Korban Selamat Gempa Afghanistan Gunakan Tangan Kosong untuk Gali Jalan Keluar dan Angkat Reruntuhan

TRIBUNNEWS.COM – Orang-orang yang selamat dari musibah gempa bumi di Afghanistan melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan diri.

Penduduk desa-desa di Afghanistan timur menggunakan tangan kosong untuk menggali jalan keluar.

Di distrik Gayan, Provinsi Paktika, penduduk desa berdiri di atas batu bata lumpur di mana dulu rumah mereka ada di sana.

Yang lain dengan hati-hati berjalan melalui lorong-lorong tanah, mengangkat reruntuhan dinding dan balok kayu untuk membuat jalan keluar.

Gempa berkekuatan 6,1 skala richter (SR) yang mengguncang Afghanistan pada Rabu (22/6/2022) pagi, adalah yang paling mematikan di negara itu dalam dua dekade.

Korban tewas akibat bancana alam itu mencapai 1.000 jiwa dan para pejabat mengatakan jumlah korban bisa meningkat.

Diperkirakan 1.500 orang dilaporkan terluka, kata kantor berita pemerintah.

Tingkat kehancuran penuh di antara desa-desa yang terselip di pegunungan lambat mendapatkan penanganan.

Jalan-jalan, yang rusak dan sulit untuk dilalui dalam keadaan terbaik, mungkin telah rusak parah, dan tanah longsor akibat hujan baru-baru ini membuat akses menjadi lebih sulit.

Sementara bangunan modern menahan gempa di tempat lain, rumah-rumah berlumpur dan bata di Afghanistan dan pegunungan yang rawan longsor membuat gempa seperti itu bahkan lebih berbahaya.

Tim penyelamat bergegas masuk dengan helikopter, tetapi upaya bantuan dapat terhambat oleh eksodus banyak lembaga bantuan internasional dari Afghanistan setelah pengambilalihan Taliban Agustus lalu.

Selain itu, sebagian besar pemerintah khawatir berurusan langsung dengan Taliban.

Sebagai tanda kerja yang kacau antara Taliban dan seluruh dunia, pemerintah yang berkuasa itu tidak secara resmi meminta agar PBB memobilisasi tim pencarian dan penyelamatan internasional atau mendapatkan peralatan dari negara-negara tetangga untuk melengkapi beberapa lusin ambulans dan beberapa helikopter, kata Ramiz Alakbarov, wakil khusus PBB untuk Afghanistan.

Namun, para pejabat dari beberapa badan PBB mengatakan Taliban memberi mereka akses penuh ke daerah itu.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid menulis di Twitter bahwa delapan truk makanan dan kebutuhan lainnya dari Pakistan tiba di Paktika.

Dia juga mengatakan dua pesawat bantuan kemanusiaan dari Iran dan satu lagi dari Qatar telah tiba di negara itu, Kamis (23/6/2022).

Memperoleh lebih banyak bantuan internasional langsung mungkin lebih sulit terjadi.

Sebab, banyak negara, termasuk Amerika Serikat (AS), menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Afghanistan melalui PBB dan organisasi semacam itu untuk menghindari menyerahkan uang ke tangan Taliban.

Dalam buletin berita Kamis, televisi pemerintah Afghanistan menyatakan Presiden AS Joe Biden menyampaikan belasungkawa atas gempa dan telah menjanjikan bantuan.

Biden pada hari Rabu memerintahkan USAID dan mitra pemerintah federal lainnya untuk menilai opsi tanggapan AS untuk membantu mereka yang paling terkena dampak, kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Lebih lanjut, gempa hari Rabu berpusat di Provinsi Paktika, sekitar 50 kilometer barat daya Kota Khost, menurut Departemen Meteorologi Pakistan.

Para ahli memperkirakan kedalamannya hanya 10 kilometer.

Gempa dangkal cenderung menyebabkan lebih banyak kerusakan.

Jumlah korban tewas yang dilaporkan oleh kantor berita Bakhtar sama dengan gempa tahun 2002 di Afghanistan utara.

Itu adalah yang paling mematikan sejak 1998, ketika gempa yang juga berkekuatan 6,1 SR dan getaran berikutnya di timur laut terpencil menewaskan sedikitnya 4.500 orang.

korban selamat gempa afghanistan gunakan tangan kosong untuk gali jalan keluar dan angkat reruntuhan
© AFP/AHMAD SAHEL ARMAN Warga Afghanistan mengantre untuk mendonorkan darah bagi para korban gempa yang dirawat di sebuah rumah sakit di kota Sharan setelah mengalami cedera akibat gempa di distrik Gayan, provinsi Paktika pada 22 Juni 2022. (AFP/AHMAD SAHEL ARMAN)

Gempa hari Rabu terjadi di wilayah yang rawan longsor, dengan banyak bangunan tua yang lebih lemah.

Di distrik Speray Provinsi Khost yang juga mengalami kerusakan serius, para pria berdiri di atas tempat yang dulunya merupakan rumah lumpur.

Gempa telah merusak balok kayunya.

Orang-orang duduk di luar di bawah tenda darurat yang terbuat dari selimut yang tertiup angin.

Para penyintas dengan cepat mempersiapkan jenazah di distrik itu, termasuk anak-anak dan bayi, untuk dimakamkan.

Para pejabat khawatir lebih banyak orang tewas akan ditemukan dalam beberapa hari mendatang.

“Sulit untuk mengumpulkan semua informasi yang tepat karena itu adalah daerah pegunungan,” kata Sultan Mahmood, Bupati Speray, sebagaimana dikutip The Associated Press.

“Informasi yang kami miliki adalah apa yang kami kumpulkan dari penduduk daerah ini,” tambahnya.

(Tribunnews.com/Rica Agustina)

News Related

OTHER NEWS

Berikut Penyebab Turunnya Likuiditas Perekonomian pada Mei 2022

© AJENG DINAR ULFIANA Berikut Penyebab Turunnya Likuiditas Perekonomian pada Mei 2022 KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) menurun pada Mei 2022. Bank Indonesia (BI) ... Read more »

Kasat Lantas Polrestabes Makassar Beri Pesan Penting Buat Warga

© JPNN.COM Kasat Lantas Polrestabes Makassar Beri Pesan Penting Buat Warga jpnn.com, MAKASSAR – Peningkatan mobilitas masyarakat di Kota Makassar, Sulawesi Selatan makin tinggi setelah pandemi Covid-19 mereda. Pengguna kendaraan ... Read more »

Ibu Bawa Poster Anaknya Butuh Ganja Medis, Polisi: Sesuai UU Masih Dilarang

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi produk ganja Foto: Shutter Stock Polda Metro Jaya menanggapi aksi seorang ibu yang membentangkan poster bertuliskan ‘Tolong anakku butuh ganja medis’ saat Car Free Day ... Read more »

UNS Raih 2 Penghargaan Indikator Kinerja Utama dari Kemendikbudristek

© Renatha Swasty UNS berharap dapat meningkatkan poin pencapaian di tahun mendatang. Jakarta: Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih dua penghargaan sekaligus dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). ... Read more »

Chord Gitar Pesawat Kertas 365 Hari - JKT48, Viral di TikTok: Hidup Bagaikan Pesawat Kertas

© Freepik Ilustrasi chord gitar. – Berikut chord gitar dan lirik lagu Pesawat Kertas 365 Hari yang dinyanyikan oleh JKT48. TRIBUNNEWS.COM – Berikut chord gitar dan lirik lagu Pesawat Kertas ... Read more »

Viral Informasi Pesawat Jokowi Berputar 360 Derajat, Istana: Pilot Lakukan Holding untuk Sesuaikan Waktu Kedatangan

© Disediakan oleh Kompas.com Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan saat tiba di Munich International Airport, Munich, Jerman sekitar pukul 18.40 waktu setempat, Minggu (26/6/2022). JAKARTA, ... Read more »

Menteri Plate Imbau Facebook CS Segera Daftar PSE Jika Tak Mau Dianggap Ilegal

© suara.com Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (27/6/2022), meminta platform digital untuk mendaftar sebagai PSE lingkup privat jika tak ingin dianggap ilegal ... Read more »

Samsung Galaxy F13 Meluncur dengan Baterai 6.000 mAh, Ini Spesifikasinya

© Disediakan oleh Kompas.com Samsung Galaxy F13 resmi di India. Ponsel ini merupakan kembaran Galaxy M13. KOMPAS.com – Samsung meresmikan ponsel terbaru dari keluarga F series miliknya, yaitu Samsung Galaxy ... Read more »

Penyebab Instagram Gagal "Login" dan 7 Cara Mengatasinya

© Disediakan oleh Kompas.com ilustrasi Instagram user KOMPAS.com – Instagram sebagai salah satu platform media sosial yang berada di bawah naungan Facebok Inc. (sekarang Meta), tampaknya sangat digemari oleh berbagai kalangan ... Read more »

Aura Kasih Selfie Pakai Handuk Curi Perhatian Warganet

Aura Kasih mencuri perhatian publik lewat salah satu unggahan terbarunya di Instagram. Unggahan itu juga akhirnya ramai dikomentari warganet, termasuk mereka yang senang dengan pemandangan yang dilihatnya. Belum lama ini, ... Read more »

Deretan 5 Semut yang Mematikan: Semut Bulldog, Semut Api, Semut Peluru...

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta -Dalam berbagai dongeng anak-anak hewan semut, di dunia nyata berarti termasuk semut api, sering kali digambarkan sebagai serangga kecil yang ramah, rajin, ... Read more »

Sebelum Ceraikan Dewi Perssik, Angga Wijaya Sempat Jujur ke Aldi Taher Soal Ini

© suara.com Dewi Perssik dan Angga Wijaya [Instagram] Suara.com – Aldi Taher ternyata mengetahui bahwa hubungan Dewi Perssik dengan Angga Wijaya sempat tidak baik sebelum ada permohonan cerai. Awalnya, Aldi ... Read more »

Rekor Baru Mercedes-Benz EQXX Tembus 1.200 KM Sekali Pengisian Baterai

Rekor Baru Mercedes-Benz EQXX Tembus 1.200 KM Sekali Pengisian Baterai Rekor Baru Mercedes-Benz EQXX Tembus 1.200 KM Sekali Pengisian Baterai Mercedes-Benz Vision EQXX mencatat rekor baru dengan berjalan sejauh 1.202 ... Read more »

Intip Spesifikasi Motor Listrik Vespa Elettrica, Bakal Dijual di Indonesia?

Intip Spesifikasi Motor Listrik Vespa Elettrica, Bakal Dijual di Indonesia? © Disediakan oleh GridOto Vespa Elettrica tersedia tipe 45 km/jam dan 70 km/jam scooters.co.uk Intip Spesifikasi Motor Listrik Vespa Elettrica, ... Read more »

Pentingnya Digitalisasi Komponen Otomotif Produksi IKM di Era Kendaraan Listrik

© suara.com Ilustrasi sparepart otomotif. [Shutterstock] Suara.com – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita hadir dalam Indonesia-Japan Autoparts Business Forum yang digelar di Nagoya, Jepang. Dalam kesempatan ini, ia meminta pelaku ... Read more »

Delvintor Alfarizi, Crosser Asal Jakarta Tembus 10 Besar di MX2 Samota

© Disediakan oleh Kompas.com Delvintor Alfarizi menyelesaikan balap di posisi 10 besar sekaligus menjadi crosser wildcard terbaik pada kedua balapan kelas MX2, MXGP Indonesia. SAMOTA, KOMPAS.com – Crosser asal Indonesia ... Read more »

Mitsubishi Akan Segera Produksi Xpander Hybrid di Indonesia

© dok. Kemenperin Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat bertemu CEO Mitsubishi Motor Corporation Takao Kato di Jepang. Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus ... Read more »

Ada Komponen Baterai, Perawatan Suzuki Ertiga Hybrid Cukup Mudah

Ada Komponen Baterai, Perawatan Suzuki Ertiga Hybrid Cukup Mudah © Disediakan oleh GridOto Suzuki Ertiga Hybrid di Dealer Suzuki SBT Surabaya, Jawa Timur Dok. PT SIS Ada Komponen Baterai, Perawatan ... Read more »

Belum Lama Mengaspal, Mazda CX-60 Sudah Dibikin Sporty Oleh AutoExe

Belum Lama Mengaspal, Mazda CX-60 Sudah Dibikin Sporty Oleh AutoExe © Disediakan oleh GridOto Modifikasi Mazda CX-6 tampil sporty hasil garapan in-house tuner, AutoExe Carscoops Belum Lama Mengaspal, Mazda CX-60 ... Read more »

Ini Kronologi Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang Km 92

© Disediakan oleh Kompas.com Sebanyak 17 kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di Tol Cipularang KM 92, Minggu (26/6/2022) malam. JAKARTA, KOMPAS.com – Beredar video di media sosial Twitter yang memperlihatkan peristiwa ... Read more »

Penyuka Gaya Vintage dan Feminin, Wajib Punya Koleksi Brand Lokal Ini

Kalau beberapa tahun lalu brand luar negeri yang selalu diburu, tapi sekarang udah ada banyak brand lokal Indonesia yang bisa bersaing dengan merek luar, bahkan bisa sekalian diadu. Kamu udah ... Read more »

Pemprov Sumsel minta OJK perbanyak Bank Wakaf Mikro

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso (ketiga kiri) berbincang dengan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (ketiga kanan) disaksikan Anggota Dewan Komisioner OJK Ahmad Hidayat (kedua kiri), Deputi ... Read more »

Kiat Meningkatkan dan Menjaga Motivasi demi Mencapai Tujuan

LIFESTYLE Kiat Meningkatkan dan Menjaga Motivasi demi Mencapai Tujuan Motivasi sering kali dianggap bahan bakar untuk mencapai tujuan. Dengan adanya dorongan motivasi, kita akan lebih semangat untuk berproses mengejarnya June ... Read more »

KJRI Chicago gelar Indonesian Gourmet Day sajikan kuliner Nusantara

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Chicago menggelar Indonesian Gourmet Day untuk memperkenalkan kuliner Nusantara dan mendukung diaspora Indonesia, Sabtu (25/6/2022). (ANTARA/KJRI Chicago) “Kami harus menutup Toaste untuk beberapa bulan ... Read more »

Polisi ingatkan dua DPO pembunuhan di Banyuasin segera serahkan diri

Ilustrasi pembunuhan memakai pistol. ANTARA/HO Sumatera Selatan (ANTARA) – Aparat Kepolisian Daerah Sumatera Selatan peringatkan dua orang terduga pelaku yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) atas kasus pembunuhan berencana ... Read more »

Apa Sih Long Lap Penalty MotoGP Yang Dikenai Quartararo, Ini Penjelasanya?

TRIBUN-BALI.COM � Peraturan long lap penalty (LLP) yang dikenai Fabio Quartararo pernah juga dikenai beberapa rider sebelumnya. Namun apakah kalian mengetahui peraturan yang dikenai rider dari tim Monster Energy Yamaha ... Read more »

Fabio Quartararo Minta Maaf atas Insiden pada GP Belanda

Fabio Quartararo harus menelan hasil buruk pada GP Belanda. Pembalap Monster Energy Yamaha tersebut mengalami insiden dua kali saat balapan. Alhasil, Quartararo pulang dari Assen dengan tangan hampa. Selepas balapan, ... Read more »

Ssttt… Messi Pernah Minta Bawa Mane ke Barcelona

© Sven Hoppe/dpa via AP Sadio Mane saat presentasi di Munich, Jerman, Rabu, 22 Juni 2022. Bayern Munich telah merekrut penyerang Senegal Sadio Mane dari Liverpool. Pembangkit tenaga listrik Bavaria ... Read more »

Presiden Jokowi hadiri undangan KTT G7 di Jerman

Kanselir Jerman Olaf Scholz (kanan) menyambut Presiden Joko Widodo di Bavarian resort of Schloss Elmau castle, Jerman, Senin (27/6/2022). Presiden Jokowi hadir dalam KTT G7 sebagai negara mitra G7 bersama ... Read more »

Link Live Streaming Tampines Rovers Vs PSM Makassar, Kickoff 19.00 WIB

© Disediakan oleh Kompas.com Kapten PSM Makassar Wiljan Pluim saat pertandingan kedua babak penyisihan grup D Piala Presiden 2022 melawan Persikabo 1973 yang berakhir dengan skor 0-1 di Stadion Kanjuruhan ... Read more »

Pantai Karang Bolong Banten: Info Lokasi dan Aktivitas Seru

Potensi wisata alam Banten begitu menakjubkan, salah satunya Pantai Karang Bolong. Tempat ini merupakan salah satu bagian pantai di kawasan Anyer. Daya tarik pantai ini adalah batuan karang besar dengan lubang ... Read more »

Sejarah Pembangunan Kabah, Kiblat Umat Islam di Dunia

© Disediakan oleh Kompas.com Pemandangan dari udara menunjukkan jemaah haji tengah mengelilingi Kabah, tempat paling suci bagi umat Islam di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (3/9/2017). Tercatat sekitar ... Read more »

Man United Siapkan Rp 1,8 Triliun untuk Belanja Pemain di Bursa Transfer

© AP/Peter Dejong Pelatih Manchester United, Erik ten Hag. Man United dilaporkan menyiapkan dana sebesar 100 juta poundsterling atau setara dengan Rp 1,8 triliun untuk belanja pemain pada bursa transfer ... Read more »

Penggawa Persib Bandung Siap Tampil di Perempat Final Piala Presiden 2022

© Republika/Hartifiany Praisra Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Persib Bandung memastikan seluruh pemainnya bisa bertanding di laga perempat final Piala Presiden 2022. Meski para pemain sudah ... Read more »

Sebulan ke Depan, Pasar Saham dan Obligasi Diproyeksi Tetap Fluktuatif

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) JAKARTA, KOMPAS.com – Pada pekan lalu, Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk tetap mempertahankan suku ... Read more »

Tumpah Tindih Aset BLBI dan Sertifikat dari Jokowi, Ini Respons BPN

© Disediakan oleh Katadata Sekitar 300 sertifikat redistribusi tanah yang terlah diterima masyarakat sekitar Jasinga dan Pamijahan, Bogor, disita Satgas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia atau BLBI. Lahan tersebut merupakan bagian ... Read more »

Mendorong Sentimen Positif untuk Investasi Kripto, Zipmex Gratiskan Biaya Trading

© Zipmex Mendorong Sentimen Positif untuk Investasi Kripto, Zipmex Gratiskan Biaya Trading KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pergerakan pasar aset kripto pada awal pekan kelima Juni 2022, masih terlihat datar (flat). Data dari ... Read more »

Kementan Usulkan Tambahan Anggaran untuk Penanganan PMK Jadi Rp 4,6 Triliun

© Disediakan oleh Kompas.com Seorang petugas menyuntikkan vaksin pada ternak sapi perah di Kelompok Tani Kesuma di Desa Jati Kesuma, Kecamatan Namurambe, Deli Serdang pada Senin (27/6/2022). Di kelompok ini ... Read more »

Kominfo Ungkap Alasan Google dan Facebook Belum Mendaftar di Indonesia

© Disediakan oleh Katadata Puluhan raksasa teknologi, termasuk Google dan induk Facebook, Meta belum mendaftarkan diri sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup privat di Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ... Read more »

Masih Rendah, Produksi Gula ID Food Baru 13% dari Target 2022

© Disediakan oleh Katadata PT Rajawali Nusantara Indonesia atau ID Food mendata produksi gula hingga 19 Juni 2022, baru mencapai 40.759 ton atau sekitar 13% dari target produksi gula pada ... Read more »