Mengenal 6 Jenderal yang Terbunuh dalam Peristiwa G30S PKI

mengenal 6 jenderal yang terbunuh dalam peristiwa g30s pki

MURAL PERINGATAN G 30S PKI

Gerakan 30 September atau G30S/PKI merupakan peristiwa sejarah kelam bagi Indonesia, yang diperingati setiap tahunnya. Pada saat itu, terjadi pemberontakan yang dilakukan Partai Komunis Indonesia (PKI) untuk mengubah ideologi bangsa Indonesia.

Peristiwa kelam tersebut turut menyeret banyak korban, termasuk deretan jenderal yang terbunuh dalam catatan sejarah Tanah Air. Berawal dari aksi penculikan terhadap sederet jenderal TNI AD dari 30 September hingga 1 Oktober 1965.

Jasad jenderal yang dibunuh di Lubang Buaya tersebut ditemukan oleh Satuan Resimen Anggota Komando Angkatan Darat pada 4 Oktober 1965. Berikut biodata singkat 6 jenderal yang terbunuh dalam peristiwa G30S/PKI :

1. Jenderal Anumerta Ahmad Yani

Jenderal Ahmad Yani lahir pada 19 Juni 1922 di Jenar, Purworejo. Pada masa pendudukan Jepang, dia mengikuti pendidikan Heiho di Magelang dan pendidikan tentara Pembela Tanah Air (PETA) di Bogor.

Salah satu jenderal yang terbunuh dalam peristiwa G30S/PKI ini pernah mengikuti pendidikan militer pada Dinas Topografi Militer di Malang dan Bogor, dengan pangkat sersan. Setelah Tentara Keamanan Rakyat (TKR) terbentuk, Ahmad Yani diangkat menjadi Komandan TKR Purwokerto.

Ahmad Yani juga pernah terlibat dalam Agresi Militer Pertama Belanda, Agresi Militer Kedua Belanda, serta melawan DI/TII (Darul Islam/Tentara Islam Indonesia) yang membuat kekacauan di daerah Jawa Tengah.

Seusai penumpasan DI/TII tersebut, Ahmad Yani kembali ke Staf Angkatan Darat. Pada 1955, Achmad Yani disekolahkan pada Command and General Staff College di Fort Leaven Worth, Kansas, USA selama sembilan bulan.

Pada 1956, Ahmad Yani juga mengikuti pendidikan selama dua bulan pada Spesial Warfare Course di Inggris. Pada 1962, Ahmad Yani diangkat menjadi Menteri/Panglima Angkatan Darat.

Jenderal yang terbunuh dalam peristiwa G30S/PKI ini sempat menolak keinginan partai untuk membentuk Angkatan Kelima, yang terdiri dari buruh dan tani yang dipersenjatai. Oleh karena itu, Ahmad Yani menjadi salah satu target PKI yang diculik dan dibunuh lewat G30S PKI.

Pada hari kejadian, Ahmad Yani ditembak di depan kamar tidurnya pada 1 Oktober 1965 (dini hari). Jenazahnya kemudian ditemukan di Lubang Buaya, Jakarta Timur dan dimakamkan secara layak di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

2. Mayjen Raden Suprapto

Salah satu nama jenderal yang terbunuh dalam peristiwa G30S/PKI adalah Mayjen R. Suprapto. R.Suprapto lahir pada 20 Juni 1920 di Purwokerto.

Ia mengikuti pendidikan militer di Akademi Militer Kerajaan di Bandung. Namun terputus lantaran Jepang mendarat di Indonesia. Setelah menyelesaikan pendidikan menengah atasnya, Mayjen R. Suprapto lalu mengikuti sebuah pelatihan militer di Koninklijke Militaire Akademie yang berada di Bandung.

Namun, tak sampai selesai karena Jepang menguasai Indonesia. R. Suprapto kemudian ditahan dan dimasukan ke penjara. Akan tetapi salah satu jenderal yang terbunuh dalam peristiwa G30S/PKI berhasil melarikan diri. Mayjen R. Suprapto juga sempat mengikuti sebuah pelatihan bernama keibodan, syuisyintai, dan seinendan yang diadakan oleh Jepang.

Setelah itu, Mayjen R. Suprapto memutuskan bekerja di Kantor Pendidikan Masyarakat dan bergabung ke TKR. Mayjen R. Suprapto juga pernah terlibat dalam pertempuran Ambarawa bersama Jenderal Sudirman melawan tentara Inggris.

Mayjen R. Suprapto pernah ditugaskan sebagai Kepala Staf Tentara dan Teritorial (T&T) IV/ Diponegoro di Semarang dan Staf Angkatan Darat dan Kementerian Pertahanan. Lalu, Mayjen R. Suprapto dilantik menjadi Deputi (Wakil) Kepala Staf Angkatan Darat di Medan.

Setelah kembali ke Jakarta, Mayjen R. Suprapto diangkat menjadi perwira tinggi Angkatan Darat dengan pangkat Mayor Jenderal. Pada 1 Oktober 1965 waktu dini hari, R Suprapto dijemput oleh Pasukan Cakrabirawa dengan dalih dipanggil menghadap kepada Presiden Soekarno. Jasad salah satu jenderal yang terbunuh dalam peristiwa G30S/PKI ditemukan di Lubang Buaya dan kemudian dimakamkan di Taman Pahlawan Kalibata, Jakarta.

3. Mayjen TNI Mas Tirtodarmo Haryono (MT Haryono)

MT Haryono lahir di Surabaya, 20 Januari 1924. Pada masa pendudukan Jepang, ia belajar di Ika Dai Gaku (Sekolah Kedokteran) di Jakarta.

Selepas proklamasi Kemerdekaan tahun 1945, MT Haryono bergabung dengan TKR (Tentara Keamanan Rakyat) dan juga memperoleh pangkat yakni Mayor. MT Haryono juga pernah menjadi anggota delegasi Indonesia di Konferensi Meja Bundar (KMB).

Salah satu jenderal yang terbunuh dalam peristiwa G30S/PKI ini juga pernah menjadi atase militer Indonesia di Belanda lantaran kemampuannya berunding dan memahami beberapa bahasa asing seperti bahasa Jerman, Belanda, dan Inggris. Setelah kembali ke Indonesia, MT Haryono diangkat menjadi Asisten atau Deputi III Menteri/Panglima Angkatan Darat Jenderal Ahmad Yani bagian pembinaan dan perencanaan

Pada 1 Oktober 1965 dini hari, ia diculik dan dibunuh. Jasadnya ditemukan di Lubang Buaya dan kemudian dimakamkan di Taman Pahlawan Kalibata, Jakarta.

4. Mayjen Sutoyo Siswomiharjo

Salah satu jenderal yang terbunuh dalam peristiwa G30S/PKI berikutnya adalah Mayor Jenderal TNI Sutoyo Siswomiharjo. Sutoyo Siswomiharjo lahir di Purworejo, Jawa Tengah pada 28 Agustus 1922.

Sutoyo Siswomiharjo pernah menempuh pendidikan di Sekolah Pendidikan Pegawai Negeri di Jakarta. Kemudian, Sutoyo Siswomiharjo bekerja menjadi pegawai pemerintah di Purworejo namun berhenti pada 1944.

Salah satu nama jenderal yang terbunuh dalam peristiwa G30S/PKI kemudian bergabung dengan TKR. Ia menjadi ajudan Jenderal Gatot Subroto yang saat itu menjabat sebagai komandan polisi militer. Kemudian, pada 1954 ia menjabat menjadi kepala staf Markas Besar Polisi Militer.

Pada 1960, Sutoyo ditugaskan menjadi Inspektur Kehakiman Angkatan Darat. Lalu, naik pangkat sebagai Inspektur Kehakiman atau Jaksa Militer Utama dengan pangkat yaitu Brigadir Jenderal TNI.

5. Mayor Jenderal Siswondo Parman

Mayor Jenderal Siwondo Parman atau dikenal sebagai S. Parman adalah salah satu nama jenderal yang terbunuh dalam peristiwa G30S/PKI. S. Parman lahir di Wonosobo, 14 Agustus 1918.

S. Parman juga sempat masuk ke sekolah kedokteran, namun berhenti setelah Jepang menjajah Indonesia. Dimasa kekuasaan Jepang, Parman bekerja sebagai polisi militer yang disebut Kempetai.

Tak lama setelah itu, S. Parman dikirim ke Jepang untuk mengikuti pelatihan intelijen. Pada 1945, karier militer S. Parman di TNI dimulai saat beliau bergabung di TKR atau Tentara Keamanan Rakyat. Lalu, ia diangkat menjadi kepala staf polisi militer yang berada di Yogyakarta.

Beberapa tahun kemudian, S. Parman naik jabatan menjadi kepala staf Gubernur militer di Jabodetabek yang berpangkat Mayor. Prestasi S. Parman yakni berhasil menggagalkan pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil atau APRA yang dipimpin langsung oleh Raymond Westerling.

Hal itu membuat salah satu jenderal yang terbunuh dalam peristiwa G30S/PKI ini dikirim untuk sekolah polisi militer di Amerika. S. Parman juga pernah menjadi atase di militer Indonesia yang ada di Inggris dan memegang jabatan di Departemen Pertahanan Indonesia.

Kemudian, S. Parman kembali ke Indonesia menjadi asisten intelijen bagi KSAD Jenderal Ahmad Yani. Pada 30 September 1965, S. Parman diculik oleh pasukan Cakrabirawa di kediamannya.

6. Brigjen TNI Donald Isaac Pandjaitan

Salah satu nama jenderal yang terbunuh dalam peristiwa G30S/PKI adalah Brigjen TNI Donald Isaac Pandjaitan atau D.I. Pandjaitan. D.I. Pandjaitan lahir di Balige, Sumatera Utara pada 9 Juni 1925.

D.I. Pandjaitan menjadi anggota Gyugun atau bisa disebut sebagai tentara sukarela di wilayah Pekanbaru, Riau setelah tamat SMA. Pada 1945, D.I. Pandjaitan mulai bergabung di dalam Tentara Keamanan Rakyat atau TKR yang baru saja dibentuk.

D.I. Pandjaitan pernah menjabat sebagai komandan batalyon TKR. Kemudian, D.I. Pandjaitan ditugaskan menjadi Komandan Pendidikan Divisi IX/Banteng di Bukittinggi pada tahun 1948.

Lalu, beralih menjadi Kepala Staf Umum IV di Komandemen Tentara Sumatera. Serta menjadi Pimpinan Perbekalan Perjuangan Pemerintah Darurat Republik Indonesia saat terjadi Agresi Militer Belanda yang ke I dan II.

Pada 1963, D.I. Pandjaitan dikirim ke Amerika Serikat guna mengikuti kursus militer di Associated Command and General Staff College di wilayah Fort Leavenworth. D.I. Pandjaitan juga sempat ditugaskan menjadi atase militer Indonesia di wilayah Bonn pada tahun 1960.

D.I. Pandjaitan diangkat sebagai Asisten IV Menteri Panglima Angkatan Darat Jenderal AH Nasution di bagian logistik. Kemudian, pada 1 Oktober 1965 dini hari, Pandjaitan diculik oleh pasukan Cakrabirawa dan menjadi salah satu jenderal yang terbunuh dalam peristiwa G30S/PKI. Hingga sekarang, Pandjaitan telah dikenal sebagai pahlawan revolusi.

News Related

OTHER NEWS

Ada Tulisan Mantra di Kain Milik Satu Keluarga yang Tewas di Kalideres, Pakar: Ada Tekanan Batin

BANGKAPOS.COM — Hingga kini misteri tewasnya satu keluarga di Perumahan Citra Grand, Kalideres, Jakarta Barat, masih belum terungkap. Terbaru dari hasil olah TKP, ditemukan adanya kapur barus, bedak bayi dan ... Read more »

Bikin Cemas! Viral Kabar Uang Dolar AS Terbitan Sebelum 2021 Tak Berlaku Lagi

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin pagi melemah 19 poin atau 0,12 persen ke posisi Rp15.573 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya ... Read more »

Dewasa Sebelum Waktunya, Kiesha Alvaro Ungkap Caranya Bangkit dari Keterpurukan Pasca Kedua Orang Tuanya Bercerai: Yang Hancur Status Keluargamu, Bukan Dirimu!

Dewasa Sebelum Waktunya, Kiesha Alvaro Ungkap Caranya Bangkit dari Keterpurukan Pasca Kedua Orang Tuanya Bercerai: Yang Hancur Status Keluargamu, Bukan Dirimu! Dewasa Sebelum Waktunya, Kiesha Alvaro Ungkap Caranya Bangkit dari ... Read more »

WUIH, Harga Emas Antam Medan Terkini Sudah Nyaris Menembus Rp 1 Juta per Gram

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN – Harga emas Antam Medan atau emas PT Aneka Tambang Tbk meroket tepat di awal bulan Desember, Kamis (1/12/2022). Harga emas hari ini hampir menyentuh Rp 1 juta per ... Read more »

3 Dugaan Penyebab Fenomena Ribuan Ikan Naik ke Permukaan Darat di Pulau Onrust

TRIBUNTANGERANG.COM, KEPULAUAN SERIBU – Fenomena alam langka ribuan ikan naik ke permukaan darat terjadi di perairan Kepulauan Seribu pada Selasa (29/11/2022) kemarin. Melihat hal itu, Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan ... Read more »

Mencermati Saham-Saham Barang Konsumsi yang Menarik pada 2023

Mencermati Saham-Saham Barang Konsumsi yang Menarik pada 2023 KONTAN.CO.ID –  JAKARTA. Tahun depan menjadi tahun yang penuh sentimen bagi emite barang konsumsi. Salah satu sentimen utama di sektor ini adalah kondisi perekonomian ... Read more »

Motor Matic Terasa Ngempos Saat Menanjak? Tanda Komponen Ini Bermasalah

Motor Matic Terasa Ngempos Saat Menanjak? Tanda Komponen Ini Bermasalah Penyebab tarikan motor matic ngempos saat tanjakan Isal/GridOto.com Motor Matic Terasa Ngempos Saat Menanjak? Tanda Komponen Ini Bermasalah Tips servis ... Read more »

Arti Dump dalam Bahasa Gaul: Viral Instagram November Dump, Simak Penjelasannya

TRIBUNPEKANBARU.COM – Beberapa hari ini, viral Instagram terkait November Dump. Simak penjelasan Arti Dump dalam Bahasa Gaul yang kini ramai di media sosial. Ternyata, November Dump maksudnya di sini berkaitan dengan ... Read more »

Fakta Ibu Muda Melahirkan Sendiri di Teras Puskesmas, Tak Tahu Hamil dan Belum Pernah Cek Kandungan

TRIBUNBANTEN.COM – Seorang ibu muda bernama Yetina Hulu (21) melahirkan anaknya di halaman puskesmas tanpa bantuan dari tenaga kesehatan. Peristiwa ini terjadi di Kecamatan Tukka, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Sabtu (26/11/2022). ... Read more »

Jaga Pertumbuhan Konsumsi Jadi Tips Jokowi untuk Capai Target Pertumbuhan Ekonomi

Jaga Pertumbuhan Konsumsi Jadi Tips Jokowi untuk Capai Target Pertumbuhan Ekonomi KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pemerintah mematok target pertumbuhan ekonomi tahun 2023 mencapai 5,3% secara tahunan alias year on year (YoY). Presiden ... Read more »

35 Kata-kata Sindiran Halus untuk Suami hingga Teman

Kata-kata sindiran halus biasanya digunakan kebanyakan orang untuk menyampaikan perasaan jengkel mereka dengan elegan kepada orang-orang yang membuat mereka kesal karena perilakunya. Hidup itu penuh dengan kejutan dan terkadang sulit ... Read more »

Istri Kapten Vincent Raditya Melahirkan secara Caesar, Ternyata Ini Alasannya!

Istri Kapten Vincent Raditya Melahirkan secara Caesar, Ternyata Ini Alasannya! Pasangan Kapten Vincent Raditya dan Fanny Margaretha kini sedang dirundung dengan perasaan bahagia karena baru saja dikaruniai anak pertama mereka. ... Read more »

2 Cara Cek Kuota IndiHome atau FUP Internet, Pelanggan Wajib Tahu

2 Cara Cek Kuota IndiHome atau FUP Internet, Pelanggan Wajib Tahu KONTAN.CO.ID – Cara cek kuota Indihome atau FUP Internet via Browser dan Aplikasi. Pelanggan IndiHome kini bisa mengetahui sisa kuota dari ... Read more »

CEO Hook Entertainment Minta Maaf dan Janji Bayar Gaji Lee Seung Gi Selama 18 Tahun

TRIBUNNEWS.COM – CEO Hook Entertainment, Kwon Jin Young merilis permintaan resmi kepada Lee Seung Gi pada Rabu (30/11/2022). Tidak hanya itu, CEO Hook Entertainment berjanji akan bertanggung jawab penuh atas ... Read more »

Airlangga Beri Sinyal Bagi Partai yang Akan Bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto memberikan sinyal bagi partai ingin bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Airlangga menjelaskan, warna partai tersebut sama dengan baju yang dikenakan ... Read more »

Datang ke Rumah Ibunda Mengaku Dijebak, Ivan Gunawan Akhirnya Jujur Telah Lakukan Hal ini dengan Ayu Ting Ting Selama Setahun

Datang ke Rumah Ibunda Mengaku Dijebak, Ivan Gunawan Akhirnya Jujur Telah Lakukan Hal ini dengan Ayu Ting Ting Selama Setahun Datang ke Rumah Ibunda Mengaku Dijebak, Ivan Gunawan Akhirnya Jujur ... Read more »

8 Shio Diramal Akan Kaya Raya dan Hidup Bahagia Rezeki Berlimpah di Tahun 2023, Shio Kamu Termasuk?

TRIBUNJATIM.COM – Menurut astrologi China, tahun 2023 adalah masanya bagi Shio Kelinci. Mengutip buku Astrologi Cina Praktis karya Damian Sharp (2002), tahun kelinci adalah tahun ketenangan. Tahun ini bisa menjadi ... Read more »

Ekonom Proyeksi Inflasi November 2022 Melandai, Ini Penyebabnya

Pedagang ayam potong dan sayur mayur melayani pembeli di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/9/2022). Foto: Yulius Satria Wijaya/Antara Foto Ekonom Makroekonomi dan Pasar Keuangan LPEM FEB UI ... Read more »

Bukti Gosip Lesti Kejora dan Rizky Billar Bangkrut Usai KDRT Cuma Hoax, Terungkap Saat Gempa Cianjur

SURYAMALANG.COM – Bukti gosip Lesti Kejora dan Rizky Billar bangkrut setelah kasus KDRT beberapa waktu yang lalu akhirnya terungkap.� Bukti jika gosip Lesti Kejora bangkrut dengan sang suami Rizky Billar ... Read more »

Padahal Cuma Ikut Ketawa, Sule Ikut Kena Kasus Penistaan Agama, Kini Akan Diperiksa Polisi

TRIBUN-MEDAN.com – Komedian Sule segera dipanggil untuk diperiksa polisi. Sule dan Mang Saswi akan diperiksa atas laporan dugaan ujaran kebencian mengandung SARA terhadap Budayawan Budi Dalton. Polda Metro Jaya telah ... Read more »

Pedagang Nanas Tewas Dikeroyok Rombongan Pesilat Gara-gara Pakai Kaus Perguruan Silat

Ilustrasi dikeroyok – Eko, pedagang nanas yang baru berjualan di Pasar Gadung selama 3 bulan tewas dikeroyok lantaran mengenakan kaus perguruan silat. TRIBUNNEWS.COM, BOJONEGORO – Eko Bayu Asmoro (21) asal ... Read more »

Ayah Ben Kasyafani Meninggal Dunia, Sienna Kenang Momen Tak Terlupakan Bersama sang Kakek

Ayah Ben Kasyafani Meninggal Dunia, Sienna Kenang Momen Tak Terlupakan Bersama sang Kakek Marshanda, Ben Kasyafani, Ines, dan Sienna. TribunMedan.com Ayah Ben Kasyafani Meninggal Dunia, Sienna Kenang Momen Tak Terlupakan ... Read more »

Cerita di Balik Syarifah Fans Ferdy Sambo Nekat Terobos Sidang, Hasil Jual Pempek Modal Ketemu Sambo

TRIBUNSUMSEL.COM, JAKARTA – Cerita di balik Syarifah Ima Syahab nekat terobos sidang Ferdy Sambo pada Selasa (29/11/2022) lalu. Syarifah mengaku mengidolakan Ferdy Sambo terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat alias ... Read more »

Fans Lesti Kejora dan Rizky Billar Minta Maaf sampai Sujud di Kaki Ibu Dewi Perssik, Sri Muna Teriak

TRIBUNWOW.COM – Pedangdut Dewi Perssik telah melaporkan seorang perempuan yang diduga fans pasangan selebriti Lesti Kejora dan Rizky Billar atau Leslar ke polisi. Diketahui Dewi Perssik melaporkan perempuan tersebut lantaran ... Read more »

Video Pejabat Desa di Diskotik Viral, Nasib Sekdes Cantik Kini Resmi Dicopot dari Jabatan

TRIBUNMADURA.COM -�Pejabat desa berpangkat Sekretaris Desa (Sekdes) Banyuasin Kembaran, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, resmi dicopot pada Rabu (30/11/2022). Diketahui, pejabat desa bernama Andika Sari itu dicopot buntut dari ... Read more »

Ingat Sosok Istri Ricky Harun? Herfiza Novianti Artis Hilang dari Layar Kaca, Kini Sibuk Jadi Dosen

TRIBUNJABAR.ID -�Masih ingat sosok Herfiza Novianti, istri cantik Ricky Harun? Pernah menjadi artis dan menghiasi laya kaca televisi, sejak menikah Herfiza Novianti menghilang dari layar kaca. Beberapa tahun vakum dari ... Read more »

Dinas Keamanan China Unjuk Kekuatan Cegah Protes Berkembang

Para pelayat memegang lembaran kertas kosong saat berjaga untuk para korban kebijakan nol-COVID China dan korban kebakaran Urumqi di Hong Kong, China, 28 November 2022. Protes terhadap pembatasan COVID-19 China ... Read more »

Kenalan dengan Muhammad Fadhlillah, Peneliti Unpad yang Punya Sertifikasi Barista

Sertifikasi tersebut tidak sekadar mengejar sebagai barista profesional, tapi menjadi dasar mengajarkan kemampuan meracik kopi kepada mahasiswanya. Jakarta: Banyak anak muda kini berbondong-bondong menjadi barista. Namun, menjadi seorang ahli pembuat ... Read more »

Ulah Ismail Bolong Penambang Ilegal yang Seret Kabareskrim Berdampak ke Keluarga, Pasti Terjadi

TRIBUN-TIMUR.COM – Keluarga Ismail Bolong penambang ilegal di Kalimantan Timur kini harus siap diperiksa Bareskrim Polri. Saat Ismail Bolong sedang sembunyi dan diburu Mabes Polri dan Polda Kaltim, keluarga di ... Read more »

Daftar Harga BBM Pertamina Per 1 Desember 2022, Ada yang Naik Nih

Daftar Harga BBM Pertamina Per 1 Desember 2022, Ada yang Naik Nih Daftar harga BBM Pertamina per 1 Desember 2022, ada yang naik nih. Dwi Wahyu R./GridOto.com Daftar Harga BBM ... Read more »

BBM Satu Harga Layani Kebutuhan Energi di 402 Wilayah RI

Program BBM Satu Harga Pertamina kini telah melayani kebutuhan energi masyarakat di 402 wilayah dalam 125 kabupaten Indonesia sejak 2017. Jakarta: Program BBM Satu Harga Pertamina kini telah melayani kebutuhan ... Read more »

Gunawan Dianjaya Steel (GDST) Sudah Lampaui Target Penjualan Tahun Ini

Gunawan Dianjaya Steel (GDST) Sudah Lampaui Target Penjualan Tahun Ini KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kinerja PT Gunawan Dianjaya Steel Tbk (GDST) masih kokoh hingga periode Oktober 2022. Emiten baja ini melaporkan angka ... Read more »

Gratis Jasa, Segini Biaya Servis Berkala Setahun Pertama Honda WR-V

Gratis Jasa, Segini Biaya Servis Berkala Setahun Pertama Honda WR-V Honda WR-V tipe E CVT Rendy/Otomotifnet Gratis Jasa, Segini Biaya Servis Berkala Setahun Pertama Honda WR-V Tentu penting untuk melakukan ... Read more »

Tim Forensik Ungkap Hasil Autopsi Penyebab Kematian 2 Korban Kanjuruhan, Bukan Gas Air Mata

TRIBUNSUMSEL.COM – Hasil autopsi terhadap dua korban tewas dalam tragedi Kanjuruhan telah diumumkan. Tepatnya, autopsi tersebut dilakukan terhadap jenazah kakak beradik Natasya Debi Ramadani (16) dan Naila Debi Anggraini (13) ... Read more »

40 Puteri Indonesia Jadi Bridesmaid di Pernikahan Kaesang dan Erina

BANGKAPOS.COM –�Sepuluh hari lagi tepatnya, Sabtu 10 Desember 2022, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan melaksanakan akad nikahnya. Adapun akad nikah keduanya akan dilaksanakan di Toyal Ambarrukmo Yogyakarta. Seperti diketahui, ... Read more »

Desta Merasa Jadi Om-om Setelah Disandingkan dengan Member JKT48

TRIBUNBATAM.id – Desta merasa jadi om-om setelah disandingkan dengan bintang tamu member JKT48.� Desta kini semakin dikenal setelah menjadi host dalam acara Tonight Show.� Menggandeng Vincent Rompies dan Enzy Storya, ... Read more »

Moskow: Rusia dan China Gelar Patroli Gabungan di Laut China Timur

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pesawat tempur strategis Rusia dan China termasuk pesawat bomber jarak jauh Tupolev-95 yang dikenal Bear menggelar patroli gabungan di Laut Jepang dan Laut China Timur. REPUBLIKA.CO.ID, ... Read more »

Arti Mimpi Makan Jagung Punya Isyarat Baik, Dari Lambangkan Kekayaan hingga Mendapat Pengakuan Orang Lain

Arti Mimpi Makan Jagung Punya Isyarat Baik, Dari Lambangkan Kekayaan hingga Mendapat Pengakuan Orang Lain Ilustrasi Jagung Pexels Arti Mimpi Makan Jagung Punya Isyarat Baik, Dari Lambangkan Kekayaan hingga Mendapat ... Read more »

Ada Banyak Orang, Siapa Saja yang Berada di Pit Wall MotoGP?

Ada Banyak Orang, Siapa Saja yang Berada di Pit Wall MotoGP? Siapa saja yang boleh berada di pit wall MotoGP? KTM.com Ada Banyak Orang, Siapa Saja yang Berada di Pit ... Read more »

Update Harga Ayam Hari Ini Kamis 1 Desember 2022 di Pasar 26 Ilir Palembang, Rp 28 Ribu Per Kilo

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Berikut update harga ayam di Pasar 26 Ilir Palembang hari ini Kamis 1 Desember 2022. Harga ayam di Pasar 26 Ilir Palembang hingga hari ini masih terpantau ... Read more »
Breaking thailand news, thai news, thailand news Verified News Story Network