Novel Baswedan Beberkan Setumpuk Serangan Sistematis, dari Isu Taliban Hingga Alih Status Pegawai

Asia's Tech News Daily

© Ist Novel Baswedan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mengungkapkan serangan sistematis yang melemahkan, mulai dari isu ‘Taliban” hingga Alih Status Pegawai KPK.

Novel mengatakan, meski serangan jauh meningkat setelah KPK mulai menangani korupsi di sektor Sumber Daya Alam (SDA), namun KPK relatif bisa mengatasinya karena dukungan luar biasa dari masyarakat.

Menurutnya serangan sistematis dilakukan di antaranya untuk menjauhkan KPK dari masyarakat.

Novel mengatakan isu yang pertama kali dimunculkan untuk menjauhkan masyarakat dari KPK adalah isu adanya kelompok radikal di KPK atau “Taliban”.

Hingga kini ia mengaku tidak tahu apakah para koruptor dan oknum di balik serangan sistematis tersebut melakukan riset terlebih dahulu terkait dengan isu kelompok radikal tersebut.

Hal tersebut disampaikannya dalam kanal Youtube resmi Novel Baswedan pada Minggu (17/10/2021).

“Tapi ternyata pemilihan isu itu sangat bagus dilakukan, benar-benar efektif karena kemudian bisa memecah dukungan dan membuat persepsi di publik yang luar biasa,” kata Novel.

Baca juga: Ajak Keluarga ke Bekasi Demi Nasi Goreng Bang Tigor, Novel Baswedan Ucap Pencitraan, Singgung Siapa?

Awalnya, Novel dan kawan-kawannya di KPK tidak pernah mau terjebak dengan pembicaraan terkait isu kelompok radikal atau “Taliban”.

Hal itu karena, menurutnya isu tersebut jelas pembohongan,  fitnah, dan jauh dari fakta.

Isu tersebut, kata dia, membuat seolah di KPK hanya orang muslim saja yang bekerja, padahal kenyataannya tidak begitu. 

Di KPK, kata dia, para pegawainya terdiri dari berbagai suku, etnis, dan agama, yang bekerja dengan semangat dan kesungguhan. 

Novel mengatakan para pegawai tersebut ketika memberantas korupsi tahu bahwa risikonya adalah akan diserang balik oleh orang-orang yang orang-orang yang mempunyai kekuasaan dan mempunyai kekayaan sumber daya ekonomi. 

Ketika serangan tersebut dilakukan, kata dia, pasti dampaknya luar biasa.

Baca juga: Novel Baswedan Apresiasi Tawaran Kapolri Jadi ASN, Tapi Belum Putuskan Nasibnya

Ketika ia dan teman-temannya bekerja dengan resiko sebesar itu, lanjut dia, maka sangat wajar banyak di antara mereka memilih benar-benar mencari perlindugan yang terbaik yaitu dari Tuhan.

Untuk itu, kata dia, para pegawai KPK selalu berupaya memperbaiki ibadah, komunikasi dengan Tuhan, dan berdoa.

Upaya tersebut, kats Novel, dilakukan tidak hanya oleh para pegawai beragama Islam melainkan juga agama lainnya melalui kegiatan keagamaan di KPK.

“Ini menunjukkan bahwa di KPK bekerja dengan kesungguhan dan hal yang penting adalah agar untuk tetap bersemangat untuk menjaga kejujuran dan integritas,” kata dia.

Ternyata, lanjut dia, setelah isu radikalisme dan Taliban terus berjalan, secara perlahan kemudian persepsi itu terjadi dan melekat di tengah-tengah masyarakat.

“Akibatnya kita tahu 2017 kemudian dicoba dengan adanya fitnah seolah di KPK ada proses yang tidak benar, ada penyadapan yang bermasalah dan lain-lain. Padahal proses di KPK sangat runtun,” kata dia.

Baca juga: Novel Baswedan: Pelemahan Sangat Sistematis Terjadi Saat KPK Mulai Tangani Korupsi Sektor SDA

Ia menjelaskan setiap proses penindakan di KPK proses check and balancenya begitu kuat.

Hal itu karena menurutnya pegawai yang bekerka di KPK tidak hanya pegawai tetap melainkan ada pegawai negeri baik dari Kejaksaan, ada dari Polri, Kementerian Keuangan, BPK, BPKP, dan banyak dari institusi lainnya.

Dengan demikian, kata dia, secara internal lingkungan pengendalian di KPK begitu kuat. 

Menurutnya, hal itulah yang menjadi kekuatan di KPK karena di sana pegawainya bekerja dengan egaliter dan bekerja menjunjung tinggi kejujuran dan integritas.

Hingga sekitar tahun 2019, lanjut dia, munculnperubahan Undang-Undang KPK yang membuat banyak orang merasa bahwa hal itu suatu tahap akhir bagi KPK untuk bekerja dengan benar.

Hal tersebut, kata dia, tidak terlepas dari Undang-Undang KPK membuat sistem antikorupsi yang sebelumnya menjadi percontohan oleh banyak institusi baik di tingkat nasional maupun internasional berubah secara bertahap.

Tahapan tersebut, kata dia, di antaranya adalah peralihan pegawai KPK menjadi ASN.

“Ini menjadi pertentangan dan saya termasuk yang memberikan banyak hal yang menyayangkan hal itu. Karena untuk bisa memberantas korupsi yang efektif butuh independensi. Butuh dijauhkan dari intervensi. Tapi yang terjadi dengan adanya ASN hal itu menjadi problematika,” kata dia.

Namun demikian, dirinya dan kawan-kawanny mencoba untuk bisa berdamai dengan keadaan itu. 

Novel dan teman-temannya terus bekerja dan melakukan upaya pemberantasan korupsi dengan keterbatasan yang ada dan dengan kesulitan yang semakin tinggi.

Ia dan teman-temannya terus bersabar untuk melakukan upaya pemberantasan korupsi.

“Kita semua harus menjaga ketahanan stamina untuk mau terus berjuang memberantas korupsi. Kalau koruptornya bersabar dan tidak lelah kita juga harus melakukan hal itu,” kata dia.

Hingga kemudian pada Januari 2020, lanjut dia, sejumlah kasus bisa diungkap meskipun beberapa orang yang kemudian harusnya bisa dijerat namun belum bisa dijerat bahkan ada yang melarikan diri. 

Kemudian, lanjutnya, pada Desember 2020 ada beberapa kasus besar lain yang kemudian bisa diungkap di antaranya kasus korupsi bansos, kasus korupsi di Kementerian Kelautan, kasus mafia pajak 

Kasus-kasus besar tersebut, kata dia, bisa diungkap meski dengan keadaan yang saat itu penuh kesulitan. 

Novel mengatakan kasus-kasus tersebut diitangani oleh dirinya dan teman-temannya yang diserang dengan berbagai macam tuduhan hingga akhirnya dipecat dari KPK dengan dalih tidak memenuhi syarat dalam proses alih status pegawai KPK ke ASN.

“Tapi kami benar-benar bekerja untuk kepentingan negara dan ingin berkontribusi sebesar-besarnya yang bisa kita lakukan. Ternyata ketika hal itu terjadi, saya ingin menggambarkan tentang bagaimana penyingkiran yang dilakukan oleh, saya yakin ya, di belakang itu ada oknum-oknum dan ada koruptor-koruptor yang berkolaborasi,” kata Novel.

Internet Explorer Channel Network
Asia's Tech News Daily
News Related

OTHER NEWS

134.500 Dosis Vaksin Novavax Tiba dari Cina, Kejar Target Vaksinasi Covid-19

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Sebanyak 134.500 dosis vaksin Covid-19 merek Novavax dari Cina tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, pada Sabtu malam tadi sekitar pukul 22.40 ... Read more »

Mahasiswa Miliki Peluang Mengenal Pendidikan di Negara Lain

© Tribunnews.com/Istimewa Indonesia Internasional Student Exchange (IISE) mengirim 14 mahasiswa ke luar negeri. Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perjalanan ke mancanegara memiliki manfaat bagi mahasiswa untuk menambah ... Read more »

TNI AL Gelar Latihan Tempur di Karawang Libatkan 862 Prajurit

© MetroTV Latihan pertempuran kota berlangsung di Karanganyar, Klari, Karawang, Jawa Barat mulai Jumat, 26 November 2021 dini hari. Karawang: Korps Marinir TNI Angkatan Laut menggelar latihan operasi pertempuran kota ... Read more »

Anggota DPRD DKI Minta Anies Segera Jawab Interpelasi Formula E Agar Clear dan Terang

© Tribunnews.com/Istimewa Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Hardiyanto Kenneth. Laporan wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menyelidiki beberapa aspek terkait penyelenggaraan ... Read more »

Afrika Selatan Merasa Dihukum Usai Temukan Varian Baru Covid

© EPA-EFE/KIM LUDBROOK Seorang pria bertopeng yang menjual kerajinan logam buatan tangan berjalan melalui jalan-jalan di kota pedesaan Parys, Afrika Selatan, 26 November 2021. Departemen Kesehatan Afrika Selatan dan ilmuwan ... Read more »

Selamat, Persis Solo Kini Punya Store Resmi

© JPNN.COM Selamat, Persis Solo Kini Punya Store Resmi jpnn.com, SOLO – Klub sepak bola kebanggaan warga Solo kini punya toko resmi yang menjual pernak-perniknya. Management Persis Solo resmi membuka ... Read more »

Empoli Bekap Fiorentina, Sampdoria Kalahkan Verona

© Spada/LaPresse via AP Andrea Pinamonti mencetak gol selama pertandingan sepak bola Serie A antara Sassuolo dan Empoli, di stadion Mapei di Reggio Emilia, Italia, Minggu, 31 Oktober 2021. REPUBLIKA.CO.ID, ... Read more »

Kalvin Phillips Ogah Ikuti Jejak Eric Cantona Gabung MU

© Joe Giddens/PA via AP Kalvin Phillips dari Leeds United. REPUBLIKA.CO.ID, LEEDS — Manchester United (MU) bakal gigit jari mengingat pemain incarannya, Kalvin Phillips, enggan meninggalkan Leeds United ke klub ... Read more »

Gelandang Timnas Indonesia Makin Percaya Diri

© Antara/Mohammad Ayudha Pesepak bola PSS Sleman merayakan gol yang dicetak Irfan Jaya (ketiga kanan) ke gawang Borneo FC pada pertandingan Liga I di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin ... Read more »

Kominfo: PIP Ajak Masyarakat Patuhi Prokes Saat Nataru

© istimewa Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Hasyim Gautama, dalam Bimbingan Teknis PIP Rekrutmen 2017-2019 yang diselenggarakan di Palembang (25/11). REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG – Penyuluh ... Read more »

Polisi: Pengendara Mercy Lawan Arah Seperti Orang Linglung dan Pikun

© Disediakan oleh IDN Times Jakarta, IDN Times – Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono mengatakan, pihaknya sedang mendalami kasus mobil Mercedes-Benz E300 yang melawan arah di ... Read more »

Hasil Liga Inggris: Diogo Jota Ganas, Liverpool Gilas Southampton 4-0

© Disediakan oleh Kumparan Pemain Liverpool Mohamed Salah beraksi dengan Southampton Oriol Romeu pada pertandingan Liga Premier antara Liverpool melawan Southampton di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris – 27 November 2021. ... Read more »

PSM Kontra Persipura Tanpa Pemenang

© Gregorius Gelino Persipura sempat bangkit pada babak kedua, tapi PSM mampu menahan gempuran sang lawan. Yogyakarta: PSM Makassar gagal mempertahankan keunggulan ketika menghadapi Persipura Jayapura pada lanjutan Liga 1 ... Read more »

Banggai Jadi Runner-up Kabupaten Terbaik Penghargaan Pembangunan Daerah 2021

© JPNN.COM Banggai Jadi Runner-up Kabupaten Terbaik Penghargaan Pembangunan Daerah 2021 jpnn.com, JAKARTA – Kementerian PPN/ Bappenas menobatkan Banggai sebagai kabupaten terbaik kedua dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2021. ... Read more »

Seken Keren - Dijuluki Baby M1, Enggak Nyangka Harga Yamaha R25 Bekas Kini Mulai Rp 30 Jutaan

© Disediakan oleh GridOto Yamaha R25 Yamaha Seken Keren – Dijuluki Baby M1, Enggak Nyangka Harga Yamaha R25 Bekas Kini Mulai Rp 30 Jutaan Berburu sport 250 cc 2 silinder ... Read more »

Hasil Liverpool Vs Southampton 4-0, The Reds Dekati Puncak Klasemen Liga Inggris

© Disediakan oleh Kompas.com Para pemain Liverpool merayakan gol Virgil van Dijk ke gawang Southampton pada laga pekan ke-13 Liga Inggris 2021-2022 di Stadion Anfield, Sabtu (27/11/2021) malam WIB. KOMPAS.com ... Read more »

Indonesia Loloskan Dua Wakil ke Final Indonesia Open 2021

© Antara/Humas PBSI Ganda Putri Indonesia Apriyani Rahayu (kanan) yang berpasangan dengan Greysia Polii mengembalikan kok ke ganda putri Thailand Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai pada semifinal Indonesia Open 2021 di Nusa ... Read more »

Sempat Tertahan Banjir, Perjalanan Kereta di Bandung Kembali Normal

© JPNN.COM Sempat Tertahan Banjir, Perjalanan Kereta di Bandung Kembali Normal jpnn.com, BANDUNG – Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) II Kuswardoyo mengatakan sejumlah perjalanan kereta api ... Read more »

Menkominfo: ORARI Telah Berkontribusi Menjaga Persatuan Bangsa

© JPNN.COM Menkominfo: ORARI Telah Berkontribusi Menjaga Persatuan Bangsa jpnn.com, JAKARTA – Menkominfo Johnny G Plate mengatakan Organisasi Radio Amatir Republik Indonesai (ORARI) telah berkontribusi membantu pemerintah. Menurut Johnny, ORARI ... Read more »

Mengapa Koridor BTS BisKita Transpakuan Kota Bogor Ditambah

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Bogor – Wakil Wali Kota Bogor Dedie Abdur Rachim mengatakan Pemerintah Kota Bogor dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ menyiapkan 4 koridor ... Read more »

Indonesia Open: Kelelahan Bikin Strategi Jojo Buyar

© Gregorius Gelino Jojo mengakui bahwa pukulannya mulai melemah dan dibalas dengan mudah oleh Axelsen. Kuta: Jonatan Christie tersingkir di babak semifinal Indonesia Open 2021. Jojo, sapaan akrabnya, didepak Viktor ... Read more »

Kampung Boncos Digerebek, 18 Pengguna Sabu Ditangkap

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi Narkoba JAKARTA, KOMPAS.com – Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat menggerebek Kampung Boncos di Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat, Sabtu (27/11/2021). Kasat Narkoba Polres ... Read more »

Kominfo: Potensi Gelombang Ketiga Covid-19 Bukan Hoaks

© Tribunnews/Irwan Rismawan Ilustrasi mural untuk mengingatkan kepada masyarakat agar saling menjaga diri dan kesehatan dari penyebaran virus Covid-19. Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Tata Kelola ... Read more »

Shin Tae-Yong: Kualitas Fisik Timnas U-18 Masih Kurang

© Dok PSSI Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pelatih tim nasional U-18 Indonesia, Shin Tae-yong menilai kualitas fisik anak-anak asuhnya belum mantap meski memenangi seluruh atau tiga ... Read more »

Suropati Race, Hari Pertama Langsung Panas

© Disediakan oleh Radar Bromo Suropati Race, Hari Pertama Langsung Panas PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Gelaran Suropati Race 2021 hari pertama, Sabtu (27/11) langsung berjalan panas. Sebanyak 150 peserta turun ... Read more »

Mobil Ketua MPR Bambang Soesatyo 2 Kali Terbalik saat Kecelakaan, Manajer Sean Gelael Bilang Aman

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA – Mengagetkan. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan pebalap reli Sean Gelael mengalami kecelakaan ketika mengikuti Kejurnas Rally 2021 di Meikarta, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (27/11/2021). Mobil yang ... Read more »

Antisipasi Varian Omicron, Tetangga Indonesia Ini Larang Pendatang dari 8 Negara

© JPNN.COM Antisipasi Varian Omicron, Tetangga Indonesia Ini Larang Pendatang dari 8 Negara jpnn.com, BANGKOK – Otoritas Thailand pada Sabtu mengatakan akan melarang masuk orang-orang yang bepergian dari delapan negara ... Read more »

Persipura Harus Puas Berbagi Poin dengan PSM Makasar

© ANTARA/Hendra Nurdiyansyah Pesepak bola Persipura Jayapura Yohanes Pahabol (tengah) melakukan selebrasi bersama rekannya usai mencetak gol. REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL — Persipura Jayapura masih belum bisa keluar dari zona degradasi setelah ... Read more »

Link Live Streaming Juventus Vs Atalanta, Kick-off 00.00 WIB

© Disediakan oleh Kompas.com Pemain Juventus Paulo Dybala berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Zenit St. Petersburg dalam laga matchday keempat Grup H Liga Champions 2021-2022 di Stadion Allianz, Rabu ... Read more »

Hasil Liga 1 PSM Vs Persipura - Tak Ada Pemenang

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi Liga 1 2021-2022. KOMPAS.COM – PSM Makassar bermain imbang 1-1 dengan Persipura Jayapura dalam laga pekan ke-14 Liga 1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, ... Read more »

HT Liverpool Vs Southampton: Diogo Jota Brace, The Reds Memimpin 3-0

© Disediakan oleh Kompas.com Diogo Jota (kiri) berebut bola dengan Oriol Romeu pada laga pekan ke-13 Liga Inggris 2021-2022 antara Liverpool dan Southampton di Stadion Anfield, Sabtu (27/11/2021) malam WIB. ... Read more »

Jaga Persahabatan Anti Konflik, Coba Terapkan 4 Batasan Ini dengan Sahabat Yuk!

© Disediakan oleh Beautynesia Konflik adalah hal yang tak terhindarkan dalam setiap jenis hubungan, tak terkecuali persahabatan. Ada banyak faktor yang dapat memicu timbulnya konflik dengan sahabat, salah satunya terlalu ... Read more »

Tiga Pelaku Mutilasi di Kedungwaringin Bekasi Ditangkap Polisi

© Disediakan oleh Kompas.com – JAKARTA, KOMPAS.com – Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya bersama Polres Bekasi telah mengamankan tiga orang terduga pelaku mutilasi di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, pada ... Read more »

Gelar Rakorwil, NasDem DIY-Jateng Usung Tema Sejarah dan Budaya

© Ahmad Mustaqim Rapat akbar sekaligus forum tertinggi di tingkat DPW itu akan digelar Senin-Selasa, 29-30 November 2021. Yogyakarta: Partai NasDem akan menggelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) oleh dua Dewan ... Read more »

Menko Luhut Perintahkan TNI Jadi Penanggung Jawab Keamanan KTT G20

© Disediakan oleh IDN Times Jakarta, IDN Times – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memerintahkan TNI untuk menjadi penanggung jawab Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Puncak KTT ... Read more »

Street Manners - Bisa Berbahaya, Jangan Atur Spion Kendaraan Saat Kondisi Berjalan

© Disediakan oleh GridOto Ilustrasi spion motor Aziz/GridOto.com Street Manners – Bisa Berbahaya, Jangan Atur Spion Kendaraan Saat Kondisi Berjalan Mengatur spion memang harus dilakukan untuk meminimalisir blind spot. Tapi, ... Read more »

Banjir Bandang Landa Garut Timur, 100 Orang Mengungsi

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Bandung – Banjir bandang menerjang Desa Cintamanik, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu sore tadi, 27 November 2021. Menurut Kepala Pelaksana BPBD ... Read more »

3 Terduga Pelaku Mutilasi di Bekasi Ditangkap, Begini Status Hukumnya

© TribunBekasi.com Ridho Aulia, korban mutilasi yang potongan tubuhnya ditemukan di Jalan Raya Pantura, Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Sabtu (27/11/2021). TRIBUNNEWS.COM, BEKASI-  Tiga orang pelaku mutilasi sopir ojek online di Bekasi ... Read more »

Banjir Bandang Melanda Garut, Belasan Rumah Mengalami Kerusakan

© JPNN.COM Banjir Bandang Melanda Garut, Belasan Rumah Mengalami Kerusakan jpnn.com, GARUT – Banjir bandang yang terjadi Desa Sukawening, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut mengakibatkan empat rumah rusak berat. Kepala Kantor ... Read more »

Idap Penyakit Langka, Darah Anak Oki Setiana Dewi Dikirim ke Jerman

© Disediakan oleh InsertLive Sulaiman Ali Abdullah, anak Oki Setiana Dewi mengalami penyakit langka yang disebut Prader Wili Syndrome (PWS). Hal itu diungkap olehnya melalui sebuah unggahan di laman Instagram ... Read more »
On free-english-test.com you will find lots of free English exam practice materials to help you improve your English skills: grammar, listening, reading, writing, ielts, toeic