Mahfud MD Umumkan Tim Fakta Tragedi Kanjuruhan, Ada Nama Kurniawan Dwi Yulianto dan Rhenald Khasali

mahfud md umumkan tim fakta tragedi kanjuruhan, ada nama kurniawan dwi yulianto dan rhenald khasali

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Menko Polhukam Mahfud MD mengumumkan nama-nama pimpinan dan anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi Kanjuruhan untuk mengungkap peristiwa yang menelan 125 korban tewas tersebut.

Menurut Mahfud MD, TGIPF tragedi Kanjuruhan ini berisi 13 orang dimana 3 pimpinan dan 10 anggota.

Pembentukan TGIPF tragedi Kanjuruhan, kata dia merupakan hasil rapat koordinasi khusus penanganan peristiwa itu yang digelar di Kemenko Polhukam dengan kementerian dan instansi pemerintah lainnya.

“Pimpinan dan anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta atau TGIPF, yang sudah dilaporkan kepada bapak presiden dan disetujui, serta diumumkan dan segera bekerja,” kata Mahfud MD ditayangan Kompas TV, Senin (3/10/2022).

Susunan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta tragedi Kanjuruhan ini adalah:

Pimpinan

-Ketua TGIPF adalah Menko Polhukam Mahfud MD

-Wakil Ketua Menpora Zainudin Amali

-Sekretaris Nur Rachmat SH MH (mantan Jampidum dan mantan Deputi 3 Kemenko Polhukam)

Anggota:

1. Prof. Dr. Rhenald Khasali (akademisi UI)

2. Prof. Dr. Sumaryanto (Rektor UNY)

3. Akmal Marhali (Pengamat Olahraga/koordinator Save Our Soccer)

4. Anton Sanjoyo (Jurnalis Olahraga/ Harian Kompas)

5. Nugroho Setiawan (mantan pengurus PSSI dengan lisensi FIFA)

6. Letjen TNI (Purn) Doni Monardo (Mantan Kepala BNPB)

7. Mayjen TNI (Purn) Dr Suwarno (Wakil Ketum 1 Koni)

8. Irjen Pol (Purn) Sri Handayani (Mantan Wakapolda Kalimantan Barat)

9. Laode M Syarif (Kemitraan)

10. Kurniawan Dwi Yulianto (Mantan Pemain Sepak Bola Tim Nasional)

Tim ini kata Mahfud akan bekerja dalam waktu 2 minggu sampai paling lama 1 bulan.

Hasil investigasi serta rekomendasi tim ini menurut Mahfud akan disampaikan kepada Presiden untuk�penilaian kebijakan Olahraga Nasional khususnya persepak bolaan secara menyeluruh.

“Yang kedua mungkin saja ditemukan pelaku pelaku tindak pidana selain yang telah ditangani oleh Polri secara pro justisia. Mungkin saja nanti ditemukan hal yang sesudah diselidiki ini ada tindak pidana yang dilakukan oleh orang yang lebih besar, bukan pelaku lapangan,” katanya.

“Mungkin juga ada kesalahan yang sengaja dilakukan oleh orang yang ada di balik yang sekarang terlihat itu. Nah ini nanti tentu akan disalurkan lagi ke Polri untuk diproses secara hukum. Kalau misalnya permainan itu karena uang dan itu menyangkut jabatan bisa saja diserahkan ke KPK, bisa saja,” kata Mahfud.

Karenanya, Selasa (4/10/2022) besok kata Mahfud tim akan bertemu dan melakukan pertemuan maraton.

“Besok akan segera disusun pertemuan-pertemuan maraton dan berbagi tugas. Siapa memanggil siapa dan menemui siapa, melihat apa? Itu besok akan dibicarakan,” ujarnya.

Sebelumnya Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan sesuai rapat koordinasi penanganan tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 125 orang, pemerintah Indonesia akan membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) untuk mengungkap kasus peristiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang terjadi pada tanggal 1 Oktober 2022.

Tim untuk mengungkap tragedi Kanjuruhan ini katanya akan dipimpin langsung olehnya selaku Menko Polhukam dan anggotanya akan ditetapkan dalam 24 jam ke depan dari berbagai pihak dan elemen.

“Presiden kemarin sudah menyatakan Bela sungkawa yang sebesar-besarnya kepada seluruh korban dan memerintahkan kita untuk menguraikan instruksi yang kemarin disampaikan oleh Presiden. Sehingga disimpulkan hal-hal sebagai berikut. Pertama untuk mengungkap kasus peristiwa Kanjuruhan yang terjadi pada tanggal 1 Oktober 2022, maka pemerintah membentuk tim gabungan independen pencari fakta,” kata Mahfud usai rapat koordinasi Penanganan Tragedi Kanjuruhan di Kantor Kemenko Polhukam seperti ditayangkan Kompas TV, Senin (3/10/2022).

“TGIPF yang akan dipimpin langsung oleh Menko Polhukam yang keanggotaannya akan ditetapkan paling lama dalam 24 jam ke depan,” ujar Mahfud.

Nantinya, kata dia, tim akan terdiri dari pejabat atau perwakilan Kementerian yang terkait, kemudian organisasi profesi olahraga sepak bola, pengamat, akademisi dan media massa.

“Maka nanti tim akan diumumkan secepatnya. Itu yang tugasnya kira-kira akan bisa diselesaikan dalam 2 atau 3 minggu ke depan,” ujar Mahfud.

Adapun tugas atau langkah jangka pendek, kata Mahfud adalah meminta kepada Polri agar dalam beberapa hari ke depan ini segera mengungkap pelaku yang terlibat tindak pidana dalam tragedi Kanjuruhan.

“Karena tentunya sudah dilakukan, supaya segera diumumkan siapa pelaku pidana dari ini yang sudah memenuhi syarat untuk segera ditindak. Diminta agar Polri melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan keamanan di daerah setempat,”

“Kepada Panglima TNI juga diminta melakukan tindakan cepat sesuai dengan aturan yang berlaku, karena di dalam video-video yang beredar ada jugaTNI yang nampaknya melakukan tindakan berlebih dan diluar kewenangannya. Apakah video itu benar atau tidak, Panglima TNI akan segera meneliti dan mengumumkannya kepada kita semua,” katanya.

Kepada PSSI, kata Mahfud, agar melakukan tindakan ke dalam secepatnya. “Agar PSSI ini bisa dikendalikan secara baik,” kata Mahfud.

Kemudian, menurut Mahfud, pemerintah juga akan segera menyusulkan santunan sosial yang nanti akan dilakukan satu atau dua hari ke depan, tentang bentuk dan segala macam jenisnya.

“Kemudian Menteri Kesehatan diminta melakukan atau memberikan pelayanan kesehatan dengan tidak dulu mempersoalkan biaya. Biar negara yang mengurus seluruh perawatan bagi yang sakit, yang masih dirawat dan sebagainya, perlu obat ini obat itu, perlu rumah sakit ini sakit itu, supaya dilakukan dengan baik, termasuk didalamnya trauma healing,” kata Mahfud.

Lalu tambah Mahfud, kepada Menteri Pemuda dan Olahraga supaya secepatnya mengundang PSSI, pemilik klub, panitia pelaksana daerah dan lain-lain yang terkait untuk memastikan tegaknya peraturan di dalam pelaksanaan pertandingan sepak bola.

“Baik yang dibuat oleh FIFA, maupun yang diatur di dalam berbagai peraturan perundang-undangan kita, sebagai bagian dari upaya evaluasi total. Tambahan tadi disampikan bahwa sekarang yang kita kerjakan oleh tim dan keputusannya adalah untuk cabang olahraga sepakbola, bukan cabang olahraga yang lain. Karena cabang olahraga yang lain secara umum dapat dikatakan baik-baik saja sekian, terimakasih,” kata Mahfud.

Seperti diketahui kerusuhan pecah di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur usai laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) malam. Dalam tragedi itu sedikitnya 125 orang meninggal dunia dan ratusan suporter Arema FC lainnya luka-luka.(bum)

News Related

OTHER NEWS

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Mengamuk dan Banting Berkas di Rumah Sakit Dengar Keluhan Dua Nenek

TRIBUN-MEDAN.COM – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengamuk di RSUD Dr. Soewandhie Surabaya, Jatim, Senin (28/11/2022). Eri bahkan juga sempat membanting berkas rekam medis pasien ke lantai. Ia memarahi sejumlah ... Read more »

Amrayadi Ingatkan Konsep Pemutakhiran Data Pemilih

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR – Bawaslu Sulsel menggelar bimbingan teknis pengawasan pemilu pada tahapan pemutakhiran pemilu. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Aryaduta, Jl Somba Opu Makassar selama dua hari, Senin-Selasa (28-29/11/2022). Bimtek diikuti ... Read more »

Kiat Cerdas Atur Keuangan untuk Wujudkan Impian Beribadah ke Baitullah

WARTAKOTALIVE.COM � Bagi umat Muslim, menunaikan ibadah Umrah atau Haji merupakan sebuah pencapaian spiritual tersendiri. Berkunjung ke Tanah Suci menjadi panggilan yang begitu dinanti untuk mendekatkan diri kembali pada Sang ... Read more »

Sinopsis Drakor Radio Romance, Kim Soo Hyun Yakinkan Yoon Doo Joon untuk Isi Program Acaranya, Simak Juga Jadwal Tayang dan Link Nontonnya!

Sinopsis Drakor Radio Romance, Kim Soo Hyun Yakinkan Yoon Doo Joon untuk Isi Program Acaranya, Simak Juga Jadwal Tayang dan Link Nontonnya! Sinopsis drakor Radio Romance Soompi.com Sinopsis Drakor Radio ... Read more »

Dukungan Calon Senator Bisa Dipotong 50 Kali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Selatan ( KPU Sulsel ) sosialisasi pendaftaran bakal calon dewan perwakilan daerah (DPD). Untuk mendaftar sebagai bakal calon Senator di KPU Sulsel, bakal ... Read more »

Seorang Kakek di Kota Bogor Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Jalan, Kondisi Terakhir Diungkap Warga

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Rahmat Hidayat TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR BARAT – Seorang kakek ditemukan tak bernyawa di pinggir jalan wilayah Ariasuryalaga Cibalagung RT 008 RW 003, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Senin ... Read more »

VIDEO Puan Maharani Hingga Listyo Sigit Dapat Brevet Hiu Kencana

WARTAKOTALIVE.COM, TANJUNG PRIOK – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono sematkan brevet Hiu Kencana pada tujuh pejabat negara, Senin (28/11/2022). Penyemangat brevet Hiu Kencana dilakukan di dalam ... Read more »

Perbandingan Formulasi UMP Pakai PP 36 2021 vs Permenaker 18 2022

APINDO menggandeng INTEGRITY Law Firm mengajukan gugatan uji materi soal Permenaker tentang Upah Minimum ke MA. Foto: Dok. Istimewa Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 18 Tahun 2022 tentang Penetapan Upah ... Read more »

Pemkab Sukoharjo Bikin Rencana Aksi Penanggulangan Terorisme

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO- Pemerintah Kabupaten Sukoharjo menggelar kegiatan Pembinaan Tim Terpadu dan Penyusunan Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Penanggulangan Ekstrimisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAD PE) tahun 2023-2024 di ... Read more »

10 Aktris yang Melahirkan Anak Pertama di Usia 30-an, Siapa Saja?

Menjadi seorang ibu merupakan impian bagi banyak perempuan. Setiap perempuan yang sudah menikah pun berharap untuk segera hamil dan melahirkan buah hati menggemaskan. Namun sayangnya, waktu untuk mendapatkan kehamilan dan ... Read more »

The Jokowi Center: Jangan Memusuhi Sukarelawan dan Rambut Putih

The Jokowi Center: Jangan Memusuhi Sukarelawan dan Rambut Putih jpnn.com, JAKARTA – Direktur Eksekutif The Jokowi Center Teuku Neta Firdaus mengomentari pernyataan dari Presiden Joko Widodo soal ciri-ciri calon pemimpin ... Read more »

Pengungsi di Cianjur Tinggal di Plastik Persemaian Kebun Sayur Viral, Donatur Datang Berikan Tenda

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR – Pengungsi di Kampung Tunggilis RT 01/05, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, sepekan tinggal di plastik persemaian sayur. Videonya saat terjadi hujan pada Senin (28/11/2022) bikin heboh. ... Read more »

Petani di Wonogiri Terima Bantuan Alsintan

Petani di Wonogiri Terima Bantuan Alsintan RADARSOLO.ID – Sejumlah petani di Kabupaten Wonogiri menerima bantuan berupa 127 unit alat dan mesin pertanian (alsintan). Di lain sisi, mulai tahun depan ada ... Read more »

Apa Arti Gaje Istilah Viral TikTok? Sering Muncul di Somed, Ternyata Berasal dari Singkatan Ini

TRIBUNTRENDS.COM – Apakah kamu pernah dengar istilah gaje? Kata gaje sering muncul di berbagai sosial meda seperti TikTok dan sering pula muncul dalam percakapan sehari-hari. Apa arti kata gaje yang ... Read more »

Demokrat Kritik Benny Rhamdani soal Tempur dengan Anti-Jokowi: Kontra Demokrasi

Sekretaris BAPPILU DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani. Foto: Dok. Pribadi Deputi Bappilu DPP Demokrat Kamhar Lakumani mengkritik keras pernyataan Ketum Barikade 98—salah satu organ relawan Jokowi— yang juga Kepala Badan ... Read more »

Ada Video Sukarelawan Siap Bertempur jika Jokowi Terus Digempur

Ada Video Sukarelawan Siap Bertempur jika Jokowi Terus Digempur jpnn.com, JAKARTA – Warganet sedang dihebohkan video pendek yang memperlihatkan Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani sedang berbicara ... Read more »

Sifat dan Karakter Zodiak Pisces, Cenderung Menghindari Perbedaan, Cerdas Namun Pelupa

TRIBUNMADURA.COM – Karakter dan sifat zodiak Pisces Orang yang lahir tanggal 19 Februari – 20 Maret memiliki zodiak Pisces. Menurut costarastrology.com, untuk menggambarkan karakter Pisces bisa jadi sulit karena Pisces ... Read more »

Sering Gagal Dalam Percintaan, ini Pelajaran yang Dipetik Luna Maya

TRIBUNJAMBI.COM – Diketahui, Luna Maya saat ini masih sendiri. Luna pun pernah beberapa kali memiliki pasangan. Namun, dari sekian pasangan Luna, belum ada yang sampai ke pelaminan. Terbaru, saat berbincang ... Read more »

Link Nonton Film Mahjong Nights Sub Indo : Gadis Muda dan Ayah Tiri

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Berikut kami lampirkan link nonton film Mahjong Nights sub Indo yang menceritakan Gadis Muda berhubungan badan dengan Ayah Tirinya. Mahjong Nights merupakan film asal Filipina, bagi yang ... Read more »

Bikin Gak Sabar, New Yamaha FreeGo 125 Baru Ready Desember 2022, Yuk Intip Dulu Detail Perubahannya

Bikin Gak Sabar, New Yamaha FreeGo 125 Baru Ready Desember 2022, Yuk Intip Dulu Detail Perubahannya New Yamaha Freego 125 versi 2023, desain lebih keren, kini sudah dilengkapi konektifitas ke ... Read more »

Apa itu Penyakit Bronkitis? Begini Cara Mengatasinya Menurut dr Zaidul Akbar

BANGKAPOS.COM – Apa itu Penyakit Bronkitis? Begini Cara Mengatasinya Menurut dr Zaidul Akbar Penyakit Bronkitis merupakan radang saluran bronkus atau saluran yang menghubungkan tenggorokan ke paru-paru. Penyakit ini dapat dialami ... Read more »

Value dalam Bahasa Gaul Adalah Apa? Ini Arti dan Contoh Lengkapnya, Istilah Populer di Media Sosial

TRIBUNSUMSEL.COM- Value merupakan istilah gaul yang banyak dipakai pengguna media sosial saat ini. Apa arti dari kata Value dalam bahasa gaul ini? Arti Value dalam Bahasa Gaul Value merupakan kosa ... Read more »

Cinta Ditolak Wanita Idaman, Pemuda di Basel Nekat Panjat Tower, Akhirnya Turun Setelah Dibujuk

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Warga Desa Pasir Putih Kecamatan Tukak Sadai, Bangka Selatan (Basel) dihebohkan dengan seorang pemuda yang nekat memanjat puncak sebuah tower provider seluer akibat depresi ditolak wanita idaman. ... Read more »

Pemkot Makassar Kalah dalam Gugatan Aset Jalan di Kawasan Pasar Sentral, Ini Kata Danny Pomanto

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM – Wali Kota Makassar Danny Pomanto turut menyesalkan kalahnya Pemerintah Kota Makassar dalam gugatan aset jalan yang dikuasai Bandung Gorden. Danny menyampaikan, Pemkot Makassar kalah karena dinilai lemah ... Read more »

Shaggydog Bakal Manggung di Malam Tahun Baru Alun-Alun Wonogiri

Shaggydog Bakal Manggung di Malam Tahun Baru Alun-Alun Wonogiri RADARSOLO.ID – Malam pergantian tahun di Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri dipastikan ramai. Pemkab Wonogiri bakal mengundang band top Tanah Air ... Read more »

Resahkan Warga, Bupati Riza Datangi Proyek Gudang yang Diduga Mengotori Jalan Kompleks Pemkab Basel

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Masyarakat merasa resah karena jalan menuju kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) penuh bekas pengangkutan tanah puru� sebuah proyek bangunan di Toboali. Di beberapa titik jalan ... Read more »

Jadwal andamp Bacaan Niat Puasa Sunnah di Bulan Jumadil Awal, Keutamaannya Seperti Puasa Sepanjang Tahun

TRIBUNJABAR.ID – Terdapat amalan puasa sunnah yang bisa dilaksanakan di bulan Jumadil Awal 1444 H. Berikut jadwal dan bacaan niatnya. Saat ini pada kalender Hijriah sudah memasuki bulan kelima atau ... Read more »

Update Harga Cabai di OKU Selatan Hari ini, di Pasar Tradisional Cabai Merah Keriting Rp50 Ribu

SRIPOKU.COM, MUARADUA – Harga cabai merah keriting di Pasar Saka Selabung Muaradua OKU Selatan, Senin (28/11/2022) dikisaran Rp50 ribu per kg. Sedangkan harga cabai rawit Rp25 ribu per kg dan ... Read more »

Terbakar Api Cemburu Tukang Ojek Tewas Dibacok, Istri Pelaku Main Serong dengan Korban

TRIBUNMADURA.COM, PROBOLINGGO – Pelaku pembacokan seorang tukang ojek hingga tewas akhirnya diringkus Satreskrim Polres Probolinggo.� Pelaku diketahui bernama, Alim warga Desa Wonosari, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo. Alim merupakan tetangga satu ... Read more »

Ditiru Yuk! Ini 9 Inspirasi Gaya Rambut Panjang yang Keren

Belakangan, potongan rambut pendek sedang digemari di kalangan beauty enthusiast. Namun, bukan berarti gaya rambut panjang membuat kamu terlihat kuno dan membosankan. Dilansir dari Allure, kamu bisa menjadi pusat perhatian dengan ... Read more »

Pemuda di Luwu Nikmati Piala Dunia 2022 dengan Judi dan Pesta Mirsa, Kapolres: Ancamannya 10 Tahun

LUWU, TRIBUN-TIMUR.COM – Euforia Piala Dunia masih terasa di masyarakat Kabupaten Luwu. Tak jarang, pertandingan tersebut dijadikan ajang untuk berjudi. Bukan hanya itu, momen ini juga tak jarang dimanfaatkan pemuda ... Read more »

Sinopsis Sinetron Tajwid Cinta Besok, Selasa 29 November 2022 Pukul 16.25 WIB

TRIBUNBATAM.id – Sinopsis sinetron Tajwid Cinta yang akan kembali tayang di SCTV. Sinetron Tajwid Cinta yang tak tayang sepekan, segera tayangan kembali besok, Selasa 29 November 2022.� Jadwal tayang Tajwid ... Read more »

Kawasan Industri Terpadu Batang Banjir Peminat

Tampak maket kawasan industri terpadu batang REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA — Pemerintah menargetkan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Jawa Tengah (Jateng) dapat terisi minimal 50 persen dari total lahan seluas 4.300 hektare ... Read more »

Mantan Hakim Sindir PN Jakarta Selatan, Gelar Sidang Pembunuhan Brigadir Yosua Siang dan Aneh-aneh

Update kasus Ferdy Sambo TRIBUNJAMBI.COM – Mantan hakim kritisi waktu pelaksanaan sidang perkara pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Kritisi yang dilayangkan Asep Iwan Iriawan tersebut ... Read more »

Diisukan Batal, PLN Masih Lanjutkan Program Konversi Kompor Listrik

Diisukan Batal, PLN Masih Lanjutkan Program Konversi Kompor Listrik PLN mengaku terus menjalankan program kompor listrik sebagai upaya penyediaan energi bersih dan elektrifikasi di sektor rumah tangga. Direktur Utama PLN ... Read more »

Ji Chang Wook Bakal Fan Meeting di Jakarta, Ini Drakor yang Dibintanginya

Ji Chang Wook. Foto: SBS Salah satu aktor Korea Selatan yang akan segera bertemu dengan para penggemarnya di Tanah Air adalah Ji Chang Wook. Pria kelahiran 1987 ini bakal menyapa ... Read more »

Kaesang Effect, DIY Didorong Jadi The Next Wedding Destination

Suasana kawasan Tugu Jogja. Foto: Tugu Jogja Dunia pariwisata di DIY menyambut gembira pernikahan putera Presiden Joko Widodo, Kaesang Pengarep dengan Erina Gudono yang akan dilaksanakan di DIY. Karena akan ... Read more »

Bulan Dana PMI Tahun 2022 Kabupaten Wonosobo Lampaui Target, Tembus Rp 1,4 Miliar

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO – Perolehan Bulan Dana PMI Tahun 2022 Kabupaten Wonosobo melebihi dari target yang sudah ditentukan.� Hal ini disampaikan Ketua PMI Kabupaten Wonosobo, Heru Kurniawan Nurdiansyah saat penutupan bulan ... Read more »

Heinz ABC Siap Genjot Produksi Sambal hingga Kecap untuk Banjiri 60 Negara

Peresmian perluasan Pabrik PT Heinz ABC Indonesia di Karawang, Senin (28/11/2022). Foto: Narda Margaretha Sinambela/kumparan The Kraft Heinz Company selaku holding company PT Heinz ABC Indonesia menambah nilai investasinya di ... Read more »

Daftar 15 Pinjol Legal Punya DC Lapangan Datang ke Rumah Terbaru 2022, Ada Kredivo, Akulaku

TRIBUNSUMSEL.COM – Gagal bayar pinjol legal? Siap-siap diteror oleh Dept collector. Berikut daftar pinjol legal yang memiliki DC untuk menagih langsung kerumah. Biasanya debt collector akan diterjunkan ke rumah jika ... Read more »
Breaking thailand news, thai news, thailand news Verified News Story Network