Kemenkop UKM Bidik Penyaluran KUR Rp 300 Triliun pada 2024

kemenkop ukm bidik penyaluran kur rp 300 triliun pada 2024

foto

TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menargetkan target penyaluran Kredit Usaha Rakyat atau KUR tahun depan mencapai Rp 300 triliun. Hal ini disampaikan oleh Asisten Deputi Pembiayaan Mikro Irene Swa Suryani.

“Terkait plafon untuk tahun depan, sementara itu Rp 300 triliun. Tapi itu semua kebijakan terkait KUR nanti diputuskan dalam tingkat komite kebijakan pembiayaan,” ujar Irene dalam konferensi pers di kantor Kemenkop UKM, Jakarta, Kamis, 7 Desember 2023.

Irene mengatakan, kemungkinan minggu depan akan dilakukan rapat soal kebijKan tersebut. “Untuk 2024 kita tunggu, tidak lama lagi mungkin minggu depan kita sudah ada rapat. Biasanya kebijakannya diputuskan di sana,” tuturnya.

Adapun per 6 Desember 2023, Kemenkop UKM mencatat realisasi penyaluran KUR per 6 Desember 2023 adalah sebesar Rp 232,16 triliun kepada 4,15 juta debitur. Angka ini menunjukkan realisasi penyaluran KUR baru sebesar 78,17 persen dari target sebesar Rp 297 triliun.

Lebih lanjut, Irene menegaskan menegaskan penyaluran KUR saat ini tidak lagi mengejar kuantitas, melainkan melihat dari sisi kualitasnya. Oleh karena itu, penyaluran KUR saat ini lebih banyak diperuntukkan untuk nasabah baru.

“Kalo dulu kan ke kuantitas, sekarang kita sudah mulai ke kualitas. Salah satunya itu untuk debitur baru. Jadi bukan debitur existing yang mendapatkan KUR terus menerus,” kata dia.

Di sisi lain, Kemenkop UKM pada 2024 berencana melakukan kajian terkait dampak KUR terhadap perekonomian dan peningkatan berbagai aspek kehidupan dengan bekerjasama dengan BRIN.

Pilihan Editor: Pizza Hut Didemo di Berbagai Daerah Dampak Gerakan Boikot Produk Israel

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World