Pancasila Dinilai Menyatukan Perbedaan dan Keanekaragaman

pancasila dinilai menyatukan perbedaan dan keanekaragaman
© Republika/Mardiah Pancasila Dinilai Menyatukan Perbedaan dan Keanekaragaman. Foto: Ilustrasi Pancasila

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) menyelenggarakan Talkshow Beranda Nusantara dengan tema “Pancasila, Sejarah, dan Tantangannya”, Kamis (23/6/2022).

Pembicara yang hadir, yakni Rohaniawan Katolik dan Budayawan Frans Magnis Suseno, Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia, Peneliti Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof Asvi Warman Adam, Deputi Bidang Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam Djanedjri M Gaffar dan hadir secara virtual yakni Ulama Kondang, KH Ahmad Muwafiq.

Deputi Bidang Kesatuan Bangsa Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) Janedjri M Gaffar mengatakan, Indonesia memiliki beraneka etnis, suku, ras, agama, hingga bahasa, dan Pancasila mampu menyatukan itu semua. Ia merasa kagum, meski di tengah keanekaragaman tersebut, Pancasila dapat menyatukan semua elemen bangsa ini. Untuk itu, ia meminta agar nilai-nilai Pancasila harus ditanamkan dalam jiwa.

“Ini yang harus dipahami seluruh anak bangsa. Pancasila sudah teruji dapat mempersatukan seluruh keragaman tanpa menghilangkan keragaman itu sendiri. Inilah (nilai Pancasila) yang harus ditanamkan dalam jiwa anak bangsa terutama generasi milenial,” jelasnya di Galeri Tri Prasetya RRI, Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Senada dengan Janedjri, Rohaniawan Katolik Franz Magnis Suseno percaya Pancasila bisa menjadi tatanan hidup dalam kehidupan Indonesia yang beragam, sebab di dalam Pancasila terdapat nilai-nilai sosial dan kemasyarakatan.

“Ini menjadi tugas kita bersama, termasuk penguasa, bahwa perlu membuat lebih nyata sila keempat Pancasila, yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab,” kata rohaniawan dari ordo Jesuit tersebut.

Menurut Romo Magnis, sila keempat memiliki banyak aspek. Mulai kebebasan beragama, bersosial, dan lain-lain. Maka itu mengedepankan kemanusiaan yang adil dan beradab, akan membuat Indonesia menjadi lebih kokoh.

Peneliti Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Asvi Warman Adam juga mengatakan, pancasila tidak saja menyatukan ras, suku, budaya, dan agama dalam koridor Bhinneka Tunggal Ika, tapi juga membuat bangsa ini turut bertanggung jawab menciptakan dunia yang lebih damai.

“Pancasila sebagai pemersatu. Bagaimana menghilangkan ketimpangan kaya dan miskin, ketimpangan antara wilayah dan daerah. Apa yang menjadi tujuan bernegara, yaitu mewujudkan perdamaian abadi,” kata Asvi.

Asvi Warman Adam mengatakan, sosok Presiden pertama Indonesia Ir Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta berperan penting dalam lahirnya Pancasila.

“Kedua orang itu mempunyai peran yang sangat luar biasa dalam hal penentuan Pancasila dan perumusan Pancasila,” ujar Asvi.

Dulu, kata dia, Bung Karno dan Hatta bersama 60 orang anggota Badan Penyelidik Usaha usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) merumuskan Pancasila dan Undang-Undang 1945. Bung Karno pun berperan untuk menyampaikan pidatonya pada tanggal 1 Juni 1945.

“Di mana akhirnya tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari lahirnya Pancasila, dan proses tersebut telah melalui waktu yang cukup panjang,” jelasnya.

“Sehingga akhirnya kata itu dihilangkan dan ketuhanan ditambah dengan Ketuhanan Yang Maha Esa, Jadi Hatta mempunyai peran yang sangat penting, yang melahirkan pancasila seperti yang kita kenal rumusannya seperti ini,” tutupnya.

Menjaga nilai Pancasila 

Menurut Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia, pemerintah mempunyai tantangan untuk menarasikan implementasi Pancasila kepada generasi milenial. Dikarenakan, saat ini generasi tersebut lebih menyukai dunia media sosial (medsos).

Namun, dibalik itu, Indonesia beruntung karena generasi milenial mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

“Milenial sebagai kaum yang meneruskan estafet senior, tantangannya bukan hanya hafalan lima sila. Tetapi, narasi yang paling tepat adalah generasi milenial dapat mengimplementasikan Pancasila dan menjaga Indonesia,” jelas Angkie.

“Milenial tidak bisa lepas dari gadget (gawai). Dan kita tidak bisa melawan itu. Memang harus adaptasi. Indonesia beruntung karena menjadi salah satu negara yang siap oleh perubahan zaman,” tambahnya.

Sementara, Ulama Kondang, KH Ahmad Muwafiq meminta generasi milenial bisa mengamalkan dan menjaga nilai Pancasila yang sudah diwariskan dari para pahlawan pendiri bangsa.

Pria yang akrab disapa Gus Muwafiq itu mengingatkan para generasi milenial bahwa sangat sulit menyatukan bangsa-bangsa di Indonesia apabila tidak ada Pancasila. Pancasila pula yang hingga sekarang mengikat bangsa ini menjadi satu dengan bukti Sabang sampai Marauke tetap berada dalam NKRI.

“Spirit agama ini yang menyatukan Indonesia seperti sekarang ini. Ini harus dijaga oleh anak-anak milenial,” kata Gus.

Gus Muwafiq mencontohkan banyak bangsa yang terpecah-belah karena tidak memiliki falsafah bernegara. Seperti di Arab, menurut dia, satu bangsa menjadi puluhan negara. Begitu juga Eropa, satu bangsa tetapi memilih menjadi puluhan negara.

“Indonesia puluhan bangsa bersepakat dengan satu Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ini sisi fundamental dari keberagaman, biar beda suku dan agama tapi tetap bertanggung jawab,” ujarnya.

“Dan itu bukan hal yang mudah meletakkan kompromi-kompromi bangsa ini dibangun,” tambahnya.

News Related

OTHER NEWS

Tantangan Ibu Kota berantas narkoba kala transisi endemi

Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan tes uji labotarium kepada barang bukti narkotika saat pemusnahan barang bukti di halaman kantor BNN kota Jakarta Utara, Jakarta, Kamis (9/6/2022). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU ... Read more »

Beckham ingin Persib Bandung siap ketika tampil di perempat final

Gelandang Persib Beckham Putra Nugraha (HO/Persib.co.id) Siapapun yang akan dihadapi, tim harus selalu siapJakarta (ANTARA) – Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha menginginkan timnya siap menghadapi siapapun lawan yang mereka ... Read more »

Calon Jemaah Haji Asal Sulut Masuk Asrama Haji

© Disediakan oleh Kumparan Seorang Calon Jemaah Haji asal Sulawesi Utara dipapah untuk memasuki asrama haji. MANADO – Sebanyak 323 Calon Jemaah Haji asal Sulawesi Utara (Sulut), Minggu (26/6) hari ... Read more »

Disdik: Pembelajaran Bahasa Daerah Jayawijaya Hanya di SD dan PAUD

© Antara Pembelajaran bahasa daerah Jayawijaya, hanya dilakukan untuk siswa kelas I sekolah dasar dan pada tingkatan pendidikan anak usia dini (PAUD). Wamena:  Dinas Pendidikan Kabupaten Jayawijaya, provinsi Papua akan ... Read more »

Survei Polmatrix: Elektabilitas Anies Salip Prabowo dan Ganjar

Jakarta, IDN Times – Polmatrix Indonesia merilis survei terbaru elektabilitas calon presiden (capres) Indonesia untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024. Survei menunjukkan elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lebih unggul dari ... Read more »

Sambut Panen, Gubernur Riau Hadiri Gebyar Makan Durian Bantan 2022

© Disediakan oleh Kompas.com Gubernur Riau Hadiri Gebyar Makan Durian Bantan KOMPAS.com – Menyambut musim panen durian, masyarakat Desa Berancah, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Riau menggelar acara Gebyar Makan Durian ... Read more »

Tingkatkan Omset Penjualan, Komunitas TDA Bengkulu Gelar KMB

© Disediakan oleh Kumparan KB dan Gathering TDA Bengkulu. dok BENGKULU – Komunitas Tangan Di Atas (TDA) daerah Bengkulu telah menggelar kegiatan lauching Kelompok Mentoring Bisnis (KMB) dan kegiatan gathering. ... Read more »

Awal Juli, Pelatihan Bagi Masyarakat IKN Dimulai

© OLHA MULALINDA Awal Juli, Pelatihan Bagi Masyarakat IKN Dimulai KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) harus memberikan manfaat seoptimal mungkin bagi masyarakat, termasuk dengan pelibatan masyarakat lokal di ... Read more »

Ini Peluang Kerja Bagi Honorer Tak Lulus PPPK, Gaji Besar

© JPNN.COM Ini Peluang Kerja Bagi Honorer Tak Lulus PPPK, Gaji Besar jpnn.com, MATARAM – Sebanyak 15 warga Nusa Tenggara Barat (NTB) mendapat peluang bekerja sebagai tenaga kesehatan melalui skema ... Read more »

Okto: Pengusaha dan Warga Timor Leste Berharap Bebas Visa Masuk Indonesia

© JPNN.COM Okto: Pengusaha dan Warga Timor Leste Berharap Bebas Visa Masuk Indonesia jpnn.com – Pengusaha dan warga Timor Leste meminta Pemerintah Republik Indonesia membebaskan visa masuk ke Indonesia. Hal ... Read more »

Dewi Perssik Sebut Ibunda Marah atas Gugatan Cerai Angga Wijaya

Dewi Perssik mengungkapkan sebuah fakta lain di kabar perceraian antara dirinya dan Angga Wijaya. Wanita yang akrab dipanggil DePe itu menyebutkan bahwa ibundanya kini tengah marah dan kaget mendengar rumah ... Read more »

Berkat Raffi Ahmad, Gading Marten Girang Dapat Tanda Tangan Ronaldinho

© suara.com Gading Marten dan Ronaldinho [Instagram/@gadiiing] Suara.com – Gading Marten mendapat kesempatan langka bertemu mantan bintang sepakbola Brasil Ronaldinho. Momen pertemuan itu Gading bagikan di Instagram, Minggu (26/6/2022). Dalam unggahan pertama, ... Read more »

KNPI Kediri tanam 1.000 bibit pohon di kawasan Sumber Tretes

Kegiatan konservasi alam di Sumber Tretes, wilayah Lebak Tumpang, Kelurahan Pojok, Kota Kediri, Jawa Timur, Minggu (26/6/2022). ANTARA/ HO-KNPI Kediri Kediri (ANTARA) – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Kediri, ... Read more »

Bayern Muenchen patok harga Rp939 miliar untuk Robert Lewandowski

Penyerang Bayern Muenchen asal Polandia Robert Lewandowski (AFP/CHRISTOF STACHE) Jakarta (ANTARA) – Klub Liga Jerman Bayern Muenchen dikabarkan mematok harga mencapai 60 juta euro atau sekitar Rp939 miliar untuk penyerang ... Read more »

Dries Mertens masih nanti perpanjangan kontrak dari Napoli

Gelandang serang Napoli Dries Mertens (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mengkonversi tendangan penalti ke gawang Salernitana dalam laga lanjutan Liga Italia di Stadion Diego Armando Maradona, Napoli, Italia, Minggu ... Read more »

Visakha FC ingin sapu bersih kemenangan di Grup G Piala AFC

Pelatih tim asal Kamboja Visakha FC Meas Channa (kanan) memberikan instruksi saat memimpin sesi latihan resmi menjelang Piala AFC 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (23/6/2022). ... Read more »

Kepergian Ziyech Dinilai Bisa Jadi Pintu Masuk Raphinha ke Chelsea

© John Walton/PA via AP Raphinha dari Leeds United. REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Keinginan transfer Hakim Ziyech dianggap bisa menjadi kunci untuk membuka pintu bagi Raphinha, yang disebut-sebut akan meninggalkan Leeds United. ... Read more »

Marco Bezzecchi Runner-Up di Assen, Kukuhkan Status Rookie Tercepat

Marco Bezzecchi sukses jadi rookie tercepat pada balapan MotoGP seri Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2022). Rider yang mengendarai Ducati Desmosedici GP21 itu berhasil menuntaskan balapan sebagai runner-up di depan ... Read more »

Trofeo Ronaldinho: Penalti Panenka Arthur Irawan di Hadapan Sang Legenda

© Disediakan oleh Kompas.com Bintang sepak bola asal Brasil Ronaldinho beraksi dalam trofeo laga pertama RANS Nusantara FC vs Persik Kediri di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada Minggu (26/6/2022) malam ... Read more »

Real Madrid siap lepas Marco Asensio dan Dani Ceballos

Pesepak bola Real Madrid Marco Asensio (kiri) melakukan selebrasi dengan rekannya Luka Modric ​​​​​​​setelah mencetak gol ke gawang Granada dalam laga lanjutan Liga Spanyol, di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Minggu (6/2/2022). Gol tunggal Asensio ini menangkan ... Read more »

West Ham segera permanenkan Alphonse Areola dari PSG

Pemain Eintracht Frankfurt Ansgar Knauff mencetak gol ke gawang West Ham United yang dijaga Alphonse Areola (kiri) pada pertandingan babak Semi Final leg pertama Liga Eropa di Stadion London, London, ... Read more »

Sekjen Kemenag: Insya Allah jamaah haji lebih nyaman saat Armuzna

Sekjen Kemenag Nizar Ali (kanan) didampingi Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2022 Arsad Hidayat (kiri) saat meninjau persiapan di Arafah, Muzdalifah dan Mina, Minggu (26/6/2022) (ANTARA/HO.MCH2022) Mekkah ... Read more »

Menparekraf Sandiaga Belajar Wushu dan Berikan Samsak Saat Berkunjung ke Pecinan Glodok

© Istimewa Menparekran Sandiaga Uno belajar wushu saat mengunjungi Desa Wisata Pecinan Glodok, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Minggu (26/6/2022). TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga ... Read more »

Duh! Cuma Dapat Upah Rp 150.000, Pemuda Ini Nekat Bakar Beberapa Rumah di Jakarta Timur

© suara.com Pemuda nekat membakar rumah di Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur hanya dengan mendapat upah Rp 150.000. (Instagram/@merekamjakarta) Suara.com – Aksi nekat pemuda satu ini sukses menyita perhatian publik. ... Read more »

Gempa Bumi Magnitudo 5,4 Guncang Iran Tenggara

© Willy Haryono Negara Iran terletak di patahan utama lempeng Bumi, sehingga rentan dilanda gempa bumi pada setiap harinya. Teheran: Sebuah gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,4 mengguncang Ravar City, provinsi ... Read more »

Dampak Perubahan 22 Nama Jalan, PDIP DKI: Pak Anies Jangan Susahkan Rakyat!

© JPNN.COM Dampak Perubahan 22 Nama Jalan, PDIP DKI: Pak Anies Jangan Susahkan Rakyat! jakarta.jpnn.com, JAKARTA SELATAN – Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth menyatakan, Gubernur DKI Jakarta ... Read more »

Rins Dilarang Boyong Kepala Kru ke Tim Baru

Pembalap Spanyol tersebut sudah ditangani Cazeaux sejak promosi dari Moto2 ke MotoGP pada 2017. Kepala  kru itu merupakan warisan dari Maveric Vinales yang pindah dari Suzuki ke Yamaha. Tak heran ... Read more »

Fulham Unggul dalam Perburuan Bek Muda Juventus Ini

© Marco Alpozzi/LaPresse via AP Pemain Juventus Luca Pellegrini. REPUBLIKA.CO.ID, TURIN — Luca Pellegrini mendapat sejumlah tawaran dari klub-klub Liga Inggris, salah satu yang terdepan sepertinya adalah Fulham. Bek kiri berusia ... Read more »

Hasil MotoGP Belanda 2022, Francesco Bagnaia Juara, Prediksi Valentino Rossi Sang Guru Jitu

TRIBUNMANADO.CO.ID- Keyakinan Valentino Rossi bahwa Francesco Bagnaia akan meraih podium di Sirkuit Assen, Belanda terbukti. Sang murid berhasil menjuarai MotoGP Assen Belanda, Minggu (26/6/2022). Ia berhasil mengalahkan sesama murid Valentino ... Read more »

Bukan Miguel Oliveira, Malah Alex Marquez yang Teken Kontrak dengan Gresini Racing Untuk MotoGP 2023

Bukan Miguel Oliveira, Malah Alex Marquez yang Teken Kontrak dengan Gresini Racing Untuk MotoGP 2023 Bukan Miguel Oliveira, Malah Alex Marquez yang Teken Kontrak dengan Gresini Racing Untuk MotoGP 2023 ... Read more »

Cek Besaran Gaji Ke-13 PNS yang akan Cair Mulai 1 Juli 2022

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi, Pemerintah memastikan gaji ke-13 PNS, anggota TNI, Polri, dan pensiunan akan dicairkan paling cepat bulan Juli 2022 JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan gaji ... Read more »

Ronaldinho sampai Enggak Sempat Minum untuk Layani Pemain Rans Selfie

© Disediakan oleh Kumparan Mantan pesepak bola dunia asal Brazil Ronaldinho (tengah) menyapa para penggemarnya usai memberikan coaching clinic di Unggul Sport Center, Malang, Jawa Timur, Minggu (26/6/2022). Foto: Rizal ... Read more »

Perajin Bambu Banjarnegara Dukung Erick Thohir Maju di Pilpres 2024

© Media Indonesia.com Erick Thohir dinilai pantas meneruskan estafet kepemimpinan Jokowi. Banjarnegara: Komunitas perajin bambu Banjarnegara mendukung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) ... Read more »

Terkenal Karena Cover, Thana Ajeng dan Uki Diqie Ungkap Asal Usul dan Arti Nama Aviwkila

© tabloidbintang.com Duo Aviwkila Duo Aviwkila baru saja merilis single baru berjudul “Yang”. Ini bukan single pertama. Sebelumnya duo yang digawangi Thana Ajeng dan Uki Diqie memiliki beberapa single yang ... Read more »

Fun Bike Polda Sumbar Bangun Sinergitas Polri, TNI dan Media

© JPNN.COM Fun Bike Polda Sumbar Bangun Sinergitas Polri, TNI dan Media sumbar.jpnn.com, PADANG – Polda Sumbar masih menggelar serangkaian kegiatan untuk memperingati HUT Bhayangkara ke-76. Pada Minggu (26/6), Polda ... Read more »

5 Ide Sulap Gaun Malam Jadi Lebih Kasual, Siap Hangout dan Mencuri Perhatian!

Melihat deretan gaun malam atau gaun pesta dengan model yang cantik memang membuatmu ingin memilikinya. Biasanya gaun hanya dipakai untuk mendatangi acara-acara spesial seperti pesta pernikahan, dinner dan lain-lain. Namun ... Read more »

Warm Up Moto3 Belanda 2022 - Penampilan Mario Aji Membaik di Cuaca Mendung, Siap Menggelegar di Race

Warm Up Moto3 Belanda 2022 – Penampilan Mario Aji Membaik di Cuaca Mendung, Siap Menggelegar di Race © Disediakan oleh GridOto Mario Aji tampil apik pada sesi warm up Moto3 ... Read more »

5 Tempat Wisata di Indramayu, Cocok untuk Liburan di Akhir Pekan

Indramayu merupakan salah satu kota di provinsi Jawa barat. Berada di pesisir pantai, tentunya kota memiliki pesona laut yang indah. Kota Indramayu memiliki destinasi wisata laut yang sangat cocok untuk ... Read more »

Relawan di Lampung Siap Menangkan Ganjar di Pilpres 2024

© Al Abrar Ganjar merupakan sosok yang sangat dihormati dan dekat rakyatnya, terutama rakyat di pedesaaan yang ada di Jawa Tengah Lampung: Ribuan masyarakat memadati Lapangan Pekon Totokarto Adiluwih, Kabupaten ... Read more »

Kemenkes Terima Hibah 300 Unit Refrigerator Vaksin dari Jepang

© Republika/Thoudy Badai Tenaga kesehatan menunjukan tabung berisi vaksin Covid-19 REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerima bantuan hibah logistik berupa 300 unit alat refrigerator vaksin dari Pemerintah Jepang untuk ... Read more »