Menanti jejak viral Kapolri tuntaskan kasus Brigadir J

Menanti jejak viral Kapolri tuntaskan kasus Brigadir J

Tangkapan layar Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo tampak berjoget saat penyanyi cilik Farel Prayoga membawakan lagu “Ojo Dibandingke” di halaman Istana Negara, Jakarta, Rabu (17-8-2022). ANTARA/Laily Rahmawaty

Kalau tak mampu membersihkan ekor, kepalanya akan saya potong.Jakarta (ANTARA) – Pada peringatan HUT Ke-77 RI di Istana Negara, Jakarta, Rabu, menjadi tontonan menarik bagi masyarakat Indonesia, penampilan penyanyi cilik yang viral Farel Prayoga membawakan lagu Ojo Dibandingke menghibur Presiden RI Joko Widodo beserta tamu undangan.

Sejumlah tamu undangan ikut berjoget bersama sejumlah menteri, termasuk juga Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampak berjoget dari tempat duduknya di podium utama. Tidak ketinggalan Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo juga ikut bergoyang. Peristiwa ini pun jadi viral dan menghibur masyarakat.

Bicara tentang berita viral, saat ini pun masyarakat masih dibuat penasaran dengan motif pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, yang mulanya disebut tewas karena tembak-menembak di rumah dinas Irjen Pol. Ferdy Sambo, mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri di kompeks Polri Duren Tiga Nomor 46, Jakarta Selatan, Jumat, 8 Juli 2022.

Sebulan berlalu, tanda pagar (hashtag) Brigadir J atau Brigadir Yosua dan Ferdy Sambo masih menduduki peringkat teratas tranding Twitter di Indonesia, bahkan muncul tanda pagar terbaru #copotKapoldaFadil.

Seiring dengan berjalannya waktu, penyidikan yang dilakukan oleh Tim khusus (Timsus) bentukan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo secara maraton membuahkan hasil. Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi agar kasus ini dituntaskan secepatnya, jangan ada yang ditutup-tutupi. Empat kali Presiden mengingatkan hal itu.

Peristiwa kematian Brigadir J mulai terkuak. Puncaknya pada hari Selasa (9/8), Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo bersama sejumlah jenderal dan pejabat utama Polri mengumumkan Irjen Pol. Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus penembakan terhadap ajudannya.

Selain Ferdy Sambo, ada tiga tersangka lainnya, yakni Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Brigadir Kepala Ricky Rizal atau Bripka RR, dan Kuat Ma’ruf, satu-satunya tersangka unsur sipil, yang bekerja sebagai asisten rumah tangga merangka sopir keluarga Ferdy Sambo. Mereka disangkakan pasal pembunuhan berencana Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP dengan ancaman hukuman mati.

“Bahwa tidak ditemukan, saya ulangi, tidak ditemukan fakta peristiwa tembak-menembak seperti yang dilaporkan awal. Tim khusus menemukan bahwa peristiwa yang terjadi adalah peristiwa penembakan terhadap saudara J yang mengakibatkan saudara J meninggal dunia, yang dilakukan oleh saudara RE atas perintah saudara FS,” kata Sigit, waktu itu.

Menanti jejak viral Kapolri tuntaskan kasus Brigadir J

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo bersama sejumlah jenderal dan pejabat utama Polri menyampaikan penetapan tersangka Ferdy Sambo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9-8-2022). ANTARA/Laily Rahmawaty

Baca juga: LPSK tolak perlindungan Bharada E terkait percobaan pembunuhan
Baca juga: Komnas HAM cek TKP dugaan pembunuhan berencana Brigadir J

Bedol Desa

Selain tragisnya kematian Brigadir J karena adanya skenario jahat yang diduga dibuat oleh tersangka Ferdy Sambo untuk tutupi motif kejahatannya, jenderal bintang dua itu juga menyeret sedikitnya 35 personel Polri dalam pusaran kasus tersebut.

Ada 63 personel Polri yang diperiksa oleh Inspektorat Khusus (Itsus) Polri terkait dengan kasus tewasnya Brigadir J. Namun, baru 35 personel yang diduga melanggar etik dalam penanganan TKP Duren Tiga, 16 orang itu di antaranya ditahan di tempat khusus (patsus) di Provost Mabes Polri (10 orang) dan Mako Brimob, Kepala Dua Depok (enam orang). Ada dugaan mereka melanggar ini berasal dari satuan Polres Metro Jakarta Selatan, Polda Metro Jaya, bahkan Mabes Polri.

Saat ini 35 personel tersebut menjalani pemeriksaan intensif guna menelusuri pelanggaran etik maupun pidana berupa upaya menghambat penegakan hukum (obstruction of justice) terhadap pengungkapan kasus pembunuhan berencana (Pasal 340) Brigadir J.

Dalam konteks kepolisian obstruction of justice berupa merusak TKP, menghilangkan barang bukti, bahkan membuat laporan palsu, seperti dua laporan yang dihentikan karena tidak terdapat peristiwa pidananya, yakni laporan dugaan pelecehan terhadap Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo, serta laporan percobaan pembunuhan terhadap Bharada E.

Hal ini bentuk komitmen Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam menindak anggotanya yang bersalah. Bahkan, sebelum penetapan tersangka Ferdy Sambo, jenderal bintang empat itu menerbitkan surat telegram khusus mencopot 10 perwira dari jabatannya. Mereka terdiri atas tiga perwira tinggi (pati), enam perwira menengah (pamen), dan satu perwira pertama (pama).

Tiga pati yang dicopot, yakni Irjen Pol. Ferdy Sambo dicopot dari jabatan Kadiv Propam Polri, Brigjen Pol. Hendra Kurniawan dicopot dari jabatan Karo Paminal Divisi Propam Polri, dan Brigjen Pol. Benny Ali dicopot dari jabatan Karo Provost Divisi Propam Polri. Ketiganya pun dimutasi sebagai pati pelayanan markas (yanma) Polri terhitung sejak Kamis (4/8).

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menggunakan istilah “bedol desa” atas mutasi besar-besaran yang dilakukan Kapolri terhadap anggota kepolisian yang ikut terlibat dalam kasus Birgadir J.

Peongky Indarti, anggota Kompolnas, menyebutkan 2 hari sebelum pengumuman puluhan personel Polri terlibat pelanggaran prosedural tidak profesional menangani TKP Duren Tiga, Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto dan dirinya bertemu dengan Kapolri, meminta agar orang-orang yang diduga melakukan obstruction of justice untuk diperiksa dan dimutasi.

Selaku pengawasan fungsional Polri, Kompolnas menilai Kapolri sudah tegas dalam penanganan kasus Brigadir J walau di awal pengungkapan kasus terdapat hambatan. Hal ini mengingat tersangka yang menjadi otak tindak pidana adalah seorang jenderal bintang dua yang menjabat sebagai polisinya polisi sehingga menyalahgunakan kekuasaan dan melakukan obstruction of justice yang menyesatkan.

“Akan tetapi, kondisinya sudah berbalik dan saat ini penanganan sudah sesuai dengan jalur (on the right track),” kata Poengky kepada ANTARA saat dikonfirmasi, Selasa (16/8).

Menanti jejak viral Kapolri tuntaskan kasus Brigadir J

Seorang warga melintasi depan karangan bunga Save Polri yang terpajang di pinggir Mabes Polri, Jakarta, Senin (8-8-2022). ANTARA/Laily Rahmawaty

Baca juga: Timsus Polri fokus selesaikan berkas perkara penembakan Brigadir J
Baca juga: Labfor Polri dampingi Komnas HAM cek TKP Duren Tiga

Janji “Potong Kepala”

Dua tahun terakhir institusi Polri didera berbagai kasus viral di masyarakat, mulai dari kasus rudapaksa anak di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, kriminalisasi mural 404: Not Found mirip wajah Presiden Jokowi, kekerasan terhadap anak buah di Polres Nunukan, dan beberapa kasus lainnya. Banyaknya kritikan masyarakat sebenarnya menunjukkan tingginya harapan masyarakat terhadap kinerja polisi yang profesional dan manusiawi.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menanggapi tingginya harapan masyarakat itu pada waktu menutup kegiatan Pendidikan Sespimti Polri Dikreg Ke-30, Sespimen Polri Dikreg Ke-61, dan Sespimma Polri angkatan ke-66 di Lembang, Jawa Barat, Rabu (27-10-2021), menyampaikan pidato yang fenomenal.

Sigit berpesan kepada jajarannya untuk menjadi pemimpin yang mengayomi dan melayani bagi warga dan anggotanya. Dalam menjalankan tugas, tidak boleh mudah terpancing emosi, turun langsung ke lapangan, dan mampu menjadi teladan bagi semua pihak.

Saat itu, pidato Sigit pun viral yang mengutip peribahasa Ikan Busuk Mulai dari Kepala, dengan kata lain segala permasalahan internal di kepolisian dapat terjadi karena pimpinannya bermasalah atau tidak mampu menjadi teladan bagi jajarannya.

Mantan Kadiv Propam Polri itu berkomitmen memberikan penghargaan bagi personel yang menjalankan tugas dengan baik dan bekerja keras melayani masyarakat.

Namun, sebaliknya, akan memberikan sanksi tegas kepada personel yang tidak menjalankan tugas dengan baik atau melanggar aturan yang ada. Bahkan, tidak ragu menindak tegas pimpinan yang tidak mampu menjadi teladan bagi jajarannya.

“Terhadap anggota yang melakukan kesalahan dan berdampak pada organisasi maka jangan ragu melakukan tindakan. Kalau tak mampu membersihkan ekor, kepalanya akan saya potong,” ujar Sigit kala itu.

Baca juga: Jokowi merasa keseringan tanggapi kasus pembunuhan Brigadir Yoshua
Baca juga: Komnas HAM periksa Ferdy Sambo dan Bharada E di Mako Brimob sore ini

Problem dan Solusi

Pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto ketika dihubungi di Jakarta, Selasa (16/8), menyebutkan bahwa skandal kasus Duren Tiga memperlihatkan adanya masalah besar di tubuh Polri.

Diibaratkan pula bahwa Polri sedang dilanda gempa bermagnitudo 8 skala Richter, saking besarnya dampak yang terjadi.

Masalah ini karena ada aturan yang tidak dijalankan dengan benar, seperti Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengawasan Melekat di Lingkungan Polri yang baru ditandatangani Kapolri pada tanggal 16 Maret lalu. Tertuang pada Pasal 7 ayat (1) dan ayat (2) serta Pasal 9.

Selain menunjukkan pengawasan internal, menurut dia, juga tidak akan pernah bisa maksimal. Apalagi, yang terlibat dalam kasus ini adalah pengawas internal Polri sendiri, yakni Kadiv Propam beserta jajarannya.

Kasus ini juga menjadi bukti bahwa pelanggaran di internal Polri tidak bisa lagi dengan dalih perilaku oknum, tetapi kelompok yang terstruktur, sistematis dan masif di internal Polri. Masif mengingat sampai saat ini ada 63 personel yang diperiksa dan 35 di antaranya sudah ditemukan bukti pelanggaran etik yang bisa mengarah pada pelanggaran pidana.

Terstruktur karena para personel yang melanggar terdiri lintas satuan dari berbagai struktur di Polri. Sistematis karena ada upaya melakukan rekayasa menutupi kasus pembunuhan ini tentu tidak tiba-tiba dan dalih sudah melaksanakan SOP sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Catatan Bambang, sedikitnya ada empat aturan yang dilanggar dari kejadian ini, yakni Perkap Nomor 1 Tahun 2022 tentang Penggunaan Senjata Api bagi Personel. Belum ada atasan langsung pemberi rekomendasi terkait dengan senpi untuk menembak Brigadir J yang diperiksa.

Pelanggaran terkait dengan Perkap Nomor 8 Tahun 2009 tentang Implementasi Prinsip-Prinsip HAM dalam Pelaksanaan Tugas Kepolisian menyangkut penggunaan senjata api, olah TKP dsb.

Berikutnya, Peraturan Polri (Perpol) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Etik Polri yang telah ditetapkan pada tanggal 14 Juni 2022 dan diundangkan pada tanggal 15 Juni 2022 yang dilanggar penegak aturan internal, yakni Kadiv Propam Polri sendiri.

Bambang pun melihat keterhubungan antara peraturan dan implementasi di lapangan menunjukkan ada indikasi Kapolri tidak mampu melaksanakan peraturannya sendiri.

Tidak bisa melakukan pengawasan melekat (waskat) secara maksimal dengan memberi arahan, inspeksi, asistensi, supervisi, dan monev (monitoring evaluasi) kepada jajarannya sehingga terjadi pelanggaran pidana berat yang melibatkan bukan orang per orang tetapi banyak orang.

Problem untuk kembalikan kepercayaan publik ini tentunya sangat berat bila dibebankan pada internal Polri saja. Ini membutuhkan dukungan kekuatan eksternal untuk memulihkannya. Dukungan eksternal saat ini adalah langkah-langkah politis Presiden untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat pada Polri.

Kapolri saat ini, kata Bambang, memang harus menuntaskan kasus ini seperti arahan Presiden tanpa mengurangi prinsip kehati-hatian. Selain itu, juga harus cepat karena berkejaran dengan menurunnya kepercayaan masyarakat.

Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2022

News Related

OTHER NEWS

Konser Keisya Levronka di Pontianak Dikritik, DPRD: Acara Pemkot Tapi Berbayar

Keisya Levronka tampil di konser Pesona Kulminasi Pontianak. Foto: Dok Hi!Pontianak Hi!Pontianak – Penyanyi sekaligus pemain sinetron Keisya Levronka, baru saja tampil pada konser Pesona Kulminasi di Alun-alun Kapuas, Sabtu, ... Read more »

Bandara Internasional Lombok Tawarkan Diri Jadi Arena Balap MXGP 2023

Laporan Wartawan Tribunlombok.com, Sinto TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK TENGAH – Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid di Lombok Tengah dapat menjadi pilihan penyelenggaraan MXGP 2023. “Mau dibuat sprint rally, MXGP dan berbagai ... Read more »

Hari Sungai Sedunia Diperingati Setiap 25 September, Ini Sejarah dan Cara Memperingatinya

Ilustrasi sungai – Hari Sungai Sedunia atau World Rivers Day diperingati setiap tahun pada hari Minggu keempat bulan September, simak sejarah dan cara memperingatinya. TRIBUNNEWS.COM – Setiap tahun pada hari ... Read more »

Awalnya Hanya untuk Isi Waktu Saat Rawat Anak Sakit, Denada Kini Dapat Penghasilan Besar dari Zumba

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Arie Puji Waluyo TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – – Selain dikenal sebagai penyanyi, Denada rupanya memiliki profesi baru saat ini. Denada jadi nstruktur senam yang bersertifikasi, yang ia dapatkan ... Read more »

Sony Dirumorkan Rilis PS5 Versi Lebih Tipis Mulai 2023

Tampilan PS5 yang dipajang di gerai GameStop Manhanttan, Amerika Serikat. [REUTERS/ANDREW KELLY] Suara.com – Sony baru saja memperkenalkan konsol PlayStation 5 (PS5) dengan bobot lebih ringan pada awal September kemarin. ... Read more »

Tangisan Maya Lihat Jenazah Kedua Orangtuanya, Minta Tolong saat Ayah dan Ibunya Dihabisi OTK

TRIBUNPEKANBARU.COM – Pembunuhan di Palangkaraya gegerkan warga pada Jumat (23/9/2022) tengah malam kemarin. Bagaimana tidak, 2 orang meregang nyawa sekaligus dalam Pembunuhan di Palangkaraya tersebut. Pelaku Pembunuhan di Palangkaraya tersebut ... Read more »

Sinopsis Novel Dear J, Kisah Cinta Yang Berawal dari Suara

Sinopsis Novel Dear J Penulis adalah salah satu profesi yang diidamkan oleh banyak orang khususnya anak muda. Berbagai cara mereka lakukan agar karya mereka dikenal oleh publik, Salah satunya adalah ... Read more »

Tes Kepribadian - Gambar Apa yang Kamu Lihat Pertama Kali, Ungkap Sifat yang Perlu Kamu Ubah

TRIBUNMANADO.CO.ID – Berikut ini tes kepribadian yang dapat melihat karakter seseorang. Terkait hal itu ini tes kepribadian melalui gambar. Dimana pilihanmu akan menunjukan hal ini dihidupmu. Di bawah ini ada ... Read more »

SOSOK Xi Jinping, Presiden China Asal Partai Komunis yang Kini Diisukan Dikudeta

TRIBUNCIREBON.COM – Simak sosok Xi Jinping, Presiden Republik Rakyat China (RRC) ke-7. Selain menjadi Presiden China, saat ini Xi Jinping diketahui menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis dan Kepala Komisi ... Read more »

Gemas, Ini 10 Potret Anjing & Kucing yang Ikut Show

Fashion show merupakan salah satu acara pengenalan busana yang dibawakan oleh seorang model. Busana yang ditampilkan dirancang oleh berbagai desainer terkenal di mancanegara. Namun, berbeda dengan acara fashion show yang ... Read more »

Sampurna Sederhana Open 2022 Sukses, Indra Jayaatmaja Tegaskan Harapan

Sampurna Sederhana Open 2022 Sukses, Indra Jayaatmaja Tegaskan Harapan jpnn.com, SUMEDANG – Kabag Humas Kemenpora Indra Jayaatmaja memberikan apresiasi setelah penyelenggaraan Kejuaraan PBSI Sampurna Sederhana Open 2022 berjalan sukses pekan ... Read more »

Yuk Kepoin Kekayaan Pejabat di e-LHKPN

KPK menjamin data yang dibeberkan di e-LHKPN transparan. Jakarta: Masyarakat bisa mengintip kekayaan penyelenggara negara di situs e-LHKPN. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjamin transparansi laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN). ... Read more »

Tarif Tol Bakal Naik Secara Bertahap Imbas Inflasi dan Harga BBM

Ilustrasi gerbang tol Foto: Shutterstock Tarif tol akan mengalami kenaikan sejalan dengan inflasi dan naiknya harga BBM. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR akan menaikkan tarif tol kembali secara ... Read more »

Kasus Dugaan Investasi Bodong NET89, Potensi Kerugian Capai Rp1,8 Triliun

Suara.com – Purwasuka – Bareskrim Polri tengah mengusut kasus dugaan investasi bodong yang dilakukan NET89 milik PT SMI. Saat ini kasus tersebut sudah dalam tahap penyidikan oleh tim Penyidik Dittipideksus. ... Read more »

Cara Menggunakan Toner Pad dan Mengapa Kamu Harus Mencobanya

Ilustrasi skincare [Unsplash/Metamorwork] Suara.com – Toner merupakan salah satu skincare yang memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Cairan satu ini akan mengangkat sisa kotoran, menyeimbangkan pH hingga mengatasi ... Read more »

Jadi Venue Piala Dunia U-20, FIFA Wanti-wanti Kualitas Rumput Stadion GBT Tetap Terjaga

Stadion Gelora Bung Tomo. (Suara.com) Suara.com – Federation Internationale de Football Association (FIFA) atau Federasi Sepak Bola Dunia meminta rumput di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur memiliki ... Read more »

Larissa Chou Bantah Nikah Lagi dengan Rio Haryanto, Sebut Hoax, Yusuf Gagal Punya Ayah Baru?

TRIBUNCIREBON.COM – Berhembus kabar jika mantan istri Alvin Faiz, Larissa Chou akan segera menikah dengan seorang pria pujaan hatinya. Bersamaan dengan hal tersebut, maka menandakan jika Larissa Chou akan segera ... Read more »

Destinasi Wisata Bali, Keindahan Kolam Teratai di Pura Taman Saraswati Ubud

TRIBUN-BALI.COM � Ubud menjadi Kawasan yang semakin populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menjadi Destinasi Wisata. Kawasan Ubud menawarkan banyak pilihan tempat wisata menarik, mulai dari aktivitas yang ... Read more »

Awalnya Ngaku Rem Blong, Begini Fakta Terbaru Kasus Nenek Pengemudi Xpander yang Tewaskan 3 Orang

WARTAKOTALIVE.COM– Hasil penyelidikan mengungkap fakta baru peristiwa kecelakaan maut di di Jalan RA Kosasih, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (22/9/22) lalu Seperti diketahui, pada kecelakaan tersebut, tiga orang ... Read more »

Apa Saja Peran Kadin untuk Membantu Pemerintah?

Waketum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, Arsjad Rasjid. Suara.com – Sebagai mitra strategis pemerintah, Kamar Dagang dan Industri Indonesia berperan mendorong percepatan pemulihan perekonomian nasional yang terdampak pandemi Covid-19. ... Read more »

Karier Bernyanyinya Meredup, Pinkan Mambo Malah Dituding Gila, Sedih Banyak Teman Menjauh

TRIBUN-MEDAN.com – Karier bernyanyinya meredup, Pinkan Mambo malah dituding gila. Ia pun curhat soal perasaan sedihnya kala banyak temannya menjauh. Diketahui Pinkan Mambo memilih bernyanyi solo setelah keluar dari Duo ... Read more »

Fakta-Fakta Es Teh Indonesia, Modal Awal Didirikan Rp 5 Juta dan Omset Melejit Setelah Jadi 'BUMN'

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –  Es Teh Indonesia jadi perbincangan dan sorotan warganet di akhir pekan ini. Ini menyusul langkah hukum Es Teh Indonesia melayangkan somasi pada pelanggan yang mengkritik salah satu ... Read more »

Viral Warga Cikarang Selatan Tangkap Pria yang Dituduh Pencuri, Begini Fakta Sebenarnya

WARTAKOTALIVEI.COM,CIKARANG SELATAN– Sebuah video viral di media sosial yang menarasikan warga Kampung Pagaulan, Desa Sukaresmi, Cikarang Selatan telah mengamankan pelaku pencurian pada Jumat (23/9/2022). Video yang diunggah di akun instagram ... Read more »

Sinopsis Drakor Familiar Wife, Kisahkan Ji Sung yang Ingin Mengubah Takdir Cintanya, Link Nonton Jangan Ketinggalan!

Sinopsis Drakor Familiar Wife, Kisahkan Ji Sung yang Ingin Mengubah Takdir Cintanya, Link Nonton Jangan Ketinggalan! drama Korea Familiar Wife dok. tvN Sinopsis Drakor Familiar Wife, Kisahkan Ji Sung yang ... Read more »

Ternyata Begini Cara Mendapatkan Koin di TikTok

Ilustrasi TikTok. Foto: Solen Feyissa/unsplash TikTok kini sudah jadi salah satu media sosial paling populer di dunia. Salah satu fitur TikTok adalah koin, yakni mata uang virtual untuk mengirimkan emoji ... Read more »

Jadi Idola Baru Remaja, Gabriel Prince Cari Teman Berbagi Setiap Saat

Gabriel Prince baru saja merilis film perdananya Love in Game dipasangkan dengan Livy Renata. Prince adalah seorang penyanyi, aktor, dan content creator. Namanya mulai dikenal melalui konten-konten yang sering diunggahnya ... Read more »

Suami Tak Senang Istri Melahirkan Anak Pertama, Ternyata Hasil Pencabulan Kakeknya Sendiri

SERAMBINEWS.COM – Cerita seorang suami merasa tak bahagia saat istri melahirkan anak pertama datang dari Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pria berinisial BE dibuat kaget dengan pengakuan sang istri, PU (16). ... Read more »

Profil Xi Jinping Presiden yang Heboh Disebut Dikudeta Militer China, Kini Jadi Tahanan Rumah?

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Thalia Amanda Putri TRIBUNSUMSEL.COM – Inilah profil Xi Jinping� yang disebut telah dikudeta militer China dan jadi tahanan. Presiden Xi Jinping kini tengah jadi sorotan lantaran disebut ... Read more »

Sinopsis Film One Piece Red, Kisah Misteri Bajak Laut Shanks, Lihat Jadwal Bioskop di Pekanbaru

TRIBUNPEKANBARU.COM – Sinopsis Film One Piece Red, menceritakan tentang terungkapnya misteri bajak laut, Akagami no Shanks. Kisah One Piece Film: Red ini bermula saat seorang diva yang bernama Uta memiliki festival ... Read more »

Lokasi Kasino Tempat Lukas Enembe Berjudi yang Dibongkar MAKI, Fasilitas Mewah Bukan Main

Gubernur Papua Lukas Enembe. (Antara) Nama Gubernur Papua Lukas Enembe baru-baru ini menjadi perbincangan masyarakat karena terbongkar bahwa dirinya bermain judi kasino di sejumlah negara. Saat ini, Lukas telah ditetapkan ... Read more »

Jenis Ibadah Mahdhah Dalam Kehidupan Sehari-hari yang Wajib Diketahui

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Seorang Muslim tidak akan lepas dari namanya yang melaksanakan ibadah sebagaimana diwajibkan dan dianjurkan dalam Islam. Pelaksanaan ibadah sendiri adalah bentuk pengambaan diri kepada Allah SWT sebagai hambaNya. ... Read more »

Pengurus Kick Boxing Indonesia Wilayah Sumut Gelar Selekda Kepada 81 Atlet

Pengurus Kick Boxing Indonesia Wilayah Sumut Gelar Selekda Kepada 81 Atlet TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN- Menyambut PON (Pekan Olahraga Nasional) yang akan diselenggarakan di tahun 2024 mendatang, Pengurus Provinsi (Pengprov) Kick Boxing ... Read more »

3 Tersangka Bansos Kebakaran di Bima Ditahan di Tempat Berbeda, Segera Jalani Sidang Perdana

Laporan Wartawan TribunLombok.com, Atina TRIBUNLOMBOK.COM, KOTA BIMA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bima, telah menahan 3 tersangka dugaan korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos) kebakaran di Bima. Pertama tersangka Sirajudin yang ditahan ... Read more »

Lagi dan Lagi, Pasukan Israel Tembak Mati Warga Palestina di Tepi Barat

Puluhan warga Palestina tewas dalam operasi Israel, menjadikan 2022 sebagai tahun paling mematikan di Tepi Barat sejak 2016. Tepi Barat: Pasukan Israel menembak mati seorang warga Palestina, yang disebut-sebut membawa ... Read more »

Tutup Karaoke Dangdut Wonderful Mempawah, Wabup Pagi: Semoga Lahir Vokalis-vokalis yang Berprestasi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH – Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi, menutup Karaoke Dangdut Wonderful Mempawah 2022 di Pelabuhan Kuala Pasir Wan Salim, Kecamatan Mempawah Timur, Sabtu 24 September 2022 malam. Bertempat di ... Read more »

Curhat Sedih Pinkan Mambo Disebut Gila Usai Karier Bernyanyinya Meredup, Banyak Teman Menjauh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Penyanyi Pinkan Mambo curhat sedih pada jalan hidup dan karier bernyanyinya. Ia bahkan sampai disebut gila. Pinkan Mambo memang memilih bernyanyi solo setelah keluar dari Duo Ratu yang ... Read more »

Presiden China Xi Jinping Jadi Trending Topik di Tengah Rumor Kudeta Militer

Presiden China Xi Jinping masuk ke dalam trending topik Twitter terkait laporan yang tidak berdasar bahwa dia berada di bawah tahanan rumah dan bahwa China berada di tengah kudeta militer. ... Read more »

Bangun Istana Baru, Begini Desain Rumah Raffi Ahmad Bergaya American Classic Layaknya Milik Iron Man

TRIBUNNEWSMAKER.COM – Raffi Ahmad bangun rumah layaknya Iron Man serba canggih di dalamnya. Sosok artis Raffi Ahmad kembali menggemparkan publik lantaran sedang membangun rumah tak biasa. Memiliki keunikan sendiri rumah ... Read more »

Soal Kabar Presiden China Xi Jinping Dikudeta, Netizen Posting Iring-iringan Kendaraan Tempur

Presiden Chin Xi Jinping TRIBUNNEWS.COM, CHINA – Presiden China  Xi Jinping dikudeta. Kabar berita itu menggemparkan China, khususnya di dunia maya. Sejumlah postingan di media sosial negara Tirai Bambu itu, ... Read more »

Pilu Dokter Muda di Sulsel Meninggal di Hari Pernikahan karena Sakit

dr. Alif Adeyani di Sulsel. Foto: Dok. Istimewa Ajal dan jodoh memang tak ada yang tahu kapan akan datang. Keduanya merupakan takdir Tuhan. Namun, bagaimana jika keduanya ini datang di ... Read more »
Breaking thailand news, thai news, thailand news Verified News Story Network