Ini Alasan Kenapa Skutik Baru Tidak Dibekali Kick Starter

ini alasan kenapa skutik baru tidak dibekali kick starter

Honda Vario 125 rilis di Malaysia, punya warna dual tone yang menarik

KLATEN, KOMPAS.com – Sejumlah skutik maupun motor sport saat ini sudah tak lagi menggunakan kick starter atau engkol. Padahal fitur ini cukup berguna pada saat darurat, terutama ketika aki mulai soak.

Kendati memiliki fungsi penting dalam kondisi darurat, faktanya kick starter benar-benar ditinggalkan oleh produsen karena dianggap jarang digunakan.

Konsekuensinya ketika terjadi aki drop maka motor bakal mogok. Khususnya skutik bisa dipastikan tidak akan bisa hidup tanpa mengganti aki dengan yang baru.

Reza Rezdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, ketidakhadiran kick starter pada motor-motor keluaran baru tak lepas dari hasil survei internal.

Menurutnya, dari hasil survei yang dilakukan tim marketing AHM, rupanya konsumen saat ini sudah jarang menggunakan kick starter.

“Kalau kita lihat dari data surveinya teman-teman marketing kepada konsumen-konsumen segmen khususnya di bagian matik premium high, penggunaan kick stater itu mereka sudah sangat jarang. Karena sangat jarang itu, kita eliminasi fitur tersebut,” ujar Reza dikutip dari Kompas.com, Jumat (8/12/2023).

Lantaran kick starter telah absen, pabrikan mengganti fitur tersebut dengan menyematkan indikator kondisi aki atau baterai. Dengan harapan, ketika dia mulai ngedrop, konsumen bisa segera tahu dan memeriksakan kendaraan ke bengkel.

Indikator kondisi aki tersebut terletak di spidometer, yang menampilkan gambar baterai beserta angka voltasenya yang perlu diperhatikan penggunanya.

“Kita bisa tahu sisa tegangan baterai aktual pada motor Vario sisa berapa. Di bagian odometer bisa diganti-ganti dengan tombol yang sudah disiapkan, akan ketahuan kondisi aktual tegangan aki. Tidak perlu lagi menambah part aftermarket,” ucap Reza.

Dari penjelasannya, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan pemilik motor. Apabila indikator baterai menyala dan tegangannya 11,6 volt (dari normal sekitar 12 volt), maka motor tetap bisa dinyalakan tapi akan ada indikator baterai warna merah.

“Artinya kondisi baterai sudah drop, tapi motor masih bisa dihidupkan dengan lancar. Disarankan untuk tidak mengaktifkan ISS (Idling Stop System). Ini sebagai anjuran bahwa dikhawatirkan usia pakai baterai sudah waktunya ganti,” kata Reza.

Sementara itu, jika tegangan baterai mencapai 11 volt, maka motor sudah tidak bisa dihidupkan lagi. Maka, selanjutnya indikator baterai akan terus menyala, dan pemilik harus segera melakukan pemeriksaan.

“Jika benar-benar ngedrop, kita di after sales service ada namanya layanan Honda Care. Apabila kondisi jauh dari AHASS, itu konsumen bisa menggunakan AHASS terdekat melalui Honda Care, itu akan dibantu untuk penanganannya,” tutur Reza.

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World