Menhub Budi Bakal Tindak Tegas Maskapai yang Tidak Menaati Tarif Batas Atas

menhub budi bakal tindak tegas maskapai yang tidak menaati tarif batas atas

Menhub Budi Bakal Tindak Tegas Maskapai yang Tidak Menaati Tarif Batas Atas

jpnn.com – JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan sudah memberikan peringatan kepada seluruh maskapai penerbangan agar menaati tarif batas atas penjualan tiket pesawat terbang.

Budi memastikan bakal menindak tegas maskapai penerbangan yang tidak menaati ketentuan tarif batas atas penjualan tiket pesawat terbang tersebut.

“Apabila (ada yang) melanggar, kami akan melakukan tindakan atau peringatan sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Menhub Budi seusai menghadiri rapat kerja Komisi V DPR RI bersama menhub, menteri PUPR, kepala Korlantas Polri, kepala BMKG dan kepala Basarnas terkait Kesiapan Mudik Lebaran 2024 di Jakarta, Selasa (2/4).

Menurut Budi, Kemenhub telah memberikan peringatan kepada seluruh maskapai penerbangan untuk menaati tarif batas atas.

“Seperti sudah saya tegaskan, kami sudah peringatkan kepada airlines agar menaati tarif batas atas,” ungkap Menhub Budi.

Dia menjelaskan tarif batas atas adalah suatu perhitungan yang terdiri atas komponen-komponen dari bisnis itu sendiri,  baik leasing ataupun pembelian pesawat, avtur, pegawai dan lainnya.

Meski begitu, Budi mengatakan bahwa ketetapan tarif batas atas hanya berlaku untuk tiket kelas ekonomi.

Sementara, untuk kelas bisnis, semua kebijakan berada di maskapai masing-masing.

“Diketahui bahwa tarif batas ini cuma berlaku pada ekonomi. Jadi, kalau bisnis ya memang kewenangan airlines untuk melakukan pentarifan di situ,” jelas Budi.

Sebelumnya, Komisi V DPR RI meminta Menhub Budi agar mengimbau maskapai memberikan harga tiket-tiket pesawat udara yang lebih murah untuk masyarakat khususnya pada momen mudik Lebaran 2024.

“Tiket harusnya bisa murah Pak Menteri pada saat Lebaran dengan 190 sekian juta orang yang akan melakukan perjalanan (mudik),” kata Ketua Komisi V DPR RI Lasarus dalam raker tersebut.

Lasarus berharap upaya seperti itu akan membuat masyarakat tidak merasa terbebani secara ekonomi untuk melakukan perjalanan mudik demi berkumpul bersama keluarga pada Lebaran 2024. “Kami harap tidak ada keluhan dari masyarakat terkait tiket yang mahal,” ujar Lasarus.

Di samping itu, Lasarus juga menyampaikan bahwa Komisi V DPR RI meminta Menhub Budi dan para pihak terkait lainnya untuk mengantisipasi kelangkaan dan kemahalan tiket kereta api, bus dan kapal laut, di tengah momen mudik Lebaran 2024. (antara/jpnn)

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World