Indef Proyeksi Nilai Tukar Rupiah Tembus Rp 15.500 Per Dolar AS di Tahun Depan

indef proyeksi nilai tukar rupiah tembus rp 15.500 per dolar as di tahun depan

Indef Proyeksi Nilai Tukar Rupiah Tembus Rp 15.500 Per Dolar AS di Tahun Depan

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) memproyeksikan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada 2024 akan sebesar Rp 15.500 per dollar AS

Wakil Direktur INDEF Eko Listiyanto menyampaikan, perkiraan ini lebih tinggi dari asumsi makro nilai tukar rupiah dalam APBN 2024 yang sebesar Rp 15.000 per dolar AS.

“Nilai tukar rupiah kita proyeksi nggak se-optimistis pemerintah. Dengan pertimbangan rata-rata tahunan,” tutur Eko dalam agenda Seminar Proyeksi Ekonomi Indonesia 2024, Tantangan Pelik Ekonomi di Tahun Pemilu, Rabu (6/12).

Eko menyampaikan, proyeksi ini dengan mempertimbangkan semakin menipisnya peningkatan harga komoditas global sebagai bagian dari pundi-pundi ekspor, moderatnya laju investasi di tahun pemilu.

Selain itu, Eko juga menyampaikan, risiko capital outflow yang masih bisa terjadi seiring suku bunga acuan The Fed masih ditahan di level tinggi, juga akan menyebabkan nilai tukar rupiah mengalami pelemahan.

“Arah dari fed fund rate akan masih di level yang tinggi sampai pertengahan tahun, dan menyebabkan dinamika politik di sektor keuangan,” jelasnya.

Bahkan, lanjutnya, dinamika geopolitik juga masih akan berpengaruh terhadap pelemahan nilai tukar rupiah, serta dinamika pemilu yang terjadi pada tahun depan.

News Related

OTHER NEWS

Ketua TPN Minta Kampanye Ganjar-Mahfud Dipenuhi Lautan Manusia

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023) sesaat sebelum penutupan Rakernas IV PDI-P. JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Hasil Survei Terakhir Jelang Kampanye Capres 2024,Prabowo Unggul versi 5 Lembaga,Ganjar di LPI

TRIBUN-TIMUR.COM – Hasil survei terbaru lembaga survei calon presiden-wakil presiden RI jelang kampanye terbuka. Dari tujuh lembaga survei, dominan unggulkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Ketiga pasangan calon presiden kini berebut elektabilitas ... Read more »

Pecahkan Banyak Rekor, Red Bull Harus Bayar Mahal Pendaftaran F1 2024

Tim yang bermarkas di Milton Keynes ini menampilkan salah satu performa paling dominan dalam sejarah F1 musim ini, dengan para pembalapnya memborong 21 kemenangan dari 22 balapan. Ia mengamankan kedua ... Read more »

PROMO Indomaret andamp Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus,Sensodyne Rp24.900

TRIBUN-BALI.COM – PROMO Indomaret & Superindo Besok 29 November 2023: White Koffie Harga Khusus, Sensodyne Rp24.900 Berikut ini adalah Katalog Promo Indomaret dan Superindo untuk besok hari Rabu, 29 November ... Read more »

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar - Mahfud, Begini Profilnya

Finsensius Mendrofa Masuk Tim Deputi Hukum TPN Ganjar – Mahfud, Begini Profilnya jpnn.com, JAKARTA – Pengacara Finsensius Mendrofa resmi ditunjuk menjadi Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) ... Read more »

Indosat Caplok 300.000 Pelanggan MNC Play

Ilustrasi MNC Play KOMPAS.com – Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) menyelesaikan proses akuisisi pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) pada Senin (27/11/2023). Ada sebanyak 300.000 pelanggan ... Read more »

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan

Pelawak Srimulat Eko Londo Meninggal Dunia, Sempat Alami Kecelakaan Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, Bunda. Pelawak yang tergabung di Srimulat, Eko Londo meninggal dunia di usia 66 ... Read more »
Top List in the World