Kisah Sedih Kasta Terendah India: Dilecehkan di Kampus meski Berprestasi

Asia's Tech News Daily

Kisah Sedih Kasta Terendah India: Dilecehkan di Kampus meski Berprestasi
© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto

TEMPO.CO, Jakarta – Deepa P. Mohanan harus mogok makan sampai 11 hari untuk mendapatkan haknya sebagai mahasiswa program doktor di sebuah universitas di India. Ia menjadi korban perisakan, yang nyaris membuatnya gagal menyelesaikan kuliah, hanya karena berasal dari kasta rendah.

Ia dirisak oleh staf akademik, dilarang memasuki laboratorium universitas dan bahkan ditolak menduduki kursi. Deepa P. Mohanan pun putus asa untuk dapat menyelesaikan PhD-nya sebagai wanita kasta Dalit, kasta paling rendah di India. Tapi kemudian dia memutuskan untuk melawan.

Mohanan, yang meneliti pengobatan nano, menjadi inspirasi puluhan ribu sesama mahasiswa ketika dia melakukan mogok makan untuk memprotes diskriminasi dan berhasil memaksa otoritas universitas memberikan janji reformasi..

“Saya sangat ingin menyelesaikan PhD saya dan menyadari bahwa itu tidak akan mungkin sampai saya secara terbuka menyerukan penghapusan diskriminasi kampus yang saya hadapi selama bertahun-tahun,” kata Mohanan, 36, dalam sebuah wawancara telepon dari rumahnya di Kottayam di India selatan, sebagaimana dilansir Reuters, Selasa, 30 November 2021.

Mohanan mengakhiri mogok makan 11 harinya awal bulan ini setelah kepala Pusat Nanosains dan Nanoteknologi Universitas Internasional dan Antar Universitas Mahatma Gandhi diberhentikan menyusul keluhannya.

Universitas itu juga telah membentuk sebuah komite di bawah wakil rektor untuk menyelidiki tuduhannya, yang menurut para aktivis hak asasi mencerminkan diskriminasi terhadap mahasiswa kasta rendah di kampus-kampus di seluruh negara berpenduduk 1,3 miliar orang itu.

Sebanyak 200 juta orang dari kasta Dalit atau Parya, yang berada di anak tangga terbawah dari hierarki kasta kuno, masih berjuang untuk mengakses pendidikan dan pekerjaan enam dekade setelah India melarang diskriminasi berbasis kasta dan memperkenalkan kuota minimum untuk meningkatkan perwakilan mereka.

“Diskriminasi kasta sangat lazim di kampus … ruang kelas telah menjadi ruang yang mengerikan,” kata Jenny Rowena, seorang profesor bahasa Inggris di Universitas Delhi.

Rowena, yang mendokumentasikan pengalaman kasta Dalit dan komunitas terpinggirkan lainnya, mengatakan banyak siswa Dalit bolos kelas untuk menghindari dipermalukan atau putus sekolah sama sekali, sehingga makin memperburuk keterwakilan mereka.

Data pendidikan tinggi pemerintah menunjukkan pendaftaran siswa dari komunitas yang terpinggirkan atau kasta rendah pada 2019-20 adalah 14,7 persen dari semua siswa berusia 18-23, yang tak memenuhi kuota yang diamanatkan sebesar 15 persen di banyak bidang studi.

Berikutnya: Malapetaka bagi warga berkasta rendah

Mohanan, yang meneliti terbentuknya jaringan penyembuhan luka menggunakan nanopartikel, adalah satu-satunya siswa Dalit di angkatan 100 ketika ia bergabung dengan program pascasarjananya.

Orang tua tunggal ini adalah orang pertama di keluarganya yang pergi ke universitas dan mengupayakan penelitian pascasarjana.

“Sungguh, saya tidak mengharapkan begitu banyak diskriminasi,” kata Mohanan, yang sebelum mogok makan telah mengajukan banyak keluhan ke universitas termasuk tuntutan hukum.

“Akhirnya dalam percakapan itu terungkap bahwa jika seorang mahasiswa Dalit disukai maka akan mempengaruhi kedisiplinan institusi. Saya awalnya merasa kalah tapi kemudian bertekad untuk melawan,” ujarnya.

Bagi banyak mahasiswa Dalit, kehidupan kampus adalah perjuangan sehari-hari, kata Anuraji PR, wakil presiden nasional badan mahasiswa Bhim Army, yang mendukung protes Mohanan.

Banyak yang gagal dalam penilaian internal dan pengawas sering menolak untuk menjadi pemandu mereka untuk studi pascadoktoral atau mempertanyakan kemampuan mereka, kata seorang mahasiswa pascasarjana, yang meminta identitasnya dirahasiakan karena dia akan mengikuti ujian.

Kuota penerimaan untuk siswa dari kelompok yang kurang terwakili, termasuk orang India kasta rendah, telah memicu diskriminasi, kata C. Lakshmanan, seorang profesor ilmu politik yang juga penyelenggara nasional Dalit Intellectual Collective.

“Siswa yang datang melalui reservasi dipandang tidak layak oleh rekan-rekan dan guru kelas atas perkotaan, yang sebagian besar berasal dari ruang elite yang sama. Sangat disayangkan bahwa mogok makan diperlukan untuk memenuhi tujuan akademis.”

Komisi Hibah Universitas, yang mengawasi pendidikan tinggi di India, menulis surat kepada institusi pada September mendesak mereka untuk secara ketat mencegah diskriminasi kasta di kampus.

Ia meminta universitas untuk memastikan daftar pengaduan dan situs web tersedia untuk siswa dan mengatakan sebuah komite harus dibentuk untuk memeriksanya.

Ketua dan sekretaris Komisi tidak menjawab saat dimintai komentar.

berikutnya Manipulasi psikis

Abeda Salim Tadvi, yang memiliki putri bernama Payal yang berusia 26 tahun meninggal karena bunuh diri di kamar asrama kampusnya pada Mei 2019, menyalahkan diskriminasi kasta dan intimidasi atas kematian itu.

Sebagai dokter yang menempuh pendidikan spesialis di sebuah rumah sakit Mumbai, Payal sedang menjalani program master dalam kebidanan dan ginekologi, tetapi menghadapi pelecehan setiap hari – dari pemanggilan nama dan diminta untuk tidur di lantai oleh teman sekamar hingga dilarang menghadiri operasi penting.

“Kesedihan masih ada di hati saya … saya tidak bisa melepaskannya,” kata Tadvi, mengingat banyak percakapan dengan putrinya tentang bagaimana dia dilecehkan oleh mahasiswa yang lebih senior dalam program dokter spesialis.

“Kami mencoba mengabaikannya, mengeluh tentang hal itu tetapi pada akhirnya dia tidak bisa menghadapinya. Tidak ada mekanisme di kampus yang meyakinkan atau mendukungnya.”

Tadvi, bersama dengan Radhika Vemula – yang putranya Rohith, seorang PhD di Universitas Hyderabad, bunuh diri pada 2016 dan menyinggung diskriminasi kasta dalam catatan bunuh diri – telah mengajukan petisi di pengadilan tinggi India menuntut tindakan.

Dalam petisi mereka dalam kasus yang sedang berlangsung, kedua wanita itu mengatakan semua universitas dan institusi pendidikan tinggi harus membentuk unit kesetaraan untuk memastikan keluhan tentang diskriminasi kasta ditangani.

Saat ini, jarang ada konsekuensi bagi pejabat perguruan tinggi jika kasus diskriminasi ras kasta dilaporkan di kampus mereka, kata pengacara Disha Wadekar. “Tanggapan paling umum terhadap keluhan adalah manipulasi psikis, di mana para siswa diberi tahu bahwa keluhan itu ‘semua ada di kepala Anda’,” katanya.

Internet Explorer Channel Network
Asia's Tech News Daily
News Related

OTHER NEWS

Jadwal MotoGP 2022 Live Trans7 - Psywar Fabio Quartararo Lempar Nyinyiran kepada Ducati

TRIBUNNEWS.COM – Berikut adalah jadwal lengkap MotoGP 2022 live Trans7, di mana pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo mulai tebar psywar. MotoGP 2022 memiliki 21 balapan yang akan berlangsung, termasuk ... Read more »

Timnas Putri Indonesia Vs Australia - Sam Kerr Hattrick, Matildas Unggul 6-0

© Disediakan oleh Kompas.com Timnas putri Australia merupakan salah satu peserta di Piala Asia Wanita 2022. KOMPAS.com – Timnas putri Indonesia untuk sementara tertinggal 0-6 dari Australia pada babak pertama ... Read more »

PDIP Tak Keberatan Penjabat Gubernur DKI Pengganti Anies Bukan dari TNI-Polri

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono tidak keberatan dengan keputusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi soal penjabat Gubernur ... Read more »

Anggota DPR Netty Minta Segera Investigasi Kasus Vaksinasi Kosong Siswa SD

© JPNN.COM Anggota DPR Netty Minta Segera Investigasi Kasus Vaksinasi Kosong Siswa SD jpnn.com, JAKARTA – Siswa SD di Sumatra Utara disuntik vaksin kosong. Peristiwa ini terlihat dari rekaman video ... Read more »

87 Jemaah Umrah Positif Saat Tiba di Indonesia, Kemenag Duga Tertular Saat Pulang

© Disediakan oleh Kompas.com Sejumlah calon jamaah umrah berjalan sebelum menaiki pesawat di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (8/1/2022). Kementerian Agama melepas sebanyak 419 orang untuk melaksanakan ... Read more »

KPK Kebut 4 OTT dalam 14 Hari, Ada Apa?

© Disediakan oleh Kumparan Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) Abdul Gafur Mas’ud (kanan) dihadirkan saat konpers di KPK, Kamis (13/1/2022). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan KPK mengawali tahun 2022 ... Read more »

Inovasi Korlantas soal Nopol Kendaraan: Ganti Warna Jadi Putih-Pasang Chip

© Disediakan oleh Kumparan Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus. Foto: Dok. Istimewa Korlantas Polri berencana mengubah warna dasar pelat nomor kendaraan pribadi dari hitam menjadi putih untuk. Hal ... Read more »

Hasil Survei Menunjukkan Indeks Literasi Digital Masyarakat Semakin Naik

© Fransiskus Simbolon Hasil Survei Menunjukkan Indeks Literasi Digital Masyarakat Semakin Naik KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Masyarakat Indonesia semakin melek hal digital. Termasuk masyarakat semakin mahir dalam menentukan informasi hoax dan tidak. ... Read more »

Klaster Sekolah Muncul di Pontianak Jadi Alasan Satgas COVID-19 Hentikan PTM

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi corona. Foto: Shutterstock Hi!Pontianak – Kasus corona di Kota Pontianak, dan Kabupaten Kubu Raya mulai meningkat. Klaster Sekolah Dasar (SD) di Pontianak juga mulai terdeteksi, ... Read more »

Ferrari Enzo Hancur Karena Tabrakan, 1 dari Hanya 400 Unit di Dunia

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Ferrari Enzo punya cerita. Salah satu supercar langka buatan Italia yang hanya dibuat 400 unit sejagat tersebut kecelakaan parah di Belanda ... Read more »

Timnas Putri Indonesia Vs Australia, Garuda Pertiwi Tertinggal 0-3 dalam 14 Menit

© Disediakan oleh Kompas.com Penyerang timnas putri Australia, Sam Kerr, yang saat ini bermain untuk Chelsea di Liga Super Wanita (WSL). KOMPAS.com – Timnas putri Indonesia untuk sementara tertinggal 0-2 ... Read more »

F1 GP Australia Tak Ingin Ada Drama ala Novak Djokovic

CEO Perusahaan Grand Prix Australia Andrew Westacott meyakini bahwa semua pihak, termasuk pemerintah federal dan negara bagian dan Formula 1, telah memahami persyaratan masuk untuk Australia dan Albert Park yang ... Read more »

Uji Fisik Lagi, Marc Marquez Geber CBR 600 di Portimao

© Disediakan oleh Jawa Pos Group Uji Fisik Lagi, Marc Marquez Geber CBR 600 di Portimao JawaPos.com – Bintang Repsol Honda Marc Marquez kembali berlatih mengendarai motor sport untuk mempersiapkan ... Read more »

Jelang MotoGP, ITDC Ganti Dirut MGPA

© themandalikagp.com MGPA. PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menunjuk Priandhi Satria sebagai Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menggantikan Ricky Baheramsjah. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — ... Read more »

Hasil Proliga 2022: Madeline Antar Bandung Bjb Tekuk Jakarta Elektrik 3-0

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Tim putri Bandung bjb Tandamata berhasil mengalahkan Jakarta Elektrik PLN dengan skor 3-0 dalam lanjutan kompetisi bola voli Proliga 2022 pekan ... Read more »

Langkah Christopher Rungkat di Australian Open 2022 Terhenti

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Langkah Christopher Rungkat dalam turnamen tenis Grand Slam Australian Open 2022 harus terhenti di babak kedua. Bertanding di KIA Arena, Jumat, ... Read more »

Sekitar 1.400 Karyawan Bank KB Bukopin Mengundurkan Diri, Ada Apa?

© Disediakan oleh Kompas.com KB Bukopin. JAKARTA, KOMPAS.com – Sekitar 1.400 karyawan PT Bank KB Bukopin Tbk memilih untuk mengundurkan diri. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bank KB Bukopin. Sekretaris ... Read more »

Wamenkeu Sebut Pajak Jadi Alat untuk Menjaga Dunia Usaha

© Disediakan oleh Kompas.com Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). JAKARTA, KOMPAS com – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan, pajak bukan hanya ... Read more »

Bos Emtek Ungkap Alasan Gandeng Grab dan Singtel Masuk ke Bank Fama

© Disediakan oleh Katadata Logo Grab dan Emtek PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) menggaet dua perusahaan asal Singapura, Grab Holdings Limited dan Singtel Telecommunications Limited, untuk berinvestasi di PT ... Read more »

Usul Asosiasi Pengusaha Truk ke Kemenhub usai Kecelakaan di Balikpapan

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta -Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) mengusulkan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selaku regulator agar mengizinkan anggotanya memodifikasi kendaraan dari tronton menjadi trailer. Hal ... Read more »

Anak Di-bully Netizen karena Operasi Plastik, Farida Nurhan Beri Tanggapan Bijak

© Disediakan oleh Kumparan Farida Nurhan dan anaknya. Foto: Instagram/@farida.nurhan Permesta Dhyaz Ris Putri Wibowo, anak youtuber Farida Nurhan, belum lama ini menjalani operasi plastik untuk mengubah bentuk hidungnya. Ia ... Read more »

Sindir Anies Tak Turun Cek Lokasi Formula E, PSI: Padahal ke Warteg Saja Sempat

© Disediakan oleh Kompas.com Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan nama cucu pemilik warung tegal (warteg) di RT 09/RW 01 Palmeriam, Matraman, Jakarta Timur. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah ... Read more »

Prabowo Serahkan Dokumen Strategi Pertahanan IKN ke TNI, Seperti Apa?

Jakarta, IDN Times – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan dokumen strategis pertahanan kepada tiga matra TNI pada Kamis, 20 Januari 2022. Di dalamnya juga terdapat strategi pertahanan di ibu kota negara ... Read more »

Siswa SMP di Surabaya Berbagi Pengalaman Sekolah Daring dengan Siswa di Thailand

© Disediakan oleh Kumparan Foto-foto: Amanah Nur Asiah/Basra SMP Muhammadiyah 5 (Spemma) Pucang Surabaya kembali menyelanggarakan Online Student Conference bertema “My Country, My Town and COVID-19 Situation”. Kegiatan tahunan ini ... Read more »

UMKM Didorong Gunakan VR Digital untuk Optimalkan Bisnis

© Angga Bratadharma PT Jababeka Tbk melalui anak usahanya yakni Grahabuana Cikarang menjalin kerja sama dengan Ctrip 360 membantu UMKM memaksimalkan bisnis mereka melalui platform digital. Jakarta: PT Jababeka Tbk ... Read more »

Bank Sentral Rusia Usul Larangan Penambangan dan Aktivitas Bursa Kripto

© suara.com Ilustrasi Rusia. (Photo by Кирилл Жаркой on Unsplash) Suara.com – Pada Kamis (20/1/2022) lalu, Bank sentral Rusia mengusulkan larangan penggunaan dan penambangan mata uang kripto di wilayah negara ... Read more »

Pekan Ketiga Januari 2022, Arus Modal Asing Hengkang Rp 0,14 Triliun

© Disediakan oleh Kontan Pekan Ketiga Januari 2022, Arus Modal Asing Hengkang Rp 0,14 Triliun KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Arus moda asing yang keluar dari pasar keuangan masih terjadi pada pekan ketiga ... Read more »

Pembangunan JIS Telah Mencapai 94,6 Persen, Lebih Cepat dari Jadwal

© Disediakan oleh Tempo.co foto TEMPO.CO, Jakarta – Pembangunan stadion Jakarta International Stadium atau JIS kini telah mencapai 94,6 persen. Saat ini proses pembangunan stadion di Tanjung Priok Jakarta Utara ... Read more »

Muhammadiyah Haramkan Uang Kripto, Apa Alasannya?

© Disediakan oleh Kompas.com Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan jajarannya bertemu dengan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto di ... Read more »

Garuda Optimalkan Perpanjangan PKPU untuk Kesepakatan Terbaik

© Antara/Sigid Kurniawan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra. Garuda mengoptimalkan perpanjangan PKPU. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyikapi secara positif keputusan Majelis Hakim ... Read more »

NOAH Rilis Remake Video Klip 'Menghapus Jejakmu'

© Disediakan oleh COSMOPOLITAN NOAH Rilis Remake Video Klip ‘Menghapus Jejakmu’ NOAH baru-baru ini telah merilis remake video klip dari lagu ‘Menghapus Jejakmu’ pada Jumat (21/1) WIB. Dalam video klipnya ... Read more »

Tangis Salmafina Sunan Pecah Saat Jalani Program Pemuridan di Gereja

© Disediakan oleh InsertLive Salmafina Sunan baru-baru ini membagikan potret dirinya tengah menangis saat mengikuti program pemuridan. Salmafina tampaknya semakin serius untuk mempelajari agama Kristen yang saat ini dianutnya. Dalam ... Read more »

Jelang Imlek, Satgas COVID-19 Perketat Bandara Supadio dengan Swab PCR

© Disediakan oleh Kumparan Wakil Ketua Satgas COVID-19 Provinsi Kalbar, Harisson. Foto: Teri/Hi!Pontianak Hi!Pontianak – Jelang perayaan Imlek, Satgas COVID-19 Provinsi Kalimantan Barat akan memperketat pintu kedatangan Bandara Supadio Pontianak ... Read more »

Keluarga Pasien Omicron di Kota Cirebon Dipastikan Negatif COVID-19

© Disediakan oleh Kumparan Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon Edi Sugiarto.(Juan) Ciremaitoday.com, Cirebon – Setelah mengetahui salah satu warga Kota Cirebon yang terkonfirmasi positif Omicron, Pemerintah Kota Cirebon Jawa Barat ... Read more »

Seorang Pelayan Warung Kopi di Pontianak Positif Corona

© Disediakan oleh Kumparan Wakil Ketua Satgas COVID-19 Provinsi Kalimantan Barat, Harisson. Foto: Teri/Hi!Pontianak Hi!Pontianak – Seorang pelayan warung kopi di salah satu warung kopi terkenal di Pontianak, terpapar dan ... Read more »

10 Potret Kompak Liliana Tanoe dan Keempat Putrinya, Bak Kakak Adik!

Siapa yang tak kenal dengan sosok Liliana Tanoesoedibjo. Selain popular sebagai pebisnis dan sosialita, istri Hary Tanoesoedibjo ini juga dikenal sebagai ibu dari kelima anaknya.  Liliana Tanoe memiliki empat orang ... Read more »

IBL 2022 Seri Pertama Sejauh Ini Zero Case Covid-19

© ANTARA/Dhemas Reviyanto Pebasket Dewa United Surabaya Kaleb Ramot Gemilang (tengah) melakukan lay up dibayangi pebasket Tangerang Hawks Basketball Club Richard David Ross JR (kanan) pada pertandingan Seri 1 Jakarta ... Read more »

9 Potret Gemas Arzanel, Putra Miqdad Addausy Siap Jadi Kakak

Arzanel Marzou Addausy atau akrab disapa Zou ialah putra dari pasangan Miqdad Addausy dan Nadya Fricella. Saat ini, pasangan tersebut tengah berbahagia, sebab buah hati keduanya akan lahir ke dunia. ... Read more »

Pengamat: Ukraina Kesal Barat Tidak Melakukan Langkah Konkrit

© AP Photo/Andriy Dubchak Foto yang diambil Kamis, 20 Januari 2022, seorang tentara membawa paket di garis pperbatasan di wilayah Donetsk, Ukraina. Menteri Luar Neheri AS Antony Blinken akan bertemu ... Read more »

Atta Halilintar dan 6 Artis yang Lelang Barang dengan Harga Fantastis

Atta Halilintar melelang headband bersejarah yang menjadi saksi perjalanan kariernya. Hingga saat ini, Jumat (21/1/2022), headband hitam dengan inisial AHHA ini sudah menembus angka 2 miliar rupiah. Wow!  Sebelum Atta ... Read more »
On free-english-test.com you will find lots of free English exam practice materials to help you improve your English skills: grammar, listening, reading, writing, ielts, toeic