Intip Rekomendasi Saham Emiten Prajogo Pangestu yang Kembali Melesat

intip rekomendasi saham emiten prajogo pangestu yang kembali melesat

Intip Rekomendasi Saham Emiten Prajogo Pangestu yang Kembali Melesat

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Lanjut nge-gas, saham Barito Grup milik taipan Prajogo Pangestu ngebut lagi pada perdagangan hari ini (7/12). PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) dan PT Barito Pacific Tbk (BRPT) jadi top gainers, sedangkan kapitalisasi pasar (market cap) PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) sudah melewati level Rp 1.000 triliun.

Harga TPIA melonjak 870 poin atau 25% ke level harga Rp 4.350 per saham. BRPT membuntuti dengan lompatan harga 290 poin atau 22,14% ke level Rp 1.600 per saham. Sementara BREN melejit 550 poin atau 7,64% ke harga Rp 7.750 per saham.

Lonjakan harga saham-saham Prajogo Pangestu itu turut mendorong penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Menutup perdagangan Kamis (7/12), IHSG melompat 47,22 poin atau 0,67% ke level 7.134,62.

Ada satu hal yang menarik perhatian. Dengan lonjakan harga saham hari ini, market cap BREN pun kini telah menembus level Rp 1.036,84 triliun. BREN memantapkan diri sebagai runner up saham dengan market cap paling jumbo di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Marke cap BREN semakin ketat menempel PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang saat ini memiliki nilai Rp 1.077 triliun. Secara bersamaan, BREN menjauhi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) yang menempati posisi ketiga dengan market cap Rp 821 triliun.

Analisa & Rekomendasi Saham

Pengamat Pasar Modal & Founder WH-Project William Hartanto mengingat kembali, lonjakan harga saham Grup Barito mirip ketika terjadi booming di sektor teknologi dan bank digital pada tahun 2020. Kala itu, saham-saham teknologi dan bank digital menjadi penggerak utama IHSG.

William bilang, perlu dicermati kembali sentimen apa saja yang mendorong harga Grup Barito pada masing-masing sahamnya. Memang, prospek bisnis di sektor energi terbarukan bisa menjadi katalis positif. Hanya saja, William melihat lonjakan saham Grup Barito lebih karena efek euforia pasar terhadap Prajogo Pangestu yang menjadi daya tarik.

“Sampai menguat signifikan seperti ini kemungkinan ada faktor lain, bisa juga dikatakan pasar semakin euforia karena status Prajogo sebagai orang terkaya di Indonesia. Jadi ada spekulasi bahwa harga sahamnya pun akan terjaga naik,” kata William kepada Kontan.co.id, Kamis (7/12).

Catatan William, semakin besar market cap atau bobot saham terhadap indeks, maka gerak naik atau turun saham tersebut akan sensitif terhadap laju IHSG. Namun sejauh ini, William memandang kecenderungan tren saham Grup Barito masih berpotensi menguat.

  BREN Chart by TradingView  

“Ini terukur dari indikator MA5 dan MA20, selama kondisi ini masih terpenuhi, maka trend following bisa terus dilakukan. Warning-nya adalah, semua tren pasti ada akhirnya. Jadi perlu selalu waspada dengan kemungkinan adanya profit taking dan berakhirnya tren,” terang William.

Dus, guna meminimalkan risiko, bisa dipertimbangkan hold atau sell on strength untuk merealisasikan cuan terlebih dulu. Sementara itu, Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menilai saham Grup Barito masih layak untuk speculative buy atau trading buy.

Berikut analisa teknikal dan rekomendasi untuk saham BRPT, BREN dan TPIA menurut Herditya:

  1. BRPT, masih berpeluang melanjutkan penguatannya. Hal ini didukung oleh pergerakan MACD dan Stochastic yang masih menandakan adanya lanjutan penguatan ke area positif dan overbought-nya. Bisa dipertimbangkan untuk Speculative Buy dengan support Rp 1520 dan resistance Rp 1.650, cermati pula adanya gap di Rp 1.310 – Rp 1.355.
  2. BREN, masih berada di fase uptrend-nya dan masih didukung dengan adanya pergerakan dari MACD dan Stochastic yang juga menguat. Bisa pertimbangkan Trading Buy dengan support Rp 7.100 dan resistance Rp 7.775.
  3. TPIA, juga masih berada di fase uptrend-nya dan didukung dengan adanya peningkatan volume pembelian. Dari MACD dan Stochastic juga masih berada di area positif dan overbought-nya. Bisa pertimbangkan Speculative Buy dengan support Rp 4.220 dan resistance di Rp 4.370.
News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World