa G30S.

Namun dia memberikan kesaksian yang berganti-ganti. Posisi Soeharto saat peristiwa G30S/PKI Dalam wawancara dengan Der Spiegel pada 19 Juni 1970, Soeharto mengaku ditemui di RSPAD Gatot Subroto oleh Latief pada malam 30 September 1965.

Soeharto tengah menjaga anak bungsunya, Hutomo Mandala Putra alias Tommy yang dirawat karena luka bakar akibat ketumpahan sop panas. Namun katanya, Latief tidak memberi informasi apa-apa, malah akan membunuhnya saat itu juga.

“Dia justru akan membunuh saya. Tapi karena saya berada di tempat umum, dia mengurungkan niat jahatnya itu,” kata Soeharto.

Namun dalam otobiografinya, Soeharto: Pikiran, Ucapan, dan Tindakan Saya (1988), Soeharto mengaku hanya melihat Latief dari kejauhan dan tak sempat berinteraksi.

Supersemar

Soeharto menjadi pahlawan setelah ramainya peristiwa G30S. PKI dianggap sebagai dalang. Sementara itu Soekarno tidak melakukan apa-apa.

Masyarakat sipil, mahasiswa, dibantu tentara, menggelar berbagai demonstrasi besar-besaran menuntut PKI dibubarkan dan ekonomi diperbaiki.

Buntut dari peristiwa G30S yaitu pada 11 Maret 1966. Soeharto yang saat itu menjabat Panglima Angkatan Darat meminta Soekarno memberi kuasa untuk mengatasi keadaan.

Permintaan itu kemudian disebut sebagai Supersemar (Surat Perintah 11 Maret). Peristiwa itu menjadi jalan Soeharto menjadi presiden selanjutnya menggantikan Soekarno.

Selanjutnya Soeharto menumpas PKI. Setidaknya 500.000 orang yang dituduh PKI atau simpatisannya, dihabisi di berbagai penjuru Indonesia.

Ada juga yang dipenjara selama puluhan tahun seperti Latief, yang merasa dikhianati oleh Soeharto.

“Jadi siapa yang sebenarnya telah mengakibatkan terbunuhnya para jenderal tersebut? Saya yang telah memberi laporan lebih dulu kepada Jenderal Soeharto? Atau justru Jenderal Soeharto, yang sudah menerima laporan tetapi tidak berbuat apa-apa?” kata Latief dalam kesaksiannya. Dia juga mengatakan sama sekali tidak ada langkah-langkah untuk menambah penjagaan.

“Sebaliknya, setelah Peristiwa G30S meletus, selain menghantam G30S dan juga membantai ribuan rakyat yang sama sekali tidak tahu apa-apa, mereka bertiga (Soeharto, Umar Wirahadikusumah, dan Basuki Rachmat) kemudian malahan bersama-sama menggulingkan pemerintahan Presiden Sukarno,” ujar Latief.

Seputar peristiwa G30S PKI

Peristiwa G30S sendiri awalnya dipicu dari kabar adanya sekelompok jenderal atau Dewan Jenderal yang hendak mengudeta Presiden Soekarno.

Peter Kasenda dalam buku “Kematian DN Aidit dan Kejatuhan PKI” (2016) menulis, PKI mendapat informasi ini dari rekan mereka di militer yang merupakan simpatisan PKI.

Militer saat itu terbelah menjadi beberapa faksi yang saling memperebutkan pengaruh dan kekuasaan. Ada sebagian kecil yang simpati terhadap PKI.

PKI adalah salah satu partai yang cukup diperhitungkan saat itu. Kader-kadernya menduduki kursi dewan dan kursi pejabat.

Selain faksi militer yang simpati ke PKI, namun ada juga faksi-faksi yang justru anti terhadap PKI. Ada militer yang setia kepada Sukarno, dan ada yang tidak. Dalam faksi yang tidak loyal inilah diyakini Dewan Jenderal bersarang.

Ideologi di dunia berkembang setelah Perang Dunia II berakhir pada 1945. Negara-negara pemenang saling bersaing memperebutkan pengaruh.

Persaingan yang dikenal dengan Perang Dingin ini membelah dunia menjadi dua. Ada Uni Soviet dengan paham komunisnya.

Lalu ada Amerika Serikat dengan paham kapitalisnya. Pada 1960-an, Sukarno dan PKI condong ke Uni Soviet dan antibarat.

Dewan Jenderal diyakini sejalan dengan Amerika Serikat yang ingin menyingkirkan Soekarno.

Atas dasar keyakinan ini, para perwira militer yang loyal kepada Soekarno bergerak secara diam-diam untuk mencegah kudeta.

Para perwira militer itu antara lain Kolonel Abdul Latief (Komandan Garnisun Kodam Jaya), Letkol Untung (Komandan Batalion Pasukan Pengawal Presiden Cakrabirawa), dan Mayor Sujono (Komandan Resimen Pasukan Pertahanan Pangkalan di Halim).

Mereka didukung oleh Sjam Kamaruzaman, Kepala Biro Chusus (BC) PKI yang merupakan badan intelijen PKI. Daftar jenderal yang jadi sasaran disusun oleh Sjam bersama para perwira militer.

Para perwira militer itu berencana “menculik” para jenderal dan membawanya ke hadapan Presiden Sukarno.

Namun rencana itu gagal total, karena tidak dilakukan dengan matang. Para jenderal yang awalnya hanya akan diculik malah dibunuh. sumber data: Kompas.com dengan judul “Di Mana Soeharto Saat Peristiwa G30S PKI, Kenapa Tidak Ikut Diculik?”

( Tribunpekanbaru.com / Pitos Punjadi )

News Related

OTHER NEWS

Kiki Amalia Deg-degan Dinikahi Agung Nugraha, Merasa Jadi Perawan Lagi

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Setelah 10 tahun menyandang status janda, Kiki Amalia bersyukur dan berbahagia karena bisa merasakan lagi kehidupan berumah tangga. Kiki Amalia resmi menjadi istri Agung Nugraha. Mereka menggelar ... Read more »

Kakek di Empat Lawang Cabuli Cucunya yang Berusia 10 Tahun

Kakek berinisial IS saat ditangkap polisi atas kasu pencabulan di Empat Lawang. (ist) Seorang kakek berinisial IS (74 tahun) di Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Sumsel, ditangkap polisi usai ... Read more »

Zaskia Sungkar Cerita Pengalaman Rasakan Gempa saat di Turki

Zaskia Sungkar dan Irwansyah bersama anak pertama di momen Idul Fitri. Foto: Instagram/@zaskiasungkar15 Zaskia Sungkar bersama keluarga kecilnya menjalani ibadah umrah di Tanah Suci. Sebelum berangkat ke Makkah, aktris berusia ... Read more »

Top 5 Negara Juara MotoGP Terbanyak di Dunia, Negara Valentino Rossi Terbanyak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Berikut top 5 negara yang meraih juara terbanyak MotoGP. Negara berikut ini memiliki belasan hingga puluhan raihan gelar juara MotoGP. Raihan gelar juara MotoGP dihitung berdasarkan pencapaian asal ... Read more »

Cerita Keanu Angelo Dapat Tawaran Main di Film Keramat 2: Caruban Larang

Keanu Angelo. Foto: Instagram/@keanuagl Keanu Angelo menceritakan awal mula dirinya mendapat tawaran untuk bergabung dalam film Keramat 2: Caruban Larang. Keanu Angelo mengaku mendapat tawaran langsung dari sutradara film itu, ... Read more »

Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel Gelar Festival di Kabupaten Maros

Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel Gelar Festival di Kabupaten Maros jpnn.com, MAROS – Sejumlah pelaut yang ada di pesisir Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali menggelar Festival Nelayan. Kali ini, masyarakat Kabupaten Maros ... Read more »

Upah Minimum Diminta Pertimbangkan Kondisi Dunia Usaha Pascapandemi

Usulan kenaikan upah minimun yang terlalu tinggi juga berdampak negatif dengan pelaku dunia usaha yang perlahan sedang bangkit usai keterpurukan karena pandemi covid-19. Jakarta: Rumusan kenaikan upah minimum tahun 2023 ... Read more »

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko Calon Kuat Jadi Ketua PRSI Jatim

� SURYA.co.id | SURABAYA – Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menjadi calon kuat Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jawa Timur 2023-2027 mendatang. Ketua I sekaligus ... Read more »

3 Hotel Murah di Jakarta Mulai Rp 200 Ribuan, Cocok Buat yang Pengin Rehat Sejenak

TRIBUNJAKARTA.COM – Simak tiga hotel murah di Jakarta yang cocok buat kamu rehat sejenak dari pekerjaan. Tak sedikit orang yang memilih liburan ke hotel untuk sekedar rehat sejenak menenangkan pikiran ... Read more »

Dugaan Mafia Tambang Menerpa Polri Dinilai Lebih Besar dari Sambo Gate

Dugaan mafia tambang itu disinyalir sudah berlangusng cukup lama. Jakarta: Dugaan mafia tambang tengah melilit tubuh Polri. Bahkan, permainan mengeruk kekayaan alam Indonesia itu lebih besar dari Sambo Gate. “Jadi ... Read more »

Razgatlioglu: Gaya Berkendara Aegerter Sudah Sesuai Superbike

Aegerter merangkak naik ke WSBK setelah dua kali menjadi juara World Supersport (WSSP) beruntun. Dia akan mengendarai Yamaha R1 milik GRT tahun depan. Kolega satu merek, Razgatlioglu, optimistis bahwa juara ... Read more »

Perluas Pupuk Komersial Non Subsidi di Jatim, Pupuk Indonesia Juga Buka Peluang Kerjasama

SURYA.CO.ID, KEDIRI – PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali meresmikan kios pupuk komersial atau non-subsidi di wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Peresmian kios itu merupakan bagian dari perluasan pasokan pupuk, terutama ... Read more »

Sandhy Sondoro Melepas Rindu dengan Penggemar di Eargasm

Industri hiburan dan dunia pertunjukkan mulai kembali menggeliat. Sejumlah festival dan program musik berjalan lagi setelah terpuruk akibat pandemi. Jakarta: Industri hiburan dan dunia pertunjukkan mulai kembali menggeliat. Sejumlah festival ... Read more »

Banjir Merendam Sejumlah Desa di Sidoarjo, Air sampai Masuk ke Rumah Warga, Pemkab Kirim Bantuan

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, M Taufik TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO – Banjir merendam sejumlah desa di Kecamatan Tanggulangin dan Kecamatan Candi, Sidoarjo. Air menggenangi jalan-jalan desa dan masuk ke rumah-rumah warga ... Read more »

Terlewatkan Drama Korea Reborn Rich Episode 5, Tak Masalah, Simak Sinopsisnya di Sini

TRIBUNPEKANBARU.COM – Terlewatkan Drama Korea Reborn Rich episode 5? penasaran bagaimana kelanjutan kisahnya? Kami sajikan di sini sinopsis drama korea Reborn Rich episode 5. Drakor Reborn Rich episode 5 tayang ... Read more »

6 Zodiak yang Menjaga Privasi, Suka Punya Rahasia hingga Jadi Orang Misterius, Zodiakmu Termasuk?

TRIBUNJABAR.ID -�Berikut ini beberapa zodiak yang menjaga privasi. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda termasuk soal privasi. Ada sebagian orang yang suka mengumbar kehidupannya, begitu juga sebaliknya. Seperti beberapa tipe ... Read more »

PPA Siap Ubah Studio Rekaman Pertama Lokananta jadi Hub Musik Indonesia

Sekretaris Perusahaan PPA Agus Widjaja (kiri), Direktur Utama PPA Yadi Jaya Ruchandi (kedua dari kiri), Direktur Utama PT Danareksa Arisudono Soerono (kedua dari kanan), Direktur Utama M Bloc Group Handoko ... Read more »

Laki-laki atau Perempuan yang Lebih Sering Mengecek Ponsel Pasangan? Ini Jawabannya Menurut Penelitian

Akhir-akhir ini banyak sekali drama yang mengangkat cerita tentang perselingkuhan. Terbawa dengan alur cerita, beberapa orang merasa was-was dan mulai mencurigai aktivitas pasangannya termasuk dengan mengecek ponselnya. Kamu mungkin berpikir ... Read more »

Megawati Sudah Kantongi Nama Capres dari PDIP, Ganjar: Itu Keputusannya Bu Mega

TRIBUNNEWSBOGOR.COM – Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri sudah mengantongi nama calon presiden (capres) RI 2024. Ini disampaikan oleh Ketua DPP PDIP, Puan Maharani di Rumah Dinas Wali Kota ... Read more »

Mitos Mengerikan di Sumber Mata Air Tegalsari Boyolali, Tumbalkan Perangkat Wayang dan Pemainnya

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Tri Widodo TRIBUNSOLO.COM, BOYOLALI – Sebuah mitos yang cukup mengerikan pernah terjadi di Boyolali. Diceritakan, jika seluruh perangkat wayang mulai dari dalang, sinden, penabuh dan gamelannya pernah ... Read more »

Update Harga HP iPhone di Bulan November 2022, iPhone 14, iPhone 11 Dijual Mulai Rp 7 Jutaan

TRIBUNMANADO.CO.ID – Simak Harga iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13, hingga iPhone 14 berikut ini. Tribunners berencana membeli ponsel keluaran Apple? Mari ketahui update Harga hp iPhone terbaru di akhir ... Read more »

Kakak Adik Calista dan Queen Ikuti Kompetisi Cosplay Banjarmasin Post Millenials Fest

BANJARMASINPOST.CO.ID,�BANJARMASIN – Dua cosplayers kakak adik cukup mencolok mengikuti acara kompetisi Cosplay di Banjarmasin Post Millenials Fest, Minggu (27/11/2022) sore.� Dia adalah Calista asal Banjarmasin yang mengenakan kostum idolanya, yakni ... Read more »

5 Pilihan Dress Hitam yang Dapat disesuaikan dengan Style-mu

Dress warna hitam merupakan must have item bagi orang-orang, karena mudah untuk dipadu-padankan serta warna hitam selalu mengesankan elegan saat dikenakan. Nah, biasanya kamu memadukan dress hitam dengan sepatu dan ... Read more »

Dituding Jual Ikan Beracun, Pedagang di Pasar Pelangi Malinau Tuntut Klarifikasi Penyebar Video

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU – Video pendek terkait klaim ikan beracun di Pasar Pelangi Malinau kini telah menyebarluas melalui media sosial di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, Minggu (27/11/2022). Dua potongan video berisi ... Read more »

IPW Desak Polri Usut Tuntas Isu Suap Tambang Ilegal di Kalimantan Timur

IPW Desak Polri Usut Tuntas Isu Suap Tambang Ilegal di Kalimantan Timur KONTAN.CO.ID –  JAKARTA. Indonesia Police Watch (IPW) meminta Polri mengusut isu dugaan suap ke pejabat tinggi Polri. Hal ini ... Read more »

Harga Tempe dan Tahu di Boyolali Bakal Naik, Imbas Harga Kedelai Naik Rp 14.200 Per Kg

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Tri Widodo TRIBUNSOLO.COM, BOYOLALI – Harga tempe di Boyolali diprediksi naik imbah kenaikan harga kedelai.� Harga kedelai saat ini tembus Rp 14.200/kg.� Harga ini mengalami dua kali ... Read more »

Kuliti Habis Aib Maia Estianty Setelah Merasa Difitnah, Pinkan Mambo: Kelakuannya Orang Miskin!

Kuliti Habis Aib Maia Estianty Setelah Merasa Difitnah, Pinkan Mambo: Kelakuannya Orang Miskin! Pinkan Mambo kuliti borok Maia Estianty (Tangkapan layar YouTube Boy William) Kuliti Habis Aib Maia Estianty Setelah ... Read more »

Kisah di Balik Evakuasi Korban Gempa Cianjur: Petugas Andalkan Indra Penciuman Deteksi Bau Jasad

TRIBUNLOMBOK.COM, CIANJUR – Di balik peristiwa evakuasi korban gempa Cianjur, terselip kisah para relawan. Mulai dari yang usianya paling tua hingga cara evakuasi korban gempa Cianjur yang mengandalkan indra penciuman. ... Read more »

Akta Cerai Tersebar Begini Nasib Rumah Tangga Syahrini dan Reino Barack, Berpisah?

TRIBUNPALU.COM -�Kabar Seleb Syahrini menjadi sorotan usai tersebarnya akta cerai dengan Reino Barack. Begini nasib rumah tangga Syahrini dan Reino Barack. Hubungan�rumah�tangga�Syahrini�dan�Reino�Barack�memang tak lepas mencuri perhatian sejak pernikahannya beberapa waktu ... Read more »

Chord Gitar Lagu Dangdut Klebus - GuyonWaton, Langite Peteng Udane Soyo Deres Klebus Tekan Atiku

TRIBUNWOW.COM – Inilah kunci (chord) gitar dan lirik lagu Klebus dari Ngatmombilung, tentang cinta yang bertepuk sebelah tangan. Intro : D E C#m F# D E A.. A                 D Dalane ... Read more »

Bang Ye Dam dan 4 Idol K-Pop Ini Resmi Tinggalkan Grup Setelah Jadi Trainee Bertahun-tahun

Kehidupan menjadi seorang idol K-Pop tentunya sangatlah berat dan melelahkan, baik secara fisik maupun mental. Dalam perjalanan menuju debut pun, mereka harus menjalani masa-masa trainee yang lamanya nggak menentu, bisa ... Read more »

Ingat Ratu Rizky Nabila? Dulu Cerai Dengan Alfath Fathier Lantaran KDRT, Kini Jadi Istri Pria Libya

TRIBUNMANADO.CO.ID – Punya wajah cantik dan usia yang tergolong muda, tak begitu susah bagi Ratu Rizky Nabila untuk mendapatkan pria tampan sebagai pendampingnya, Ia pernah menjalani rumah tangga bersama pesepak ... Read more »

Antrean Kendaraan di Puncak Bogor Sore Ini, dari Megamendung Mengular 5 KM

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CISARUA – Antrean kendaraan di Jalan Raya Puncak kawasan Megamendung dan Cisarua terjadi pada Minggu (27/11/2022) sore ini. Pantauan TribunnewsBogor.com, sekitar pukul 16.00 WIB, ... Read more »

Gejala Kanker Kandung Kemih Termasuk Nyeri Buang Air Kecil, Tak Hanya Adanya Darah dalam Urine

TRIBUNHEALTH.COM – Disuria atau nyeri saat buang air kecil bisa menjadi satu di antara tanda kanker kandung kemih, selain darah dalam urine. Gejala yang paling umum dari kanker kandung kemih ... Read more »

Pengacara Brigadir J Kini Tak Ingin Ferdy Sambo Dihukum Mati, Siap Bayar Kuasa Hukum Untuk Dampingi

TRIBUNSUMSEL.COM -�Ferdy Sambo CS kini tengah menjalani persidangan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya atas kasus pembunuhan terhadap Brigadir J. Ferdy Sambo sendiri terancam hukuman berat usai menjadi otak pembunuhan terhadap Brigadir J ... Read more »

Sinopsis Sinetron Ikatan Cinta Episode 967 Minggu 27 November 2022: Andin Kaget Reyna Minta Adik

TRIBUNLOMBOK.COM�- Sinopsis sinetron Ikatan Cinta episode 967 yang tayang pada hari Minggu 27 November 2022 pukul 21.00 WITA. Sinetron Ikatan Cinta episode 967 memperlihatkan momen Aldebaran tengah berkumpul bersama anak-anaknya.�� ... Read more »

Upah Minimum Provinsi 2023 Akan Diumumkan Besok, Begini Tanggapan Karyawan Swasta

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Upah Minimum Provinsi (UMP) 2023 akan diumumkan oleh Gubernur di setiap Provinsi pada Senin, 28 November 2022. Para karyawan swasta berharap kenaikan UMP jauh lebih besar dari ... Read more »

Cuaca Buruk, Nelayan di Kota Bengkulu tidak Melaut

Cuaca Buruk, Nelayan di Kota Bengkulu tidak Melaut jpnn.com – KOTA BENGKULU – Nelayan di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, tidak melaut menangkap ikan untuk sementara waktu. Hal itu dikarenakan cuaca ... Read more »

Diduga Ada Satu Jenazah Perempuan di Area Warung Sate Shinta, Terhimpit dan Tertimbun di Bawah Kasur

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR – Proses pencarian korban gempa Cianjur yang tertimbun longsor masih terus dilakukan, Minggu (27/11/2022). Salah satu lokasi pencarian adalah di area Warung Sate Shinta di Kecamatan Cugenang, Kabupaten ... Read more »

Masih Menjadi Tahanan, Nikita Mirzani Dituding Bangkrut Hingga Jual Rumah Mewahnya

TRIBUN-MEDAN.com � Kabar mengejutkan datang dari Nikita Mirzani yang cukup membuat heboh jagat media sosial. Meskipun kini Nikita Mirzani sedang ditahan, namun dirinya tak pernah luput dari sorotan warganet. Bahkan ... Read more »
Breaking thailand news, thai news, thailand news Verified News Story Network