Hasto Kristiyanto: Rekam Jejak PDIP dan Bu Risma Lengkap Mengangkat Kaum Disabilitas

Hasto Kristiyanto: Rekam Jejak PDIP dan Bu Risma Lengkap Mengangkat Kaum Disabilitas
© Rizki Sandi Saputra/Tribunnews.com Menteri Sosial RI (Mensos) Tri Rismaharini saat mendatangi Sentra Kreasi Atensi Pangudi Luhur, Bekasi Timur, Minggu (20/6/2021).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyebut rekam jejak Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam memperjuangkan kaum disabilitas.

Menurutnya hal itu sangatlah terlihat jelas dengan banyak bukti sebagai rekam jejak. 

Pernyataan itu disampaikan Hasto ini merespons sebagian pihak yang mencibir Risma karena meminta anak disabilitas tuna rungu agar berbicara. 

Hal itu terjadi saat menggelar acara lelang lukisan anak-anak penyandang disabilitas pada Kamis, 2 Desember 2021.

“Apa yang dilakukan Ibu Risma adalah, agar mereka mampu mengungkapkan seluruh ekspresinya dan kemudian menjadi sempurna karena karya dan daya ciptanya, tentu tak perlu diragukan,” kata Hasto usai acara peringatan HUT ke-17 Repdem di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (3/12/2021). 

Hasto menegaskan, kritikan dan apa yang terjadi pada momen penghargaan lelang lukisan itu hanyalah miskomunikasi saja. 

Hasto mengajak semua pihak melihat kembali seluruh rekam jejak kepemimpinan Risma. 

Sebab Risma terus mengedepankan semangat kemanusiaan yang berkeadilan, sehingga mampu mengangkat disabilitas pada posisi sebagai warga negara Indonesia yang bisa berprestasi.

Baca juga: Klarifikasi Mensos Risma Usai Minta Penyandang Disabilitas Bicara, Singgung Soal Pengalamannya

Ketika menjadi Wali Kota Surabaya, jelas Hasto, Risma membuktikannya. 

“Selama ini Ibu Risma dikenal publik telah mengangkat mereka setara, dengan membangun mereka agar memiliki semangat juang,” ujar Hasto. 

“Diperlakukan dengan setara itu yang lebih penting, bukan dikasihani. Tapi setara dengan memberi motivasi untuk menjadi warga negara Indonesia yang bangga dan justru mengangkat mereka hingga mampu menciptakan daya lebih dibanding yang lain. Terutama kesehatan mental, keteguhan dalam perjuangan. Itu yang dibangun Ibu Risma,” lanjut Hasto. 

Dia pun mengingatkan bahwa Risma adalah salah satu sosok yang memberi dorongan ketika PDI Perjuangan memberikan penghargaan kepada para atlet berprestasi di Paralimpiade beberapa waktu lalu. 

“Sehingga PDIP sebagai satu-satunya partai yang mendorong kebijakan berpihak pada disabilitas. Ketika Paralimpiade, karena dorongan Ibu Risma, kita berikan apresiasi pada disabilitas yang menunjukkan daya prestasinya,” tandasnya.

Klarifikasi Risma

Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan klarifikasi atas banyaknya kritikan yang ditujukan kepadanya.

Diketahui sebelumnya, Risma menuai kritikan setelah meminta seorang anak disabilitas penyandang tunarungu untuk berbicara.

Risma mengaku percaya bahwa setiap orang yang memiliki kekurangan pasti juga akan diberi kelebihan.

Untuk itu Risma ingin mengetahui apakah alat bantu dengar yang diberikannya bisa berfungsi dengan baik.

Baca juga: Profil Faye Simanjuntak, Cucu Luhut yang Kritik Mensos Risma, Prestasinya Tak Tanggung-tanggung

Salah satu caraya yakni dengan mengajak peyandang disabilitas tersebut untuk berbicara.

“Saya percaya bahwa setiap kekurangan pasti diberikan kelebihan, kemudian saya pengen tahu apakah alat yang saya bantu apakah bisa berfungsi maksimal, saya kan juga pengen tahu.”

“Nah kemudian yang kedua apakah sebetulnya dia hanya tuna rungu atau tuna wicara, atau dua-duanya. Nah itu cara mengetesnya begitu, dia melatih untuk bicara. ” kata Risma dalam tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, Jumat (3/12/2021).

Baca juga: Soal Risma Memaksa Penyandang Tunarungu Bicara, Aktivis Tuli: Komunikasi Tak Harus dengan Bicara

Ceritakan Pengalamannya Bertemu Korban Rudapaksa yang Tunarungu

Risma pun menceritakan, pada saat ia masih menjadi Walikota Surabaya, ia pernah bertemu dengan korban rudapaksa.

Mirisnya korban merupakan penyandang tunarungu, sehingga ia tidak bisa menjelaskan apa yang telah ia alami.

Bahkan pelaku rudapaksa tersebut bisa menghirup udara bebas.

“Saya pengen tahu kenapa, mohon maaf ya ini cerita yang terus terang sampai saat ini masih ada di pikiran saya, saat saya jadi Walikota.”

Baca juga: Mensos Risma Klarifikasi Soal Paksa Tunarungu Bicara 

“Ada seorang tunarungu diperkosa, itu dia tidak bisa teriak. Dan itu setelah saya ceritakan disini, itu betul. Bahkan kemudian si pemerkosa itu bebas karena dia tidak bisa menjelaskan,” terang Risma.

Untuk itu Risma ingin mencoba untuk mengoptimalkan kemampuan anak penyandang tunarungu tersebut, jika memang dia bisa bicara.

Risma juga menegaskan ia tidak ada niat untuk memaksa anak tersebut untuk berbicara.

“Jadi saya sampaikan saya ingin mengoptimalkan kemampuan dia kalau memang dia bisa bicara, itu pilihan setelahnya dia mau bicara atau tidak.”

“Di titik tertentu memang kalau dia terpaksa harus bisa, bagaimana untuk bertahan. Itu jadi tidak ada niat untuk maksa-maksa itu, untuk apa,” imbuhnya.

Baca juga: Mensos Risma Beri Motivasi Anak Panti Asuhan Korban Pelecehan di Malang

Cucu Luhut Kritik Sikap Risma pada Difabel Tuli

Hasto Kristiyanto: Rekam Jejak PDIP dan Bu Risma Lengkap Mengangkat Kaum Disabilitas
© Twitter @fayesimanjuntak/KOMPAS.com Achmad Faisal Cucu Luhut Binsar Pandjaitan, Faye Simanjuntak, dan Menteri Sosial, Tri Rismaharini. (Twitter @fayesimanjuntak/KOMPAS.com Achmad Faisal)

Diwartakan Tribunnews.com sebelumnya, sikap Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini terhadap difabel atau penyandang tuli menuai kritik, termasuk dari cucu Luhut Binsar Pandjaitan, Faye Simanjuntak.

Faye yang mengetahui viralnya pemberitaan mengenai sikap Risma terhadap difabel, turut buka suara.

Gadis berusia 19 tahun ini mengaku kecewa berat pada sikap Risma sebagai Mensos.

Pasalnya, menurut Faye, Risma selaku Mensos seharusnya berkontribusi melindungi para difabel, terutama anak-anak.

Hal ini disampaikan Faye dalam unggahan Instagram Story-nya, Kamis (2/12/2021).

Hasto Kristiyanto: Rekam Jejak PDIP dan Bu Risma Lengkap Mengangkat Kaum Disabilitas
© Disediakan oleh tribunnews.com Cucu Luhut Binsar Pandjaitan, Faye Simanjuntak, mengkritik sikap Menteri Sosial Tri Rismaharini yang meminta difabel tuli berbicara. (Instagram @fsmnjtk)

Baca juga: Cucu Luhut Kritik Sikap Risma pada Difabel Tuli: Masa Mensos Bisa Begini, Gue Kecewa Banget

“Masa Mensos yang seharusnya berkontribusi untuk melindungi teman-teman difabel – terutama anak-anak – bisa begini. Gue kecewa banget.

Dengan kata-katanya, Bu Risma bertingkah seakan-akan bahasa isyarat itu sekedar permainan saja, bukan bagian krusial dalam budaya teman-teman tuli (dan, seharusnya kita semua).

Bagaimana kita mau berkembang kalo menghormati dan memahami situasi orang lain aja ga bisa?” protes Faye.

Lebih lanjut, Faye menilai sikap seperti yang ditunjukkan Risma terhadap difabel, adalah hal yang berbahaya.

Baca juga: Klarifikasi Mensos Risma Usai Minta Penyandang Disabilitas Bicara, Singgung Soal Pengalamannya

Hasto Kristiyanto: Rekam Jejak PDIP dan Bu Risma Lengkap Mengangkat Kaum Disabilitas
© Disediakan oleh tribunnews.com Cucu Luhut Binsar Pandjaitan, Faye Simanjuntak, mengkritik sikap Menteri Sosial Tri Rismaharini yang meminta difabel tuli berbicara. (Instagram @fsmnjtk)

Di mana, menurut Faye, Risma terlihat bersikap seolah-olah menunjukkan seseorang yang berbadan sehat (bukan difabel) lebih berharga atau bahwa disabilitas dapat dikontrol.

“This isn’t just dumb, it’s harmful as well – acting as if able-boded people are worth more or that disabilities can be chosen/controlled. This is beyond disappointing.

(Ini bukan hanya bodoh, ini juga berbahaya – bertindak seolah-olah orang yang berbadan sehat, lebih berharga atau bahwa disabilitas dapat dipilih/dikontrol. Ini sangat mengecewakan.)” ungkap Faye.

(Tribunnews.com/Faryyanida Putwiliani/Pravitri Retno Widyastuti)

News Related

OTHER NEWS

Waspada, Inilah 3 Makanan yang Dapat Menurunkan Kesuburan

© suara.com Ilustrasi kafein pada kopi, salah satu yang dapat menurunkan kesuburan. (Unsplash) Suara.com – Kesuburan bisa menurun seiring pertambahan usia. Tapi selain itu, penurunan kesuburan juga bisa disebabkan oleh ... Read more »

5 Tips Sederhana Turunkan Berat Badan Tanpa Berolahraga

BrandzView 5 Tips Sederhana Turunkan Berat Badan Tanpa Berolahraga Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Prodia January 27th, 9:30 AM January 27th, 9:30 AM Ryan Sara Pratiwi © Disediakan ... Read more »

Warga Berharap Jembatan Menuju Keraton Amantubillah Mempawah Segera Diperbaiki

© Disediakan oleh Kumparan Jembatan menuju Keraton Amantubillah Mempawah kini hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Foto: M. Zain/Hi!Pontianak Hi!Mempawah – Kondisi jembatan di Jalan Pedalaman, Kelurahan Pulau Pedalaman, Kecamatan ... Read more »

Pekerjakan Anak di Bawah Umur, Perusahaan Pinjol Ilegal di PIK 2 Terancam Dikenai Pasal Berlapis

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sebuah Perusahaan peer to peer lending atau pinjaman online digerebek satuan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Rabu (26/1/2022) malam. Ruko ... Read more »

Kondisi Global Bikin IHSG Berpotensi Tertekan

© Arif Wicaksono Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi tertekan atas rencana kebijakan kenaikan suku bunga The Fed. Tekanan ke Wall Street pada perdagangan kemarin juga menjadi sinyal indeks akan ... Read more »

Kakek Mamat Saudi Kejar Maling Motor Sambil Gendong Cucu, Aksinya Terekam CCTV

© Istimewa Tangkapan layar – Seorang kakek sembari menggendong cucu berusaha mengejar maling motor di Jalan Warakas 3, Tanjung Priok, Jakarta Utara. TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kisah seorang kakek sembari menggendong ... Read more »

Ini Ancaman Xavi Hernandez untuk Dembele

© EPA-EFE/Alejandro Garcia Pemain depan FC Barcelona Ousmane Dembele. Pelatih Barcelona Xavi Hernandez mengancam Dembele jika tak segera menyelesaikan urusan kontraknya di Barcelona. REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA — Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, ... Read more »

Persiapan Marc Marquez Jelang Tes Pramusim di Jadwal MotoGP 2022, Live Sirkuit Mandalika di Trans 7

BANJARMASINPOST.CO.ID – Saksikan Live Streaming MotoGP 2022 seri perdana Moto2, Moto3 dan MotoGP 2022 yang disiarkan langsung via Live Streaming MNC Sports 2 serta Live Streaming Trans 7 di www.trans7.co.id ... Read more »

Pelatih Timor Leste Punya Banyak Kenalan di Indonesia, Akrab dengan Bek Persib

© Disediakan oleh Kompas.com Jelang ujicoba melawan Timnas Indonesia dalam rangkaian FIFA Matchday, Pelatih Timnas Timor Leste Fabio Maciel memimpin latihan persiapan ujicoba FIFA Matchday di Stadion Gelora Samudra Kuta, ... Read more »

Lyon Bantah Kabar Kesepakatan Transfer Bruno Guimaraes ke Newcastle

© EPA-EFE / Franck Fife / POOL Bruno Guimaraes (kiri) dari Olympique Lyon. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Olympique Lyon membantah kabar bahwa pihaknya telah menjalin kesepakatan transfer kepindahan Bruno Guimaraes ke ... Read more »

Penjualan Jersey Juventus Lebih Laku Dibandingkan Barcelona, PSG, dan Chelsea

© EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO Suporter Juventus terlihat di tribun penonton selama pertandingan sepak bola Serie A Italia Juventus FC vs Udinese Calcio di Stadion Allianz di Turin, Italia, 15 Januari ... Read more »

Bersiap Produksi,Film Sayap Sayap Patah Terinspirasi Aksi Narapidana Teroris Bobol Rutan Mako Brimob

© Warta Kota/Arie Puji Waluyo Syukuran film Sayap Sayap Patah, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (26/1/2022). Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Arie Puji Waluyo TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Industri perfilman Indonesia ... Read more »

Korea Utara Uji Coba Rudal, Keenam Bulan Ini

TEMPO.CO, Jakarta – Militer Korea Selatan pada Kamis, 27 Januari 2022, menyebut Korea Utara menembakkan dua senjata nuklir rudal balistik ke arah pantai timur Korea. Ini adalah yang keenam kalinya ... Read more »

10 Potret Rayyanza Main ke Rumah Leslar, Calon Satu Circle, nih!

Nagita Slavina dan Lesti Kejora sudah menjalin persahabatan cukup lama, bahkan saat keduanya masih mengandung Rayyanza dan Leslar. Keduanya juga sering membagikan kebersamaan mereka di media sosial. Baru-baru ini, Raffi ... Read more »

Debut Layar Lebar, 9 Fakta Peran Patrick Shih di Film 0.1% World

Aktor Patrick Shih menandai debut di layar lebar lewat film romansa berjudul 0.1% World. Film tersebut berkisah tentang dua orang di tempat berbeda yang saling terhubung melalui gelombang otak usai ... Read more »

Melanie Putria Pilih Bali sebagai Tempat Pernikahanya Bulan Depan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mohammad Alivio TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presenter Melanie Putria dengan tunangannya, Aldico Sapardan akan menikah pada 12 Februari 2022 mendatang. “Acara insyaAllah akan kami adakan, itu bareng ya ... Read more »

Libra, Proyek Mata Uang Virtual Facebook Batal Meluncur?

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi uang digital bikinan Facebook Libra, yang berganti nama menjadi Diem pada 2020. KOMPAS.com – Sejak tahun 2019, Meta (dulu Facebook) berencana untuk meluncurkan uang virtual ... Read more »

Klaim Kode Redeem ML 27 Januari 2022, Banyak Loot Menarik Nih!

© suara.com Mobile Legends. [Moonton] Suara.com – Para pemain Mobile Legends (ML) bisa mengklaim item-item atau loot gratis menggunakan kode redeem ML 27 Januari 2022 untuk mendapatkan item menarik secara ... Read more »

Arab Saudi Akan Menaikkan Harga Minyak Minyak Mentah untuk Asia Pada Maret 2022

© suara.com Ilustrasi kilang minyak milik Saudi Aramco. [Shutterstock] Suara.com – Negara ppengekspor minyak utama, Arab Saudi diisukan segera menaikkan harga semua jenis minyak mentah yang dijual ke Asia pada ... Read more »

Harga Emas Antam Hari Ini Anjlok Rp 12.000 per Gram

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi harga emas Antam hari ini atau harga emas batangan, termasuk harga emas Antam dan harga emas UBS. JAKARTA, KOMPAS.com – Harga emas Antam hari ini, ... Read more »

Download Video Instagram dari IG Story, Reels dan Feed Kualitas HD, Lewat HP Gratis Tanpa Ribet

© suara.com Download Video Instagram dari IG Story, Reels dan Feed Kualitas HD, Lewat HP Gratis Tanpa Ribet – Ilustrasi Instagram. [USA-Reiseblogger/Pixabay] Suara.com – Kebutuhan untuk memiliki video orang lain ... Read more »

Anjlok Rp 13.000 per Gram, Simak Deretan Harga Emas Antam Hari Ini

© suara.com Emas batangan di salah satu gerai Bank Syariah di Jakarta, Rabu (12/10). Suara.com – Harga emas Antam pada Kamis (27/1/2022) untuk ukuran satu gram dibanderol di harga Rp ... Read more »

Harga Emas Antam Kamis, 27 Januari 2022: Turun Drastis Rp 12.000 Jadi Rp 938.000 per Gram

© Tribunnews/Irwan Rismawan Pedagang menata emas Antam di Jakarta – Harga emas hari ini, Kamis (27/1/2022), turun jadi Rp 938.000 per gram. TRIBUNNEWS.COM – Harga emas Antam pada Kamis (27/1/2022) ... Read more »

5 Keuntungan Menggunakan Bank Digital

© suara.com Ilustrasi transaksi online (pixabay) Suara.com – Saat ini masyarakat lebih dimudahkan untuk mengelola keuangan mereka dengan kehadiran bank digital. Melalui layanan ini, nasabah bisa melakukan kegiatan perbankan secara ... Read more »

Sleman Siapkan Alternatif PTM 100 Persen, Ada Shift Pagi dan Sore

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan solusi alternatif untuk pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen jika kasus konfirmasi positif Covid-19 ... Read more »

IHSG Kamis Pagi Dibuka Melemah 0,21 Persen ke Posisi 6.586

© suara.com Pekerja melihat telepon pintarnya dengan latar belakang layar pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (31/3/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja Suara.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ... Read more »

IHSG Melemah di Awal Perdagangan Kamis (27/1), Asing Beli BBNI, TLKM, BBRI

© Hafidz Mubarak A IHSG Melemah di Awal Perdagangan Kamis (27/1), Asing Beli BBNI, TLKM, BBRI KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah pada awal perdagangan Kamis (27/1). ... Read more »

Ibu dan Anak Tepergok Curi Motor di Sintang, Ternyata Disuruh Suami

© Disediakan oleh Kumparan Ibu-ibu pencuri motor di BTN Nabila Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang, saat berada di Mapolsek setempat. (Foto: Dok Polsek Sungai Tebelian) Hi! Sintang – Seorang ibu ... Read more »

KPK Klaim Selamatkan Keuangan Negara Rp 114 Triliun Selama 2021

© Disediakan oleh Kompas.com Petugas menunjukkan barang bukti saat konferensi pers terkait penetapan tersangka di gedung KPK, Jakarta, Kamis (20/1/2022). KPK resmi menahan Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin bersama ... Read more »

Terkait Dugaan Intimidasi Wartawan, BPN Bandar Lampung Bantah Rampas Kamera

© Disediakan oleh Kumparan Dugaan intimidasi perampasan kamera milik wartawan saat sedang meliput di BPN Bandar Lampung, Senin (24/1/2022) | Foto: ist Lampung Geh, Bandar Lampung – BPN Bandar Lampung ... Read more »

Aubameyang tak Disertakan dalam Pemusatan Latihan Arsenal di Dubai

© EPA-EFE/Peter Powel Penyerang Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang. Aubameyang tidak disertakan dalam skuad Arsenal yang bertolak ke Dubai untuk melakoni pemusatan latihan pada sepanjang jeda istirahat musim dingin. REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — ... Read more »

Cerita Daniil Medvedev Kerasukan Novak Djokovic Lewati Laga Epik Australian Open

TEMPO.CO, Jakarta – Unggulan teratas Daniil Medvedev berhasil mengamankan satu tiket semifinal Australian Open 2022. Ia mampu bangkit dari ketinggalan dua set dan menyelamatkan satu match point saat melawan Felix ... Read more »

Alasan Mancini Panggil Balotelli ke Timnas Italia, Bukan karena Putus Asa

© Disediakan oleh Kompas.com Pelatih Italia, Roberto Mancini, memberikan ucapan selamat kepada Mario Balotelli, yang mencetak gol ke gawang Arab Saudi dalam laga persahabatan di St. Gallen, Swiss pada 28 ... Read more »

Pentingnya Memilih Bahan Bakar yang Sesuai Kompresi Mesin

© Disediakan oleh Kompas.com Petugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015). PT Pertamina (Persero) mulai menjual Pertalite dengan oktan 90 kepada konsumen dengan harga Rp.8400 ... Read more »

Bus Baru PO 27 Trans, Pakai Sasis Mercedes Benz dan Bodi Adiputro

© Disediakan oleh Kompas.com Bus AKAP baru PO 27 Trns JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki awal 2022, berbagai operator bus AKAP mulai menambah armada baru. Misalnya seperti PO 27 Trans yang ... Read more »

Terbentur Standar Emisi, VW Kesulitan Bawa Produk Baru ke Indonesia

© Disediakan oleh Kompas.com Teaser mobil lisrik Volkswagen yang akan meluncur di Paris Auto Show 2016. JAKARTA, KOMPAS.com – Kesenjangan standar emisi bahan bakar kendaraan bermotor di Indonesia membuat PT Garuda ... Read more »

The Best 5 Oto: Kilap Sutra Porsche Cayenne Platinum Edition, Cat Seru Yamaha R25 ABS

© suara.com Tampilan eksterior Porsche Cayenne Platinum Edition [Newsroom Porsche]. Suara.com – Porsche Cayenne Platinum Edition, satin, sutra, Yamaha R25 ABS, Mercedes EQ, mobil listrik, Bentley, Lamborghini, Stephan Winkelmann, dan ... Read more »

[Test Drive] Dua Hari Menjelajahi Bali Bersama Hyundai Creta

Denpasar, IDN Times – Hyundai Creta baru diperkenalkan pertama kali di ajang GAIKINDO Indonesia Internasional Show (GIIAS) November 2021 lalu, namun mobil yang diproduksi di Cikarang ini langsung jadi primadona ... Read more »

Cegah Penularan Covid-19, Orangtua Diminta Tak Paksa Anak ke Sekolah Jika Mengeluh Sakit

© Disediakan oleh Kompas.com Sejumlah murid mengikuti pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen di SDN 065 Cihampelas, Bandung, Jawa Barat, Senin (10/1/2022). Pemerintah Kota Bandung mulai melaksanakan PTM 100 ... Read more »

3 Jamaah Umrah asal Jambi Terpapar COVID-19

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi COVID-19. (Foto: kumparan) Jambikita.id – Sebanyak 3 orang jamaah umrah asal Jambi terindikasi terpapar COVID-19, setelah pulang dari Arab Saudi. Saat ini mereka diisolasi di ... Read more »
On free-english-test.com you will find lots of free English exam practice materials to help you improve your English skills: grammar, listening, reading, writing, ielts, toeic