Kongres Persatuan Alumni GMNI: Bandung Jadi Episentrum Nasionalisme

Asia's Tech News Daily

Kongres Persatuan Alumni GMNI: Bandung Jadi Episentrum Nasionalisme
© Disediakan oleh Kumparan Dr. Abdy Yuhana, SH., MH.

Ciremaitoday.com, Bandung, – Di awal bulan Desember ini perhatian publik akan tertuju ke Persatuan Alumni GMNI yang akan menggelar Kongres IV. Momentum Lima tahunan tersebut dilaksanakan di kota Bandung pada tanggal 6-8 Desember dengan mengusung tema “Nasionalisme menjawab tantangan zaman”. Tema yang secara tekstual menggugah ke Indonesia -an Kita dan secara kontekstual sangat relevan dengan kebutuhan bangsa ini karena sesungguhnya itulah kondisi obyektif bangsa Indonesia.

Bandung memiliki ikatan kuat secara historis dengan Bung Karno. Kota yang menjadi saksi sejarah dari perjalanan hidup dan ideologi Bung Karno, sejak Tahun 1921 sampai dengan 1933, sebelum ‘Bung Besar’ diasingkan ke Ende. Di bandunglah imajinasi dan kreativitasnya memuncak dalam perspektif membangun narasi tentang akan pentingnya Nasionalisme bagi Bangsa Indonesia.

Dimulai Pada saaat menempuh kuliah di Technische Hogeschool te Bandoeng, kini ITB pemikiran Bung Karno semakin matang. Kemudian pada 4 Juli 1927 membentuk organisasi PNI dan di Bandung jugalah Bung Karno merumuskan suatu aliran ideologi yang disebut Marhaenisme yang diawali pertemuannya dengan seorang petani yang bernama Ki Marhaen di daerah Bandung Selatan, sebagai implementasi pisau analisa Psikologi massa selain pemahamannya tentang geopolitik.

Tidak hanya itu saja, di Bandung Bung Karno menyampaikan Pledoi (pembelaan) di hadapan sidang pengadilan yang dulu dikenal dengan Landraad. Bung Karno namakan sebagai Indonesia Menggugat. Pledoi yang isinya perlawanan terhadap kapitalisme dan imperialisme pada zamannya tersebut menggungcang dunia. Pasalnya, mampu membuka mata dunia internasional tentang tidak diamnya bangsa- bangsa terjajah dengan perlawanannya terhadap sistem yang diterapkan oleh penjajah yang sangat merugikan khususnya bangsa Indonesia.

Banyak hal yang bisa dieksplorasi dari berbagai macam pemikiran-pemikiran Bung Karno yang sangat relevan dengan kondisi Indonesia saat ini, terutama tentang Nasionalisme dalam menghadapi tantangan zaman. Saat ini Perubahan dunia yang dikenal dengan era disrupsi akan mengiringi perjalanan bangsa Indonesia kedepan. Seperti perkembangan informasi dan tekhnologi, bonus demografi, semakin menguatnya perang dagang dalam geopolitik internasional maupun belum selesainya Indonesia sebagai negara dalam membangun ‘rute’ mencapai tujuan bernegara.

Pada tahun 2045 Indonesia genap memasuki usia 100 tahun. Perubahan adalah sebuah keniscayaan. Seperti diketahui, perubahan dunia datang setiap seratus tahun sekali. Pada tahun 1700-an ditemukan mesin uap oleh James Watt, kemudian ditemukan listrik oleh Michael Faraday dan lampu listrik ole Thomas Alva Edison tahun 1800-an. Lalu komputer ditemukan bersama internet pada tahun 1900-an. Dan saat ini perubahan dunia kembali datang Revolusi 4.0 dengan bertumpu ada kecerdasan buatan, kecepatan internet dan pengelolaan big data. Itulah ‘signal’ global yang sesungguhnya dalam kontek pikiran-pikiran Soekarno sudah dituangkan dalam berbagai macam tulisannya.

Kongres Persatuan Alumni GMNI: Bandung Jadi Episentrum Nasionalisme
© Disediakan oleh Kumparan

Dalam kontek mengimbangi dan mengikuti ‘irama’ global maka perlu di dorong investasi pada pembangunan Sumber Daya Manusia termasuk di dalamnya riset dan teknologi. Sumber Daya Manusia perlu terlebih dahulu melihat faktor pendidikan dan kesehatan karena kedua hal tersebut adalah faktor penting menuju Indonesia Emas 2045, 100 Tahun Indonesia merdeka . Sehingga, pendidikan dan kesehatan jika di ilustrasikan ibarat computer perangkat keras (hardware) mereka harus bagus dan kuat sehingga dapat di isi dengan berbagai perangkat lunak (software) bermutu.

Dalam kongres IV Persatuan Alumni GMNI di Bandung ini, Alumni GMNI harus mampu membangun ide, gagasan-gagasan yang relevan dengan kondisi Indonesia kekinian (up to date). Dipimpin oleh Ide, menghikmati ide dan melaksanakan ide harus menjadi pijakan agar organisasi yang menegaskan sebagai ‘pengikut’ pemikiran- pemikiran Soekarno terus bisa membuktikan eksistensinya di Republik ini. Eksistensi tidak saja dibangun hanya dengan nostalgia dan puja puji terhadap Soekarno tapi juga harus mampu membumikannya, menjadi mewujud dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Hanya ke Bandunglah aku kembali kepada cintaku yang sesungguhnya “- inilah sepenggal harapan yang pernah disampaikan oleh Bung Karno, dalam melihat Bandung. Dan menjadi kontekstual melalui Kongres Persatuan Alumni GMNI di Bandung- semangat itu terekonstruksi lagi, sebagai episentrum, pusat dan kiblat Nasionalisme Indonesia. Maka, janganlah membuang apalagi Menegasikan harapan publik untuk Alumni GMNI- warnailah kongres dengan melihat tantangan bangsa ke depan dan ingatlah seperti apa yang disampaikan Bung Karno “Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta. Masa yang lampau sangat berguna sebagai kaca Benggala daripada masa yang akan datang”.

Selamat Berkongres, kongres gagasan dan jawablah harapan publik tersebut dengan Visi Indonesia Raya, sebagai sintesia dari Nasionalisme menjawab tantangan zaman.

Under spirit “ Pejuang Pemikir – Pemikir Pejuang”

Oleh : Dr. Abdy Yuhana, SH., MH.

Ketua PA GMNI Jawa Barat

Internet Explorer Channel Network
Asia's Tech News Daily
News Related

OTHER NEWS

Luhut ke Kepala Daerah: Jujur soal Data Covid-19, Jangan Ditutupi

© Disediakan oleh Kompas.com Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang juga Koordinator Penanganan PPKM wilayah Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan saat memimpin rapat koordinasi penanganan Covid-19, di Jakarta, ... Read more »

Alasan Saat Melewati Terowongan Siang Hari, Lampu Mobil Harus Menyala

© Disediakan oleh Kompas.com Rambu Terowongan JAKARTA, KOMPAS.com – Mengemudi di jalan raya, terutama di kota besar seperti Jakarta mungkin sering ditemui terowongan. Ketika mau memasuki terowongan, kerap dipasang rambu ... Read more »

Jangan Sembarangan, Pasang Pelat Nomor Kendaraan Ada Aturannya

© Disediakan oleh Kompas.com Jasa pembuatan pelat nomor kendaraan JAKARTA, KOMPAS.com – Kasus Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) tidak sesuai spesifikasi kendaraan masih sering terjadi. Paling baru, milik Anggota DPR ... Read more »

Israel Hapus Karantina Wajib Bagi Anak yang Tertular Covid-19

© AP/Gil Cohen-Magen/Pool AFP Perdana Menteri Israel Naftali Bennett REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM — Israel akan menghapus karantina wajib bagi anak yang tertular Covid-19, kata pemerintah pada Kamis (20/1/2022). Langkah itu dimaksudkan ... Read more »

Konsul AS Apresiasi Rakyat Aceh Bantu Pengungsi Rohingya dan Penanganan Corona

© Disediakan oleh Kumparan Gubernur Aceh (kanan) dan Konsul Amerika Serikat wilayah Sumatera. Foto. Humas Aceh Konsul Amerika Serikat untuk Wilayah Sumatera, Gordon S Church, memberikan pujian atas kemurahan hati ... Read more »

Pasien Omicron Diperbolehkan Isolasi Mandiri di Rumah, Ini Syaratnya

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menerbitkan Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus Covid-19 varian Omicron. SE yang ... Read more »

Kurangi Food Waste, Yuk Olah Makanan Sisa Agar Lebih Bermanfaat

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi menu nasi goreng dari sisa makanan. Foto: Shutterstock Sampah rumah tangga, terutama sisa makanan, menjadi salah satu permasalahan yang belum bisa diselesaikan di Indonesia. Setiap ... Read more »

COVID-19 Cases in Indonesia Jump Nearly Fivefold in 3 Weeks: Task Force

© Antara The number of COVID-19 cases in Indonesia has increased nearly fivefold in the past three weeks, according to the COVID-19 Handling Task Force. Jakarta: The number of COVID-19 ... Read more »

Satgas: 20 Persen Jemaah Umrah yang Kembali Terdeteksi Positif Covid-19

© Disediakan oleh Kompas.com Sejumlah calon jamaah umrah mengantre saat memasuki Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (8/1/2022). Kementerian Agama melepas sebanyak 419 orang untuk melaksanakan ibadah umrah ... Read more »

Mabes Polri Turunkan Tim TAA Usut Kecelakaan Maut di Balikpapan

Jakarta, IDN Times – Mabes Polri menurunkan tim Traffic Accident Analisis (TAA) Korlantas Polri untuk mengusut kecelakaan maut yang terjadi di lampu merah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022). Kecelakaan ... Read more »

Cuaca Buruk, Harga Ikan di Kupang Meroket hingga 80 Persen

© JPNN.COM Cuaca Buruk, Harga Ikan di Kupang Meroket hingga 80 Persen jpnn.com, KUPANG – Harga semua jenis ikan laut yang dijual Tempat Penjualan Ikan (TPI) disejumlah pasar tradisional Kota ... Read more »

Hakim PN Jakpus Putuskan Perpanjang Masa PKPU Garuda Indonesia 60 Hari

© Disediakan oleh Kumparan Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno Hatta. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) memutuskan memperpanjang masa Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang ... Read more »

UK Sends Humanitarian Assistance to Support Tonga

© Wahyu Dwi Anggoro The UK is sending vital humanitarian assistance to support Tonga respond to the catastrophic tsunami that hit the islands. London: The UK is sending vital humanitarian ... Read more »

AS Beri Sanksi terhadap Pejabat Ukraina yang Punya Hubungan dengan Rusia

Empat pejabat dan mantan pejabat Ukraina dituduh sebagai “pion” dinas rahasia Rusia. Atas hal itu, Kementerian Keuangan AS menjatuhkan sanksi kepada mereka di tengah ketegangan dengan Moskow. © AP Photo/picture ... Read more »

AS Sanksi Empat Orang Terkait Konflik Rusia dan Ukraina

© Disediakan oleh Republika.co.id Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan. WASHINGTON — Departemen Keuangan ... Read more »

Manfaat Pelukan Orang Tua Bagi Tumbuh Kembang dan Kebahagiaan Anak

Pelukan orang tua sangat banyak manfaatnya bagi anak. Namun sayang masih banyak orang tua yang belum biasa mengekspresikan kasih sayang mereka kepada anak lewat pelukan. © Franziska Gabbert/dpa-tmn/picture alliance Ilustrasi: ... Read more »

Tahun Pertama Presiden AS Joe Biden Terbebani oleh Kekecewaan

Mulai dari memenangkan rekor jumlah suara hingga kepresidenan yang tidak populer dan harus berjuang untuk meloloskan undang-undang, bagaimana bisa begitu salah? Biden punya sedikit waktu saja untuk membalikkan keadaan. © ... Read more »

5 Tempat Wisata Favorit di Chiba-Jepang yang Wajib Masuk Bucket List

Jepang memang terkenal memiliki banyak tempat-tempat wisata terkenal yang mampu menarik jutaan pengunjung dari berbagai belahan dunia setiap tahunnya. Wilayah di negara ini punya keunggulan masing-masing dalam dunia pariwisatanya. Salah ... Read more »

Indonesia Siap Tingkatkan Ekspor Produk Halal ke Jepang

TEMPO.CO, Jakarta – Jepang saat ini sedang mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Expo 2025, yang akan diselenggarakan di Osaka, Kansai, Jepang. Ajang ini bisa menjadi kesempatan bagi Indonesia meningkatkan ekspor ... Read more »

4 Musisi Muda Bakal Manggung Bareng Fariz RM di Supermusic NEXTZone Live 360

© Disediakan oleh Kumparan Penyanyi Fariz Rustam Munaf di Supermusic NEXTZone Live 360 Virtual Concert. Foto: Dok. Supermusic Supermusic NEXTZone Live 360 Virtual Concert bakal kembali digelar pada 25 Januari ... Read more »

Gandeng Dompet Dhuafa, Jenius Salurkan Bantuan untuk Anak Penderita Kanker

© Disediakan oleh Kompas.com PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) (Jenius) dan Dompet Dhuafa menggelar kegiatan Peduli Kanker Anak Indonesia, Senin (17/1/2022). KOMPAS.com – PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) ... Read more »

Inspiratif, Nakes di Garut Punya Ide Unik Agar Anak Mau Divaksin

© MetroTV Di Kabupaten Garut, Jawa Barat, guru dan petugas kesehatan memutar otak agar anak-anak tak takut disuntik vaksin. Garut: Vaksinasi anak dikebut dengan berbagai cara. Hal ini dilakukan agar ... Read more »

Rusia akan Gelar Latihan Militer Libatkan 140 Kapal Perang

© Disediakan oleh Republika.co.id Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan. MOSKOW — Kementerian Pertahanan ... Read more »

Hakim PN Surabaya dan Panitera yang Kena OTT KPK Diberhentikan Sementara

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Mahkamah Agung (MA) memberhentikan sementara hakim PN Surabaya berinisial IT dan panitera pengganti H karena terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh ... Read more »

Bupati Kembali Mutasi 30 ASN di Lingkungan Pemkab Bojonegoro

© Disediakan oleh Kumparan Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, saat melantik ASN Pemkab Bojonegoro yang baru dimutasi, di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro. Jumat (21/01/2022). (foto: dan/beritabojonegoro) Bojonegoro – Bupati Bojonegoro Anna ... Read more »

Anggota Komisi III Minta Polri Jelaskan Soal Pelat Mirip Polisi yang Dipakai Arteria Dahlan

© Disediakan oleh Kompas.com Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR Firman Soebagyo dan Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (7/12/2021) JAKARTA, KOMPAS.com – Anggota Komisi ... Read more »

Mbak M Ini Akhirnya Ditangkap Tim Intelijen, Selama Ini Bolak-balik Riau-Medan

© JPNN.COM Mbak M Ini Akhirnya Ditangkap Tim Intelijen, Selama Ini Bolak-balik Riau-Medan jpnn.com, MEDAN – Tim tangkap buronan (Tabur) Intelijen Kejaksaan Negeri Sumatera Utara akhirnya menangkap M, 52, buronan kasus ... Read more »

Arema FC Tanggapi Isu Liar soal 5 Pemain yang Terpapar Covid-19

© Disediakan oleh Kompas.com Aktivitas pemain Arema FC bersantai di kolam renang hotel seusai melaksanakan pertandingan Liga 1 2021-2022. MALANG, KOMPAS.com – Sebanyak lima pemain Arema FC terkonfirmasi positif Covid-19. ... Read more »

Persija Garansi Posisi Pelatih Baru tak akan Digoyang Sampai Liga 1 Tuntas

© Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi Pelatih baru Persija Jakarta, Sudirman. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Manajer Persija Bambang “Bepe” Pamungkas memastikan posisi Sudirman sebagai pelatih kepala skuat Macan Kemayoran tidak akan goyah sampai Liga ... Read more »

Gaya Monokrom Kate Middleton saat Beri Dukungan untuk Tenaga Medis

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Kate Middleton dan Pangeran William berpasangan untuk hari kedua tugas kerajaan minggu ini dengan mengunjungi petugas kesehatan di barat laut Inggris. ... Read more »

Cinta Tak Berbalas, Pindahkan Hati dengan Cara Berikut

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Kebahagiaan karena jatuh cinta akan pudar jika perasaan hanya sepihak saja atau bertepuk sebelah tangan. Cinta yang bertepuk sebelah tangan merupakan ... Read more »

Risiko di Balik Maraknya NFT Bakso hingga KTP

© Disediakan oleh Katadata Warga Indonesia ramai menjual NFT atau non fungible token berupa foto bakso hingga Kartu Tanda Penduduk (KTP) di marketplace OpenSea. Hal ini dinilai dapat menimbulkan risiko ... Read more »

SKK Migas Catat Rasio Penggantian Cadangan Migas RI 2021 Capai 116%

© Disediakan oleh Katadata SKK Migas mencatat rasio penggantian cadangan migas atau reserves replacement ratio (RRR) pada 2021 di atas 100%. Kinerja tersebut merupakan indikator positif untuk menggantikan cadangan migas ... Read more »

Cek Harga Emas Antam dan Pegadaian Hari Ini

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta –Harga emas batangan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau emas Antam pada perdagangan Jumat, 21 Januari 2022, turun Rp 1.000 dibandingkan dengan ... Read more »

Ada Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga, Simak Rekomendasi Saham AALI, SIMP, dan LSIP

© Disediakan oleh Kompas.com Setelah Pemerintah Pusat mengeluarkan aturan mengenai satu harga untuk minyak goreng kemasan, bagi pasar ritel modern. JAKARTA, KOMPAS.com – Harga saham perusahaan-perusahaan kelapa sawit akan terdampak ... Read more »

Walau Pandemi Mereda, Saham Kalbe hingga Hermina Masih Bawa Cuan

© ANTARA/Hafidz Mubarak A Pekerja melintas di depan layar indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia. Saham di sektor kesehatan diperkirakan masih prospektif pada 2022. Analis pasar modal dari PT ... Read more »

Jelang MotoGP, OPD Loteng Terus Matangkan Persiapan MotoGP

© Disediakan oleh LombokPost Jelang MotoGP, OPD Loteng Terus Matangkan Persiapan MotoGP PRAYA-Pemkab Lombok Tengah terus mematangkan persiapan MotoGP di sirkuit Mandalika. Setiap organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemkab diberikan ... Read more »

10 Potret Lee Kurniawan, Adik Bungsu Jennifer Bachdim

Tak banyak yang tahu jika Jennifer Bachdim memiliki dua adik laki-laki. Selain Kim Kurniawan, istri Irfan Bachdim itu ternyata memiliki seorang adik lainnya yang bernama Lee Kurniawan. Jika Jennifer Bachdim ... Read more »

Man United Vs West Ham, Panggung Pelampiasan Amarah Ronaldo?

© Disediakan oleh Kompas.com Penyerang Manchester United Cristiano Ronaldo merayakan gol pada laga Liga Inggris kontra West Ham United, Minggu (19/9/2021) malam WIB. KOMPAS.com – Megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo, ... Read more »

Agnez Mo Ngakak Lihat Mata Juling Adam Rosyadi, Netizen Malah Baper

© Disediakan oleh InsertLive Agnez Mo membagikan unggahan video baru di Instagram pribadi yang memperlihatkan kebersamaanya dengan Adam Rosyadi. Tak ada hal aneh dari unggahan Agnez bersama Adam tersebut. Agnez dan Adam hanya melakukan tantangan ... Read more »
On free-english-test.com you will find lots of free English exam practice materials to help you improve your English skills: grammar, listening, reading, writing, ielts, toeic