Kunjungan ke IKN,Pengamat Politik Menilai Masyarakat dan Investor Bisa Lihat Jelas Posisi Ganjar

TRIBUNJABAR.ID – Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menanggapi kunjungan Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis siang. Menurutnya, kunjungan tersebut menjawab harapan masyarakat luas dan investor atas keberlanjutan proyek strategis tersebut bagi masa depan pembangunan Indonesia yang merata.

Pangi Syarwi Chaniago mengungkapkan, Ganjar harus bisa menunjukkan sikap jelas, yang membuatnya berbeda dengan pasangan calon lain. Hal itu penting agar masyarakat dan investor bisa melihat posisi jelas Ganjar dari kandidat lain. Ketegasan sikap Ganjar tersebut ditunggu masyarakat dan investor.

“(Kunjungan) Itu sangat penting, juga sangat dibutuhkan, dan itu juga ditunggu-tunggu juga masyarakat, bagaimana posisi Ganjar sendiri,” ujar dia.

Salah satu tantangan proyek IKN, yakni belum banyaknya pelaku usaha swasta yang masuk. Menurut dia, salah satu alasannya karena pihak swasta masih menunggu sosok pengganti Jokowi dan sikapnya terhadap proyek IKN.

“Kita memang juga melihat sektor swasta belum kelihatan ingin serius, masih ragu. Karena pertama bisa juga aspek hukum. Yang kedua adalah aspek kepastian siapa yang akan menjadi presiden. Siapa yang akan menggaransi akan meneruskan proyek itu atau regulasi soal pemindahan Ibu Kota,” tandas dia.

Ganjar sendiri telah menegaskan bahwa kunjungan ke IKN sebagai wujud komitmennya terhadap pembangunan IKN. Proyek tersebut bakal diteruskan apabila dirinya dan cawapres Mahfud MD memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Untuk menunjukkan sebuah komitmen bahwa saya orang yang konsisten atas pelaksanaan sebuah aturan,” kata Ganjar, di Titik Nol IKN, Kalimantan Timur hari ini.

Menurut Ganjar, rencana pemindahan ibu kota telah disiapkan sejak zaman kepemimpinan Presiden pertama RI Bung Karno. Meski demikian, rencana tersebut tak kunjung terealisasi hingga masa pemerintahan Presiden ke-7 RI Joko Widodo.

Oleh karena itu, Ganjar menegaskan pihaknya akan melanjutkan dan menyiapkan dengan betul pembangunan IKN agar bisa berjalan sesuai dengan rencana. Tak hanya itu, Ganjar mengaku sudah siap berkantor di IKN jika terpilih menjadi presiden ke-8 RI.

Mantan gubernur Jawa Tengah itu berharap IKN dapat menjadi kota masa depan dengan modernitas kemajuan peradaban. IKN bakal menjadi upaya besar untuk mewujudkan mimpi-mimpi anak bangsa.

“Inilah kota masa depan yang didesain menjadi mimpi, modernitas kemajuan peradaban sekaligus bagaimana kita bicara mimpi-mimpi anak bangsa,” tegas Ganjar. (**Vincent**)

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World