Obrolin Garuda Yuk...

Asia's Tech News Daily

Obrolin Garuda Yuk...
© Disediakan oleh Kompas.com Pesawat Garuda Indonesia Boeing 373-800 NG dengan desain masker di bagian depan pesawat, saat diparkir di lapangan udara di Tangerang, Banten, Senin (12/10/2020). Pemasangan ”masker” di pesawat tersebut digelar untuk mendukung kampanye Gerakan ‘Ayo Pakai Masker’ dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19. KABAR terakhir tentang nasib dari Maskapai Penerbangan kebanggaan bangsa kita, Garuda Indonesia konon akan dipailitkan dan diganti perannya oleh Pelita Air Service. Langkah ini pasti banyak yang menyayangkan apabila benar benar sampai terjadi.

Kita semua sudah tahu bahwa kesulitan keuangan yang dialami oleh Garuda tidak hanya kali ini. Garuda sudah mengalami beberapa kali kesulitan keuangan. Cilakanya kesulitan keuangan yang terakhir sekarang ini belum sempat diatasi sudah keburu datang pandemi Covid-19 yang menghantam babak belur industri penerbangan di seluruh dunia.

Jadi, jangankan maskapai yang sedang sakit, yang tengah sehat wal afiat alias berjaya sekalipun hancur luluh lantak.

Kalau boleh berandai andai, maka bila tidak ada pandemi Covid-19 pasti masalah kesulitan keuangan di Garuda sudah selesai dan tinggal menunggu waktu saja beberapa lama untuk mengalami kesulitan keuangan kembali. Ini memang siklus musiman yang di alami maskapai penerbangan Garuda Indonesia dari waktu ke waktu.

Apa sebenarnya yang terjadi?

Baca juga: Pemerintah Diam-diam Siapkan Maskapai Pelita, Andai Garuda Ditutup

Sederhana sekali, yaitu setiap saat Garuda mengalami kesulitan keuangan, maka yang dilakukan untuk mengatasinya adalah, menggelontorkan dana talangan dan mengganti tim manajemen.

Perusahaan kembali sehat dan kegiatan pun kembali normal, keuntungan besar pun datang mengalir, bahkan diselingi perolehan berbagai gelar yang membanggakan best ini best itu dan juga peningkatan prestise sebagai maskapai bintang 3 menjadi bintang 4 dan seterusnya.

Kita dibuat kagum dan sangat bangga menyaksikannya. Semua pihak memuji-muji Garuda yang ternyata mampu memperoleh keuntungan jutaan dollar AS. Sampai pada satu saat akan mengalami lagi hal yang serupa yaitu kesulitan keuangan.

Siklus yang sangat mudah untuk diriset dari data yang lengkap pada penggal waktu perjalanan Garuda 3 sampai 4 dekade terakhir.

Ibarat mengalami demam (kesulitan keuangan), Sang Garuda hanya memperoleh obat penurun panas untuk kemudian bergiat kembali. Penyakit sebenarnya sama sekali tidak dilacak, karena sudah cukup puas dengan obat penurun panas saja. Itu sebabnya maka sang demam datang lagi dan datang lagi. Obat penurun panas pun beraksi lagi untuk mengatasinya, keuntungan jutaan dollar AS pun diraih kembali. Serangkaian pujian dan penghargaan pun berdatangan kembali.

Dengan datangnya pandemi, maka jelas obat penurun panas tidak mempan lagi menyembuhkan demam Sang Garuda, maka dicarilah Garuda baru yang bernama Pelita. Apabila ini terjadi, maka kita akan memasuki babak baru maskapai penerbangan bernama Pelita.

Dengan perlakuan yang sama dalam mengelola Garuda dipastikan Pelita akan mengalami siklus yang lebih kurang sama, namun mungkin lebih canggih lagi menggunakan varian baru.

Pengalaman menangani Garuda dengan standar siklusnya pasti akan menyempurnakan pola pengelolaan penyakit demam di maskapai nasional yang baru ini. Pelita akan segera meraih keuntungan besar, dan memperoleh banyak pujian dari berbagai pihak.

Selanjutnya seperti biasa akan segera memperoleh pula berbagai penghargaan sebagai naskapai yang best ini dan best itu sampai gelar makapai penerbangan berbintang 7 mungkin nantinya. Selanjutnya akan tiba pula masanya Sang Pelita akan mengalami “demam” (kesulitan keuangan) lagi.

Kesimpulan sementara adalah kita memang belum mampu mengelola sebuah maskapai penerbangan.

Bayangkan, jalur penerbangan di Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan adalah jalur penerbangan yang “pasti” sekali lagi “pasti” akan menjanjikan keuntungan yang besar. Jalur penerbangan umrah dan haji di Indonesia yang mayoritas beragama Islam adalah jalur penerbangan yang tidak hanya “pasti” akan tetapi “mbahnya pasti” memberikan keuntungan besar terutama secara finansial.

Baca juga: Nasib Garuda di Ujung Tanduk

Maskapai apapun, apakah Garuda, Pelita atau apa saja bila ditugaskan menjalankan amanah perhubungan udara di Indonesia pasti akan untung. Jalur penerbangan yang menghubungkan kota kota besar di Indonesia dan di kawasan regional serta beberapa kota terkenal di dunia adalah lahan penghasil pendapatan negara yang tersedia.

Jalur penerbangan untuk rute umrah dan haji adalah lahan yang sangat menjanjikan pemasukan dana besar bagi negara. Kedua model jejaring perhubungan udara tersebut sudah selayaknya diberlakukan sebagaimana ditentukan dalam konstitusi, yaitu ditujukan semata untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia.

Kedua model jejaring perhubungan udara itu adalah laksana sumber daya alam yang tidak ada batasnya bahkan akan terus berkembang. Tidak ada batasnya, dalam arti selama Indonesia masih beruwjud negara kepulauan dan penduduknya masih tetap beragama Islam.

Pertanyaan yang segera muncul adalah lalu mengapa Garuda tidak bisa mengemban amanah itu. Mengapa Garuda gagal mengelola sumber daya alam yang tidak terbatas itu. Mengapa Garuda kerap mengalami “demam” (kesulitan keuangan) yang berulang ulang.

Mengapa pula MNA, maskapai penerbangan milik pemerintah yang satu spesies dengan Garuda sudah lebih dahulu “meninggal dunia”. Mengapa maskapai-maskapai lainnya tidak pula berhasil sukses di tengah lumbung padi rute gemuk di dalam negeri. Di tengah lumbung padi rute penerbangan umrah dan haji.

Mengapa maskapai-maskapai baru yang bermunculan tidak juga berhasil dan bahkan sering mengalamai kecelakaan fatal yang sangat memalukan. Mengapa dan mengapa dan masih banyak pertanyaan lain berkait dengan itu.

Kita harus mengakui bahwa untuk sementara kita “gagal”mengelola sumber daya alam yang sangat menjanjikan. Kita “gagal” mengelola maskapai penerbangan.

Apabila mau merenung sejenak saja, maka dengan mudah kita akan memperoleh jawaban jitu atas semua yang terjadi. Paling tidak ada dua hal utama yang menjadi penyebab maskapai penerbangan di Indonesia “kurang berhasil”.

Ada yang salah dalam sistem pengelolaan maskapai penerbangan di Indonesia. Pertama adalah kita belum memiliki cukup tenaga profesional di bidang penerbangan, khususnya dalam pengetahuan manajemen bisnis dari sebuah maskapai penerbangan dan juga termasuk dalam bidang manajemen bisnis pada pengelolaan bandara.

Penerbangan adalah bidang yang relatif masih baru berkembang yaitu dimulai pada tahun 1903. Penerbangan adalah masih berstatus sebagai new kid on the block. Akan tetapi sangat berbeda dengan bidang lainnya, perkembangan teknologi penerbangan berjalan “sangat – amat cepat”.

Dunia penerbangan adalah dunia yang sangat amat dinamis. Kenyataan ini sebenarnya telah disadari sejak awal tahun 1950-an, sehingga pemerintah mendirikan API – Akademi Penerbangan Indonesia untuk menjawab tantangan dinamika dunia penerbangan yang dinamis itu. Tenaga – tenaga pilot, teknisi, air traffic controller dididik atas biaya pemerintah untuk segera mengisi tenaga professional di bidang penerbangan.

Baca juga: Bos Garuda Indonesia Tanggapi Kabar soal Opsi Pailit

Sayangnya adalah pemerintah ketika itu belum berpikir untuk juga membuka pendidikan staf dan manajemen bagi tenaga profesional yang up to date yang akan duduk dalam jajaran manajemen maskapai penerbangan dan bandara.

Pengalaman membuktikan bahwa jajaran manajemen di sebuah maskapai penerbangan tidak bisa diambil comot sana comot sini. Walau dari mereka yang pintar, cerdas dan telah berhasil sukses di bidang kerja sebelumnya.

Maskapai penerbangan adalah perusahaan yang sangat berbeda anatominya, di samping sifatnya yang teknis dan sangat sensitif terhadap dinamika kemajuan teknologi. Jajaran manajemen sebuah maskapai penerbangan harus berkembang dari dalam maskapai itu sendiri.

Jajaran manajemen maskapai penerbangan harus berangkat dari mereka yang menjalani dan menghayati bertahun tahun di dunia penerbangan yang sangat high technology itu. Jajaran top management maskapai penerbangan harus berasal dari mereka yang puluhan tahun bergelut dan bergumul dalam ruang teknologi aviasi.

Itu adalah jawaban pertama yang patut menjadi perhatian bila kita ingin melihat sebuah maskapai penerbangan sukses. Jawaban kedua adalah bahwa pengelolaan apapun dibidang yang erat dengan kemajuan teknologi, maka ada mekanisme standar tata kelola mendasar yang harus dilakukan.

Di bidang yang teknologis dan dinamis sifatnya, maka diperlukan disiplin tinggi, pengawasan ketat dan hukuman efek jera bila terjadi pelanggaran. Dalam pengelolaan sebuah maskapai penerbangan hal itu menjadi sangat mengemuka, karena di lingkungan penerbangan yang bergumul dengan aliran dana besar, akan selalu saja hadir orang orang yang tidak sabar menunggu untuk menjadi kaya bersama sama.

Terlalu banyak yang sangat ingin mendahului jadi orang kaya. Walau apabila sabar sebenarnya kita bisa dengan mudah menjadi kaya bersama-sama. Rp 70 triliun terlalu kecil untuk mengubur hidup hidup Garuda Indonesia, karena yang salah sebenarnya bukan Garuda, akan tetapi itu tadi maskapai tidak dikelola oleh tenaga manajemen yang profesional, dalam arti disiapkan sejak awal dengan education and training dalam aviation business serta kaderisasi berjenjang dari bawah dalam mencapai posisi top management.

Di samping itu harus dapat menghindari hadirnya orang orang yang agak kurang sabar untuk menjadi kaya bersama. Sekali lagi diperlukan disiplin, pengawasan ketat terus menerus dan hukuman efek jera bila ada yang melanggar aturan. Semoga Sang Garuda Bangkit Kembali.

Internet Explorer Channel Network
Asia's Tech News Daily
News Related

OTHER NEWS

Kevin Sanjaya Sukamuljo Soal Aksi Tengil Lawan Denmark di BWF World Tour Finals

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo (Marcus / Kevin) berhasil menyapu bersih tiga pertandingan penyisihan Grup A ganda putra BWF ... Read more »

Jadi Tuan Rumah KTT G20 2022, Jalan Tol Bali Mandara dan Beberapa Lokasi Lainnya Bakal Dipoles

Jadi Tuan Rumah KTT G20 2022, Jalan Tol Bali Mandara dan Beberapa Lokasi Lainnya Bakal Dipoles © Disediakan oleh GridOto Tol Bali Mandara PT Jasa Marga Bali Tol Jadi Tuan ... Read more »

Vaksin Merah Putih Bisa Digunakan sebagai Booster atau untuk Reguler

© suara.com Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko saat menghadiri pelantikan Dewan Pengarah BRIN di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/10/2021). [Antara/Hafidz Mubarak A] Suara.com – ... Read more »

Bundesliga Batasi Kapasitas Penonton Maksimal 15 ribu

© http://en.wikipedia.org logo bundesliga REPUBLIKA.CO.ID, BREMEN — Pertandingan Bundesliga sekali lagi akan dimainkan di depan penonton dengan kapasitas terbatas menyusul diberlakukannya kembali pembatasan Covid-19 di Jerman. Klub akan diizinkan kehadiran ... Read more »

Rangnick Bicara 90 Menit dengan Solskjaer, Terpukau Aksi Heroik Ronaldo

© Disediakan oleh Kompas.com Ekspresi Ralf Rangnick saat merayakan kemenangan RB Leipzig pada laga Liga Jerman kontra Freiburg, 27 April 20219. KOMPAS.com – Pelatih interim Man United, Ralf Rangnick, mengaku ... Read more »

4 Artis yang Dijodohkan Netizen, Bintang Emon & Arafah Lekaslah Halal

© Disediakan oleh IntipSeleb.com IntipSeleb – Dalam dunia hiburan Indonesia, selalu ada pasangan artis yang dijodoh-jodohkan oleh netizen. Hal ini tentunya bermula ketika keduanya, terlibat dalam satu proyek sinetron atau acara ... Read more »

Cocok Jadi Destinasi OtoTraveling, Blue Fire Kawah Ijen Siap Manjakan Wisatawan

Cocok Jadi Destinasi OtoTraveling, Blue Fire Kawah Ijen Siap Manjakan Wisatawan © Disediakan oleh GridOto Gunung Ijen atau Kawah Ijen cocok jadi lokasi saat OtoTraveling. Kompas.com Cocok Jadi Destinasi OtoTraveling, ... Read more »

Tak Ada Target Indonesia di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021

© Disediakan oleh Kompas.com Dirdja Wihardja, pelatih timnas angkat besi untuk SEA Games 2019 JAKARTA, KOMPAS.com – Pelatih kepala angkat besi Dirdja Wihardja menyebut tak ada target Indonesia pada Kejuaraan ... Read more »

Keren! Ini Daftar 40 Peserta yang Lolos Babak Final Online Customaxi 2021

Keren! Ini Daftar 40 Peserta yang Lolos Babak Final Online Customaxi 2021 © Disediakan oleh GridOto Sebanyak 40 peserta ajang Online Customaxi 2021 terpilih untuk maju ke babak final. Dok. ... Read more »

Hindari Mencuci Mobil di Bawah Sinar Matahari, Ini Alasannya

Hindari Mencuci Mobil di Bawah Sinar Matahari, Ini Alasannya © Disediakan oleh GridOto Ilustrasi Cuci Mobil Akbar Kemas Hindari Mencuci Mobil di Bawah Sinar Matahari, Ini Alasannya Cuci mobil di ... Read more »

Hormati Sir Frank Williams, Tim Williams Pakai Livery Spesial di F1 Arab Saudi 2021

Hormati Sir Frank Williams, Tim Williams Pakai Livery Spesial di F1 Arab Saudi 2021 © Disediakan oleh GridOto Logo pertama tim Frank Williams dipasang di F1 Arab Saudi 2021 Williams ... Read more »

9 Potret Putri Marino, 'Istri' Reza Rahadian yang Diselingkuhi

© Disediakan oleh IDN Times Semakin hari, pembuatan series dari Indonesia semakin beragam dan tak hanya berfokus pada cerita khas sinetron saja. Terbaru ada seri terbaru produksi MD Entertainment yang ... Read more »

Yamaha Jupiter MX 135 Tambah Stylish Pakai Bodi Merah Menggoda

Yamaha Jupiter MX 135 Tambah Stylish Pakai Bodi Merah Menggoda © Disediakan oleh GridOto Modifikasi Yamaha Jupiter MX 135 2banh.vn Yamaha Jupiter MX 135 Tambah Stylish Pakai Bodi Merah Menggoda ... Read more »

Tips Beli Mobil Bekas, Kaca Film Perlu Ganti Jika Sudah Seperti Ini

Tips Beli Mobil Bekas, Kaca Film Perlu Ganti Jika Sudah Seperti Ini © Disediakan oleh GridOto Proses pemasangan kaca film Wisnu/GridOto.com Tips Beli Mobil Bekas, Kaca Film Perlu Ganti Jika ... Read more »

Dua Tahun Vakum, Jepang Mulai Lagi Aktivitas Reaktor Nuklir

© Disediakan oleh Republika.co.id Jepang memulai kembali salah satu reaktor nuklir yang ditutup selama dua tahun. REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL – Jepang pada Kamis memulai kembali salah satu reaktor nuklir yang ditutup ... Read more »

Kok Ketinggian Lampu Kiri Kanan Mobil Beda, Ternyata Ini Jawabannya

Kok Ketinggian Lampu Kiri Kanan Mobil Beda, Ternyata Ini Jawabannya © Disediakan oleh GridOto Contoh lampu mobil yang menyilaukan Sains.kompas.com Kok Ketinggian Lampu Kiri Kanan Mobil Beda, Ternyata Ini Jawabannya ... Read more »

3 Cara Tepat Lindungi Kulit Dari Sinar Blue Light Gadget

© Disediakan oleh Beautynesia Blue light atau sinar biru gadget ternyata memiliki dampak negatif berbahaya bagi kulit. Sinar biru  dapat memicu radikal bebas yang bisa merusak kulit. Terpapar dalam jangka ... Read more »

Peneliti Ragukan Jumlah Populasi China, Prediksi Lebih Rendah dari Sensus

© Disediakan oleh Kumparan Jalan-jalan di kota China yang dipadati oleh penduduk. Foto: REUTERS/STR China dinilai meremehkan seberapa cepat populasi warganya menurun dan kebijakan terbaru untuk mempromosikan keluarga dengan tiga ... Read more »

Baru Meluncur di Indonesia, Ini Inspirasi Modifikasi New Jeep Compass

Baru Meluncur di Indonesia, Ini Inspirasi Modifikasi New Jeep Compass © Disediakan oleh GridOto Referensi modifikasi New Jeep Compass ala model 80th Aniversary Edition Motor1 Baru Meluncur di Indonesia, Ini ... Read more »

Huawei Gelar TrustInTech Summit 2021

© Huawei Hou Jinlong, Senior Vice President of Huawei and President of Huawei Digital Power. REPUBLIKA.CO.ID, SHENZEN — Huawei menyelenggarakan gelaran TrustInTech Summit 2021 secara daring dengan tema “Kolaborasi Global ... Read more »

Kenapa Setel Ketinggian Lampu Mobil, Tekanan Ban Wajib Standar?

Kenapa Setel Ketinggian Lampu Mobil, Tekanan Ban Wajib Standar? Kenapa Setel Ketinggian Lampu Mobil, Tekanan Ban Wajib Standar? Sebelum melakukan penyetelan ketinggian lampu mobil maka perlu diperhatikan tekanan angin ban ... Read more »

Idap Rhinitis Alergi, Kemungkinan Kena Covid-19 Lebih Kecil

© www.freepik.com Penderita rhinitis alergi (ilustrasi). Hasil riset menunjukkan penderita rhinitis alergi (hay fever) dan eksim hampir 25 persen lebih kecil kemungkinannya untuk tertular Covid-19. REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Penelitian dari ... Read more »

Pemerintah Ingatkan Peluang Usaha Peternakan Sapi Perah di Jatim Tinggi

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Sekretaris Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Aftabuddin mengajak masyarakat daerah Jawa Timur untuk mengembangkan peternakan sapi perah bersama-sama. Selama ini kebutuhan ... Read more »

Honda NX650 Dominator Jadi Tracker Berwajah Unik Plus Bodi Ramping

Honda NX650 Dominator Jadi Tracker Berwajah Unik Plus Bodi Ramping © Disediakan oleh GridOto Honda NX650 Dominator tracker Marian Svitek Honda NX650 Dominator Jadi Tracker Berwajah Unik Plus Bodi Ramping ... Read more »

Francesco Guidotti Pergi, Fonsi Nieto Naik Pangkat

© Pramac Racing Fonsi Nieto Rabu (1/12/2021) lalu, setelah 10 tahun menjadi Manajer Tim Pramac Racing, Francesco Guidotti resmi pindah ke Red Bull KTM Factory Racing. Ia akan mulai bekerja ... Read more »

Rencana Pelabelan BPA Pada Galon Isi Ulang Penting Untuk Lindungi Kesehatan Masyarakat

© suara.com Air minum isu ulang / air galon. (Shutterstock) Suara.com – Rencana pelabelan risiko Bisfenoal-A (BPA) pada kemasan galon isi ulang dinilai membawa dampak positif bagi kesehatan masyarakat. Bahkan, ... Read more »

Tips Beli Mobil Bekas, Begini Deteksi Kebocoran di Master Rem

Tips Beli Mobil Bekas, Begini Deteksi Kebocoran di Master Rem © Disediakan oleh GridOto Master rem mobil Tips Beli Mobil Bekas, Begini Deteksi Kebocoran di Master Rem Tips beli obil ... Read more »

Indonesia Optimistis Pandemi Covid-19 Terkendali di 2022

© Prayogi/Republika. Indonesia upayakan prokes dan vaksinasi agar kasus positif Covid-19 terus melandai. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tirmizi optimistis pandemi COVID-19 di Indonesia semakin terkendali ... Read more »

Sebelum Tahun Ini, Arab Saudi Ternyata Sudah Pernah Gelar 'F1' Lho, Tapi Bukan yang Sobat Kira...

Sebelum Tahun Ini, Arab Saudi Ternyata Sudah Pernah Gelar ‘F1’ Lho, Tapi Bukan yang Sobat Kira… © Disediakan oleh GridOto Sebelum gelar F1 Arab Saudi 2021, Arab Saudi ternyata sudah ... Read more »

Bukan Mau Buang-buang Solar, Ternyata Ini Alasan Sopir Bus Jarang Matikan Mesin Meski Sedang Berhenti

Bukan Mau Buang-buang Solar, Ternyata Ini Alasan Sopir Bus Jarang Matikan Mesin Meski Sedang Berhenti © Disediakan oleh GridOto Ilustrasi bus sedang berhenti Istimewa Bukan Mau Buang-buang Solar, Ternyata Ini ... Read more »

Cara Menjauhkan Diri dari Kesedihan dan Kekhawatiran

© Disediakan oleh Republika.co.id Cara Menjauhkan Diri dari Kesedihan dan Kekhawatiran REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Rata-rata manusia di negara maju berjuang melawan kesedihan dan kekhawatiran setiap hari. Sementara mayoritas penduduk dunia ... Read more »

Indonesia Kirim Dua Wakil di Babak Semifinal BWF World Tour Finals 2021

TRIBUNJATENG.COM – Indonesia mengirimkan dua wakil di babak semifinal BWF World Tour Finals 2021. Wakil Indonesia yang menem © Disediakan oleh TribunJateng.com Marcus/kevin (BADMINTON INDONESIA) bus babak semifinal yakni ganda ... Read more »

Keliling Hingga ke Luar Negeri, DJ L3xologi Lakukan Pekerjaan Ini

© JPNN.COM Keliling Hingga ke Luar Negeri, DJ L3xologi Lakukan Pekerjaan Ini jpnn.com, JAKARTA – Disjoki L3xology kembali eksis di sejumlah event musik lokal setelah sempat terhenti karena pandemi Covid-19. ... Read more »

Nike Nadia: Kekerasan Psikis Bisa Menjadi Gerbang untuk Kompleksitas Kekerasan Lainnya!

© Disediakan oleh Beautynesia Kekerasan pada perempuan hingga saat ini masih marak sekali terjadi. Salah satunya kekerasan dalam ranah pacaran. Banyak dari mereka yang secara tidak sadar dan sadar telah ... Read more »

Disentuh Tante Ernie, Gading Marten Langsung Lakukan Hal Ini

© JPNN.COM Disentuh Tante Ernie, Gading Marten Langsung Lakukan Hal Ini jpnn.com, JAKARTA – Aktor Gading Marten mengaku merinding saat disentuh oleh selebgram seksi Tanten Ernie. Hal itu terungkap saat ... Read more »

Update Harga Toyota Kijang Innova Diesel Bekas Desember 2021, Terjangkau Mulai di Kisaran Rp 70 Jutaan

Update Harga Toyota Kijang Innova Diesel Bekas Desember 2021, Terjangkau Mulai di Kisaran Rp 70 Jutaan © Disediakan oleh GridOto Ilustrasi Toyota Kijang Innova Auto Bild Indonesia Update Harga Toyota ... Read more »

Messi Sempat Bujuk Martinez Hijrah ke Barca

© AP/Luca Bruno Lautaro Martinez dari Inter Milan merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Serie A antara Inter Milan dan Spezia di Stadion San Siro, di ... Read more »

5 Keunggulan Windows 11: Mumpuni Buat Gamer

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta -Aktivitas sehari-hari kian tak terpisahkan dengan laptop maupun komputer PC yang didalamnya bekerja dengan sistem Windows, yang saat ini terakhir adalah versi ... Read more »

Nama-nama Petahana yang Lolos Seleksi Tertulis Calon Anggota KPU-Bawaslu

© Disediakan oleh Kompas.com Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Juri Ardiantoro mengikuti Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/11/2021). Rapat ... Read more »

Fenomena Dokter Gadungan: Kiper Timnas Indonesia Nyaris Celaka, PSS Tempuh Jalur Hukum

© Disediakan oleh Kompas.com Penjaga gawang timnas u-19, Ernando Ari Sutaryadi dibantu bek Alfeandra Dewangga saat berlaga di ajang babak Kualifikasi Piala Dunia U-19 kontra Timor Leste di Stadion Madya, ... Read more »
On free-english-test.com you will find lots of free English exam practice materials to help you improve your English skills: grammar, listening, reading, writing, ielts, toeic