Miris! 6 Objek Wisata Alam Indonesia Ini Terancam Rusak Akibat Sampah hingga Efek Pemanasan Global

Indonesia terkenal atas keindahan pemandangan alamnya berupa hutan, gunung, pantai, dan laut yang begitu memesona. Sebagai negara tropis, Indonesia juga menjadi habitat bagi jutaan spesies flora dan fauna di muka bumi.

Kemewahan ini lantas menjadikan Indonesia memiliki banyak sekali objek wisata alam yang ramai digandrungi oleh para wisatawan domestik dan mancanegara.

Sayang beribu sayang, kepopuleran beberapa tempat wisata alam di Indonesia rupanya tidak dibarengi dengan upaya pelestarian dan pemeliharaan lingkungan alam di sana.

Akibatnya, beberapa destinasi justru terancam rusak karena terlalu banyak pengunjung yang menjamah dan membuang sampah sembarangan. Nggak cuma itu, eksploitasi alam sampai efek pemanasan global turut mengancam masa depan sejumlah wisata alam.

Inilah enam objek wisata alam di Indonesia yang terancam rusak bila kita tidak menjaganya. Apa saja, simak yuk!

1. Hutan Hujan Tropis Sumatera

miris! 6 objek wisata alam indonesia ini terancam rusak akibat sampah hingga efek pemanasan global

wisata alam di Indonesia yang terancam rusak karena sampah dan pemanasan global

Hutan hujan tropis di Sumatera terancam rusak akibat kebakaran hutan/Foto: BBKSDA Riau

Hutan Hujan Tropis Sumatera masuk dalam Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2004 untuk keanekaragaman hayatinya. Kawasan ini menjadi rumah konservasi bagi puluhan ribu spesies tanaman dan mamalia, di antaranya endemik atau tidak ditemukan di tempat lain. Contohnya spesies harimau Sumatera, orangutan, gajah, dan badak Sumatera yang terancam punah.

Kawasan seluas seluas 2,5 juta hektare ini terdiri dari tiga taman nasional, yakni Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Sayangnya, mengutip CNN Indonesia, pada tahun 2011 Hutan Hujan Tropis Sumatera telah ditempatkan oleh UNESCO dalam Daftar Bahaya (Danger List) karena dianggap kehilangan unsur keaslian alamnya.

Hal ini terutama disebabkan oleh maraknya kebakaran hutan, perburuan liar, pembalakan liar, perambahan lahan untuk perkebunan ilegal, dan pembangunan jalan melalui situs tersebut.

2. Hutan Kalimantan

miris! 6 objek wisata alam indonesia ini terancam rusak akibat sampah hingga efek pemanasan global

wisata alam di Indonesia yang terancam rusak karena sampah dan pemanasan global

Hutan Borneo/Foto: Rachman Haryanto/detikcom

Hutan Kalimantan atau hutan Borneo merupakan kawasan hutan hujan tropis yang melintang di antara Indonesia, Malaysia, dan Brunei dengan luas sekitar 40,8 juta hektar. Hutan Kalimantan disebut sebagai salah satu paru-paru dunia.

Mirisnya, laju deforestasi atau penggundulan hutan di Kalimantan sangat cepat.

Berkurangnya hutan Kalimantan menjadi bahaya serius bagi aneka jenis satwa langka di Kalimantan, seperti orangutan, bekantan, beruang madu, dan burung raja-udang kalung-biru. Kerusakan ini timbul akibat deforestasi, pembukaan hutan yang mengundang kebakaran hutan, serta alih fungsi lahan menjadi tambang batu bara dan perkebunan kelapa sawit.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata yang Dulu Banjir Pengunjung, Sekarang Mati Terbengkai! Duh, Potretnya Bikin Sedih…

3. Gunung Gede Pangrango

miris! 6 objek wisata alam indonesia ini terancam rusak akibat sampah hingga efek pemanasan global

wisata alam di Indonesia yang terancam rusak karena sampah dan pemanasan global

Gunung Gede Pangrango/Foto: gedepangrango.org

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu destinasi pendakian wajib di kalangan para pendaki. Taman nasional yang berlokasi di perbatasan wilayah Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi ini memiliki jalur pendakian yang termasuk ramah untuk pemula.

Gunung Gede Pangrango memiliki beberapa destinasi alam yang terkenal, berupa Telaga Biru, Air Terjun Panas, Alun-alun Suryakencana, dan Lembah Mandalawangi.

Ironisnya, lagi-lagi masih banyak pendaki yang belum menyadari kewajiban membawa kembali sampah mereka saat menuruni gunung.

Seperti dikutip dari detikTravel, pada Sabtu (6/8/2022) kemarin, telah dilakukan Operasi bersih (opsih) rutin di Gunung Gede Pangrango oleh relawan beserta petugas gabungan. Mereka berhasil mengumpulkan sekitar 400 kilogram sampah  yang didominasi sampah plastik dan juga 10 celana dalam yang dibuang begitu saja oleh para pendaki.

4. Pantai Kuta

miris! 6 objek wisata alam indonesia ini terancam rusak akibat sampah hingga efek pemanasan global

wisata alam di Indonesia yang terancam rusak karena sampah dan pemanasan global

Pantai Kuta penuh sampah di awal tahun 2020/Foto: Angga Riza/detikcom

Pantai Kuta ialah salah satu destinasi pantai di Bali yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Bahkan, beberapa orang mungkin merasa belum ke Bali kalau nggak melancong ke Pantai Kuta.

Namun, masih ingatkah kamu dengan fenomena sampah yang membanjiri sepanjang pesisir Pantai Kuta awal 2020 lalu? Mengutip detikNews, keberadaan tumpukan sampah plastik hingga sampah kayu itu diduga terjadi secara alami akibat terbawa arus laut saat musim hujan kala itu.

Hal ini seharusnya menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Apalagi, Pantai Kuta beberapa kali terkena imbas tumpukan berton-ton sampah dari perayaan pesta malam tahun baru di sana.

5. Taman Laut Nasional Bunaken

miris! 6 objek wisata alam indonesia ini terancam rusak akibat sampah hingga efek pemanasan global

wisata alam di Indonesia yang terancam rusak karena sampah dan pemanasan global

Taman Laut Nasional Bunaken/Foto: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI

Taman Laut Nasional Bunaken menjadi destinasi wisata laut di yang wajib disambangi saat kamu berlibur di Sulawesi Utara. Bunaken tersohor dengan ekosistem bawah lautnya yang begitu menakjubkan. Di sini, kamu bisa merasakan pengalaman snorkeling dan juga diving untuk menikmati pemandangan beragam terumbu karang alami.

Sayangnya, destinasi wisata alam yang menjadi sorotan dunia ini terancam rusak akibat ulah manusia. Sampah plastik yang terbawa arus dari teluk Manado menjadi isu utama yang bisa mengancam kelestarian Bunaken.

6. Raja Ampat

miris! 6 objek wisata alam indonesia ini terancam rusak akibat sampah hingga efek pemanasan global

wisata alam di Indonesia yang terancam rusak karena sampah dan pemanasan global

Raja Ampat/Foto: Freepik.com/wirestock

Tahukah kamu, efek dari pemanasan global salah satunya adalah membuat suhu air laut menghangat. Masalahnya, perubahan naik atau turunnya suhu air laut dalam jangka panjang akan membuat koloni terumbu karang memutih hingga mati. Padahal, keberadaan terumbu karang teramat penting sebagai habitat dan sumber makanan bagi jutaan biota laut.

Tahun ini, pemutihan terumbu karang bahkan melanda 91% terumbu karang di Great Barrier Reef di Australia, melansir detikTravel. Kondisi ini dikhawatirkan juga terjadi pada Raja Ampat sebagai destinasi menyelam populer di Indonesia.

Di samping suhu yang menghangat, Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat juga menghadapi isu limbah rumah tangga dari aktivitas resor dan kapal pesiar yang tak bertanggungjawab serta penangkapan ikan yang menggunakan teknik jaring, racun, atau bom. Tentu amat disayangkan bila wisata bahari yang dijuluki surga dunia ini rusak akibat ulah wisatawan mau pun masyarakat lokal yang kurang menghargai alam.

Beauties, itu dia deretan wisata alam Indonesia yang terancam rusak akibat sampah dan efek pemanasan global. Yuk belajar lebih cintai alam!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

Pilihan Redaksi
News Related

OTHER NEWS

Chuva derruba muro de obra do metrô e causa alagamento e congestionamento em SP

SÃO PAULO, SP (FOLHAPRESS) – Devido à forte chuva que atingiu o estado de São Paulo na noite desta terça-feira (27), parte do muro do canteiro da futura estação Sesc ... Read more »

'Marahi' Jokowi Gara-gara Ponselnya Rusak, Siswi SMA Ini Dapat Rezeki Nomplok dari Presiden

TRIBUNNEWSBOGOR.COM – Sosok siswi SMA bernama Sabrila belakangan jadi sorotan. Pasalnya, Sabrila berani ‘memarahi’ presiden Jokowi depan banyak orang. Dalam sebuah unggahan di akun Instagram resmi Presiden RI, Joko Widodo, ... Read more »

PROFIL Rasamala Aritonang, Lulusan UNUD, Eks KPK dengan Karir Gemilang, Kini Pengacara Ferdy Sambo

TRIBUN-BALI.COM – PROFIL Rasamala Aritonang, Eks KPK dengan Karir Gemilang, Lulusan UNUD, Kini Pengacara Ferdy Sambo. Berikut ini adalah profil dari Pengacara tersangka kasus pembunuhan terhadap Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat ... Read more »

Haamu vaihtoi levy-yhtiötä ja julkaisi yhteisbiisin pikkuveljensä kanssa: ”Rekami ymmärtää musaa ja arvostaa kulttuuria sen taustalla”

Haamu vaihtoi levy-yhtiötä ja julkaisi yhteisbiisin pikkuveljensä kanssa: ”Rekami ymmärtää musaa ja arvostaa kulttuuria sen taustalla” Haamu on nyt Pihlderbergin artisti. Haamu, joka tunnetaan sekä räppärinä että tuottajana, jakoi tällä ... Read more »

Perusahaan Vaksin Terbesar di China Dan Amerika Kerja Sama Buat Obat Covid-19

Pil antivirus COVID-19 eksperimental, molnupiravir, yang sedang dikembangkan oleh Merck & Co Inc dan Ridgeback Biotherapeutics LP terlihat dalam foto tak bertanggal yang dirilis oleh Merck & Co Inc dan ... Read more »

Pengusaha Anggap Kenaikan Tarif Angkutan Penyeberangan Tak Sesuai Harapan

Sejumlah kendaraan bersiap menaiki kapal penyeberangan di Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (1/5/2022). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO Pemerintah mengambil kebijakan penyesuaian tarif angkutan penyeberangan lintas provinsi melalui KM 184 tahun ... Read more »

'Kesal Banget' 4 Tokoh Ini Kecewa dengan Keputusan Febri Diansyah Jadi Pengacara Putri Candrawathi

TRIBUNNEWSBOGOR.COM – Keputusan Febri Diansyah untuk jadi pengacara Putri Candrawathi membuat 4 tokoh kecewa. Ya, aksi Febri Diansyah jadi tim pembela istri Ferdy Sambo dalam perkara kematian Brigadir J tampaknya ... Read more »

Meta desactiva 1600 cuentas falsas prorrusas en Facebook

jwplayer-thumbnail-2806110.jpg Meta, la empresa matriz de Facebook, ha desactivado una extensa red de 1.600 cuentas falsas que difundían propaganda rusa. Según META, la red creó más de 60 sitios web ... Read more »

3 Perusahaan Besar Lakukan Pemangkasan Ratusan Karyawan, Badai PHK sedang Hantam RI?

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA – Pemangkasan karyawan atau pemutusan hubungan kerja (PHK) dilakukan tiga perusahaan besar di Indonesia. Ketiganya adalah Shopee, Tokocrypto, dan Indosat. Untuk operator telekomunikasi seluler Indosat Ooredoo Hutchison, ada ... Read more »

Se soubesse da acusação no processo disciplinar, Ivo Rosa teria desistido da candidatura à Relação

A promoção do juiz desembargador à Relação de Lisboa está suspensa em virtude do processo disciplinar. Juiz Ivo Rosa O juiz Ivo Rosa reconheceu que teria desistido da candidatura à ... Read more »

Viral Pengemis Marah Kepergok Warga Pulang Naik Mobil Toyota Vios, Sehari Raup Ratusan Ribu

TRIBUNSOLO.COM – Sebuah video yang memperlihatkan pengemis pulang naik mobil mewah viral di media sosial. Bagaimana tidak, pengemis tersebut pulang naik mobil Toyota Vios setelah minta-minta. Usut punya usut sehari ... Read more »

I tassi sui mutui Usa salgono al 6,5%, il massimo dal 2008. L'1% in più in sei settimane

I tassi sui mutui Usa salgono al 6,5%, il massimo dal 2008. L’1% in più in sei settimane Fino a un mese e mezzo fa per un mutuo da 100.000 ... Read more »

Roma, buttafuori abusa di una minorenne in un motel: condannato a 16 anni

Roma, buttafuori abusa di una minorenne in un motel: condannato a 16 anni Avrebbe abusato di una 17enne in un motel per tre giorni, dopo averla conosciuta in discoteca, nel Viterbese. ... Read more »

Whitney Herd, Wanita yang Sukses Usai Bikin Aplikasi Pencari Teman Kencan

Whitney Wolfe Herd, Pendiri dan CEO Bumble. Foto: REUTERS/Caitlin Ochs Teknologi atau aplikasi saat ini sangat membantu segala hal bagi manusia. Banyak sekali layanan yang ditawarkan dan dimudahkan oleh kehadiran ... Read more »

Kepala Bapenda DKI: Pemprov Hadirkan Kebijakan Penghapusan Sanksi Administrasi 2022 yang Diberikan Secara Otomatis

Sosialisasi Penghapusan Sanksi Administrasi Pajak Daerah DKI Jakarta. (Dok: Bapenda DKI) Suara.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengeluarkan kebijakan penghapusan sanksi administrasi pajak daerah. Kebijakan ini diatur dalam Surat ... Read more »

G30S PKI, Soeharto Hanya Diam Usai Dengar Laporan Kudeta Dewan Jenderal, Kolonel Latief Bersaksi

TRIBUNMANADO.CO.ID – Sejarah peristiwa Gerakan 30 September ( G30S ) 1965 yang menjadi tinta hitam dalam perjalanan revolusi bangsa Indonesia. Peristiwa G30S masih banyak menyimpan banyak misteri. Satu di antaranya ... Read more »

Pamer Jabatan Jadi Bendahara Ormas, Nikita Mirzani:Jangan Macam-macam, Anggotaku Banyak se-Nusantara

TRIBUN-MEDAN.com � Di tengah huru hara yang diperbuatnya, Nikita Mirzani sedang berbahagia karena sudah resmi dilantik menjadi pengurus salah satu organisasi masyarakat. Nikita Mirzani dilantik menjadi menjadi bendahara organisasi masyarakat ... Read more »

Huracán Ian desata tornados en Florida, tocará tierra a las 4 p.m. y calculan causará daños por $45 mil millones de dólares

Ian ya está azotando la costa oeste de Florida antes de tocar tierra con vientos de 155 mph, dejando 17,000 casas sin electricidad, Impresionantes imágenes satelitales muestran relámpagos que se ... Read more »

Aktris Korea Park Min Young Berkencan dengan Pengusaha Kang, Ini Harta dan Utangnya

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG – Aktris Korea Park Min Young terseret dalam rumor kencan. Kekasih baru Park Min Young ini dikabarkan seorang pengusaha kaya raya, tetapi juga banyak terlilit utang. Seperti dilaporkan ... Read more »

Mulai Ngos-Ngosan Usai Terus Reli, Kini Dolar AS Tak Bertenaga

Kurs dolar AS melemah pada akhir perdagangan Rabu waktu setempat (Kamis pagi WIB). New York: Kurs dolar AS melemah pada akhir perdagangan Rabu waktu setempat (Kamis pagi WIB), setelah reli ... Read more »

Chanyeol EXO Jadi Trending Topik Usai Menyelesaikan Wajib Militer, Intip Fakta Lain Member EXO Itu

TRIBUNMANADO.CO.ID -�Nama Chanyeol EXO belakangan ini jadi trending topik di kalangan penggemar KPOP. Pasalnya kemarin Rabu 28 September 2022 kemari, Chanyeol telah menyelesaikan wajib militernya. Chanyeol, yang mendaftar wajib militer ... Read more »

Topan Noru Terjang Vietnam, Begini Jejak Kerusakan yang Ditimbulkan

Jakarta: Topan Noru merobek atap rumah, menumbangkan pepohonan, dan menyebabkan pemadaman listrik, sementara ratusan ribu orang mengungsi, di Vietnam tengah pada Rabu, 28 September 2022. Badai sebelumnya merenggut sedikitnya 10 ... Read more »

Luana Piovani diz que está na menopausa e tomando testosterona

*ARQUIVO* SAO PAULO/SP BRASIL. 08/11/2017 – Luana Piovani no Show do Coldplay no Alianz Parque .(foto: Zanone Fraissat/Folhapress) SÃO PAULO, SP (FOLHAPRESS) – Aos 46 anos, a atriz Luana Piovani ... Read more »

Agensi Jawab Kabar Park Min Young Dipacari Pengusaha Kaya

Aktris Park Min Young baru-baru ini dilaporkan tengah menjalin hubungan dengan seorang pria bernama ‘Kang’. Kabar kencan mereka beredar pada 28 September 2022. Jakarta: Aktris Park Min Young baru-baru ini ... Read more »

5 Anak Artis Jadi Pengusaha, Rafathar Rekeningnya Sudah Mencapai Miliaran Rupiah

Rafathar makan jajanan kaki lima. [chevirgo / Instagram] Suara.com – Sederet anak artis jadi memiliki usaha di usia mereka yang sangat belia. Hal ini tentu saja peran ke-2 orangtuanya sebagai ... Read more »

Huracán Ian tocó tierra en la Florida y causa estragos a millones de personas en EE. UU.

El huracán Ian golpeó con fuerza a la Florida, en el sur de Estados Unidos. Aunque llegó como huracán categoría 4, con potencial de subir a nivel 5, los servicios ... Read more »

Kuningatar Elisabetille jäähyväisiä jättäville tarkat ohjeet – jonotusaika arkulle jopa 30 tuntia

Kuningatar Elisabetille jäähyväisiä jättäville tarkat ohjeet – jonotusaika arkulle jopa 30 tuntia Kuningatar Elisabetin arkulle tuntikausien jonot. Kuningatar Elisabetin arkku saatetaan keskiviikkona 14. syyskuuta Lontooseen Westminster Halliin, jossa ihmiset saavat ... Read more »

Reggio Emilia, bimba di 14 mesi rischia di soffocare a causa di semi di girasole

L’equipe del Santa Maria Nuova che ha salvato la bimba REGGIO EMILIA – Una febbre sospetta, persistente, che non passava nemmeno facendo ricorso ad antibiotico e aerosol, e attacchi di ... Read more »

ABB tillverkar elfordonsladdare i USA

ABB ska tillverka elfordonsladdare i USA. Arkivbild. ABB utökar sin tillverkning i USA. En ny anläggning för att tillverka elfordonsladdare skapas. 10 000 elfordonsladdare per år ska tillverkas där. Fabriken ska ... Read more »

Penamaan Rumah Sehat Disebut Hilang Usai Anies Lengser

Jhonny menilai penamaan itu tidak berdampak pada sistem pelayanan. Melainkan, hanya memoles tampilan luar dari fasilitas kesehatan di Jakarta. Jakarta: Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak menilai penamaan ... Read more »

Mumbai: HC asks for an inquiry against prosecutor following accusations by investigating officer

Bombay High Court Mumbai: Following accusations by an Investigating Officer (IO) against an Assistant Public Prosecutor (APP), the Bombay High Court directed the Principal District Judge of Pune to inquire ... Read more »

Harry, William y Charles: básicos que los royals británicos siempre usan y tú deberías

El estilo de los royals británicos es legendario e inspirador, y realmente no es difícil de lograr. Los royals británicos siempre están bien vestidos, y no porque vienen de un ... Read more »

Ratusan Pesan Masuk WhatsApp Cak Imin, Data Pribadinya Diretas dan Disebar Bjorka

Suara.com – TANTRUM – Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku menerima ratusan pesan tak jelas usai data pribadinya diretas dan disebar oleh hacker ... Read more »

¿Qué fue de Mónica Adaro, la exvedette quien denunció a Magaly por una fuerte acusación?

El recordado programa humorístico Risas y Salsa catapultó a la fama a varias vedettes peruanas, quienes actuaban en los sketches junto a grandes humoristas como Manolo Rojas, Pablo Villanueva ‘Melcochita’, ... Read more »

Cusco: detienen a personas acusadas de falsificar toda clase de documentos

Cusco: detienen a personas acusadas de falsificar toda clase de documentos Un operativo efectuado a dos establecimientos comerciales de la avenida La Cultura, en el distrito de Wanchaq en la ... Read more »

“Rapaz, se for isso...”; ‘Bomba’ sobre Luxemburgo de última hora causa alvoroço e negócio vaza para torcida do Santos

“Rapaz, se for isso…”; ‘Bomba’ sobre Luxemburgo de última hora causa alvoroço e negócio vaza para torcida do Santos Peixão está sem treinador desde a saída de Lisca A torcida ... Read more »

Matías Walker (DC) acusa una “sobrerreacción” de Chile Vamos tras anunciar no participarán de reunión por proceso constituyente

Senador DC Matías Walker El senador de la Democracia Cristiana Matías Walker acusó que hubo una “sobrerreacción” por parte de Chile Vamos, luego de que este martes anunciarán que no ... Read more »

Mehr als 30 Tote bei Zusammenstößen zwischen den Volksgruppen im Westen der DRK

Archiv – Soldaten der Demokratischen Republik Kongo (DRC) in einem Archivbild. – ALAIN UAYKANI / XINHUA NEWS / CONTACTOPHOTO Rund 30 Menschen wurden am Dienstag bei Zusammenstößen zwischen den Volksgruppen ... Read more »

Tak Ajukan Banding, Brigadir Frillyan Fitri Terima Putusan Sanksi Demosi 2 Tahun

Brigadir Frillyan Fitri Rosadi mendengarkan putusan sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP), Selasa (13/9/2022), yang menjatuhkan sanksi administratif berupa mutasi bersifat demosi selama dua tahun. [Tangkapan Layar YouTube Polri TV] ... Read more »

King, William and Harry walk behind Queen's coffin as tens of thousands watch on

The brothers have a well-documented troubled relationship, but after the death of their grandmother they and their wives have come together in a show of unity. Read more »
Breaking thailand news, thai news, thailand news Verified News Story Network