Mengupayakan RUU Keimigrasian menjadi UU yang paripurna

the latest tech news, global tech news daily, tech news today, startups, usa tech, asia tech, china tech, eu tech, global tech, in-depth electronics reviews, 24h tech news, 24h tech news, top mobile apps, tech news daily, gaming hardware, big tech news, useful technology tips, expert interviews, reporting on the business of technology, venture capital funding, programing language
Mengupayakan ruu keimigrasian menjadi uu yang paripurna

Dokumentasi petugas imigrasi mengecek data pemohon pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Sumatera Selatan, Senin (25/4/2022). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Jakarta (ANTARA) – Sejak setahun terakhir ini naskah RUU Keimigrasian telah digodok di DPR sebagai langkah awal yang akan melalui berbagai tahapan yang cukup panjang sebelum menjadi Undang-undang.

the latest tech news, global tech news daily, tech news today, startups, usa tech, asia tech, china tech, eu tech, global tech, in-depth electronics reviews, 24h tech news, 24h tech news, top mobile apps, tech news daily, gaming hardware, big tech news, useful technology tips, expert interviews, reporting on the business of technology, venture capital funding, programing language

RUU Keimigrasian sebagai revisi UU Nomor 6/2011 tentang Keimigrasian yang masih berlaku. Bila sedikit menengok ke belakang pada satu dasawarsa silam terdapat atmosfer yang cukup berbeda dengan pada saat UU Nomor 6/2011 masih menjadi RUU Keimigrasian di DPR.

Kala itu sekitar tahun 2005-2010 semangat untuk mewarnai RUU Keimigrasian dari para pengampu tugas dan fungsi (tusi) keimigrasian, publik dan para akademisi pada berbagai strata begitu antusias dan semarak.

Global Tech News Daily

Bila dibandingkan dengan RUU Keimigrasian saat ini tidak senyaring satu dekade lalu. Pada masa kini kemungkinan disebabkan efek domino Covid-19 di mana sebagian besar aktivitas masyarakat lebih banyak dilakukan secara daring. Adapun komunikasi secara daring memiliki keterbatasan pesan dan tidak seluas komunikasi secara tatap muka.

Seperti diketahui undang-undang merupakan ketentuan umum tertinggi. Sehingga harus dapat mengakomodir segala dinamika problematika yang ada dan dapat mengantisipasi potensi permasalahan yang akan hadir di masa depan. Oleh sebab itu dibutuhkan upaya yang maksimal dari berbagai pihak sebagai suatu bentuk tanggung jawab bernegara agar UU Keimigrasian nantinya bisa mendekati paripurna.

Global Tech News Daily

Sehubungan dengan hal itu, berikut ini terdapat dua kategori pokok yang perlu digarisbawahi dan menjadi perhatian bersama.

Substansi RUU Keimigrasian
Mengenai substansi RUU Keimigrasian dapat dikategorikan dalam beberapa poin antara lain yaitu terdapat frasa pada UU Nomor 6/2011 yang perlu diperjelas baik dari segi pemaknaan maupun pengkategorian. Sebagaimana lazimnya perkembangan diksi dan kebutuhan implementasi ketentuan yang bergerak dinamis.

Adanya frasa baru yang perlu ditampung ke dalam RUU Keimigrasian misalnya frasa rumah kedua yang terdapat pada Permenkumham 2021 tentang Penjamin Keimigrasian.

Demikian juga dengan diksi konsultan keimigrasian. Dimana pada 20 September 2021 telah diundangkan Permenkumham Nomor 35/2021 tentang Konsultan Keimigrasian. Kedua Permenkumham di atas lahir sebagai suatu bentuk diskresi dalam mengakomodir perkembangan urgensi keimigrasian yang begitu pesat.

Selanjutnya fungsi Rumah Detensi Keimigrasian terkait pengungsi belum disinggung pada UU Nomor 6/2011. Fungsi Rudenim harus dielaborasi secara eksplisit sehingga terdapat ketentuan umum yang menyelaraskan dengan aturan turunan yang nantinya akan dihasilkan. Kausanya, fungsi Rudenim terkait pengungsi belum ada aturan teknis keimigrasian yang menjabarkan hal tersebut.

Hal lain perlu dipertimbangkan juga menyisipkan preskripsi pengungsi dalam satu pasal untuk menjembatani ketentuan lain yang berada di bawah UU yang telah eksis.

Selain itu pada UU Nomor 6/2011 secara garis besar terdapat hal-hal yang merupakan celah hukum atau tumpang tindih dengan aturan turunannya untuk itu diperlukan elaborasi pasal per pasal secara rigid.

Pastinya masih banyak masalah substansi RUU Keimigrasian yang perlu diperdalam dan para pakar di bidang keimigrasianlah yang lebih berkompeten untuk merumuskan secara lebih berbobot lagi.

Pasalnya, hal ihwal keimigrasian secara aktual telah menyangkut berbagai aspek kehidupan masyarakat sehingga memerlukan keterlibatan berbagai disiplin limu.

Peran lembaga
Lembaga yang dominan terkait RUU Keimigrasian adalah DPR dan pemerintah (Kemenkumham/Ditjenim). RUU Keimigrasian adalah pekerjaan rumah bersama yang membutuhkan kajian, diskusi yang berkualitas dan dilakukan secara berkelanjutan dengan melibatkan para pakar di berbagai bidang keilmuan. Mengingat dinamika keimigrasian di masa depan akan lebih beragam baik secara kapasitas maupun kadar permasalahannya.

Untuk itu dalam hal ini Badan Keahlian DPR dapat bersinergi dengan DItjenim lebih intens lagi. BK DPR telah menggagas pada akhir Februari 2022 dengan melakukan anjangsana ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Kantor Wilayah Kemenkumham Bali. Kunjungan BK DPR untuk melakukan diskusi dalam rangka uji konsep Naskah Akademik dan Rancangan Undang-undang tentang Keimigrasian.

Ini merupakan langkah awal yang baik sebaiknya dilanjutkan secara maraton dan virtual ke-32 Kanwil Kemenkumham yang tersebar di seluruh Indonesia. Ihwalnya, jika dilaksanakan secara virtual akan lebih efisien dan efektif dari segi biaya, waktu dan tenaga. Mengingat banyaknya agenda RUU lain yang masih menumpuk di BK DPR.

Di samping itu pada tiap Kanwil Kemenkumham tentunya terdapat para pengampu tusi yang memiliki pandangan dan masukan yang beragam karena dilatarbelakangi oleh pengalaman yang berbeda dengan karakteristik yang spesifik. Walaupun teranyar Indonesia terdiri dari 34 propinsi namun Kanwil Kemenkumham baru terdapat pada 33 propinsi.

Selain itu BK DPR juga telah bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk membedah RUU Keimigrasian. Agar hasil kajian universitas lebih bermakna dan membumi lagi maka rekomendasi tersebut juga harus diklarifikasi dengan pihak Ditjenim sebagai pemangku tusi. Pasalnya, pemangku tusilah yang mengetahui secara presisi apa yang terjadi di lapangan (bukan bermaksud mengecilkan perguruan tinggi namun hanya ingin berkontribusi agar output lebih maksimal).

Bagi BK DPR berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan terkait juga penting dalam rangka menyelaraskan dengan UU lain yang sudah ada. Agar nantinya UU Keimigrasian dapat merupakan payung hukum yang semakin mengokohkan sistem hukum Indonesia secara komprehensif.

Hal lain RUU Keimigrasian belum masuk agenda Prolegnas Prioritas di DPR. Ini merupakan peluang bagi DPR dan Ditjenim. Artinya DPR dan Ditjenim memiliki cukup banyak waktu untuk bergandengan tangan melakukan pembahasan yang bermutu dan terarah demi terciptanya UU Keimigrasian yang mumpuni. Memang ini bukan pekerjaan yang mudah tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan sebab yang diperlukan hanyalah keseriusan dan konsistensi dari kedua belah pihak.

Bagi Ditjenim perlu mengupayakan dibentuk Tim Khusus yang mengkaji dan membedah secara detil RUU Keimigrasian serta bertujuan mengawal RUU Keimigrasian sampai diketok palu oleh DPR sebagai UU.

Tim ini dapat beranggotakan para pengampu tusi yang memiliki kapasitas dan kapabilitas yang teruji. Tim dengan masa kerja setahun berdasarkan Tahun Anggaran berjalan dan dapat diperpanjang selama RUU Keimigrasian belum disahkan. Tentu saja dengan pembagian tugas yang jelas dan agenda kerja yang terjadual. Kausanya, untuk memperoleh hasil yang optimal suatu kegiatan harus dilakukan secara terstruktur, terukur dan presisten.

Hal lain sebagaimana termaktub dalam UU Nomor 6/2011 fungsi keimigrasian mencakup empat fungsi. Seiring dengan besarnya kebutuhan publik akan pelayanan paspor, visa dan izin tinggal membuat paradigma fungsi keimigrasian mulai bergeser ke arah fungsi pelayanan keimigrasian.

Padahal fungsi hakiki keimigrasian adalah sebagai penjaga pintu gerbang negara kesatuan Republik Indonesia. Fungsi inilah yang sepatutnya menjadi ‘roh’ dalam UU Keimigrasian yang tentu saja perlu diadaptasikan dengan situasi dan kondisi terkait bidang keimigrasian di era digital.

Sebagai penghujung, risalah singkat ini adalah suatu bentuk urun rembug anak negeri. Momen yang berbarengan dengan masa reses DPR dari medio April hingga medio Mei 2022 dan merupakan kesempatan bagi para anggota dewan legislatif untuk mendengarkan aspirasi rakyat sebagai bekal menyejahterakan bangsa.

*) Fenny Julita,S.Sos.,M.Si, adalah Analis Keimigrasian Ahli Madya, Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM.

COPYRIGHT © ANTARA 2022

News Related

OTHER NEWS

Polda Aceh: Vaksinasi dosis satu capai 100,05 persen

Petugas medis memeriksa kesehatan warga yang mengikuti vaksinasi vaksin COVID-19 dilaksanakan kepolisian di Banda Aceh, Rabu (11/5/2022). ANTARA/HO/Bidhumas Polda Aceh Banda Aceh (ANTARA) – Kepolisian RI Daerah (Polda) Aceh menyatakan ... Read more »

Kemenkominfo "take down" hampir seluruh hoaks soal COVID-19 di medsos

Tangkapan layar video YouTube yang telah dilabeli hoaks oleh Kominfo. Video itu menyatakan terdapat ustaz yang menjadi korban aksi begal di Lampung Timur. (Kominfo) Kominfo (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan ... Read more »

Keempat pabrik 3M di Shanghai kembali lanjutkan produksi

Sejumlah orang mengunjungi stan 3M dalam Pameran Impor Internasional China (China International Import Expo/CIIE)  kedua di Shanghai, China timur, pada 7 November 2019. (Xinhua/Fan Peishen) Jakarta (ANTARA) – Keempat pabrik ... Read more »

Pasar saham global pertahankan kenaikan jelang data inflasi AS

Ilustrasi – Para pialang sedang bekerja di lantai Bursa Efek New York, Wall Street, Amerika Serikat. ANTARA/Reuters/pri. (ANTARA/Reuters) Milan/Hong Kong (ANTARA) – Saham Eropa memperpanjang kenaikan mereka pada Rabu, dan ... Read more »

"Ngeri Ngeri Sedap" tayang 2 Juni, hadirkan problematika keluarga

Film “Ngeri Ngeri Sedap” tayang 2 Juni 2022 di bioskop Indonesia. (ANTARA/HO) Jakarta (ANTARA) – Film “Ngeri Ngeri Sedap” yang merupakan karya perdana dari rumah produksi Imajinari bekerja sama dengan ... Read more »

Malaysia harapkan tarik investasi Rp212 triliun dari AS

Menteri Senior Perdagangan Internasional Malaysia, Mohamed Azmin Ali saat pertemuan virtual Retreat Menteri Ekonomi ASEAN (AEM) ke-28, Kamis. ANTARA Foto/Ho-MITI (1) Kedua negara diharapkan dapat menyepakati  pengaktifan perjanjian itu dalam ... Read more »

Bappenas: Program penyelamatan terumbu karang hidupkan ekonomi lokal

Tangkapan layar Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Arifin Rudyanto saat memberikan sambutan dalam acara Penutupan Proyek dan Diseminasi Capaian COREMAP-CTI WB Hibah Global Enviroment ... Read more »

Buah-buahan asal Asia Tenggara manfaatkan RCEP untuk masuki pasar China

Foto yang diabadikan pada 20 Mei 2020 ini menunjukkan durian yang baru dipetik di Provinsi Chanthaburi, Thailand. (Xinhua/Rachen Sageamsak) Jakarta (ANTARA) – Durian memasuki puncak musim panennya, dan pesanan buah ... Read more »

Orang dewasa berpotensi tertular hepatitis akut

Warga mencuci tangan dengan air bersih di Jakarta, Rabu (23/3/2022). (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna) Fungsi dari sabun adalah menurunkan tegangan permukaan dari tangan sehingga kuman yang melekat akan mudah lepasJakarta ... Read more »

Komunitas Otomotif apresiasi layanan Pertamina selama masa lebaran

Layanan Pertamina Patra Niaga Sumbagsel yang menjual BBM jeriken untuk menghindari antrean di SPBU Jalan Tol Trans Sumatera selama momen mudik Lebaran 2022. (ANTARA/HO-Pertamina) Jakarta (ANTARA) – Komunitas otomotif memberikan ... Read more »

UI buka akses pendidikan bagi mahasiswa asing bertalenta

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris. ANTARA/Humas UI UI GREAT diperuntukkan bagi mahasiswa asing yang ingin menempuh pendidikan penuh waktu atau full time ... Read more »

BPBD Padang catat 16 lokasi pohon tumbang akibat cuaca buruk

Salah satu pohon tumbang yang menimpa rumah di Kota Padang akibat cuaca buruk (ANTARA/ HO BPBD Sumbar) Ada yang menimpa rumah warga, ada yang menghambat jalan dan lainnyaPadang (ANTARA) – ... Read more »

Kimia Farma optimistis "rights issue" digelar pada kuartal II 2022

Jajaran direksi dan komisaris Kimia Farma menghadiri RUPST perseroan di Jakarta, Rabu (11/5/2022). ANTARA/HO-KAEF. Jadi memang KAEF saat ini sedang menjajaki calon investor baru yang tentunya sudah diseleksi oleh financial ... Read more »

Tim peneliti China jumpai snowcock dan bharal di "basecamp" Gunung Qomolangma

Seekor bharal terlihat di dekat base camp Gunung Qomolangma pada 10 Mei 2022. (Xinhua/Jiang Fan) Lhasa, China (ANTARA) – Tim peneliti China menjumpai berbagai satwa liar Tibet termasuk yang dilindungi ... Read more »

Polri bantu cegah penyebaran penyakit mulut dan kuku hewan ternak

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. ANTARA/HO-Divisi Humas Polri Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak panik dengan munculnya PMK.Jakarta (ANTARA) – Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya telah ... Read more »

Megawati: Spirit kebudayaan jadi kunci perdamaian di Semenanjung Korea

Presiden kelima Indonesia yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, saat mendapatkan gelar profesor kehormatan tertinggi dari Seoul Institute of The Arts (SIA), Korea Selatan, di Seoul, Rabu ... Read more »

Pakar: Daging sapi terjangkit PMK aman dikonsumsi asal dilayukan dulu

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Lamongan Yurohnur Efendi saat meninjau ternak sapi di wilayah Lamongan beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim) Surabaya (ANTARA) – Pakar Kesehatan Masyarakat Veteriner ... Read more »

21 kasus dugaan hepatitis akut di Jakarta

Arsip foto – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria ketika diwawancarai awak media di Balai Kota Jakarta, Senin (18/4/2022). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna Namun demikian ini masih dalam proses ... Read more »

Dubes RI sambut kontingen Federasi Kempo Indonesia di Tunisia

Para atlet kontingen Federasi Kempo Indonesia (FKI) berlaga dalam Kejuaraan Dunia Kempo ke-18 di Hammamet, Tunisia pada 10-15 Mei 2022. (ANTARA/HO-KBRI Tunis) Saya optimistis, kita bisa harumkan Merah Putih,” ujarnya.Jakarta ... Read more »

Wapres Ma'ruf perintahkan kolaborasi untuk turunkan angka stunting

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan keterangan kepada wartawan didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kiri), Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (ketiga dari kiri) dan Kepala BKKBN ... Read more »

Serikat pekerja Afrika Selatan mulai pemogokan di ArcelorMittal

Arsip – Pabrik ArcelorMittal terlihat di Vanderbijlpark, kota industri di selatan Johannesburg, Afrika Selatan, 21 November 2017. (ANTARA/Reuters/Siphiwe Sibeko/as) London (ANTARA) – Serikat Pekerja Logam Nasional Afrika Selatan memulai pemogokan ... Read more »

Warga Pasar Gembrong berharap ada ruang bermain untuk anak-anak

Suasana permukiman warga usai musibah kebakaran di Pasar Gembrong, Jakarta, Rabu (11/5/2022). ANTARA/Yogi Rachman Jakarta (ANTARA) – Warga korban kebakaran di Pasar Gembrong RW 01, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta ... Read more »

Hasil tes usap, 11 tenaga pendidik di Depok positif COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Mary Liziawati.  (ANTARA/Feru Lantara) Depok (ANTARA) – Hasil tes usap antigen terhadap 1.084 pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat ... Read more »

ILUNI berharap para kontestan dapat lanjutkan kohesi kebangsaan

Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) Andre Rahadian. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi semoga pemilihan nanti berjalan guyubJakarta (ANTARA) – Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) Andre Rahadian berharap ... Read more »

Pasangan Ahsan/Kevin tak temukan ritme terbaik saat lawan Korea

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengusap wajahnya saat melawan pebulu tangkis Korea Selatan Heo Kwanghee dalam pertandingan babak penyisihan grup A Piala Thomas Uber 2022 di Impact ... Read more »

Isuzu boks modifikasi terguling di Boyolali dua orang meninggal

Polisi bersama warga saat membantu memberikan pertolongan kepada korban kendaraan Isuzu truk boks modifikasi yang terperosok di ladang Jalan Andong-Nogosari tepatnya Dukuh Tegalrejo Desa Sempu, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Rabu ... Read more »

Kasad ingatkan pangkotama perhatikan kondisi prajurit

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan keterangan pers di Mabesad, Jakarta, Rabu (11/5/2022). (ANTARA/Syaiful Hakim) Jakarta (ANTARA) – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengingatkan seluruh ... Read more »

Pemerintah susun strategi agar stunting turun 3 persen pada 2022

Wakil Presiden Ma’ruf Amin berbincang dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati seusai menghadiri Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Pusat di Istana Wakil Presiden Jakarta, Rabu (11/5/2022) (ANTARA/Desca Lidya ... Read more »

Tingkat hunian The Nusa Dua Bali capai 69 persen selama libur Lebaran

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo, mengajak para cucunya bermain di sekitar pantai Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Jumat (6/5/2022). ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Lukas/am. Badung (ANTARA) – Tingkat ... Read more »

GNIJ: Forum RW se-Jabar dukung Ridwan Kamil maju Pilpres 2024

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil seusai menghadiri silaturahmi pada halalbihalal Hari Raya Idul Fitri1443 H/ 2022 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (11/5/2022). (ANTARA/HO-Humas Pemda ... Read more »

Kementan segera vaksinasi hewan di wilayah wabah dan nonwabah PMK

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (tengah) memberikan keterangan pada media dalam konferensi pers di kantor Kementerian Pertanian Jakarta, Rabu (11/5/2022). ANTARA/Aditya Ramadhan. Dalam waktu yang sangat singkat ini, untuk daerah ... Read more »

Pemkot Surabaya kerahkan kendaraan roda tiga layani perekaman KTP-El

Ilustrasi – Perekaman KTP-El di Kota Surabaya. ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya layanan ini hanya untuk perekaman KTP-ElSurabaya (ANTARA) – Pemerintah Kota Surabaya mengerahkan empat armada berupa kendaraan roda tiga untuk melayani perekaman ... Read more »

Revitalisasi Pasar Hewan Barito

Pekerja membongkar bangunan kios pedagang untuk direvitalisasi di Pasar Hewan Barito, Jakarta, Rabu (11/5/2022). Pemeritah Kota Jakarta Selatan melakukan revitalisasi puluhan kios di Pasar Hewan Barito dengan target tiga bulan ... Read more »

Kimia Farma bagikan dividen Rp90,68 miliar

Tangkapan layar jajaran direksi Kima Farma saat memberikan keterangan dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu. (ANTARA/Citro Atmoko) Jakarta (ANTARA) – PT Kimia Farma Tbk melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan ... Read more »

Izin buka bersama, wanita asal Cengkareng hilang sejak dua minggu lalu

Tangkapan layar unggahan akun Instagram @forumwartawanpolri terkait Dini Nurdiana, Rabu (11/5/2022). (ANTARA/Walda) Jakarta (ANTARA) – Seorang wanita bernama Dini Nurdiana (27) menghilang sejak lebih dua minggu lalu ketika ingin pergi ... Read more »

PDIP Surabaya bangga Megawati dianugerahi gelar profesor dari Korsel

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dianugerahi gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA), Korea Selatan, Rabu (11/5/2022). (ANTARA/HO-PDIP Surabaya) Surabaya (ANTARA) – Pengurus dan kader Partai Demokrasi ... Read more »

Epidemiolog: Perubahan status pandemi harus mengarah ke terkendali

Epidemiolog Griffith University Australia, Dicky Budiman (ANTARA/Desi Purnamawati) Jakarta (ANTARA) – Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan bahwa perubahan status pandemi di Indonesia harus diarahkan kepada status terkendali ... Read more »

Review - POCO M4 Pro, spesifikasi sangar harga Rp3 jutaan

POCO M4 Pro. (ANTARA/Natisha Andarningtyas) Jakarta (ANTARA) – POCO beberapa waktu lalu meluncurkan ponsel dengan spesifikasi yang sangar untuk kelas harga Rp3 jutaan, M4 Pro Spesifikasi yang tinggi ini sudah ... Read more »

Kecamatan Karawaci buat dapur umum bantu warga terdampak banjir

Para ibu meracik makanan di dapur umum di Kelurahan Cimone untuk membantu warga terdampak banjir di tiga kelurahan, Rabu (11/5/2022) ANTARA/HO Tangerang (ANTARA) – Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Banten membuka ... Read more »

Album baru TXT terjual lebih dari satu juta kopi dalam dua hari

Grup K-pop Tomorrow X Together (TXT). (twitter.com/TXT_bighit) Jakarta (ANTARA) – Album terbaru dari grup K-Pop Tomorrow X Together (TXT) bertajuk “minisode: 2: Thursday's Child” telah terjual 1,07 juta kopi hanya ... Read more »