Kelvin Kiptum Meninggal Dunia, Kenangan Mimpi Tampil di Olimpiade Paris 2024

kelvin kiptum meninggal dunia, kenangan mimpi tampil di olimpiade paris 2024

Pelari Kenya, Kelvin Kiptum, berselebrasi seusai menang dalam Bank of Americ Chicago Marathon 2023 pada 8 Oktober 2023. Terkini, Kelvin Kiptum meninggal dunia seusai mengalamn kecelakaan.

KOMPAS.com – Pemegang rekor maraton dunia dari Kenya, Kelvin Kiptum, dan sang pelatih, Garvais Hakizimana, meninggal dunia akibat kecelakaan mobil.

Insiden terjadi di jalan Eldoret-Kaptagat, Kenya, pada Minggu (11/2/2024) pukul 23.00 waktu setempat setelah Kelvin kehilangan kendali atas mobilnya dan membelok ke luar dari jalan.

Ia membawa dua penumpang. Salah satunya adalah pelatihnya, yaitu Garvais Hakizimana, yang meninggal di tempat. Adapun satu orang lainnya dilarikan ke rumah sakit.

“Ini adalah kecelakaan tunggal di mana Kelvin Kiptum, pemegang rekor maraton dunia, mengemudikan kendaraannya dengan dua orang penumpang,” kata Komandan Wilayah kepada Nation Newspaper, dikutip dari laman Olimpiade.

“Kiptum dan Hakizimana meninggal di tempat dan orang ketiga dilarikan ke Rumah Sakit Racecourse di Eldoret.”

Kelvin memecahkan rekor maraton dunia dengan catatan 2 jam 35 detik pada Chicago Marathon pada 8 Oktober 2023.

Pelari berusia 24 tahun itu memangkas 34 detik dari rekor dunia yang sebelumnya dipegang juara Olimpiade dua kali, Eliud Kipchoge (Berlin) pada 2022.

Adapun Kelvin sejatinya dijadwalkan mengikuti ajang Rotterdam Marathon pada 14 April 2024.

Selain dijadwalkan berlari di Rotterdam Marathon, Kelvin juga masuk dalam tim sementara atletik Kenya untuk Olimpiade Paris 2024 bersama dengan Eliud Kipchoge.

“Akan sangat menyenangkan bertemu dengan Kipchoge yang telah menginspirasi banyak orang. Saya siap berlomba melawannya,” kata Kiptum kepada Olympics.com sesaat sebelum rekornya tercipta.

“Saya memimpikan Olimpiade Paris. Jika saya mendapat kesempatan untuk dipilih oleh para penyeleksi, saya akan berterima kasih dan saya akan pergi ke sana dan mencoba memenangkan medali,” katanya.

Profil Kelvin Kiptum

Pria bernama lengkap Kelvin Kiptum Cheruiyot itu lahir pada 2 Desember 1999 di Chepsamo, Chekorio, sebuah daerah berjarak 30 km dari Eldoret di Rift Valley, Kenya.

Ia mulai berlari pada usia 13 tahun dan mengikuti lari maraton di negaranya. Tak lama kemudian, ia mengikuti half marathon di Eldoret dan menempati posisi ke-10. Pada 2018 saat berusia 18 tahun, ia memenangi lomba.

Kelvin memulai debut internasionalnya pada 2019 dengan mencatatkan waktu 59 menit 54 detkk dan finis kelima di Lisbon Half Marathon.

Selain pemegang rekor dunia maraton, Kelvin juga merupakan juara dua kali major marathon di London dan Chicago.

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World