Jubir Menhan: Pembelian Mirage 2000-5 Batal, Kita Tak Mampu Bayar

jubir menhan: pembelian mirage 2000-5 batal, kita tak mampu bayar

Pengacara Hotman Paris bersama jajaran Kemhan memberikan keterangan soal dugaan korupsi pembelian pesawat tempur Mirage di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (12/2/2024). Foto: Nadia Riso/kumparan

Jubir Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak menegaskan rencana pembelian jet tempur Mirage 2000-5 dari Qatar batal. Pernyataan Dahnil itu membantah pemberitaan media asing yang mengeklaim ada tindak pidana korupsi dalam pembelian jet tempur bekas pakai Qatar itu.

“Tadi sudah disampaikan oleh Wamenhan tidak ada pembelian terhadap Mirage 2000-5. Sudah dibatalkan dan akhirnya kontrak kita itu melanjutkan pertanyaan tadi, kontrak tidak efektif karena tidak ada pembelian, syarat-syaratnya tidak memenuhi,” kata Dahnil di Kemhan, Jakarta, Senin (12/2).

Dahnil mengungkapkan, kontrak tidak efektif karena Indonesia tidak mempunyai kemampuan membayar.

“Ya, karena keterbatasan fiskal tadi. Kita tidak punya kemampuan membayar itu akhirnya kontraknya tidak efektif. Dan syarat-syarat dalam kontrak itu tidak bisa dipenuhi. Jadi tidak mungkin ada suap karena tidak ada transaksi,” jelasnya.

jubir menhan: pembelian mirage 2000-5 batal, kita tak mampu bayar

Pengacara Hotman Paris bersama jajaran Kemhan memberikan keterangan soal dugaan korupsi pembelian pesawat tempur Mirage di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (12/2/2024). Foto: Nadia Riso/kumparan

Dalam pemberitaan itu, nama anggota parlemen Eropa, Eva Kaili, disebut terlibat dalam skandal korupsi pembelian Mirage. Dahnil mengatakan, Eva tidak ada kaitannya karena terlibat skandal yang menyebabkannya di penjara pada pertengahan tahun 2022.

“Kontrak Mirage itu ditandatangani pada 1 Januari 2023. Sedangkan Eva terlibat skandal di Uni Eropa kemudian di penjara itu tahun 2022 pertengahan. Jadi bagaimana mungkin kemudian ada komunikasi apalagi ada keterkaitan? Jadi ini adalah upaya cocokologi karena ada skandal di sana, kemudian dikaitkan dengan Qatar, kemudian dikaitkan lagi dengan Indonesia. Jadi ini upaya fitnah dan hoaks yang jahat sekali,” jelasnya.

Pengacara Kemhan, Hotman Paris Hutapea memastikan Kemhan tidak ada komunikasi maupun mengenal Eva Kaili.

“Enggak tahu dia siapa. Kebetulan dia ada skandal di Uni Eropa, karena dia ada skandal kemudian dibawa-bawa biar seolah-olah ada kaitan dan memang yang bikin ini sarjana hukum atau kriminolog, jadi ngerti mengkaitkannya. Orang sudah dipenjara mana mungkin ada kaitan jauh-jauh ke Indonesia,” kata Hotman.

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World