Kode Jokowi Sebut Pemimpin yang Memikirkan Rakyat Adalah Rambutnya Putih, Sosok Ini Kandidat Kuat

kode jokowi sebut pemimpin yang memikirkan rakyat adalah rambutnya putih, sosok ini kandidat kuat

TRIBUNNEWSBOGOR.COM – Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait ciri-ciri pemimpin sejati jadi sorotan.

Baru-baru ini, Jokowi mengimbau para pendukung dan relawannya yang tergabung dalam Gerakan Nusantara Bersatu agar berhati-hati memilih calon pemimpin pada Pilpres 2024 mendatang.

Jokowi meminta para pendukungnya itu untuk tidak asal memilih pemimpin.

Menurut Jokowi, sosok calon pemimpin yang layak untuk dipilih adalah mereka yang memikirkan rakyatnya.

Hal itu disampaikan Jokowi di depan ribuan relawan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (26/11/2022).

Jokowi kemudian membeberkan ciri-ciri dari sosok yang memikirkan rakyat itu di antaranya adalah kelihatan dari penampilannya.

“Dari penampilan kelihatan, banyak kerutan karena mikirin rakyat, ada yang rambutnya putih semua, ada itu,” kata Jokowi.

Ia mengingatkan relawannya untuk berhati-hati memilih calon pemimpin, terutama yang wajahnya bersih tanpa kerutan.

“Kalau wajahnya cling bersih, tidak ada kerutan di wajahnya hati-hati, lihat juga lihat rambutnya, kalau rambutnya putih semua, ini mikir rakyat ini,” ujarnya.

Selain ciri-ciri fifik, Jokowi juga menuturkan calon pemimpin yang harus dipilih adalah sosok yang harus mengerti dan diinginkan rakyat.

Menurutnya, masyarakat jangan sampai memilih yang hanya bisa duduk manis di Istana Negara dan tak mau turun ke bawah.

“Pilih pemimpin yang tahu apa yang diinginkan rakyat, dibutuhkan rakyat, setuju? Jangan sampai kita pilih pemimpin yang hanya senang duduk Istana yang AC-nya dingin,” katanya.

Menurut Jokowi Indonesia merupakan negara besar. Karena itu, kata dia, Indonesia membutuhkan pemimpin yang senang turun langsung ke rakyat.

“Ini negara besar, ini negara besar, jangan hanya duduk manis di Istana Presiden. Carilah, saya ingatkan carilah pemimpin yang senang dan turun ke bawah, yang mau merasakan keringatnya rakyat,” tutur dia.

Pada kesempatan itu Jokowi mengatakan untuk terus menjaga apa yang sudah diraih Indonesia, tidak hanya untuk 2024, 2029 tapi juga untuk Indonesia emas 2045 dan seterusnya.

Oleh karena itu, Jokowi mewanti-wanti masyarakat untuk tidak asal pilih pemimpin hanya karena kepentingan jangka pendek, politik, tapi lupa akan keberlanjutan yang sudah diraih.

“Jangan lupa untuk menjaga agar yang sudah di jalur tepat ini harus dilanjutkan. Konsekuensi ke depan pemimpin seperti apa yang kita cari? Hati-hati, saya titip, pilih nanti di 2024 yang ngerti apa yang dirasakan oleh rakyat, setuju?” ucapnya.

kode jokowi sebut pemimpin yang memikirkan rakyat adalah rambutnya putih, sosok ini kandidat kuat

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kerap menjadi perhatian saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Twitter)

Jokowi mengatakan prinsip paling penting memimpin Indonesia adalah memahami keberagaman.

“Buat saya, ini prinsip yang paling penting mengelola negara besar seperti Indonesia. Pemimpinnya seperti apa? Pemimpin Indonesia harus menyadari mengenai keberagaman Indonesia,” kata Jokowi.

Ia mencontohkan keberagaman itu seperti memiliki 714 suku, lebih dari 1.300 bahasa daerah, dan beberapa agama.

“Oleh sebab itu, pemimpin itu, sekali lagi harus menyadari mengenai keberagaman Indonesia,” ucapnya.

Sinyal untuk Ganjar

Terkait ucapan Jokowi mengenai ciri-ciri pemimpin itu, pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Trias Politika Agung Baskoro menyebut ucapan itu merupakan sinyal nyata yang diberikan Jokowi kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sebab kata dia, dari tiga nama calon presiden (capres) yang digadang-gadang akan maju pada pilpres 2024, hanya Ganjar yang paling sesuai dengan kriteria yang disebutkan Jokowi.

“Artinya dari ketiga kandidat capres terkuat yang kini bertengger di peringkat teratas, yakni Ganjar, Prabowo, dan Anies, hanya Ganjar-lah yang memiliki penampakan rambut putih mencolok,” kata Agung.

Menurut Agung, sinyal Jokowi mendukung Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pilpres bukan hanya diutarakan kali ini saja.

Jokowi juga pernah menunjukkan secara terang-terangan sosok Ganjar Pranowo saat acara Projo pada 20 Mei lalu.

“Gubernur Jawa Tengah tersebut langsung diundang dan (Jokowi) menyebut bahwa yang diundang dalam acara tersebut (Ganjar, red), mungkin yang didukung dalam Pilpres,” kata Agung.

Dukungan Jokowi terhadap Ganjar kata Agung juga merupakan hal yang wajar.

Mengingat kata dia, keduanya merupakan kader yang bernaung dalam satu partai yang sama yakni PDI Perjuangan.

Bedanya, Jokowi sudah tidak bisa maju lagi di Pilpres.

kode jokowi sebut pemimpin yang memikirkan rakyat adalah rambutnya putih, sosok ini kandidat kuat

GANJAR Pranowo, Gubernur Jawa Tengah (Istimewa)

Sementara Ganjar merupakan salah satu sosok yang digadang maju sebagai calon presiden.

“Di titik inilah, dukungan Presiden Jokowi semakin logis karena peluang menang Ganjar sementara ini membesar kecuali ada situasi luar biasa yang membuat Ganjar tak bisa maju ke arena Pilpres,” ujar Agung.

Hal senada diucapkan Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno.

Ia menilai pernyataan Jokowi itu merupakan bentuk dukungan kepada Ganjar.

“Fix 1.000 persen kode keras Jokowi endorse Ganjar. Tak ada yang bisa membantah. Ini kali kedua Jokowi secara eksplisit gelagat politiknya dukung Ganjar,” kata Adi.

“Sebelum hari ini, Jokowi juga dukung Ganjar di acara Projo beberapa waktu lalu yang memantik hubungan panas dingin dengan sejumlah elite PDIP,” imbuhnya.

Sementara Ketua DPP Partai Golkar Lamhot Sinaga menilai tak ada yang baru dalam ucapan Jokowi itu.

“Sebetulnya tidak ada yang baru dan spesial dengan pernyataan presiden tersebut. Sebagaimana biasanya Presiden Jokowi sebelumnya menyampaikan hal yang sama kepada Pak Airlangga pada acara HUT Golkar, kepada Pak Prabowo juga pada saat acara Gerindra,” kata Lamhot.

“Artinya kami melihat Jokowi mendorong anak-anak bangsa yang berkualitas dan mendapat respon positif dari publik untuk meneruskan dan melanjutkan pembangunan Indonesia ke depan,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jokowi Sebut Pemimpin yang Memikirkan Rakyat Rambutnya Putih, Kode Keras Jokowi Endorse Ganjar?

News Related

OTHER NEWS

Kabupaten Bandung Diguncang Gempa

Hingga kini belum ada laporan perihal dampak gempa. Jakarta: Bencana gempa bumi mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Sabtu, 28 Januari 2023. Guncangan gempa terjadi pukul 01.00 WIB. “Pusat gempa ... Read more »

BMW Luncurkan Mobil Baru BMW M3 CS, Lebih Mantap dari M3 Competition!

BMW Luncurkan Mobil Baru BMW M3 CS, Lebih Mantap dari M3 Competition! BMW telah merilis mobil baru BMW M3 CS. BMW BMW Luncurkan Mobil Baru BMW M3 CS, Lebih Mantap ... Read more »

Prabowo Subianto Tebar Pujian Hingga Beri Sinyal Dukungan, Bobby Nasution Respons Begini

Prabowo Subianto Tebar Pujian Hingga Beri Sinyal Dukungan, Bobby Nasution Respons Begini sumut.jpnn.com, MEDAN – Wali Kota Medan Bobby Nasution mengaku senang atas pujian yang disampaikan Menteri Pertahanan (Menhan) RI ... Read more »

Ikutan Tes Perdana WorldSBK 2023, Danilo Petrucci Kaget Pakai Setting Motor Alvaro Bautista

Ikutan Tes Perdana WorldSBK 2023, Danilo Petrucci Kaget Pakai Setting Motor Alvaro Bautista Danilo Petrucci ikuti tes perdana WorldSBK 2023 di Sirkuit Jerez Twitter.com/Petrux9 Ikutan Tes Perdana WorldSBK 2023, Danilo ... Read more »

Legenda Juve, Edgar Davids, Orang Suriname yang Mengaku Suka Keramahan Warga Indonesia

Legenda Juventus, Edgar Davids, dalam acara Juventus Village di Lippo Mall, Kemang, Jakarta, Jumat (27/1/2023) petang WIB. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Legenda Juventus, Edgar Davids, mengaku mengaku senang berada di Indonesia. ... Read more »

Berita dan Rumor Transfer Hari Ini 27 Januari: Tawaran Arsenal untuk Caceido Ditolak, Ancelotti Ingin Rekrut Saka

90MiN Indonesia merangkum berita dan rumor  bursa transfer musim dingin hari ini yang sudah resmi dibuka sejak 1 Januari 2023. Berita Transfer Liga Inggris Tawaran Arsenal sebesar 60 juta pound ... Read more »

Pembelian Minyak Mentah Rusia Mandeg, Luhut Beberkan Masalahnya

Pembelian Minyak Mentah Rusia Mandeg, Luhut Beberkan Masalahnya KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan kembali menyinggung pembelian minyak mentah Rusia yang masih belum menemui titik ... Read more »

Mengapa Sancho Belum Jua Diturunkan? Ini Penjelasan Ten Hag

Jadon Sancho. REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER — Nasib Jadon Sancho di Manchester United terus mengalami ketidakpastian. Sancho sudah berlatih dengan skuat utama United, namun ia belum jua diturunkan. Sejatinya, ia memiliki peluang ... Read more »

Pemerintah Akan Umumkan Subsidi Motor Listrik, Pengamat: Harusnya Fokus Konversi

Motor listrik di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022. Foto: Sena Pratama/kumparan Pemerintah berencana akan mengumumkan penerapan subsidi untuk kendaraan listrik pada Februari 2023. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko ... Read more »

Costacurta Nilai Harga Zaniolo Terlalu Tinggi Bagi AC Milan

Nicolo Zaniolo dari AS Roma. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mantan bek tangguh Italia, Alessandro Costacurta, mencatat bahwa Nicolo Zaniolo dapat memberi bantuan besar bagi AC Milan. Tetapi ia juga merasa permintaan ... Read more »

Intip Pesona Idol K-Pop yang Memiliki Mata Bulat

Setiap orang memiliki definisi cantik yang berbeda. Bagi warga negara Korea Selatan, seseorang bisa dibilang cantik apabila memiliki wajah yang tirus, kulit putih, hidung kecil nan lancip, hingga memiliki kelopak ... Read more »

Lolos ke Semifinal Indonesia Masters 2023, Jonatan Christie Tantang Shi Yu Qi

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jonatan Christie berhasil melaju ke babak semifinal Indonesia Masters 2023. Ini setelah di babak perempat final yang berlangsung Jumat (27/1/2023) ... Read more »

Novel Progresnya Berapa Persen? Diangkat Jadi Drama Serial, Ini Pemainnya

Novel Progresnya Berapa Persen? Diangkat Jadi Drama Serial, Ini Pemainnya jpnn.com, JAKARTA – NET TV dan Viu sepakat untuk berkolaborasi dalam mengembangkan konten kreatif drama Indonesia. Salah satunya dengan mengangkat ... Read more »

Mawar De Jongh Keluar dari Zona Nyaman demi Para Betina Pengikut Iblis

Mawar De Jongh mendapatkan pengalaman baru ketika membintangi film Para Betina Pengikut Iblis. Terbiasa bermain drama percintaan, Mawar mencoba keluar dari zona nyaman dengan bergabung di projek film horor. Jakarta: ... Read more »

BTN Peroleh PMN Rp 2,5 Triliun, Menkeu Titip Kesejahteraan Rakyat

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Sri Mulyani Indrawati menyatakan, hak mendapatkan tempat tinggal yang layak diatur dalam undang-undang. Hanya saja, kondisi kesenjangan atau backlog antara jumlah rumah terbangun dengan jumlah ... Read more »

Roma Patok Harga Zaniolo Setengah Triliun Rupiah Lebih, Legenda Milan Geleng-Geleng Kepala

Penyerang Roma Nicolo Zaniolo melakukan selebrasi usai mencetak gol pengimbang dalam laga Verona vs AS Roma, Selasa 1 November 2022 REPUBLIKA.CO.ID, MILAN — Legenda timnas Italia dan AC Milan Alessandro Costacurta ... Read more »

Jonatan Christie Raih Tiket Semifinal lewat Perjuangan Keras 62 Menit

Jonatan Christie Raih Tiket Semifinal lewat Perjuangan Keras 62 Menit RADARSOLO.ID – Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie pastikan diri lolos ke babak semifinal Indonesia Masters 2023. Kemenangan atas wakil India ... Read more »

Tenis: Tsitsipas Tapaki Final Australian Open

Jakarta: Stefanos Tsitsipas akan bermain untuk gelar Grand Slam perdananya sekaligus menghuni peringkat pertama ATP setelah memastikan tiket final Australian Open, Jumat, 27 Januari 2023. Tsitsipas menapak partai puncak usai ... Read more »

Diunggulkan Jadi James Bond, Begini Respons Henry Cavill

Aktor Henry Cavill merespons anggapan yang menyebutnya cocok menjadi James Bond menggantikan DanielCraig. (ilustrasi) REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Masa depan waralaba film James Bond masih belum jelas. Hingga kini belum ada nama pasti ... Read more »

Di Akhir Pekan, Saham-Saham Ini Paling Banyak Dilego Asing Saat IHSG di Zona Hijau

Di Akhir Pekan, Saham-Saham Ini Paling Banyak Dilego Asing Saat IHSG di Zona Hijau KONTAN.CO.ID –  JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona hijau pada akhir pekan ini. Mengutip ... Read more »

Juventus Krisis, Dipangkas 15 Poin dan Terancam Denda Rp 815 Miliar, Pemain Kena Imbas

Juventus Krisis, Dipangkas 15 Poin dan Terancam Denda Rp 815 Miliar, Pemain Kena Imbas MANADOPOST.ID–Juventus yang tengah dibelit krisis dan dipangkas 15 poin, terancam dikenai denda senilai 50 juta euro ... Read more »

Alta Ballah Dilirik Klub Spanyol, Pelatih Persebaya: Yes

Alta Ballah, bek kiri Persebaya yang diminati klub Spanyol. Foto: Dok. Persebaya Pemain muda Persebaya banyak dilirik klub sepak bola Eropa. Setelah Marselino Ferdinan yang hijrah ke Belgia, kini giliran ... Read more »

Daftar 30 Pemain Timnas U-20 Jelang Persiapan Piala Asia

Timnas U-20 Indonesia saat melawan Malaga U-19 pada laga uji coba di Marbella Football Center Malaga, Spanyol, 23 November 2022. Foto: PSSI Timnas U-20 akan berlaga di Piala Asia U-20 ... Read more »

KPK Pastikan Rekening Milik Pedagang Burung yang Salah Diblokir Telah Dibuka

Jubir KPK Ali Fikri. KPK memastikan rekening milik pedagang burung yang salah diblokir telah dibuka. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan bahwa pihak bank telah mencabut blokir rekening ... Read more »

Januari Belum Usai, Asing Sudah Borong Surat Utang Pemerintah Rp 48 T

dolar 1.jpg Bank Indonesia mencatat aliran modal asing yang masuk ke pasar surat utang pemerintah sepanjang tahun ini hingga 28 Januari 2022 mencapai Rp 48,08 triliun. Kembali masuknya modal asing ... Read more »

Mantan Bawahan Sambo, Hendra Kurniawan Dituntut 3 Tahun Penjara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mantan Karo Paminal Mabes Polri Hendra Kurniawan (HK) dituntut 3 tahun penjara. Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut HK atas perbuatannya melakukan perintangan penyidikan kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah ... Read more »

Aniaya Pria Kulit Hitam Hingga Tewas, 5 Polisi AS Didakwa Pembunuhan

Pihak berwenang Amerika Serikat (AS) pada Kamis mendakwa lima petugas berkulit hitam dengan pembunuhan karena menganiaya warga hingga tewas. Washington: Pihak berwenang Amerika Serikat (AS) pada Kamis mendakwa lima petugas ... Read more »

Jangan Cuci Mobil Terjemur Matahari Langsung, Ini Loh Alasannya

TRIBUNKALTIM.CO – Tahukah Anda, ternyata tidak boleh loh cuci mobil terjemur matahari langsung. Pasalnya, cuci mobil di lokasi terjemur matahari langsung berpotensi merusak cat mobil. Anda dianjurkan cuci mobil di ... Read more »

KPK Minta Pemerintah Tidak Sembarangan Kelola Dana Haji

KPK Minta Pemerintah Tidak Sembarangan Kelola Dana Haji jpnn.com, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta Kementerian Agama (Kemenag) dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengefisiensikan pengelolaan dana haji. Hal ... Read more »

Apakah Aplikasi Sadap WhatsApp Gratis? Pilihan Cara Sadap WA bisa Cek Chat WA hingga Lokasi Pacar

TRIBUNKALTIM.CO – Apakah aplikasi sadap WhatsApp gratis?� Simak berbagai pilihan cara sadap wa bisa untuk cek chat wa hingga lokasi pacar yang dapat dicoba oleh pengguna. Namun sebaiknya hindari menyadap ... Read more »

Pengering Kuteks Bisa Sebabkan Kanker Kulit? Peneliti Beri Peringatan

Berdasarkan penelitian, pengering kuteks bisa menimbulkan risiko kanker kulit. (ilustrasi) REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Paparan sinar UV telah diketahui berpotensi merusak kesehatan kulit. Padahal, sejumlah salon kuku menggunakan perangkat yang memancarkan ... Read more »

Ulah Sopir Bus BPK RI Ini Bikin Netizen Kesal, Asal Potong Lajur di Exit Tol Desari

Ulah Sopir Bus BPK RI Ini Bikin Netizen Kesal, Asal Potong Lajur di Exit Tol Desari Ulah sopir bus BPK RI satu ini saat mau lewat Exit Tol Desari bikin ... Read more »

Toko Peralatan Kolam Renang di Jagakarsa Ludes Terbakar

Ilustrasi petugas pemadam kebakaran Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan Toko peralatan untuk kolam renang di Jalan M Kahfi, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hangus terbakar. Peristiwa kebakaran ini terjadi pada Jumat (27/1) malam. Sebanyak ... Read more »

Pertama Kali Main Film Horor, Hanggini Hafalkan Mantra Bahasa Jawa di Segala Aktivitasnya

Pertama Kali Main Film Horor, Hanggini Hafalkan Mantra Bahasa Jawa di Segala Aktivitasnya Sara Fajira, Hanggini dan Mawar de Jongh saat ditemui Grid.ID di kantor Falcon Pictures, Duren Tiga, Jakarta ... Read more »

Chuck Putranto Dituntut 2 Tahun Penjara dan Denda Rp10 Juta

Chuck dinilai terlibat merintangi penyidikan kasus brigadir j. Jakarta: Mantan Koordinator Sekretaris Pribadi (Koorspri) eks Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Ferdy Sambo, Chuck Putranto, dituntut dua tahun penjara. ... Read more »

Sidang Kedua, Penipu Ratusan Mahasiswa IPB Didampingi 12 Penasihat Hukum

Siti Aisyah Nasution (29 tahun), pelaku penipuan bermodus pinjol yang sebabkan ratusan mahasiswa IPB jadi korban, dihadirkan dalam konferensi pers di Mako Polres Bogor, Jumat (18/11). REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Terdakwa ... Read more »

Viral Pengamen Tak Sadar Ditonton Sheila on 7 saat Nyanyikan Lagu "Dan"

Sheila on 7 sudah berada di Jakarta menjelang konser mereka yang digelar pada 28 Januari 2023. Jakarta: Sheila on 7 sudah berada di Jakarta menjelang konser mereka yang digelar pada ... Read more »

Pajak Tahunan Mobil Baru Toyota Innova Zenix V Gasoline Mahal Gak Ya?

Pajak Tahunan Mobil Baru Toyota Innova Zenix V Gasoline Mahal Gak Ya? Pajak Tahunan Mobil Baru Toyota Innova Zenix V Gasoline Mahal Gak Ya? Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Toyota Kijang ... Read more »

ONE Friday Fights 2: Fakta Menarik Marie Ruumet

Marie Ruumet akan berlaga di ONE Friday Fights 2 pada Jumat (27/1/2023). Foto: ONE Championship Di balik wajah yang ayu, Marie Ruumet memiliki keahlian dalam membuat lawan babak belur dengan ... Read more »

Anak Lahir Terlanjur Stunting Bisa Pulih Asalkan Lakukan Ini

Pencegahan stunting penting dilakukan sebelum anak lahir. (ilustrasi) REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anak yang lahir dengan kondisi mengalami kekerdilan (stunting) masih bisa pulih dan dikejar pertumbuhannya. Caranya dengan menyiapkannya di fase ... Read more »
Kênh kiến thức kỹ năng, phát triển bản thân, hướng nghiệp, blog nhân sự