Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Sejak Dini

Oleh: Rizki Permatasari *)

Mahasiswa Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala

MENJAGA  kesehatan gigi anak merupakan hal yang penting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak.

Dengan membentuk kebiasaan menjaga dan merawat gigi sejak dini, tidak hanya melindungi gigi mereka tetapi juga memberikan dasar untuk pola hidup sehat.

Masih banyak anak-anak di Indonesia yang mengalami masalah gigi dan mulut, seperti gigi berlubang, radang gusi, atau maloklusi.

Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya pengetahuan, kesadaran, dan kepedulian tentang kesehatan gigi, pola makan yang tidak sehat, atau akses yang terbatas ke layanan kesehatan gigi dan mulut.

Orang tua sangat berperan dalam mengajarkan anak tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut anak sejak dini.

Dengan memberikan perhatian terhadap kesehatan gigi dan mulut anak, kita dapat membantu mereka tumbuh dan mencegah permasalahan pada gigi dan mulut sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup.

Memahami pentingnya menjaga kesehatan gigi sejak dini juga berkontribusi pada kesehatan anak hingga dewasa.

Dalam era dimana kecenderungan makanan tinggi gula meningkat, dan kebersihan mulut sering diabaikan, memberikan perhatian khusus pada kesehatan gigi anak menjadi semakin penting.

Pendidikan sejak dini dalam menjaga kesehatan gigi anak tidak dapat diabaikan. Kebiasaan baik yang ditanamkan pada tahap awal kehidupan anak dapat membentuk pola hidup sehat yang akan mereka terapkan hingga dewasa.

Pada dasarnya, menjaga kesehatan gigi anak bukan hanya tentang menghindari masalah kesehatan gigi, tetapi juga tentang memberikan bekal untuk tumbuh kembang yang optimal.

Langkah yang paling awal dilakukan pertama kali dalam menjaga kesehatan gigi anak adalah memahami pentingnya menyikat gigi secara teratur.

Menyikat gigi dua kali sehari selama 2 menit dengan pasta gigi yang mengandung fluoride merupakan langkah penting untuk mencegah kerusakan gigi.

Menyikat gigi dengan gerakan yang tepat juga penting diajarkan pada anak-anak, cara yang tepat dalam melakukan sikat gigi berpengaruh pada kebersihan gigi.

Menyikat gigi adalah cara paling sederhana dan efektif untuk membersihkan gigi dan mulut dari sisa makanan dan bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Orang tua perlu menjadi contoh dalam hal ini, mengajarkan anak-anak bahwa menyikat gigi bisa menjadikan kegiatan yang menyenangkan dan wajib dilakukan.

Selain menyikat gigi, aspek nutrisi juga memegang peran dalam kesehatan gigi anak. Konsumsi makanan tinggi gula dapat menjadi pemicu utama kerusakan gigi, oleh karena itu, penting untuk mengontrol asupan makanan manis dan asam.

Sebaliknya makanan yang tinggi kalsium, mengandung vitamin sangat bermanfaat membantu dalam kesehatan gigi dan mulut seperti vitamin A, D, dan C.

Orang tua harus memahami keseimbangan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan gigi yang sehat dengan memberikan makanan sehat kepada anak-anak mereka.

Selanjutnya kunjungan rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali sangat di anjurkan dalam menjaga kesehatan gigi anak.

Dimulai dari gigi anak pertama kali tumbuh saat bayi untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan giginya. Selain itu, pemeriksaan rutin tidak hanya mendeteksi masalah kesehatan gigi lebih awal, tetapi juga memberikan kesempatan untuk edukasi lebih lanjut tentang perawatan gigi.

Dokter gigi juga dapat memberikan saran spesifik sesuai dengan perkembangan gigi anak serta tindakan pencegahan lainnya.

Seiring dengan perawatan rutin, orang tua juga perlu memberikan perhatian pada kebiasaan buruk yang dilakukan anak, seperti mengisap jempol atau penggunaan botol dot.

Karena ini dapat memengaruhi gigi dan mulut anak yang menyebabkan masalah pertumbuhan dan perkembangan.

Seperti gigi menjadi tidak rapi dan bisa mengganggu fungsi. Hal ini dapat membantu orang tua mengambil tindakan preventif yang diperlukan dan memastikan bahwa anak-anak mereka tidak mengalami masalah dalam rongga mulutnya.

Hal mendasar perlu dilakukan orang tua untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan gigi dan mulut yang baik di rumah.

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka, oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut sebagai rutinitas harian yang positif dapat membentuk kebiasaan baik.

Selain itu, memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang dampak kesehatan gigi pada kehidupan mereka dapat memberikan motivasi tambahan untuk merawat gigi dengan baik.

Seperti halnya bahwa gigi sangat penting dalam kegiatan pengunyahan, didalam penampilan, maupun dalam kita berbicara.

Dimasa teknologi modern seperti sekarang ini, edukasi mengenai kesehatan gigi anak juga dapat disampaikan melalui media interaktif.

Aplikasi atau permainan edukatif tentang menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat menjadi alat yang efektif untuk mengajarkan anak-anak dengan cara yang menyenangkan.

Dengan pendekatan kreatif seperti ini, informasi tentang perawatan gigi dapat diserap dengan lebih baik oleh anak-anak.

Secara keseluruhan, menjaga kesehatan gigi anak melibatkan kerjasama antara orang tua, dokter gigi, dan anak itu sendiri.

Dengan pendekatan holistik yang mencakup kebiasaan baik, nutrisi seimbang, perawatan rutin, dan edukasi yang tepat, kita dapat memastikan bahwa generasi mendatang tumbuh dengan senyuman yang sehat dan percaya diri.

Ini bukan hanya tentang melindungi gigi anak dari masalah kesehatan, tetapi juga memberikan mereka kualitas hidup untuk menjalani kehidupan dengan kesehatan mulut yang optimal.(*)

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World