Lonjakan Kasus Covid-19 di Singapura: Kementerian Kesehatan Minta Warga Perbarui Vaksinasi

lonjakan kasus covid-19 di singapura: kementerian kesehatan minta warga perbarui vaksinasi

Kementerian Kesehatan Singapura hari Sabtu, (2/12/2023) mengumumkan peningkatan signifikan kasus Covid-19, sambil mendorong masyarakat memperbarui vaksinasi mereka. (Sumber: Channel News Asia CNA)

SINGAPURA, KOMPAS.TV – Kementerian Kesehatan Singapura hari Sabtu, (2/12/2023) menyampaikan terjadi peningkatan signifikan kasus Covid-19 di negara tersebut, mengimbau warganya tetap menjalani vaksinasi.

Jumlah perkiraan kasus Covid-19 melonjak dua kali lipat jadi 22.094 pada pekan 19-25 November, dibandingkan dengan 10.726 dalam pekan sebelumnya, seperti laporan CNA, hari Minggu, (3/12/2023)

“Rata-rata harian rawat inap dan kasus ICU COVID-19 tetap stabil,” ucap kementerian tersebut.

Kenaikan kasus ini, menurut Kementerian Kesehatan, mungkin disebabkan oleh faktor-faktor seperti musim liburan akhir tahun dan penurunan kekebalan populasi.

EG.5 dan sub-linimnya HK.3 tetap menjadi sub-varian Covid-19 yang dominan di Singapura, menyumbang lebih dari 70 persen dari kasus yang diurutkan secara genetik.

“Saat ini, tidak ada indikasi bahwa sub-varian dominan ini lebih menular atau menyebabkan penyakit lebih parah dibandingkan dengan varian yang beredar lainnya,” kata Kementerian Kesehatan Singapura.

Melihat peningkatan penyakit pernapasan di negara-negara belahan utara selama bulan-bulan musim dingin, Singapura menyatakan insiden penyakit pernapasan secara keseluruhan di Singapura tetap stabil selama sebulan terakhir, “Tidak ada indikasi peningkatan penyakit pernapasan yang parah, termasuk pada anak-anak,” ujarnya.

lonjakan kasus covid-19 di singapura: kementerian kesehatan minta warga perbarui vaksinasi

Singapura menggelar pemilihan presiden pada Jumat (1/9/2023) hari ini. Terdapat tiga kandidat yang bersaing mendapatkan jabatan presiden yang bersifat cenderung seremonial.

China, yang mengalami lonjakan “penyakit mirip influenza” sejak pertengahan Oktober, menyatakan lonjakan tersebut disebabkan oleh pengangkatan pembatasan Covie-19 dan sirkulasi patogen yang sudah dikenal, yaitu influenza dan infeksi bakteri umum yang mempengaruhi anak-anak, termasuk pneumonia mycoplasma.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia WHO, otoritas China menyatakan mereka belum mendeteksi “patogen yang tidak biasa atau baru” di utara negara tersebut.

Kementerian Kesehatan Singapura mencatat sampai saat ini WHO menyatakan tren peningkatan penyakit pernapasan tidak mengherankan karena dimulainya musim dingin. Kasus Covid-19 menyumbang mayoritas jumlah kasus penyakit pernapasan di Singapura.

Singapura menyarankan warganya agar tetap mengikuti vaksinasi Covid-19 mereka, merekomendasikan dosis tambahan sekitar satu tahun setelah dosis vaksin terakhir untuk mereka yang berusia 60 tahun ke atas, orang rentan secara medis, serta penghuni fasilitas perawatan lanjut usia.

“Di luar kelompok ini, semua individu berusia enam bulan ke atas juga dianjurkan untuk menerima dosis tambahan, terutama bagi pekerja kesehatan dan anggota keluarga/pengasuh individu rentan secara medis,” kata kementerian tersebut.

“Kementerian Kesehatan terus memantau situasi global dan lokal dengan cermat. Dengan dimulainya musim liburan untuk bepergian ke luar negeri, Kementerian ingin mengingatkan semua pelancong untuk tetap waspada dan mengadopsi langkah-langkah kehati-hatian perjalanan yang relevan.”

Masyarakat Singapura dapat divaksinasi Covid-19 di Pusat Uji dan Vaksinasi Bersama. Mereka juga dapat menerima suntikan di klinik-klinik tersebut, seperti laporan CNA.

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World